The Doors, Grup Band Rock Amerika Yang Paling Kontroversial

"ANGGOTA PERSONIL THE DOORS" (dok.fotopedia.com)

"LOGO THE DOORS" (dok.fanart.tv)

The Doors, Grup Band Rock Amerika Yang Paling Kontroversial

THE DOORS ADALAH KELOMPOK MUSIK ROCK AMERIKA YANG PALING KONTROVERSIAL DAN PALING BERPENGARUH DI ERA 1960 AN, "LIGHT MY FIRE" MERUPAKAN LAGU YANG PERTAMA KALI SUKSES.

Sekilas Tentang Grup Band The Doors
The Doors adalah grup musik rock yang berasal dari kota Los Angeles, California, Amerika, dibentuk pada tahun 1965 dengan jumlah anggota personil yang terdiri dari 4 orang, diantaranya adalah vokalis - Jim Morrison, keyboardis - Ray Manzarek, drummer - John Densmore dan gitaris - Robby Krieger.

Asal mula terbentuknya The Doors, dimulai dari pertemuan antara Jim Morrison dengan Ray Manzarek, pada saat keduanya menghadiri UCLA School of the theater film dan televisi di Venice Beach pada bulan Juli 1965. John Morrison berkata kepada Ray Manzarek bahwa dia telah menulis lagu, kemudian atas dorongan dari Ray Manzarek maka John Morrison menyanyikan lagu yang telah dibuatnya berjudul "Moonlight drive" dengan anggota kelompok yang berasal dari latar belakang musik yang bervariasi dari jazzrock, blues dan idiom rakyat.

Kemudian pada bulan Agustus 1965, Dens More bergabung dengan kelompok musik tadi yang sudah berganti namanya menjadi "The Doors"

Nama The Doors diambil dari sebuah buku "The Title of Aldous Huxley" yang bejudul "The Doors of Perseption". Buku inilah yang menjadi referensi untuk William Blace Quote, karena diprediksikan jika persepsi The Doors telah dibersihkan segala sesuatunya maka akan dimunculkan manusia seperti didalam buku tadi. Karena grup band The Doors cukup unik dan merupakan grup band rock yang paling kontroversial dan paling berpengaruh di Amerika.
Logo The Doors didisain oleh Electra Records Asisten, logo tersebut pertama kali dipakai pada album debut pada tahun 1967.

The Doors telah merilis 8 album dari tahun 1967 sampai dengan tahun 1971, dan telah berhasil mencatatkan lagu hit The Top 10 dan Billboard 200 serta berhasil mendapatkan platinum.

Album yang telah berhasil dirilis oleh The Doors antara lain :

1966 - merilis "The Doors" 
1967 - merilis "Strange days"
1968 - merilis "Waiting for the sun"
1969 - merilis "The Soft Parade"
1970 - merilis "Morrison Hotel"
1971 - merilis "LA Woman"
1983 - merilis "Alive She Cried"
2003 - merilis "Live in Boston"

Album "The Doors" dengan single yang berjudul "Light My Fire", oleh produsernya panjang lagunya dipotong dari yang semula 7 menit menjadi 3 menit, dengan mengurangi permainan radikal pemain keyboard dan gitar solo dibagian tengahnya. Sehingga menjadikan lagu ini berhasil menjadi single pertama yang menduduki peringkat pertama di Billboard Hot 100 Single Chart, dan dapat terjual lebih dari 1 juta kopi.
Puncak kepopuleran The Doors diraih pada tahun 1968 melalui album "Waiting for the sun"

Album LA Woman telah berhasil meraih penghargaan 20 emas, 14 platinum dan 5 multi platinum..
Meskipun The Doors sudah tidak aktif sejak tahun 1973 setelah meninggalnya Morrison pada 3 Juli 1971 pada usia 27 tahun, tetapi popularitas The Doors masih tetap bertahan.

Menurut catatan dari RIAA The Doors telah berhasil menjual albumnya sebanyak 33 juta unit bersertifikasi di Amerika Serikat dan merupakan band terlaris sepanjang masa.

Menurut majalah Rolling Stones, The Doors terdaftar sebagai salah satu seniman terbesar sepanjang masa, dan masuk keurutan ke 41 di daftar 100 Greatest Artist all of time.
Pada tahun 1993 The Doors dilantik dalam Rock & Roll Hall of fame.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel THE DOORS, GRUP BAND ROCK AMERIKA YANG PALING KONTROVERSIAL, semoga bermanfaat untuk menambah perbendaharaan musik kita dan dapat di share ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar