Chris Brown dan Drake, No Guidance sukses di Billboard Hot 100


Chris Brown, penyanyi r&b dan aktor berkebangsaan Amerika yang berkarir sejak tahun 2005

Chris Brown, penyanyi r&b yang terkenal

Sejak kecil Chris Brown sudah terlihat bakat menarinya. Namun baru pada usia 11 tahun, keluarganya mulai menyadari kalau Chris Brown juga punya bakat menari selain kemampuan menyanyinya. Musik r&b telah menjadi jalan dari karir musiknya.

Pada usia 13 tahun, dia diajak pindah ke New York dan secara tidak sengaja dia berada dalam satu team talent scout yang melihat bakat terpendam dari Chris Brown.

Penyanyi kelahiran tahun 1989 asal Amerika ini merupakan penyanyi r&b yang tersukses sepanjang masa dan pada saat itu sering dijuluki sebagai Raja r&b. Musiknya bergaya polihedrik dengan musik r&b yang dipengaruhi oleh musik pop dan hip hop.

Lirik lagu Chris Brown banyak yang bertema romansa, seks, hasrat, penyakit cinta, penyesalan, konflik emosional serta kesepian. Dalam setiap penampilan panggungnya, Chris Brown tidak jarang akan dibandingkan dengan super star Michael Jackson.

Artis multi talenta ini mempunyai kemampuan lain selain menyanyi, diantaranya sebagai penggubah lagu, rapper, dance dan sebagai aktor. Chris Brown mulai aktif sebagai penyanyi sejak tahun 2005 dengan warna musik yang bergenre r&b, hip hop, pop dan dance.

Dari sejak usia muda, Chris Brown sudah kelihatan bakatnya, hal ini terbukti dari keaktifannya dalam berkontribusi sebagai paduan suara di gereja. 
 
Musik selalu hadir didalam kehidupannya sejak kecil, karena orang tuanya sering memperdengarkan album soul, sehingga kebiasaan mendengarkan album soul inilah yang telah membuat Chris Brown menunjukkan minatnya terhadap musik hip hop.

Gerakan hip hop dan kemampuan menyanyinya, dia pelajari secara otodidak tanpa melalui seorang guru, sehingga dia sering memperhatikan dan mencontoh penyanyi mega bintang yang bernama Michael Jackson baik gerakan tari maupun tehnik dalam bernyanyinya.

Pada akhirnya tahun 2004, dia sudah mulai mendapatkan penawaran untuk tandatangan kontrak dengan Jive Record dengan album self titled, melalui singlenya yang berjudul "Run It".

Single debut Chris Brown Run It! memunculkan Juelz Santana dan berhasil melejit di puncak Billboard Hot 100 di AS dan Chris Brown berhasil menjadi artis pria pertama yang mencapai puncak tangga lagu melalui single debutnya sejak tahun 1995.

Selain itu, album debut self titled Chris Brown berhasil mendapatkan sertifikasi triple platinum dari RIAA.

Penyanyi r&b kebangsaan Amerika ini terlahir dengan nama Christopher Maurice Brown, lahir di Tappahannock, Virginia, tanggal 5 Mei 1989. 

Dia juga seorang rapper, penulis lagu dan aktor Amerika. Chris Brown mulai berkarir di dunia musik, setelah dia mendapatkan tandatangan kontrak pertama kalinya dengan Jive Record pada tahun 2004.

Chris Brown menjadi populer pada waktu dia membuat album berjudul Chris Brown yang menjadi album barunya dan dia memulai karir musik dan bermain film sejak tahun 2005

Album debut studio pertama Self title Chris Brown dirilis tahun 2004 dan langsung sukses karena bersertifikat platinum oleh RIAA. 

Album ini menelurkan single Run It! yang memuncak di Billboard Hot 100 dan menghantarkan Chris Brown menjadi artis pria pertama sejak 1997 yang single debutnya sukses dipuncak tangga lagu.

Album kedua Chris Brown Exclusif yang dirilis tahun 2007 dapat meraih sukses komersial diseluruh dunia. Selain itu, lagu Kiss Kiss berhasil melejit diurutan 1 di Billboard Hot 100.

Telah terjadi kekerasan yang dilakukan oleh Chris Brown Rihanna sebagai pacarnya dan tindakan ini telah diakui oleh dia pada tahun 2009. Oleh sebab itu, tahun 2009 ini merupakan tahun yang tidak menyenangkan bagi Chris Brown.

Album ketiga Chris Brown Graffiti dirilis pada tahun 2007 tetapi album ini tidak berhasil sukses secara komersial, berbeda dengan album album sebelumnya yang berhasil sukses komersial dan bersertifikasi platinum.

Album keempat Chris Brown F.A.M.E dirilis tahun 2011, album ini menjadi album pertama dari Chris Brown yang sukses melejit di peringkat 1 di Billboard 200 dan berhasil mendapatkan Grammy Award untuk Album r&b terbaik.

Selain itu, album ini menelurkan beberapa single yang sukses secara komersial, lagu lagu tersebut alntara lain berjudul Yeah 3x, Look at Me Now dan Beautiful People.

Album kelima Chris Brown Fortune dirilis tahun 2012, album ini berhasil berada diperingkat pertama di Billboard 200.

Kemudian dilanjutkan dengan merilis 3 album Chris Brown X pada tahun 2014, Royalty pada tahun 2015.

Album double disc Chris Brown Heartbreak on a Full Moon pada tahun 2017 yang berisi 45 lagu, album ini mendapatkan sertifikasi gold dari RIAA dan sertifikasi double platinum dari AIRA.

Album ke sembilan Chris Brown Indigo merupakan album debutnya yang berhasil berada diperingkat pertama di Billboard 200, album ini dirilis pada tahun 2019.

Single Chris Brown No Guidance, Chris Brown dan Drake mambawakan lagu ini dan lagu ini berhasil masuk 5 besar di Billboard Hot 100. Selain itu, lagu ini mampu memecahkan rekor peringkat pertama berada di tangga lagu r&b/ Hip Hop Airpaly Billboard.

Namun demikian, single Go Crazy yang dibawakan bersama Young Thug ternyata lebih sukses dibandingkan dengan No Guidance karena berada diperingkat 3 di Hot 100 sebagai bagian dari mixtape kolaboratif Slime & B tahun 2020.

Dalam karirnya, Chris Brown berhasil meraih penjualan rekamannya hingga 217 juta diseluruh dunia sehingga dia menjadi seorang artis musik terlaris di dunia dan menjadi salah satu artis tur Afrika Amerika terlaris sepanjang masa.

Selain itu, Chris Brown memiliki 40 hits teratas paling banyak dibandingkan dengan penyanyi r&b lainnya serta memiliki entri Billboard Hot 100 paling banyak dibandingkan dengan penyanyi pria lainnya dalam sejarah.

Chris Brown menjadi artis r&b/ Hip Hop Billboard urutan ketiga setelah Drake dan Rihanna di tangga lagu tahun 2010 an.

Penghargaan yang berhasil diperoleh Chris Brown antara lain adalah Grammy Award, 18 BET Awards, 4 Billboard Music Awards dan 14 Soul Train Music Awards.

Selain sebagai artis penyanyi, Chris Brown juga berkarir juga di dunia akting, antara lain membuat debut film layar lebar di Stomp the Yard, sebagai bintang tamu di serial televisi The O.C.

Film lain yang dibintangi oleh Chris Brown antara lain This Christmas tahun 2007, Takers tahun 2010, Think Like a Man tahun 2012, Batle of the Year tahun 2013 dan She Ball tahun 2020.

Orang tua Chris Brown bernama Joyce Hawkins dan Clinton Brown, dia mempunyai seorang kakak perempuan bernama Lytrell Bundy. Sejak kecil Chris Brown sering mendengarkan album soul milik orang tuanya sehingga Christ Brown menjadi tertarik dengan dunia hip hop.

Kemampuan menyanyi dan menarinya, Chris Brown belajar secara otodidak tanpa seorang guru yang mengajarinya dan Michael Jackson sebagai inspirasinya.

Bakat vokal Chris Brown disadari oleh ibunya ketika dia membawakan lagu My Way dengan mencontoh penampilan dari Usher. Oleh sebab itu, mereka mulai berusaha mencari label yang mau memberikan tanda tangan kontrak untuk rekaman.

Selain itu pertama kalinya album studio Heartbreak on a Full Moon tersebut double disc dan disertifikasi emas oleh RIA.

Hal ini, karena penjualan albumnya mencapai lebih dari 500 ribu eksemplar. Album ini mendapatkan sertifikasi Double Platinum oleh Asosiasi Industri rekaman Amerika tahun 2019.

Chris Brwon Indigo merupakan album studio kesembilan yang dirilis tahun 2019. Album ini menjadi album ketiga Chris Brown yang melejit ke puncak Billboard 200. Chris Brown dan Drake melalui lagu hit Drake yang berjudul No Guidance berhasil menduduki peringkat 5 di Billboard Hot 100.

Lagu berikutnya dari Chris Brown, Go Crazy dan Young Thug berhasil mengungguli lagu sebelumnya karena melejit ke peringkat 3 di Billboard Hot 100 pada tahun 2020, dan lagu ini hasil mixtape kolaborasi dengan Slime & B.

Prestasi Chris Brown dalam karir musiknya sudah berhasil menjual lebih dari 140 juta rekaman di seluruh dunia dan prestasi inilah yang menjadikan dia menjadi salah saru artis musik terlaris di dunia.

Awal karir Chris Brown

Awal karir Chris Brown ketika dia ditemukan oleh tim produksi lokal yang bernama Hitmission Records.

Pada waktu itu, Chris Brown berusia 13 tahun sehingga dia diberikan pelatihan suara serta dibantu untuk mengatur paket demonya yang bernama C. Sizzle dalam mencari kontrak rekaman.

Pada tahun 2004, Chris Brown baru mengejar karir musiknya setelah pindah ke New York dan dia mengikuti audisi sehingga Tina Davis tertarik dengan penampilannya tersebut.

Charle Brown memilih Jive Records karena label ini telah berhasil sukses dalam bekerjasama dengan artis artis seperti Britney Spears dan Justin Timberlake karena memiliki kemampuan dalam musik pop.

Album studio self title

Album ini dirilis tahun 2005 yang berisi 50 lagu. Selain bekerja sama dengan beberapa produser dan penulis lagu, Chris Brown juga berpatisipasi dalam menulis separoh lagu lagu tersebut.

Lagu lagu yang ditulis oleh Chris Brown kebanyakan tentang kejadian kejadian yang dialami oleh anak anak berusia 16 tahun dan pengalaman pengalaman pribadinya.

Album ini mampu bertengger diperingkat 2 di Billboard 200 dan mencapai penjualan hingga 154 ribu kopi.

Selain itu, juga mencapai sukses secara komersial dengan pencapaian penjualan hingga 3 juta kopi di Amerika Serikat dan  juta kopi di seluruh dunia, serta mendapatkan sertifikasi platinum sebanyak 3 kali dari RIAA.

Melalui single utama Run It membuat Chris Brown menjadi artis pria pertama yang single debutnya menduduki peringkat pertama di Billboard Hot 100.

Sedangkan 3 single lainnya yang berjudul Yo (Excuse Me Miss), Gimme That dan Say Goodbye menempati 20 besar di Billboard Hot 100.

Album Chris Brown Exclusive

Chris Brown’s Journey berupa DVD dirilis pada tahun 2006, DVD ini berisi cuplikan perjalanan Chris Brown di Inggris dan Jepang.

Kemudian melakukan Tur co-headlining utamanya untuk mempromosikan album ini dan dilanjutkan lagi dengan The Up Close and Personal Tour.

Hasil penjualan ticket The Up Close and Personal Tour ini disumbangkan ke Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude sebesar 10 ribu dollar.

Chris Brown membuat debut filmnya bersama dengan Ne-Yo, Meagan Good dan Columbus Short pada tahun 2007. Pada tahun yang sama dia menjadi artis pembuka Beyoncé untuk tur The Beyoncé Experience.

Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke 18 maka Chris Brown tampil di episode MTV My Super 18 di New York City.

Album studio kedua Chris Brown Exclusive dirilis di AS pada tahun 2007. Album ini tidak sukses secara komersial karena hanya berada di peringkat 79 di tangga lagu Billboard Hot 100 AS dan urutan 22 di tangga lagu lagu r&b/ Hip Hop Populer AS.

Single utama dari album ini berjudul Wall to Wall dan Kiss Kiss merupakan single keduanya. Kiss Kiss berhasil melejit di peringkat pertama di tangga lagu Billboard Hot 100 AS dan menjadi single peringkat 1 kedua setelah Run It.

Single ketiga Chris Brown With You dari album ini berhasil mencapai sukses lebih besar dari Kiss Kiss karena menjadi single paling laris sepanjang masa dan berada di peringkat 2 di tangga lagu Billboard Hot 100 AS.

Album Exclusive ini berirama r&b dan sebagian kecil dipengaruhi musik pop, album ini bertengger di urutan 4 di tangga lagu Billboard AS dan berhasil meraih penjualan hingga 294 ribu kopi pada minggu pertama dan terjual 1,9 juta kopi di AS.

Untuk mendukung album ini, Chris Brown mengadakan The Exclusive Holiday Tour pada tahun 2007. Tur ini diawali di Cincinnati Ohio dan berakhir di Honolulu, Hawai.

Single Jordin Sparks No Air yang dibawakan oleh Chris Brown berhasil sukses di seluruh dunia hingga melejit di peringkat 3 di tangga lagu Billboard Hot 100 AS.

Sedangkan single David Banner Get Like Me yang dibawakan oleh Chris Brown bersama dengan Yung Joc berhasil berada di urutan 16 di Billboard Hot 100 dan urutan 2 di tangga lagu US Hot Rap Songs.

Tahun 2008 album Exclusive dirilis ulang dengan edisi deluxe dengan judul Exclusive: The Forever Edition.

Album ini berisi 4 lagu baru termasuk Eurodisco Forever, single Eurodisco Forever ini menjadi salah satu single paling populer karena melejit di peringkat 2 di Billboard Hot 100.

Selain itu, Chris Brown telah dilantik sebagai Artist of the Year oleh majalah Billboard pada akhir tahun 2008.

Album Chris Brown Graffiti dan Mixtape

Album studio ketiga Chris Brown Graffiti merupakan sebuah album eksperimen karena musiknya terinspirasi dari penyanyi Prince dan Michael Jackson. Di album ini, Chris Brown ingin seperti Prince, Michael Jackson dan Stevie Wonder.

Selain itu, album ini menggunakan jenis musik r&b yang dipadukan dengan Eurodisco dan musik  rock.

Chris Brown Rihanna telah terjadi skandal kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan oleh Chris Brown sehingga sebagian besar media menentang Chris Brown. Hal ini, telah membuat Chris Brown menjadi kehilangan kontrak rekamannya cukup dratis.

Single utama album ini berjudul I Can Transform Ya telah berada di peringkat 20 tangga lagu Billboard Hot 100 AS. Single kedua Crawl menduduki peringkat 53 di Billboard Hot 100.

Namun demikian, album ini dianggap sangat tidak berhasil secara komersial apabila dibandingkan dengan kedua album sebelumnya dan mendapatkan tanggapan negatif dari para kritikus.

Album ini diperingkat 7 di tangga lagu Billboard 200 AS dan meraih penjualan 102 ribu kopi di minggu pertama, selanjutnya mencapai penjualan sebanayk 341 ribu di AS.

Chris Brown juga merilis 3 mixtape gratis In My Zone (Rhythm & Streets), Fan of a Fan (mixtape kolaboratif bersama Tyga) dan In My Zone 2 selama tahun 2010. Mixtape ini memakai gaya musik yang berbeda karena memadukan r&b dengan hip hop..

Single Deuces mendapatkan pujian kritis danberhasil meraih kesuksesan karena melejit diperingkat pertama di Lagu R&B/Hip Hop Populer.

Untuk selanjutnya, lagu ini dibuat remix oleh penyanyi terkenal seperti Drake, Kanye West, André 3000, Rick Ross, Fabolous serta TI. Single kedua dari Fan of a Fan berjudul No BS dirilis sebagai lagu solo.

Album Chris Brown F.A.M.E dan Fortune

Album berikutnya, adalah album studi ke 4 Chris Brown F.A.M.E diumumkan oleh Chris Brown pada tahun 2010 dan dirilis tahun 2011.

Album ini berhasil menembus peringkat 1 di tangga lagu Billboard 200 AS dan menjadi album pertama yang mampu menduduki peringkat pertama di AS.

Single pertamanya Yeah 3x merupakan sebuah lagu dance pop dan merupakan lagu yang memang berbeda dengan single sebelumnya di mixtapes urban.

Perbedaan jenis musik ini, justru mampu mencapai kesuksesan internasional karena lagu ini berhasil menduduki 10 besar di 11 negara, termasuk Australia, Austria, Denmark, Irlandia, Belanda, Selandia Baru, Swiss serta Inggris.

Selain itu, single kedua hip hop Look at Me Now menggandeng rapper Lil Wayne dan Busta Rhymes sehingga mampu menduduki peringkat 1 di tangga lagu US HotR&B/Hip Hop Songs dan peringkat 1 di tangga lagu Hot Rap Songs AS.

Lagu ini juga menjadi salah satu lagu rap terlaris tahun 2011 dan salah satu single terlaris sepanjang masa di Amerika Serikat.

Single ketiga album ini, Beautiful People menggandeng Benny Benassi berhasil bertengger di peringkat 1 di tangga lagu US Hot Dance Club Songs dan menjadi singel peringkat 1 pertama bagi mereka berdua.

Single internasional atau single AS ke 4 dari album ini, She Ain’t You dan Next 2 You. Single Next 2 You Chris Brown menggandeng Justin Bieber. Selanjutnya, Chris Brown mengadakan tur di Australia dan Amerika Utara untuk mempromosikan F.A.M.E.

Beberapa pencapaian dan perolehan penghargaan dari Chris Brown antara lain :

- 6 nominasi di BET Award 2011 dan 5 penghargaan yaitu Artis R&B Pria Terbaik, Pilihan Pemirsa, Fandemonium, Kolaborasi Terbaik dan Video Tahun ini untuk Look at Me Now.

- 3 penghargaan di BET Hip Hop Awards 2011 yaitu People’s Cham Award, Reese’s Perfect Combo Award dan Video Hip Hop Terbaik untuk Look at Me Now.

- Penghargaan Musik Soul Train 2011, memenangkan Album Terbaik Tahun ini untuk F.A.M.E dan memperoleh 3 nominasi Grammy Award untuk Album R&B Terbaik dan Penampilan Rap Terbaik dan Lagu Rap Terbaik untuk Look at Me Now.

- Memenangkan Grammy Award untuk Album R&B Terbaik di tahun 2012.

Chris Brown membuat sekuel F.A.M.E yang diberi judul Fortune dan Fortune ini menjadi album baru Chris Brown yaitu album studio kelimanya yang berisi materi lagu lagu baru juga.

Album Fortune ini dirilis tahun 2012 dan album ini berhasil melejit di peringkat 1 Billboard 200 tetapi oleh para kritikus memberikan tanggapan negatif terhadap album ini.

Single Strip menjadi single utama dari album ini dengan menggandeng Kevin McCall, selain itu Turn Up the Music juga menjadi single utama.

Selain itu, diikuti single single lainnya yang berjudul Sweet Love, Till I Die, Don’t Wake Me Up dan Don’t Judge Me Up juga akan dimasukkan kedalam album ini.

Chris Brown tour Carpe Diem di Eropa, Afrika, Asia dan Trinidad diadakan dalam rangka untuk mempromosikan album ini.

Album Chris Brown X dan Royalty

Album Chris Brown selanjutnya menjadi semakin berkembang dan akan menggunakan musik yang berbeda dengan pembuatan album album sebelumnya.

Perilisan album Chris Brown X menelurkan single utama Fine China, untuk selanjutnya disusul dengan singel lainnya antara lain Don’t Think They Know, Love More dan Loyal. Single terakhir New Flame dari album ini menggandeng Usher dan Rick Ross.

Single Loyal ini dirilis ketika Chris Brown masih dipenjara dan lagu ini menjadi salah satu lagu tersukses karena menduduki urutan 10 besar di Billboard Hot 100 baik di AS maupun di Inggris.

Namun demikian, perilisan mixtape X ini mengalami kendala karena Chris Brwon dijatuhi hukuman pusat rehabilitasi manajemen amarah pada tanggal 20 November 2013, selama 3 bulan.

Akhirnya Chris Brown akan merilis album X ini pada hari ulang tahunnya pada tanggal 5 Mei 2014 dan dirilis pada bulan September 2014, dengan lagu baru Don’t Be Gone Too Long yang menggandeng Ariana Grande.

Album X mendapat tanggapan positif dari para kritikus dan album ini dianggap telah meraih kemajuan besar jika dibandingkan dengan album sebelumnya yang mendapatkan tanggapan kritis.

Album Fortune ditargetkan menjadi album kontemporer Urban Terbaik sedangkan New Flame ditargetkan untuk R&B Terbaik dan Lagu R&B Terbaik.

Album studio kolaborasi dibuat Chris Brown untuk pertama kalinya bersama dengan Tyga dengan tema Fan of a Fan: The Album pada tahun 2015 sebagai tindak lanjut daru mixtape tahun 2010.

Ketika Chris Brown tampil dengan lagu DJ Deorro Five More Hours pada tahun 2015, mereka berhasil memperoleh kesuksesan besar di seluruh dunia.

Selanjutnya lagu baru Chris Brown Liquor dirilis pada tahun yang sama dan lagu ini akan digunakan untuk album studio ketujuhnya sebagai single pertama.

Album baru Chris Brown ini akan diberi nama Royalty dalam rangka menghormati putrinya dan untuk sampul albumnya bergambar hitam putih terlihat Royalty berada dipelukan Chris Brown.

Album ini semula akan dirilis pada bulan November 2015 tetapi perilisannya diundur bulan Desember 2015 sehingga digantikan dengan merilis album mixtape 34 lagu gratis yang berjudul Before and the Party terlebih dahulu.

Didalam album mixtape ini Chris Brown menggandeng artis tamu seperti Rihanna, Wiz Khalifa, Pusha T, Wale, Tyga, French Montana dan Fetty Wap. Album ini berhasil berada diurutan 3 di Billboard 200 AS.

Album Chris Brown Heartbreak on a Full Moon

Sebuah lagu Paradise dari album Danceakolic dibawakan Chris Brown berkolaborasi dengan DJ Italia yang bernama Benny Benassi pada bulan Maret 2016.

Album Chris Brown Heartbreak on a Full Moon dengan Grass Ain’t Greener sebagai single pertamanya. Dia juga merilis 2 single balada piano berjudul My Friend dan A Lot ofLove di halaman SoundCloud secara gratis.

Selama tahun 2016 dan 2017, Chris Brown mengadakan 2 tour yaitu One Hell a Nite Tour dan The Party Tour di Eropa.

Single resmi kedua dari album Chris Brown Party memunculkan vokal tamu Usher yaitu penyanyi R&B Amerika Serikat dan rapper Gucci Mane. Single ini dirilis tahun 201 dan mampu sukses secara komersial.

Karena Chris Brown sudah membuat begitu banyak lagu dengan rekaman yang berkualitas maka dia memutuskan untuk membuat album dengan lagu 15/20 atau album yang berisi 40 lagu.

Chris Brown berhasil meyakinkan label rekaman yang sebelumnya tidak menyetujui karena kuatir merusak kinerja komersialnya.

Single Privasi dirilis bulan Maret 2017 dan menjadi singel berikutnya dari album Heartbreak on a Full Moon, single ini mendapatkan respon yang bagus dari penggemarnya.

Film Wellcpme to My Life merupakan film dokumenter yang menceritakan kehidupan dan karir Chris Brown dirilis bulan Juni 2017. Dalam film ini, beberapa artis ikut berpartisipasi diantaranya Jennifer Lopez, Mike Tyson, Rita Ora, Usher dan Tyga.

Pills & Aotumobiles merupakan single ke 4 dari album ini dirilis bulan Agustus 2017 dengan vokal tamu artis trap Amerika seperti Yo Gotti, A Boogie Wit Da Hoodie dan Kodak Black. Kemudian pada bulan berikutnya dilanjutkan dengan single ke 5 Questions.

Sebuah single promosi High End dirilis pada bulan Oktober 2017 dengan menggandeng vokal tamu artis trap Amerika Future dan Young Thug. Kemudian Chris Brown konser pop-up gratis diadakan di New York City bersama dengan Tidal.

Album Chris Brown Heartbreak on a Full Moon ini, sebagian liriknya terinspirasi oleh putusnya Chris Brown dengan Karrueche Tran.

Tema album ini tentang penyesalan, cinta yang berubah menjadi kebencian, kesulitan dalam mengelola emosi, kesulitan melupakan seseorang serta gaya hidup yang asal asalan karena tidak dapat menghilangkan perasaan sakit karena patah hati.

Album ini memperoleh pujian dari para kritikus baik variasi rekaman, durasi serta liriknya sehingga dianggap sebagai karya penyanyi terbaik. Selain itu, album ini menduduki peringkat 3 di Billboard 200 AS dan masuk album 10 besar atau diurutan 9 di tangga lagu.

Album ini juga memperoleh sertifikasi gold dari RIAA dengan pencapaian penjualan hingga 500 ribu kopi di AS. Dalam hal ini, Chris Brown menjadi artis R&B pria pertama yang berhasil mendapatkan sertifikasi gols tersebut.

Bahkan di tahun 2019 album ini berhasil mendapatkan sertifikasi double platinum dari RIAA. Kemudian Chris Brown merilis edisi deluxe yang berisi 12 lagu kejutan dari album Cuffing Season – 12 Christmas Day untuk hadiah bagi penggemarnya.

Chris Brown  Heartbreak on a Full Moon Tour diadakan untuk mempromosikan album ini dan 6lack, H.E.R, Rich the Kid dan Jacquees sebagai pembuka tur ini.

Album Chris Brown Indigo

Kesuksesan dari abum Heartbreak on a Full Moon dilanjutkan dengan proyek kolaborasi antara Chris Brown dengan rapper Joyner Lucas melalui single Stranger Things, tetapi pyoyek ini tidak pernah dirilis.

Video penampilan Chris Brown melalui single Freaky Friday yang merupakan single sukses besar dari Lil Dicky telah ditonton lebih dari 100 juta kali dan melejit dipuncak tangga lagu di Selandia Baru da Inggris.

Album ke 9 Chris Brown Indigo mulai dikerjakan di tahun 2018 dan Undecided sebagai single pertama dari album ini dirilis bulan Juni 2019.

Kemudian disusul dengan merilis single kedua Back to Love, single ini mendapatkan tanggapan positif dari para kritikus. Namun single ini tidak berhasil menduduki tangga lagu di AS.

Wobble Up sebagai single ketiganya dengan menampilkan Nicki Minaj dan G-Easy dan di Single Light It Up, Chris Brown tampil bersama dengan Marshmello dan Tyga.

Beberapa artis yang pernah bekerja sama dengan Chris Brown untuk albumnya diantaranya adalah Nicki Minaj, Tory Lanez, Tyga, Justin Bieber, Juicy J, Juvenile, H.E.R, Tank, Sage the Gemini, Lil Jon, Lil Wayne, Joyner Lucas, Gunna dan Drake.

Single No Guidance dirilis oleh Chris Brown dengan menggandeng Drake, single ini berhasil menempati urutan 9 di Billboard Hot 100 AS dan menjadi single ke 15 Chris Brown yang mampu masuk di urutan 10 besar.

Selain itu, single ini berhasil memenangkan Penampilan Kolaborasi Terbaik, Pertunjukan Tari Terbaik dan Lagu Terbaik Tahun ini di Soul Train Music Awards 2019.

Album Chris Brown Indigo bertengger di peringkat 1 di Billboard 200 AS dan menjadi album ketiga Chris Brown yang berhasil menduduki peringkat 1 di AS.

Album Indigo menelurkan 2 single Heat dan Don’t Check on Me. Single Heat berhasil melejit diperingkat 1 di tangga lagu Billboard Rhythmic Airplay dan single Don’t Check on Me menampilkan Justin Bieber dan vokalis Atia “Ink” Boggs.

Chris Brown concert Tour yang bertema Indigoat Tour diadakan pada bulan Juni 2019, di concert tour ini dia membawakan albumnya di seluruh Amerika Serikat. Tur ini sukses karena ticketnya terjual habis dan mendapat tanggapan bagus.

Pada tahun 2010 an, Chris Brown menempati urutan 3 di Billboard artis R&B/Hp Hop setelah Drake dan Rihanna.

Album Chris Brown Breezy

Sejak Desember 2019 album Chris Brown Breezy ini mulai dikerjakan sebagai album studio ke 10 nya.

Mixtape kolaborasi Chris Brown dengan Young Thug, Slime & B  dirilis pada bulan Mei 2020 dan menampilkan single hit Go Crazy.

Single hit ini menduduki peringkat 3 di Billboard Hot 100 dan memecahkan rekor sebagai lagu peringkat 1 terlama di R&B/Hip Hop Airplay pada bulan April 2021. Rekor ini sebelumnya dipegang oleh singel hit No Guidance milik Chris Brown juga.

Di Mixtape Drake’s Dark Lane Demo Tapes untuk lagu Not Yoy Too, Chris Brown mendapatkan entri karirnya yang ke 100 di US Billboard Hot 100 pada bulan Mei 2020.

Album Breezy ini akan didampingi film berjudul Breezy juga dan single utama album ini Iffy dirilis pada 14 Januari 2022.

Single Iffy ini menduduki pringkat 1 di Rhythmic Radio Chart, tetapi single ini akhirnya tidak dimasukan kedalam album tersebut. Single ke 2 WE (Warm Embrace) dirilis pada bulan April 2022.

Video musik single WE (Warm Embrace) dirilis pada bulan Juni 2022 dengan menampilkan sesama artis R&B Normani dan cuplikan lagu dari album Sleep at Night.

Chris Brown berhasil memenangkan artis internasional tahun ini pada penghargaan Headies tahunan ke 15 untuk kategori  artis atau kelompok non Afrika dengan prestasi dan pengaruh yang luar biasa pada Afrobeats.

Chris Brown telah menjadi penyanyi R&B pertama dalam sejarah yang telah menorehkan lebih dari 50 tagu top 40 di tangga lagu Billboard Hot 100 atas perilisan single Under the Influence.

Selain itu, Chris Brown juga merilis 2 single mandiri berjudul No Time Like Christmas dan It’s Giving Christmas yang bertema Natal pada bulan November 2022.

Tur Eropa Chris Brown untuk tahun 2023 akan dilakukannya dengan tema Under The Influence diumumkan pada bulan Desember 2022 dan sebagai bintang tamu istimewanya adalah Skillibeng.

Di awal Januari 2023, Chris Brown berhasil mengungguli Elvis Presley dalam hal single tersertifikasi Gols RIAA terbanyak dinatara semua vokalis pria dalam sejarah.

Selanjutnya masih di tahun 2023, dia berhasil menjadi artis ke 5 dalam sejarah Billboard yang mendapatkan 10 peringkat 1 di tangga lagu R&B/Hip Hop Airplay Billboard melalui rekaman hitnya yang berjudul Under the Influence.

Under the Influence berhasil menduduki peringkat 1 yang ke 18 di tangga lagu Mainstream R&B/Hip Hop Airplay Billboard.

Hal ini membuat Chris Brown bisa menjadi artis urutan 3 setelah Drake dan Lil Wayne yang memiliki peringkat 1 paling banyak di chart Mainstream R&B/Hip Hop Airplay.

Melalui sebuah lagu How We Roll, Chris Brown berkolaborasi dengan Ciara, mereka mengadakan konser di stadion Nasional Jamaika bertema Chris Brown and Friends Live in Jamaica pada bulan Agustus 2023.

Dalam karir musiknya, Chris Brown terinspirasi oleh Michael Jackson dalam hal menyanyi dan dan menari, sedangkan Usher mempengaruhinya dalam sosok yang lebih kontemporer.

Selain itu, Chris Brown juga dipengaruhi oleh artis lainya seperti Marvin Gaye, Sam Cooke, Ginuwine, Phil Collins, Bobby Brown serta R. Kelly. Selanjutnya rapper yang mengispirasi rapnya adalah Naughty by Nature, Lil’ Wayne dan Rakim.

Album Chris Brown Eksklusif sudah mengembangkan tempo lebih elektrik dan menjauhi hip hop serta menghancurkan kejayaan pop, sehingga gaya musiknya tak jarang diartikan sebagai polihendrik.

Pemenang Grammy Award F.A.M.E menjadi musik yang belum ada yang menandingi mengenai tingkat fleksibilitasnya sehingga F.A.M.E menjadi penentu dari gaya dan kepribadian Chris brown.

Chris Brown dianggap sebagai artis R&B terbesar di tahun 2010 an dan menjadi penentu kesuksesan dan genre ini dalam periode tersebut.

Album X Chris Brown telah menunjukkan bakat musiknya yang cukup tinggi dari dirinya sedangkan album Heartbreak on a Full Moon merupakan suatu musik R&B terbesar yang pernah terjadi bagi Chris Brown.

Chris Brown telah meramu musik tradisional R&B dengan hip hop dan pop, tetapi juga dengan genre musik lain seperti soul, dancehall, R&B alternatif, house, EDM, Afrobeats, trap, rock, disco dan funk.

Single singlenya yang dipengaruhi oleh banyak genre tetapi sisi genre R&B murni masih terdengar dengan jelas pada setiap albumnya, diantaranya single Deuces, Sweet Love, Liquor, Zero, Back to Love dan Don’t Check on Me.

Sedangkan single yang menggunakan genre lain seperti No BS, Don’t Judge Me, Back to Sleep dan Privasi.

Single Chris Brown yang mendapat pengaruh kuat dari hip hop antara lain Look at Me Now, Till I Die dan Loyal, sedangkan untuk single Forever bermusik dance pop.

Single Forever ini telah membukakan jalan bagi lagu Europop seperti Yeak 3x, Beautiful People, Turn Up The Music dan Don’t Wake Me Up.

Chris Brown adalah sosok yang mempunyai kemampuan yang lengkap sebagao\i orang paling berbakat di R&B apabila dibandingkan dengan Trey Songz maupun Usher, karena selain menyanyi, menari juga mempunyai kemampuan menulis lagu.

Chris Brown pernah berkencan dengan penyanyi Rihanna, model Sports Illustrated Jasmine Sanders, model Draya Michele, Karrueche Tran, model Krista Santiago, influencer Vanessa Vargas dan juga dengan penyanyi pop Indonesia Agnes Mo.

Chris Brown bersama dengan Agnes Mo sempat merilis single bersama yang berjudul Overdose.

Meskipun Chris Brown berhasil terkenal dan sukses secara komersial, namun dia harus berjuang karena masalah kesehatan mental serta kecanduannya.

Sejak usia 8 tahun, dia sudah mengalami pemerkosaan yang dilakukan oleh gadis lokal usia 14 tahunnan. Kemudian, dia pernah dijatuhi hukuman 3 bulan karena inside kekerasan terhadap Rihanna.

Selain itu, Chris Brown, dinyatakan menderita gangguan bipolar II serta gangguan stres pasca trauma. Oleh sebab itu, dia memerlukan pengawasan ketat dari dokter untuk memastikan keadaan kesehatan mental bipolarnya tetap stabil.

Hal ini, karena pasien yang mengalami gangguan stres pasca trauma dan bipolar II biasanya akan menggunakan zat untuk mengobati sendiri perubahan suasana hati biokimia mereka serta pemicu trauma.

Chris Brown juga mempunyai usaha seperti restoran Burger King, Chris Brown clothing line yaitu pakaian streetwear yang bernama Black Pyramid, bekerja sama dengan lini pakaian sweater seperti Snipe dan bermitra dengan SoFlo Snacks.

Chris Brown meluncurkan Breezy’s Cosmic Crunch pada bulan November 2021 dan ini adalah serealnya sendiri.

Album album Chris Brown

- Chris Brown (tahun 2005)

- Exclusive (tahun 2007)

- Graffiti (tahun 2009)

- F.A.M.E (tahun 2011)

- Fortune (tahun 2012)

- X (tahun 2014)

- Royalty (tahun 2015)

- Heartbreak on a Full Moon (tahun 2017)

- Indigo (tahun 2019)

- Breezy (tahun 2022)

Film film Chris Brown

- Stomp the Yard, This Chrismas  (tahun 2007)

- Takers (tahun 2010)

- Think Like a Man (tahun 2012)

- Battle of the Year (tahun 2013)

- Chris Brown: Welcome to My Life (tahun 2017)

- She Ball (tahun 2020)

Film film televisi Chris Brown

- One on One, Christmas in Washington (tahun 2006)

- Chris Brown: Journey to South Africa, The O.C, Sesame Street  (tahun 2007)

- The Suite Life of Zack & Cody (tahun 2008)

- Tosh.O (tahun 2011)

- Real Hushbands of Hollywood (tahun 2015)

- Black-ish (tahun 2017)

Chris Brown Tour

- Up Close and Personal Tour (tahun 2006)

- The UCP Exclusive Tour (tahun 2007)

- Fan Appreciation Tour (tahun 2009)

- F.A.M.E Tour (tahun 2011)

- Carpe Die Tour (tahun 2012)

- One Hell of a Nite Tour (tahun 2015-2016)

- The Party Tour (tahun 2017)

- Heartbreak on a Full Moon Tour (tahun 2018)

- Indigoat Tour (tahun 2019)

- Under the Influence Tour (tahun 2023)

Chris Brown Tour bersama artis lain :

- Between the Sheets Tour, dengan Trey Songz (tahun 2015)

- One of Them Ones Tour, dengan Lil Baby (tahun 2022)

Chris Brown Tour support artis lain :

- The Beyonce Experience (tahun 2007)

- Good Girl Gone Bad Tour (tahun 2008)

- Supafest (tahun 2012)

- Lil Weezyana Fest (tahun 2016)

- OVO Fest (tahun 2019)

Prestasi Chris Brown

- Berhasil menjual rekamannya hingga 197 juta di seluruh dunia sehingga menjadi salah satu artis musik terlaris di dunia dan salah saru artis tur Afrika-Amerika terlaris sepanjang masa.

- Berhasil mempunyai entri Billboard Hot 100 paling banyak dibandingkan dengan penyanyi pria lainnya dalam sejarah dan memiliki 40 hits peringkat terbanyak di bandingkan dengan penyanyi R&B lainnya dalam sejarah.

- Pada dekade 2020 an, berhasil berada di urutan ke 3 sebagai artis R&B/Hip Hop Billboard setelah Drake dan Rihana.

- Berhasil memenangkan perhargaan seperti Grammy Award, 18 BET Awards, 4 Billboard Music Awards dan 14 Soul Train Music Awards.

Dari album-album yang telah dirilis, ternyata kebanyakan dari albumnya tersebut berhasil mendapatkan penghargaan :

- Album debut single menjadi single top chart ke 2 dan urutan 1 di single hot 100
- Album ke 2 "Eksklusif" (2007), berhasil menelurkan single "Kiss kiss", "With you" dan "Forever". Album ini berhasil meraih platinum ganda oleh RIAA.
- Album ke 3 "Graffiti", dengan single "I can transform ya" berhasil masuk Top 21.
- Album ke 4 "Fame", menghasilkan single "Yeah 3 x", "Look at me now" dan "Beautiful people". Album ini mendapatkan Grammy Award untuk pertama kalinya bagi Chris Brown sebagai Best R&B album di 54 Grammy Award dan menempati peringkat pertama di Billboard Hot 200.

Setelah album Eksklusive berhasil dirilis, album Chris Brown selanjutnya yaitu album ke 5 "Fortune" belum dapat diterima secara komersial maupun oleh para kritikus musik album tersebut belum dianggap baik. 

Album studio ke 6 "X" dengan lead single "Fine China" berhasil masuk di US Top 40 radio, kemudian dilanjutkan dengan album studio ke 7 "Royalty" yang rencananya akan diluncurkan pada tanggal 18 Desember 2015 mendatang.

Tidak cukup sebagai penyanyi R&B yang top, dia masih mencoba mengejar karirnya lagi di dunia akting yaitu dengan bermain film :

- Debut film di layar Fitur di Story Yard pada tahun 2007, Chris Brown bermain sebagai bintang tamu di serial Televisi The OC.
- This Chrismast (2007)
- Takers (2010)
- Think like a man (2012)
- Battle of the year (2013)

Selama masa karirnya sudah banyak penghargaan yang berhasil diraihnya, diantaranya adalah :

- 2 buah NAACP Image Award
- 3 buah American Music Award
- 14 buah BET Award

Penghargaan yang telah diperoleh Chris Brown :

- Grammy Award

- 15 BET Awards

- 4 Billboard Music Awards

- Soul Train Music Awards

Debut film layar lebar dirilis tahun 2007 di Stomp the Yard, selain itu Chris Brown muncul sebagai bintang tamu di serial televisi The OC.

Dalam kehidupan pribadinya, Chris Brown menjalin hubungan dengan penyanyi r&b Rihanna. Namun Chris Brown ditangkap polisi akibat melakukan tindakan kekerasan terhadap Rihanna, sehingga harus masuk penjara. 
 
Chris Brown akhirnya bebas dengan jaminan dan mereka berdua memperbaiki hubungannya kembali setelah Chris Brown mengungkapkan penyesalan atas kejadian tersebut.

Demikian ulasan singkat tentang Chris Brown dan Drake, No Guidance sukses di Billboard Hot 100, terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca serta terima kasih juga jika sudah dibantu share kepada teman-teman yang lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar