Taylor Dayne, populer melalui lagu Tell It You My Heart

Taylor Dayne, penyanyi pop Amerika yang mulai populer tahun 1987 melalui lagu debutnya

Taylor Dayne I'll Always Love You single top 10 AS

Taylor Dayne merupakan penyanyi pop asal Amerika yang berhasil mencetak hit besar dan mencapai puncak karirnya melalui single debutnya yang berjudul Tell It You My Heart dan Can't Fight Fase.

Ulasan Singkat Tentang Taylor Dayne

Dia mempunyai nama asli Leslie Wunderman dan lebih dikenal dengan nama panggung Taylor Dayne, lahir di Baldwin, New York, Amerika Serikat, pada tanggal 7 Maret 1962. 
 
Mulai aktif bernyanyi sejak tahun 1985, dengan warna musik yang bergenre pop, dance-pop, adult contemporary, R&B, soft rock dan soul. Selain sebagai penyanyi, dia juga berprofesi sebagai penulis lagu.

Dia memulai menjadi seorang penyanyi secara profesional sejak lulus dari sekolah tinggi di Baldwin, Nassau country, New York.
 
Untuk selanjutnya, dia mulai bernyanyi solo serta berhasil merekam album "Les lee" dengan judul singlenya "I'm the one you want" (1986), "Tell me can you love me" (1986), album ini dirilis melalui New York Indie label mega bolt.

Single pertamanya yang berjudul "Tell it to my heart" berhasil masuk ke peringkat 10 The dance pop hit dan pada akhir tahun 1987 berhasil mencapai puncak tangga lagu di seluruh dunia, termasuk memuncak juga di Jerman Barat.

6 lagu lainnya yang berhasil menjadi hit dan masuk ke US Top adalah yang berjudul :

- Prove your love
- I'll always love you
- Don't rush me
- With every beat of my heart
- Love will lead you back
- I'll be you shelter

Single yang berhasil mendapatkan emas di Amerika Serikat, diantaranya adalah :

- Tell it to my heart
- I'll always love you
- Love will lead you back

Lagu lagu Taylor Dayne ini mengalami perubahan tempo dari yang semula lambat berubah menjadi agak cepat, sehingga berhasil sukses pada adult contemporary.

Single-single yang sukses diantaranya adalah :

- "Don't rush me" dan "With every beat of my heart", kedua single dapat diterima di berbagai radio di Amerika Serikat. 
- "Love will lead you back" berhasil mencapai puncak di Billboard Hot 100 dan Hot Adult Temporary Tracks Chart.
- "Can not get enough of your love" menjadi Top Hit 40 di Amerika Serkat
- "Soul dancing" berhasil mencapai peringkat 2 di Aria Charts di Australia dan peringkat 20 di Amerika Serikat.
- "Floor on fire" berhasil mencapai hit internasional
- "Beautiful" berhasil mencapai puncak US Billboard Hot Dance Club Play Chart sebanyak 2 kali.

Penyanyi asal Amerika yang terlahir tahun 1962 ini dan mulai populer tahun 1987 dengan debut lagu Taylor Dayne Tell It to My Heart.

Kesuksesannya ini berhasil menelurkan lagu lagu Taylor Dayne sebanyak 6 lagu yang bertengger di Single top 10 AS antara lain dengan single Taylor Dayne I’ll Always Love You, Love Will Lead You Back, With Every Beat of My Heart dan Prove Your Love.

Penghargaan yang telah diperoleh Taylor Dayne antara lain berhasil memenangkan American Music Award dan New York Music Award sedangkan untuk Grammy Award hanya berhasil masuk nominasi saja.

Selain itu, Taylor Dayne mendapatkan penghargaan New York Hall of Fame serta menurut majalah Rolling Stone berada diurutan 18 dalam daftar artis tari wanita terbaik sepanjang masa.

Untuk majalah Billboard menempatkan Taylor Dayne kedalam urutan ke 28 sebagai artis paling sukses sepanjang masa.

Karir profesionalnya dimulai ketika Taylor Dayne sudah lulus dari sekolah menengah dan mulai bernyanyi pada band rock yang belum terkenal dengan nama band Felony dan Next.

Untuk selanjutnya setelah kuliahnya selesai, Taylor Dayne mulai bersolo karir dengan nama panggung Les Lee dan berhasil merekam sebanyak 2 singel dance berjudul I’m The One You Want dan Tell Me Can You Love Me pada tahun 1985 dan 1986.

Lagu Taylor Dayne Tell It to My Heart merupakan hit dance pop telah berhasil melejit di 10 besar pada tahun 1987 dan menduduki peringkat pertama di beberapa negara termasuk di Jerman Barat.

Taylor Dayne greatest hit yang masul 10 besar di AS antara lain berjudul Prove Your Love, I’ll Always Love You, Don’t Rush Me, With Every Beat of My Heart, Love Will Lead You Back dan I’ll Be Your Shelter.

Sedangkan single Taylor Dayne yang berhasil menjadi hit peringkat 12 adalah Heart of Stone. Selain itu, lagu lagu Taylor Dayne yang berhasil memperoleh 3 single gold di Amerika Serikat yaitu melalui lagu Taylor Dayne Tell It to My Heart, I’ll Always Love You dan Love Will Lead You Back.

Dengan melakukan perubahan tempo dari lagu Taylor Dayne I’ll Always Love You dibandingkan dengan rilisan sebelumnya justru menjadikan lagu ini hit di tangga lagu kontemporer dewasa pada tahun 1988.

Kesuksesan lagu ini, telah membuka jalan bagi lagu dance uptempo masa depan yang dirilis tahun 1988 dan 1989 dengan judul lagu Don’t Rush Me dan With Every Beat Of My Heart.

Lagu Love Will Lead You Back melalui komposisi Diane Warren telah melejit diperingkat 1 di tangga lagu Billboard 100 dan Hot Adult Contemporary Tracks pada tahun 1990.

Sejumlah hit dari 2 album pertama Taylor Dayne Tell It to My Heart dan Can’t Fight Fate telah menunjukkan puncak karir dari Taylor Dayne.

Selanjutnya 2 albumnya yang dirilis tahun 1990 menelurkan 1 hit US Top 40 dan cover dari hit 1974 Barry White Can’t Get Enought of Your Love menduduki urutan ke 2 di ARIA Chart di Australia dan urutan 20 di AS.

Whatever You Want ditulis oleh Taylor Dayne bersama dengan Arthur Baker untuk album Tina Turner Wildest Dreams tahun 1996.

Selanjutnya lagu ini direkam Dayne untuk albumnya Naked Without You, tetapi lagu ini tidak berhasil menjadi hit dan tidak masuk tangga lagu hingga tahun 2000.

Selain menjadi penyanyi dan penulis lagu, Dayne juga sebagai artis yang tampil di film serial televisi fiksi ilmiah Nighman dan film film independen antara lain film berjudul Fool’s Paradise, Stag, Jesus the Driver dan remake Love Affair.

Taylor Dayne kembali menekuni karir musiknya dengan tampil perdana melalui lagu terbaru berjudul Right Now, lagu ini hasil kolaborasi antara Dayne dengan Rodney Jerkins.

Album studio Taylor Dayne Satisfied menghasilkan singel pertama Beautiful pada tahun 2007, lagu ini ditulis oleh Dayne bersama dengan Hitesh Ceon.

Lagu Beautiful ini dipromosikan Dayne melalui berbagai macam stasiun radio sehingga lagu ini bisa tembus di peringkat 1 di Billboard Dance Chart.

Video musik untuk single dan cover album Satisfied diambil oleh Tony Duran dan direkam juga untuk cover album Justin Timberlake dan Jennifer Lopez. Lagu tema resmi Gay Games 2010 yang berjudul Facing a Miracle dirilis oleh Dayne pada tahun 2010.

Album Taylor Dayne Greatest Hit dirilis ulang dan pada tahun 2011 dia juga merilis single baru Floor on Fire. Lagu ini berhasil melesat ke Top 10 Billboard Dance/ Club Charts.

Single baru Taylor Dayne Dreaming dirilis pada tahu 2014. Namun sebelum itu yaitu pada tahun 2010, Taylor Dayne mengikuti kompetisi di season 4 of The Masked Singer sebagai Popcorn.

Di kompetisi ini, dia bisa mencapai semifinal bersama dengan Chloe Kim sebagai Jellyfish dan Tori Kelly sebagai Seahorse.

Dayne kembali mengikuti kompetisi pada tahun 2022 di season 2 dari RuPaul’s Secrte Celebrity Drag Race bernama drag Electra Owl.

Taylor Dayne mempunyai 2 anak kembar yang bernama Astaria dan Levi yang lahir melalui ibu pengganti pada tahun 2003, sedangkan Dayne sendiri sebenarnya belum pernah menikah.

Namun demikian Dayne dianggap sebagai pendukung pernikahan sesama jenis. Hal ini, disebabkan karena pada tahun 2104 dia menyatakan bahwa komunitas LGBT dinyatakan sebagai penggemarnya yang paling setia bagi dia.

Dayne menyatakan bahwa dia mencoba untuk tetap tidak berpolitik, setelah dia tampil pada pesta Tahun Baru yang diadakan oleh Donald Trump, Presiden Amerika Serikat.

Album album Taylor Dayne

- Tell It to My Heart dirilis tahun 1988

- Can’t Fight Fate dirilis tahun 1989

- Soul Dancing dirilis tahun 1993

- Satisfied dirilis tahun 2008

Film film Taylor Dayne

- Love Affair (tahun 1994)

- Stag, Fool’s Paradise (tahun 1997)

- Jackie’s Back (tahun 1999)

- Joshua Tree (tahun 2002)

- Jesus the Driver (tahun 2004)

- Beautiful Loser (tahun 2008)

- I am Bad (tahun 2012)

- Telling of the Shoes (tahun 2014)

Selama masa karirnya, Taylor berhasil merilis 18 lagu hit dimana 8 lagu diantaranya berhasil mencapai 10 besar di majalah Billboard.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang TAYLOR DAYNE, POPULER MELALUI LAGU TELL IT YOU MY HEART, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita dan terima kasih juga apabila artikel ini sudah dibantu share ke teman-teman yang lain.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar