Paula Abdul, Sukses Mencetak 4 Single Top Hit


Paula Abdul, penyanyi, penari dan aktris berkebangsaan Amerika Serikat

Paula Abdul sukses komersial via Head Over Hells

Paula Abdul merupakan seorang penyanyi yang memiliki 2 kewarganegaraan yaitu Amerika dan Kanada. Dia berhasil mencetak 4 single Top Hit berjudul Straight Up, Forever Your Girl, Cold Hearted dan Opposited Attract.

Sekilas Tentang Karir Musik Paula Abdul

Nama aslinya adalah Paula Julie Abdul yang mempunyai nama tenar Paula Abdul, terlahir di San Fernando, California, Amerika Serikat pada tanggal 19 Juni 1962. Berapa umur Paula Abdul di tahun 2023 ini? ternyata Paula Abdul sudah berusia 61 tahun.
 
Dia memulai karirnya sejak tahun 1978 dengan warna musik yang bergenre pop, dance dan musik R&B. Selain sebagai penyanyi, dia berprofesi juga sebagai penulis lagu, penari, koreografer dan aktris.

Paula Abdul dibesarkan di Brazil, ayahnya seorang Yahudi Suriah yang bermigrasi ke Brazil. Darah seninya berasal dari ibunya yang bernama Nae Rykiss yang menurun ke dirinya karena ibunya adalah seorang pianis konser Lorraine M yang berasal dari Kanada. 
 
Sejak usia muda dia sudah mulai belajar tari balet jazz dan tap. Dia mengawali karirnya dengan menjadi pemandu sorak di Los Angeles Lakers NBA,  tim bola basket terkenal yang bernama Laker girls, setahun kemudian dia diangkat menjadi kepala koreografer.

Sepanjang tahun 1980 an, dia berhasil sukses sebagai koreografer untuk artis lain yang bernama  Janet Jackson.
 
Hal ini, terbukti dengan karya koreografernya yang berhasil memenangkan Grammy untuk Best Music Video-Short Form melalui "Opposited Attract".
 
Selain itu, Paula Abdul juga sudah 2 kali memenangkan Prime Emmy Award melalui Outstanding Choreography dan video hasil karyanya yang berjudul "Paula Abdul get up & dance" dan "Cardio dance".

Dalam hal menari, kemampuan Paula Abdul sangat mahir dan tidak perlu diragukan lagi,  tetapi kalau mengenai suaranya dia kurang terlatih.
 
Oleh sebab itu, dia mulai terus melatih vokal suaranya, dan dia selalu berusaha mendengarkan masukan-masukan dari pelatihnya mengenai tehnik-tehnik untuk dapat menyempurnakan vokal suaranya. 
 
Dia termasuk seorang wanita yang sangat gigih dan pantang menyerah, sehingga usahanya berhasil sampai akhirnya dia dapat menjadi penyanyi pop yang sukses.

Paula Abdul berhasil mencetak sejumlah hit single pop, dimana 6 singlenya dapat masuk ke Billboard Hot 100. 

Dia adalah Juri American Idol tahun 2000, Juri X Factor, Juri farm pada edisi All Stars untuk dancing with the stars tahun 2012, Juri Tenth season of so you think you can dance tahun 2013 dan menjadi juri permanen untuk the Australian version of the show tahun 2014.

Tahun 1987, dia membuat demo menyanyinya dengan uang yang digunakan berasal dari uang tabungannya sendiri. 
 
Sehingga pada yahun 1988, dia berhasil merilis album debut pop berjudul "Forever your girl", album ini berhasil menembus urutan pertama di Billboard Hot 200 selama 64 minggu, dan berhasil memperoleh multi platinum pada tahun 1989. 

Album studio Paula Abdul Foreever Your Girl yang dirilis tahun 1988 dan album ini berhasil menjadi album paling sukses.

Hal ini, karena album ini mampu terjual hingga 7 juta kopi di Amerika dan menelurkan single peringkat pertama paling banyak di tangga lagu Billboard Hot 100. Ke 4 single tersebut antara lain Straight Up, Forever Your Girl, Cold Hearted dan Opsites Attract.

Album kedua Paula Abdul Spellbound dirilis tahun 1991. Album ini juga menghasilkan 2 lagu yang melejit di urutan 1 di tangga lagu Billboard Hot 100 dengan single berjudul Rush Rush dan The Promise of a New Day.

Prestasi Paula Abdul dengan 6 single peringkat 1 di Billboard Hot 100 ini telah menyamai prestasi Diana Ross diantara artis artis wanita lainnya.

Dia telah mengerjakan koreografi beberapa film, antara lain pada film berjudul Can’t Buy Me Love, The Running Man, Coming to America, Action Jackson, The Doors, Jerry Maguire dan American Beauty yang dirilis tahun 1987, 1987, 1988, 1988, 1991, 1996 dan 1999.

Penghargaan yang berhasil diperolehnya antara lain memenangkan 5 MTV Video Music Award, Grammy Video Musik Terbaik untuk Opposites Attract tahun 1991, Primetime Emmy untuk koreografi Luar Biasa sebanyak 2 kali di The Tracey Ullman Show.

Selain itu, juga menerima penghargaan Musik tahun 1990, mendapatkan bintang di Hollywood Walk of Fame dan Penghargaan Hall of Fame Nickelodeon Kid’s Choice Awardss.

Album "Forever your girl"  ini menelurkan 5 single dengan 4 singlenya berhasil mendongkrak ke urutan pertama, antara lain singlenya yang berjudul :

- Staright up 
- Forever your girl
- Cold Hearted
- Opposited attract

Album remix merupakan salah satu album yang sukses untuk penyanyi ini, karena memperoleh prestasi  :

- Memenangkan Grammy Award untuk video Opposited Attract
- The best pop vocal performance untuk lagu "Staright up" 

Album "Spellbound" (1991), terjual lebih dari 7 juta kopi dengan single :

- "Rush, rush, rush" berhasil menduduki peringkat pertama Billboard hot 100
- "Promise of a new day" menduduki peringkat pertama
- "Vibeology" dan "Will you marry me" masuk ke Top hit 20

Album "Head over heels" dapat terjual lebih dari 3 juta kopi, mengasilkan lagu seperti :

- "My love is for real" merupakan perpaduan R&B dan tradisional
- "Crazy cool" mencapai peringkat 13 di tangga lagu R&B
- "Ain't never gonna give you up"

Lagu Paula Abdul yang dicatat di Kyle Minogue dan telah berhasil sukses ke peringkat pertama di berbagai negara di dunia adalah lagu berjudul "Spinning around".

Dia juga pernah mengatakan bahwa dia telah menderita gangguan neurologis, distrofi refleks simpatis (CRPS) sehingga menyebabkan penyakit kronis yang di alaminya berlangsung dalam waktu lama.

Dia juga pernah diberitakan oleh VIVA news bahwa mantan juri American Idol dikabarkan meninggal dunia secara mendadak di sebuah hotel di San Fransisco, California, pada hari Selasa malam 12 Januari 2010, seperti dikutip dari telewatcher.com, dan ternyata berita tersebut hanya gosip saja.

Awal Karir Paula Abdul

Paula Abdul dilihat oleh The Jacksons ketika mereka melihat pertandingan Los Angeles Lakers. Akhirnya dia dikontrak untuk membuat koreografi video untuk single Torture dan kesuksesan koreografi video ini telah membuka jalan karir Paula Abdul sebagai koreografer video musik.

Khususnya kesuksesan koreografer video musik yang telah dikerjakannya dengan judul What Have You Done for Me Lately, Nasty dan Control karya Janet Jackson.

Dia juga terpilih untuk menjadi koreografer pada tur Victory Jacksons dan membuat koreografi penampilan keyboard raksasa yang memainkan karakter Tom Hanks dalam Big tahun 1988.

Album Paula Abdul Forever Your Girl

Forever Your Girl merupakan album studio debut Paula Abdul yang dirilis tahun 1988, album ini menjadi album debut paling sukses bagi Paula Abdul karena menduduki peringkat 1 di Billboard 200.

Album ini juga menjadi album debutnya yang menelurkan single peringkat 1 terbanyak di tangga lagu Billboard Hot 100 di Amerika Serikat yaitu sebanyak 4 single.

Single peringkat 1 di tangga lagu Billboard Hot 100 tersebut antara lain berjudul Straight Up, Forever Your Girl, Cold Hearted dan Opsites Attract. Selain itu album ini mendapatkan sertifikasi platinum sebanyak 7 kali dari RIAA.

Selanjutnya album remix Paula Abdul Shut Up and Dance: Mixes berhasil berada diperingkat 7 di Amerika Serikat dan menjadi album remix paling sukses bagi Paula Abdul.

Video Opposites Attract memperoleh penghargaan Grammy ke 32 untuk Video Musik Terbaik. Namun demikian, untuk Penampilan Vokal Pop Wanita Terbaik dari Straight Up kalah dengan Nick of Time karya Bonnie Raitt.

Album Paula Abdul Spellbound

Kesuksesan Paula Abdul ini terus berlanjut dengan melejitnya 2 singlenya dari album studio keduanya ini yang berjudul Spellbound yang dirilis tahun 1991.

Album ini, tetap menggunakan irama dance pop serta memperkenalkan elemen r&b dan mencapai penjualan hingga 7 juta kopi. Kedua single peringkat 1 tersebut antara lain berjudul Rush Rush dan The Promise of a New Day.

Untuk single ke 3 yang berjudul Blowing Kisses in the Wind hanya menduduki peringkat 6, sedangkan single lainnya Vibeology dan Will You Marry Me? Menduduki 20 besar di Billboard Hot 100.

Paula Abdul mendapatkan bintang di Hollywood Walk of Fame pada tahun 1991. Album Spellbound dipromosikan melalui Under My Spell Tour.

Album Paula Abdul Head Over Hells

Tahu 1995, album studio ke 3 Head Over Hells dirilis. Album ini mempertahan elemen pop dan r&b dengan meraih kesuksesan komersialnya karena berada diperingkat 18 di tangga lagu Billboard 200 di AS.

My Love Is for Real merupakan single utama dari album ini dengan menampilkan irama perpaduan antara r&b dan instrumen tradisional Timur Tengah, serta dinyanyikan dengan penyanyi Yaman Israel yang bernama Ofra Haza.

Single My Love Is for Real ini hanya berada diperingkat 28 di Billboard Hot 100, sedangkan single ke 2 dan ke 3 nya berjudul Crazy Cool dan Ain’t Never Gonna Give You Up.

Video latihan tari berjudul Paula Abdul’s Get Up and Dance! Dirilis ulang pada tahun 2003 dan video latihan tari kedua berjudul Cardio Dance dirilis ulang padan tahun 2000 berupa DVD yang mengunakan irama hip hop yang serba cepat.

Paula Abdul: Greatest Hits merupakan 2 album kompilasi yang dirilis pada tahun 2000, album ini merupakan album rilisan pertama dari Virgin Records.

Seri DVD pemandu sorak/ kebugaran/ tari yang berjudul Cardio Cheer diluncurkan oleh Paula Abdul pada tahun 2005.

Paula Abdul jewelry di QVC meluncurkan debut konsumen nasional pada tahun 2007 dengan tagline fashion jewelry designed with heart and soul.

Namun demikian, setelah hampir 13 tahun lamanya akhirnya Paula Abdul kembali lagi ke chart musik pada tahun 2008 untuk pertama kalinya, melalui single berjudul Dance Like There’s No Tomorrow.

Lagu ini telah menjadi hit comeback dari Paula Abdul karena lagu ini berhasil menduduki peringkat 2 di Billboard Hot 100 dan peringkat 2 di chart Billboard Hot Dance Music/ Club Play.

Lagu I’m Just Here for the Music merupakan lagu orisinal terbaru dari Paula Abdul, lagu ini berhasil berada di rutan 87 di Billboard Hot 100.

Pada tahun 2016 telah diumumkan oleh New Kids on the Block bahwa Paula Abdul akan melakukan tur dengan mereka dan Boyz 2 Men di Total Package Tour tahun 2017.

Tur solo utama Paula Abdul yang akan dilakukan diseluruh Amerika Utara diumumkannya pada tahun 2018, dengan judul Straight Up Paula!. Tur ini juga untuk merayakan 30 tahun dari album studio debutnya Forever Your Girl.

Paula Abdul Vegas merupakan residensi pertamanya di Las Vegas yaitu Paula Abdul: Forever Your Girl, leg pertama residensi ini berakhir pada bualn Januari 2020.

Dia menjadi juri tamu sementara di American Idol pada tahun 2021 untuk menggantikan Luke Bryan yang sedang sakit terdiagnosis COVID-19.

Pada tahun 1992 Paula Abdul menikah dengan aktor bernama Emilio Estevez tetapi akhirnya mereka bercerai pada tahun 1994. Tahun 1996, Paula Abdul menikah lagi dengan desainer pakaian yang bernama Brad Beckerman tetapi mereka bercerai kembali pada tahun 1998.

Pada tahun 1992 ketika Under My Spell Tour, Paula Abdul telah mengalami kecelakaan pesawat sehingga harus menjalani 15 operasi serviks.

Kebenaran kondisi ini, pada tahun 2020 menjadi rumor yang dipertanyakan dalam beberapa situs gosip tetapi Paula Abdul menyatakan didalam pesawat ada 7 orang termasuk dia ketika kecelakaan pesawat terjadi dan dia tidak perduli apa yang orang lain katakan.

Paula Abdul memilik penyakit yang bertambah meningkat penyakitnya setelah menjadi bintang pop sehingga pada tahun 1994 dia mencari pengobatan bulimia nervosa.

Ketika merasa gugup dan lepas kendali yang dipikirkan oleh Paula Abdul adalah makanan sehingga dia makan setelah itu lari ke kamar mandi. Oleh sebab itu, dia tidak tinggi dan kurus seperti penari lainnya.

Selain itu, Paula Abdul juga didiagnosis menderita gangguan saraf pada tahun 2004 yang menimbulkan nyeri kronis. Hal ini, dialaminya setelah terjadi kecelakaan pemandu sorak ketika dia berusia 17 tahun.

Album studio Paula Abdul

- Forever Your Girl (tahun 1988)

- Spellbound (tahun 1991)

- Head over Heels (tahun 1995)

Paula Abdul Tour

- Under My Spell Tour (dari tahun 1991 sampai dengan tahun 1992) - Headlining

- Straight Up Paula! (dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2019) – Headlining

- Club MTV Live (tahun 1989) – Co-headlining

- Total Package Tour (tahun 2017) – Co-headlining

- Paula Abdul: Forever Your Girl (dari tahun 2019 sampai dengan tahun 2020)

Penghargaan Paula Abdul

- Memenangkan American Music Awards untuk Favorite Pop/ Rock Female Artist dan Favorite Dance Artist (tahun 1990), Favorite Pop/ Rock Female Artist (tahun 1992).

- Memenangkan GLAAD Gala untuk kategori Ariadne Getty Ally (tahun 2019)

- Memenangkan Grammy Awards, Opposites Attract untuk kategori Best Short Form Music Video (tahun 1991)

- Memenangkan MTV Video Music Awards, untuk Nasty (Janet Jackson) kategori Best Choreography in a Video tahun 1987, untuk Straight Up kategori Best Female Video, Best Dance Video, Best Choreography in Video dan Best Editing i a Video pada tahun 1989.

Demikian sekilas ulasan tentang PAULA ABDUL, SUKSES MENCETAK 4 SINGLE TOP HIT, semoga dapat menambah wawasan musik kita dan terima kasih sudah berkunjungdi blog ini serta sudah membaca artikel ini sehingga dapat disharekan ke teman-teman  pecinta musik yang lain.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar