Ariana Grande Positions, album peringkat 1 di Billboard 200

Ariana Grande, penyanyi, penulis lagu dan aktris Amerika yang memulai karirnya di tahun 2008 melalui drama Broadway 

Ariana Grande, penyanyi pop dan r&b asal Amerika

Penyanyi muda asal Amerika yang bernama Ariana Grande ini, selain sebagai penyanyi dia juga merupakan seorang aktris. Dia telah berhasil masuk di dalam kancah industri musik Internasional dan juga sudah menjadi seorang penyanyi bertaraf Internasional.
 
Berapa umur Ariana Grande pada tahun 2021 ini? ternyata artis kelahiran tahun 1993 ini, sekarang sudah berusia 28 tahun. Arah musik Ariana Grande lebih dominan ke genre musik pop dan r&b dengan elemen EDM, hip hop dan trap.
 
Ariana Grande muncul pertama kali dan menonjol pada album Christmas & Chill dan dia sangat konsisten dalam mempertahankan nada pop dan r&b nya. 
 
Selain bermusik, Ariana Grande rem merupakan Ariana Grande cloud perfume yang diproduksi dan menjadi miliknya sebagai usaha sampingannya.
 
Baru-baru ini muncul artis yang berasal dari Korea Selatan yaitu girl band yang bernama Twice, girl band ini telah dianggap menjadi saingan yang berarti bagi Ariana Grande, karena artis Korea Selatan ini sudah berhasil membuktikan kemampuan terbaiknya di kancah Internasional juga.

Ariana Grande adalah seorang penyanyi wanita yang mempunyai jenis suara empat oktaf dengan jangkauan vokal cahaya lirik soprano serta mempunyai power suara yang kuat dan soulful.
 
Selain itu, rentang vokalnya lebar, sehingga Ariana Grande sering disebut dengan Mini Mariah Carey atau New Mariah Carey. 

Baca juga : Mariah Carey, Terkenal Dengan Jangkauan Vokal Yang Tinggi Dan Gayanya Yang Memukau

Dia menyukai penampilan panggungnya dengan gaya berpakaian yang  memakai rok pendek dan crop top serta bersepatu boot selutut, sehingga membuat dia banyak mendapatkan kritikkan karena penampilannya yang bergaya seperti seorang diva dan agak kurang sopan. 

Melalui singlenya yang berjudul The Way dari albumnya yang berjudul Your’s Truly, pada tahun 2013 berhasil masuk ke peringkat 10 besar di Billboard Hot 100 dan berhasil bersertifikat double platinum yang diberikan oleh RIAA, serta berhasil meraih peringkat tertinggi di Billboard 200. 

Hal ini, telah membuat Ariana Grande mampu menjadi artis wanita pertama yang mempunyai debut dan berhasil mencapai posisi tertinggi setelah Animal dari Kesha pada tahun 2010. 
 
Apabila dilihat secara keseluruhan maka Ariana Grande menjadi artis wanita kelima yang debutnya berhasil mencapai posisi tertinggi.
 
Lagu Ariana Grande yang berjudul The Way juga merupakan lagu terlaris penjualannya setelah penyanyi Justin Timberlake dengan Suit & Tie dan One Direction dengan Best Song Ever. 

Sekilas Tentang Ariana Grande

Ariana Grande dengan nama lahir Ariana Grande Butera, merupakan seorang penyanyi cantik kelahiran Boca Raton, Florida, Amerika Serikat yang lahir pada tanggal 26 Juni 1993.
 
Karirnya diawali dari debut aktingnya melalui peran Charlotte di 13 Broadway pada tahun 2008, sehingga dia dapat memerankan Cat Valentine pada film serial televisi Nicelodeon Victoius dan film serial Spin Off Sam & Cat dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2013. 

Ariana Grande adalah keturunan Italia dimana kedua orang tuanya hijrah ke New York, Florida ketika ibunya masih mengadung Ariana Grande. Dia sudah mulai tampil di teater anak Fort Lauderdale sejak usia masih anak-anak dan dia tampil di musikal The Wizard Of Oz dan Beauty And The Beast. 

Dia mulai fokus untuk menekuni karir musiknya ketika  usianya menginjak 13 tahun, meskipun pada saat itu Ariana Grande masih menekuni teater juga. 
 
Setahun kemudian Ariana Grande untuk pertama kalinya sampai di Los Angeles dan bertemu dengan managernya.
 
Pada saat itu, dia berkeinginan untuk membuat album R&B tetapi keinginannya tersebut tidak dapat dipenuhi karena usianya masih 14 tahun, sehingga hal tersebut terpaksa di urungkan dahulu dengan alasan tidak ada yang akan membeli album R&B anak usia 14 tahun. 

Karir aktingnya dimulai sejak tahun 2008 dengan memerankan peran Charlotte dalam musik 13 di Broadway, dan dia berhasil meraih penghargaan Asosiasi Teater Pemuda Nasional. 
 
Kemudian Ariana Grande mulai menekuni bernyanyi sebagai penyanyi solo di berbagai simfoni seperti Phiharminic dari Florida Selatan, Pops And Symphonic Orchestras, kemudian dia tampil beberapa kali di Birdiand NYC. 

Ariana Grande juga melakukan lagu-lagu cover dari Mariah Carey yang berjudul Emotion dan All I Want For Christmas Is You dan cover lagu dari Whitney Houston yang berjudul I Believe In You And Me. 

Tahun 2013 album studio pertamanya yang berjudul Yours Trully berhasil diselesaikannya dan berhasil dirilis pada tanggal 2 September 2013. 
 
Album ini dibuat karena Ariana Grande terinspirasi oleh penyanyi terkenal seperti Amy Winehouse, Mariah Carey, Whitney Houston, Alicia Keys, Christina Aguilera, Katy Perry dan Madonna
 
Album ini berhasil sukses dan berhasil meraih peringkat tertinggi di Billboard 200 dengan pencapaian penjualan sampai 138 ribu dalam minggu pertama. 
Album studio keduanya mulai dibuat tahun 2014, dia bekerja sama dengan Ryan Tedder dan Benny Blanco. Album keduanya ini berhasil diselesaikan pada 24 Maret 2014 dengan judul album My Everything dan  dengan single utamanya yang berjudul Problem.
 
Lagu ini ditampilkan pertama kali di Radio Disney Music Award 2014 dengan didukung oleh raper Australia yang bernama Iggy Azalea. 

Ternyata lagu ini cukup sukses juga karena berhasil menduduki peringkat ke 3 di Billboard Hot 100 dan merupakan lagu kedua yang berhasil masuk peringkat sepuluh besar setelah The Way.

Ariana Grande berusaha mempertahankan genre musik pop dan R&B untuk album studio kedua My Everything dirilis tahun 2014 dan album studio ketiganya Dangerous Woman dirilis tahun 2016. 


Dengan perjuangan pribadinya akhirnya album keempat dan kelima berhasil rilis tahun 2018 berjudul Sweetener dan tahun 2019 album Ariana Grande Thank U, Next. 

 

Album ini merupakan kesuksesan kritis dan komersial bagi Ariana Grande, karena berhasil memenangkan Grammy Award untuk album vokal pop terbaik.

 

Terakhir single Ariana Grande Thank U, Next berhasil memecahkan rekor streaming mingguan untuk album pop, masuk nominasi Album of the Year dan 7 Rings serta menduduki urutan ke 3 di Billboard Hot 100 secara bersamaan. 


Tahun 2020, Ariana Grande berkolaborasi dengan Justin Bieber dengan lagu Stuck with U dan dengan Lady Gaga dengan lagu Rain on Me sehingga berhasil memecahkan rekor untuk sebagian besar debut nomor satu di Hot 100.

 

Tahun 2020, Ariana Grande merilis album studio ke enam Positions dimana lagu utamanya memulai debut nomor satu di Inggris dan Amerika Serikat. 


Selama berkarir dibidang musik, Ariana Grande berasil mendapatkan banyak penghargaan diantaranya 2 Grammy Awards, 1 Brit Award, 2 Billboard Music Award, 3 American Music Awards, 9 MTV Video Music Awards serta 22 Guinness World Records. 

 

Selain itu, Ariana Grande juga memegang beberapa Billboard Hot 100 sebagai satu satunya artis yang mempunyai 5 debut single nomor satu yang menduduki posisi tertinggi.

 

Ariana Grande mempunyai 3 debut nomor satu dalam satu tahun kalender dan dari 6 album studionya masing masing mempunyai singel unggulan. 5 album penuhnya telah mendapatkan sertifikasi Platinum dan multi Platinum oleh RIAA.

Cerita lengkap Ariana Grande

Penyanyi dengan nama lahir Ariana Grande-Butera ini, sebagian besar musiknya atas dasar pengalaman pribadinya dan sudah menjadi perhatian media secara luas. Hal ini, karena Ariana Grande mempunyai rentang vokal 4 oktaf sehingga mendapat banyak pujian kritis.

Selama karir musiknya, Ariana Grande sudah mendapatkan 2 Grammy Awards, 1 Brit Award, 2 Billboard Music Awards, 3 American Music Awards, 9 MTV Video Music Awards dan 27 Guiness World Records.

Karir musik Ariana Grande dimulai sejak dia berusia 15 tahun di musikal Broadway pada tahun 2008.

Ariana Grande berhasil tenar setelah tampil sebagai Cat Valentine pada serial televisi Nickelodeon Victorious (dari tahun 2010-2013) dan Sam & Cat (dari tahun 2013-2014).

Ariana Grande mendapatkan tanda tangan kontrak untuk pertama kalinya dari label Republic Record pada tahun 2011, setelah eksekutif label tersebut melihat video YouTube dari lagu lagu Ariana Grande.

Album debut pop dan r&b Ariana Grande Yours Trully merupakan album pertamanya yang dipengaruhi oleh doo-wop tahun 1950 an. Album ini berada dipuncak Billboard 200 AS dan singlenya yang berjudul The Way berada di peringkat 10 besar Billboard Hot 100 AS.

Di album debutnya ini, Ariana Grande mempunyai rentang vokal seperti peluit sehingga diperbandingkan dengan vokal dari Mariah Carey.

Album kedua Ariana Grande tetap mengeksplorasi pop dan r&b dengan judul album My Everything yang dirilis tahun 2014 dan album ketiga Ariana Grande Dangerous Woman yang dirilis tahun 2016.

Melalui lagu berjudul Problem, Break Free dan Bang Bang yang bereksperimen dengan EDM, telah berhasil meraih kesuksesan global.

Perjuangan Ariana Grande yang dipengaruhi oleh trap-infused untuk album studio keempat dan kelima yang berjudul Sweetener (tahun 2018) dan Thanks u Next (tahun 2019). Kedua album ini mencapai keberhasilan secara kritis dan komersial.

Album Sweetener berhasil meraih Grammy Award untuk Album Vokal Pop Terbaik dan untuk album Thank U, Next berhasil memecahkan rekor streaming terbesar untuk album pop dan juga masuk nominasi untuk Album Tahun Ini.

Album Thank U, Next menelurkan single berjudul 7 Rings dna Break Up with Your Girlfriens, I’m Bored.

Sehingga Ariana Grande berhasil menjadi artis solo pertama yang mengantongi 3 posisi tertinggi di Hot 100 secara bersamaan dan menjadi wanita pertama yang berhasil berada di puncak UK Singles Chart.

Ariana Grande juga berkolaborasi dengan artis lain pada tahun 2020, diantaranya berkolaborasi dengan Justin Bieber dengan lagu Stuck with U dan dengan Lady Gaga dengan lagu Rain on Me.

Kolaborasi ini telah membantu Ariana Grande berhasil memecahkan rekor debut peringkat pertama terbanyak di Hot 100 dan berhasil meraih Grammy Award untuk Penampilan Duo/ Grup Pop Terbaik.

Positions merupakan album studio keenam Ariana Grande yang dirilis tahun 2020 dan tetap fokus ke musik r&b. Lagu Positions juga menjadi lagu debut peringkat pertama di Inggris dan AS.

Ariana Grande melalui penampilannya di remix untuk lagu “Save Your Tears” The Weeknd pada tahun 2021 berhasil berada diperingkat pertama untuk yang keenam kalinya di AS.

Dari album studio, single dan kolaborasi milik Ariana Grande ini mampu terjual lebih dari 85 juta unit. Untuk semua album Ariana Grande dari 6 album full-length pertamanya telah memperoleh sertifikasi platinum atau multi platinum.

Selain itu rekaman Hot 100 nya, menjadikan Ariana Grande sebagai artis pertama wanita satu satunya yang mempunyai debut peringkat pertama, mempunyai 5 debut peringkat pertama mereka yang berada di peringkat pertama.

Ariana Grande juga meletakkan 3 debut peringkat pertama dalam 1 tahun kalender dan debut single utamanya dari masing masing album studionya berada di urutan 10 besar.

Ariana Grande merupakan artis wanita yang paling banyak mengumpulkan streaming yang pernah ada, karena sampai saat ini telah memperoleh 90 miliar streaming.

Selain itu, Ariana Grande juga paling banyak diputar di Spotify dan Apple Music. Kemudian, Ariana Grande menjadi artis wanita yang paling banyak diikuti di Spotify dan artis wanita dengan subcriber terbanyak di YouTube.

Oleh majalah Time, Ariana Grande dimasukkan dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia untuk tahun 2016 dan 2019. Oleh Forbes Celebrity 100 pada tahun 2019 sampai tahun 2020.

Pada tahun 2018, Ariana Grande juga ditetapkan sebagai Woman of the Year, bintang pop terhebat tahun 2019 dan artis wanita untuk debut tersukses tahun 2010 oleh Billboard.

Diluar musik, Ariana Grande juga mengadvokasi kesetaraan genre, ras dan LBGT. Ariana Grande juga menjadi musisi yang paling banyak diikuti di Instagram pada tahun 2019.

Ariana Grande juga mendapat dukungan dari produk minyak wangi (Ariana Grande perfumes), kecantikan (Ariana Grande rem beauty) dan mode serta pekerjaan amal.

Masa muda Ariana Grande

Orang tua Ariana Grande, ibunya bernama Joan Grande asal Brooklyn merupakan CEO Hose-McCann Communications produsen peralatan komunikasi dan keselamatan dan ayahnya bernama Edward Butera merupakan pemilik firma desain grafis di Boca Raton.

Ariana Grande merupakan keturunan Italia Amerika dengan akar Sisilia dan Abruzzese, dia dekat dengan nenek dari pihak ibunya yang bernama Marjorie Grande. Pada saat usia Ariana Grande antara 8 atau 9 tahun, seluruh keluarganya pindah dari New York ke Florida.

Pada saat anak anak, Ariana Grande tampil di teater anak anak Fort Lauderdale sebagai pemeran karakter judul dalam versi musikal Annie. Selain itu, Ariana Grande juga tampil musikal mereka di The Wizard of Oz dan Beauty and the Beast.

Ketika Ariana Grande berusia 8 tahun, dia tampil diruang karaoke yang ada di kapal pesiar bersama dengan orkestra seperti Philharmonic Florida Selatan, Florida Sunshine Pops dan Symphoni Orchestras.

Penampilan inilah, yang menjadikan penampilan pertama Ariana Grande di televisi nasional dengan membawakan lagu The Star-Spangled Banner untuk Florida Panthers. Kemudian, Ariana Grande mendatangi Pine Crest Scholl dan North Broward Preparatory.

Karir Ariana Grande

Ariana Grande mulai fokus mengejar karir musiknya pada usia 13 tahun, walaupun pada saat itu dia masih bermain di teater.

Dia bertemu dengan manajer pada saat pertama kali datang di Los Angeles, California dan menyampaikan keinginannya untuk merekam album r&b. Namun keinginan Ariana Grande tidak disetujui dengan alasan tidak ada yang mau membeli album r&b untuk penyanyi berusia 14 tahun.

Ariana Grande menjadi pemandu sorak Charlotte pada tahun 2018 dalam musikal di Broadway. Selain itu, dia juga bernyanyi di klub jazz New York City Birdland.

Kemudian pada tahun 2009, dilanjutkan dengan tampil di acara televisi Nickelodeon Victorious bersama 13 lawan mainnya dari Elizabeth Gillies.

Di sitkom yang berlatar sekolah menengah seni pertunjukan, Ariana Grande berperan menjadi seorang yang sangat bodoh di Cat Valentine. Diperan tersebut, Ariana Grande harus mewarnai rambutnya dengan warna merah setip minggu.

Ariana Grande 2010

Acara serial televisi ini ditayangkan pada tahun 2010 dan meraih penonton hingga 5,7 juta penonton, sehingga peran Ariana Grande ini menjadikan dia sebagai idola remaja. Namun demikian, Ariana Grande ternyata lebih menyukai karir musiknya dari pada peran aktingnya.

Peran karakter dari Ariana Grande ini dibandingkan dengan penampilan Brittany Murphy yang berperan sebagai Tai yang malang dalam Clueless dan digambarkan sebagai seorang yang mudah terpengaruh tetapi cukup manis.

Ariana Grande juga memerankan Miriam dalam musikal Cuba Libre yang ditulis oleh seorang penulis Amerika yang bernama Desmon Child.

Akhirnya pada tahun 2010, Ariana Grande menginginkan berkonsentrasi di karir musiknya dan mulai membuat album debutnya Victorious. Dia mulai berlatih vokal untuk memperkuat jangkauan vokalnya dengan bekerja pada pelatih vokal Eric Vetro.

Ariana Grande 2011

Ketika album Victoria ditayangkan perdana pada tahun 2011, telah ditonton sebanyak 6,2 juta orang sehingga Victoria mendapatkan rating tertinggi.

Selain itu, pada tahun yang sama Ariana Grande juga tampil di video musik Greyson Chance dengan membawakan lagu Unfriend You dari albumnya yang berjudul Hold On ‘til the Night. Album ini menceritakan mantan pacar Chance.

Penampilan musik pertama Ariana Grande dilakukan pada bulan Agustus 2011, untuk lagu Give It Up dari soundtrack Victorious.

Pada waktu syuting Victorious, Ariana Grande juga membuat rakaman dirinya yang membawakan cover lagu lagu milik Adele, Whitney Houston dan Mariah Carey kemudian diunggah di YouTube.

Teman dari Monte Lipman adalah CEO Republic Records, dia melihat salah satu video Ariana Grande tersebut dan terkesan dengan jangkauan vokal dari Ariana Grande.

Video Ariana Grande ini kemudian dikirimkan ke Monte Lipman sehingga Ariana Grande medapatkan tanda tangan kontrak rekamannya untuk pertama kalinya.

Pada tahun 2011, Ariana Grande pengisi suara perannya di Inggris dari bahasa Spanyol pada film animasi Snowflake, White Gorilla. Selain itu, selama tahun 2011-2013 Ariana Grande juga sebagai pengisi suara the fairy Princess Diaspro di Nickelodeon revival  dari Winx Club.

Single pertama Ariana Grande berjudul Put Your Hearts Up dirilis pada bulan Desember 2011. Lagu ini untuk album pop yang berorientasi pada remaja potensial yang tidak pernah diorbitkan.

Tetapi Ariana Grande menolak lagu tersebut karena suara bubblegum pop dan dia tidak menyukai musik genre pop ini. Namun demikian, lagu ini memperoleh sertifikasi gold dari RIAA.

Ariana Grande 2012

Soundtrack kedua dari Victorious 2.0 ini dirilis pada bulan Juni 2012 dan di soundtrack tersebut Ariana Grande mengisi vokal pada lagu 5 Fingaz to the Face.

Soundtrack ketiga dari Victorious 3.0 dirilis pada bulan November 2012 dan di soundtrack ini Ariana Grande berduet dengan Victoria Justice dengan lagu LA Boyz.

Ariana Grande 2013

Victorious tidak diperpanjang lagi setelah berlangsung selama 4 musim dan terakhir ditayangkan pada tahun 2013.

Ariana Grande juga membintangi dan berperan sebagai putri salju dalam teater musikal bergaya pantomim yang dinamakan A Snow White Christmas. Pada waktu itu Dia bersama dengan Charlene Tilton dan Neil Patrick Harris.

Ariana Grande juga memerankan Amanda Benson di Swindle pada film adaptasi Nickelodeon 2013 yang diambil dari buku anak anak yang berjudul Amanda Benson.

Nickelodeon sendiri membuat Sam & Cat dalam iCarly dan Spin-off Starring yang dibintangi oleh Ariana Grande dam Jennette McCurdy.

Ariana Grande dan Jennette McCurdy kembali berperan sebagai Cat Valentine dan Sam Puckett di the Buddy Stikom yaitu memerankan karakter sebagai teman sekamar yang membuat bisnis sepulang dari sekolahnya.

Album studio debut Ariana Grande Yours Truly direkam semula album ini berjudul Daydreamin dan dirilis  pada bulan Agustus 2013. Album ini berhasil menduduki peringkat pertama di tangga album Billboard 200 AS dan terjual hingga 138 ribu eksemplar.

Kemudian disusul dengan kesuksesan selanjutnya dari album Yours Truly ini, karena berhasil debut dibeberapa negara diantaranya di negara Australia, Inggris, Irlandia dan Belanda.

Lagu utamanya dari album ini berjudul The Way dengan rapper Pittsburgh Mac Miller, dimana lagu ini juga berhasil debut diperingkat 10 di US Billboard Hot 100 lalu naik di peringkat 9 selama 2 minggu.

Single kedua dan ketiganya berjudul Baby I dan Right There dirilis pada bulan Juli dan Agustus 2013. Kedua lagu ini menduduki peringkat 21 dan 84 di Billboard Hot 100, dimana pada lagu Right There menampilkan rapper Detroit Big Sean.

Ariana Grande berduet dengan Natahan Sykes dari The Wanted dengan lagu Almost Is Never Enough, duet ini dirilis untuk single promosi pada bulan Agustus 2013.

Selain itu Ariana Grande juga bergabung pada tur Justin Bieber di Believe Tournya dan tampil dalam 3 kali pertunjukan dan mengawalinya dengan tur mini heading milik Ariana Grande sendiri.

Ariana Grande berada di urutan ke 4 dalam daftar Musik Anak Di bawah Umur Terpanas 2013 yaitu sebagai peringkat tahunan musisi paling populer dibawah usia 21 tahun menurut majalah Billboard.

Ariana Grande meraih penghargaan di American Music tahun 2013 untuk Artis Baru Tahun ini. Pada bulan Desember 2013, Ariana Grande merilip EP natal Christmas Kisses yang berisi 4 lagu.

Pencapaian Ariana Grande selama tahun 2013 mendapatkan pengakuan dengan diperolehnya penghargaan Artis Terobosan Tahun ini dari Asosiasi Bisnis Musik.

Pada bulan Januari 2014, Ariana Grande merekam album studio kedua berkerja sama dengan penyanyi dan penulis lagu yang bernama Ryan Tedder dan produser rekaman Benny Blanco dan Max Martin.

Ariana Grande 2014

Ariana Grande juga memperoleh penghargaan Artis Breakout Favorti di People’s Choice Awards 2014 pada bulan Januari 2014.

Dua bulan kemudian, Ariana Grande tampil di konser Gedung Putih dengan Women of Soul: In Performance at the White House.

Kemudian dilanjutkan tampil di Gedung Putih kembali atas undangan presiden Amerika Barack Obama dan Ibu negara Michelle Obama untuk acara Easter Egg Roll.

Di tahun 2014 ini, Ariana Grande merilis album studio kedua berjudul My Everything. Album ini mengawali debutnya dengan berada di peringkat 1 Billboard 200, untuk single utamanya yang berjudul Problem menampilkan rapper Australia yang bernama Iggy Azalea.

Lagu Problem ini diputar di Radio Disney Music Awards 2014 pada bulan April 2014 dan lagu ini juga menduduki peringkat 3 dan naik ke peringkat 2 di Billboard Hot 100, serta menduduki peringkat 1 di Britania Raya.

Di album Break Free, single keduanya menampilkan musisi dan produser asal Jerman Zedd dan lagu ini berhasil menduduki peringkat 4 di Amerika Serikat.

Ariana Grande juga menyanyikan lagu ini pada pembukaan MTV Video Music Awards 2014 dan meraih kemenangan melalui lagu Problem untuk Video Pop Terbaik.

Sebagai vokal tamu, Ariana Grande dan Nicki Minaj membawakan single utama Jessie J berjudul Bang Bang dari album Sweet Talker.

Lagu Problem, Break Free dan Bang Bang berhasil melejit di peringkat pertama di Inggris dan peringkat 3 di Amerika Serikat.

Ariana Grande bersama dengan Adele telah menjadi satu satunya artis wanita yang mempunyai 3 single berada di 10 besar secara bersamaan di Billboard Hot 100 sebagai artis utama.

Bersama dengan Chris Pratt, Ariana Grande bermain musik di Saturday Night Live dan sebagai pembawa acaranya pada bulan September 2014.

Pada bulan ini juga, dirilis single utama berjudul Love Me Harder dari album My Everything yang dibawakan oleh artis rekaman Kanada The Weeknd. Lagu ini menduduki peringkat 7 di Amerika Serikat dan menjadi lagu10 besar yag keempat kalinya di tahun 2014.

Ariana Grande pada bulan November 2014, membawakan lagu Major Lazer yang berjudul All My Love merupakan album soundtrack untuk film The Hunger Games: Mockingjay-Part 1.

Pada bulan ini juga, Ariana Grande merilis lagu Natal Santa Tell Me merupakan single dari EP Natal pertamanya Christmas Kisses yang dirilis ulang.

Kemudian dilanjutkan dengan merilis single keenam yang berjudul One Last Time dari My Everything. Lagu ini melejit diperingkat 13 di AS.

Ariana Grande 2015

Tur dunia pertama Ariana Grande dimulai pada bulan Februari 2015 dengan nama The Honeymoon Tour. Tur ini digunakan untuk mempromosikan My Everything, dengan jadwal tur ke Amerika Utara, Eropa, Asia dan Amerika Selatan.

Lagu Adore dari Cashmere Cat dibawakan oleh Ariana Grande dan dirilis pada bulan Maret 2015. Untuk seluruh katalog musiknya diterbitkan oleh Universal Music Publishing Group, Ariana Grande menandatangi kontrak dengan penerbit eksklusif tersebut.

Selain itu, Ariana Grande juga membuat film dari episode untuk serial TV realitas Fox Broadcasting Company Knock Knock Live tahun 2015. Namun, acara ini dibatalkan sebelum episodenya disiarkan.

Pada beberapa episode serial televisi Komedi horor Fox Scream Queens, Ariana Grande menjadi bintang tamu dan berperan sebagai Sonya Herfmann Chanel dari bulan September sampai November 2015.

Ariana Grande berduet dengan artis rekaman Italia yang bernama Andrea Bocelli dengan lagu E Più Ti Penso yang diambil dari album Bocelli Cinema tahun 2015, lagu ini dirilis bulan Oktober 2015.

Selain itu, Ariana Grande juga mengcover lagu Zero to Hero yang diambil dari film animasi Herculess tahun 2015, lagu ini untuk album kompilasi We Love Disney tahun 2015.

Pada bulan Desember 2015, Ariana Grande juga merilis EP Natal yang kedua yang berjudul Christmas & Chill.

Album studio keenam Ariana Grande “Dangerous Woman” mulai direkam pada tahun 2015 dengan lagu Moonlight.

Lagu berjudul Focus mulai dirilis pada bulan Oktober 2015 dan rencananya akan menjadi lagu utama dari album ini dan lagu ini menjadi debut menduduki peringkat 7 di Billboard Hot 100.

Bulan November 2015, penyanyi Amerika yang bernama Who Is Fancy merilis single berjudul Boys Like You dan dibawakan oleh Ariana Grande dengan Meghan Trainor.

Ariana Grande 2016

Ariana Grande juga membawakan versi remix dari Over and Over Again, lagu ini merupakan lagu penyanyi Nathan Sykes dari debut album solo studionya yang dirilis tahun 2016 dengan judul Unfinished Business.

Ariana Grande membuat penampilan comeo dalam film komedi Zoolander 2 yang dibintangi oleh Ben Stiller dan Owen Wilson.

Pada tahun 2016, dirilis lagu Dangerous Woman yang menjadi single utama dari album Dangerous Woman Ariana Grande.

Lagu ini berada di peringkat 2 di Billboar 200, peringkat 2 di Jepang dan peringkat 1 di Australia, Belanda, Irlandia Italia, Selandia Baru dan Inggris.

Lagu ini juga menduduki peringkat 10 di Billboard Hot 100 dan Ariana Grande menjadi artis pertama yang mempunyai single utama debut dari 3 album yang berada di 10 besar.

Ariana Grande membawakan Dangerous Woman dan debut single promosi Be Alright pada saat menjadi pembawa acara di Saturday Night Live. Lagu Be Alright menduduki peringkat 43 di Billboard Hot 100.

Single kedua dari album Into You dibawakan Ariana Grande di final The Voice season 10 dan berduet dengan Christina Aguilera dengan lagu Dangerous Woman.

Single ketiga Ariana Grande dari album Side to Side dirilis dengan menampilkan rapper Nicki Minaj. Single ini menjadi single ke 8 yang masuk 10 besar di Hot 100 dengan menduduki posisi ke 4 di tangga lagu.

Dangerous Woman berhasil masuk nominasi Grammy Award untuk album Vokal Pop Terbaik dan lagu utama untuk penampilan Solo Pop Terbaik.

Ariana Grande menunjukkan penghormatannya untuk Whitney Houston yang telah meninggal di serial televisi ABC Greatest Hits pada bulan Agustus 2016. Hal ini menjadi headline pada malam pembukaan Festival Musik Billboard Hot 100.

Pada saat itu, Ariana Grande membawakan satu set lagu yang mempunyai durasi kira kira 1 jam lamanya.

Pada tahun 2016, Ariana Grande juga menjadi iklan untuk T-Mobile, memerankan Penny Pingleton pada siaran televisi NBC Hairspray Live!

Dia muncul di serial TV kompetisi AS The Voice, dimana Ariana Grande tampil bersama Stevie Wonder membawakan Faith dari soundtrack film animasi Sing tahun 2016. Faith juga masuk nominasi untuk Lagu Asli Terbaik dan meraih penghargaan Golden Globe ke 74.

Ariana Grande juga ikut serta dalam Jingle Ball Tour 2016, kemudian dilanjutkan dengan merekam judul lagu soundtrack untuk remake live-action 2017 yang diambil dari film animasi Disney tahun 1991 yang berjudul Beauty and the Beast.

Ariana Grande 2017

Ariana Grande berduet dengan panyanyi Amerika yang bernama John Legend pada tahun 2017 untuk merekam soundtrack ini.

Dangerous Woman Tour merupakan tur konser ketiga Ariana Grande yang diselenggarakan pada tahun 2017. Ariana Grande tour ini untuk mempromosikan album Dangerous Woman.

Ariana Grande juga tampil dalam lagu kelima dari DJ Norwegia yang bernama Cashmere Cat dengan judul lagu Quit

Tur yang diadakan untuk membantu korban pengeboman di The Manchester Arena yang menyebabkan 22 orang meninggal dan ratusan orang luka luka.

Dalam konser ini, menampilkan Ariana Grande bersama dengan artis artis lainnya seperti Liam Gallagher, Robbie Williams, Justin Bieber, Katy Perry, Miley Cyrus. Konser ini disiarkan oleh televisi One Love Manchester.

Ariana Grande oleh majalah Billboard disebut dengan Artis Wanita Tahun ini pada bulan Desember 2017.

Ariana Grande 2018

Lagu untuk album studio ke 4 Sweetener mulai dibuat bersama dengan Pharrell Williams pada tahun 2016. Pada tahun 2018, lagu utama dari album ini berjudul No Tears Left to Cry dirilis oleh Ariana Grande.

Lagu No Tears Left to Cry menduduki peringkat 3 di Billboard Hot 100 sehingga menjadikan Ariana Grande menjadi satu satunya artis wanita yang mengawali single pertama dari masing masing album pertamanya di 10 besar Hot 100.

Ariana Grande membawakan lagu Bed yang merupakan single ke 2 dari album studio ke 4 Queen dari Nicki Minaj. Lagu God Is a Woman menduduki peringkat 8 di Hot 100 dan masuk 10 besar ke 10 bagi Ariana Grande di AS.

Album Sweetener dirilis bulan Agustus 2018 dan berada diperingkat pertama di Billboard 200, sehingga Ariana Grande mencatatkan 9 lagu dari albumnya hasil kolaborasi di Hot 100 dan menjadi artis wanita ke 4 yang mencapai 10 lagu.

Untuk mempromosikan album Sweetener ini, Ariana Grande menyelenggarakan 4 konser yang dinamakan The Sweetener Sessions yaitu konser yang diadakan di New York City, Chicago, Los Angeles dan London pada tanggal 20 Agustus dan 4 September 2018.

Single Ariana Grande Thank U, Next dirilis pada bulan November 2018 yang akan dimasukkan ke album studio kelima yang berjudul Thank U, Next.

Lagu ini berada di peringkat pertama di Billboard Hot 100 dan menduduki peringkat pertama tangga lagu topping single di Amerika Serikat. Selain itu, lagu ini telah disertifikasi platinum sebanyak 5 kali di Amerika Serikat.

Video musik dari lagu Thank U, Next juga telah memecahkan rekor untuk video musik yang paling banyak ditonton di YouTube dalam waktu 1 hari dan menjadi video paling cepat mencapai 100 juta tampilan di YouTube.

Disosial media lainnya yaitu di Spotify, lagu ini juga menjadi lagu paling cepat memperoleh 100 juta streaming hanya dalam waktu 11 hari dan lagu yang paling banyak diputar oleh artis wanita dalam waktu 24 jam dengan mencapai 9,6 juta streaming.

Sebelum lagu tersebut disalip oleh lagu Ariana Grande yang lainnya yang berjudul 7 Rings, lagu ini meraih 15 juta streaming.

Ariana Grande bekerja sama dengan YouTube merilis 4 bagian dokumenter dengan judul Ariana Grande: Dangerous Woman Diaries.

Ariana Grande menjadi artis wanita termuda dan satu satunya yang menjadi headline the festival di Coahella Valley Music and Arts Festival. Di acara tersebut Ariana Grande tampil dengan beberapa artis lain seperti NSYNC, P.Diddy, Nicki Minaj dan Justin Bieber.

Single Thank U, Next dan 7 Rings merupakan single kedua yang dirilis pada bulan Januari 2019 dan kedua lagu ini melejit diperingkat pertama di Billboard Hot 100.

Hal ini, menjadikan Ariana Grande menjadi artis wanita ketiga dengan beberapa debut peringkat pertama setelah Mariah Carey dan Britney Spears. Selain itu, Ariana Grande juga sebagai artis kelima setelah Justin Bieber dan Drake.

Single Thank U, Next dan 7 Rings menjadi single yang memecahkan rekor industri rekaman, menjdai lagu Ariana Grande paling sukses di tangga lagu dan menjadi salah satu single terlaris di seluruh dunia.

Lagu Thank U, Next menjadi debut peringkat pertama di Billboard 200, memecahkan rekor streaming untuk album pop untuk album wanita di Amerika Serikat karena mencapai 307 juta streaming.

Ariana Grande berhasil menjadi artis solo pertama yang menduduki peringkat ke 3 teratas di Billboard Hot 100.

Melalui lagu 7 Rings yang berada di peringkat 1 dan peringkat 2 untuk single ketiganya yang berjudul Break Up with Your Girlfriend, I’m Bored. Sedangkan untuk lagu ThankU, Next sebagai sngle utamanya menduduki peringkat 3.

Ariana Grande menjadi artis solo wanita kedua yang secara bersamaan meraih peringkat 1 untuk 2 tempat dan menjadi artis musik pertama yang menggantikan dirinya diposisi pertama sebanyak 2 kali berturut turut.

Grammy pertama diraih oleh Ariana Grande untuk Album Vokal Pop Terbaik melalui lagu Sweetener dan meraih Brit Award untuk Artis Solo Wanita Internasional.

Ariana Grande 2019

Pada bulan Maret 2019, Ariana Grande mengawali tur ketiganya yaitu Sweeteener World Tour untuk mempromosikan Sweetener dan Thank U, Next.

Pada tahun 2019, Ariana Grande juga dinominasikan untuk 9 penghargaan di 2019 Billboard Music Awards dan meraih kemenangan 2 penghargaan untuk Billboard ChartAchievement dan Top Female Artist.

Ariana Grande juga seorang co-executive yang memproduksi soundtrack untuk film Charlie’s Angels pada bulan Juni 2019.

Kemudian, Ariana Grande berkolaborasi dengan Miley Cyrus dan Lana Del Rey membawakan lagu Don’t Call Me Angels, lagu ini dirilis bulan Setember 2019. Melalui lagu ini, Ariana Grande masuk nominasi untuk Lagu Asli Terbaik di Satellite Awards ke 24.

Ariana Grande merilis lagu Boyfriend bersama dengan duo pop Social House pada bulan Agustus 2019.

Debut lagu Motivasi milik Normani yang dirilis bulan Agustus 2019, membuat Ariana Grande meraih 3 penghargaan di MTV Video Music Awards 2019.

Dalam remix lagu Good as Hell dari rapper Amerika Lizzo, dibawakan oleh Ariana Grande dan dirilis bulan Oktober 2019.

Billboard juga menetapkan Ariana Grande sebagai wanita paling berprestasi artis untuk debut di tahun 2010 dan NME menetapkan Ariana Grande sebagai salah satu artis musik yang paling menentukan untuk periode tersebut.

Forbes juga menempatkan Ariana Grande sebagai selebritas dengan bayaran tertinggi pada tahun 2019 dan meletakkannya diurutan ke 62. Beda lagi dengan Forbes, karena menempatkannya sebagai musisi soslo dengan bayaran tertinggi tahun 2019.

Ariana Grande 2020

Ariana Grande berkolaborasi dengan Justin Bieber dengan lagu Stuck with U yang dirilis pada bulan Mei 2020. Dan hasil dari penjualan lagu ini disumbangkan ke First Responders Children’s Foundation.

Lagu ini menduduki peringkat pertama di Billboard Hot 100 dan menjadi single chart-topping ketiga bagi Ariana Grande.

Ariana Grande merupakan artis pertama yang mempunyai 3 debut peringkat pertamanya di puncak setelah lagu Thank U Next dan 7 Rings.

Ariana Grande juga berkolaborasi dengan Lady Gaga dengan lagu Rain on Me, lagu ini merupakan single kedua dari album studio keenam Chromatica Lady Gaga. Lagu ini juga berhasil menduduki peringkat pertama di Billboard Hot 100.

Lagu ini juga meraih kemenangan untuk Penampilan Duo/ Grup Pop Terbaik di Grammy Awards Tahunan ke 63.

Forbes menetapkan Ariana Grande menjadi wanita berpenghasilan tertinggi di musik tahun 2020 dan terdaftar dalam urutan ke 17 dari 100 Celebrity secara keseluruhan.

Kolaborasi Ariana Grande dengan Justin Bieber dengan lagu Stuck with U dan kolaborasi Ariana Grande dengan Gaga dengan lagu Rain on Me dinominasikan untuk 9 penghargaan di MTV Video Music Awards 2020.

Ariana Grande meraih kemenangan 4 penghargaan termasuk Song of the Year untuk lagu Rain on Me.

Positions merupakan album studio keenam Ariana Grande yang dirilis pada bulan Oktober 2020. Album ini menduduki peringkat pertama di Billboard 200 dan menjadi album peringkat pertama kelima dari Ariana Grande.

Single utama dari album ini berjudul eponymous menduduki peringkat pertama di Billboard Hot 100 dan menjadi single kelima Ariana Grande yang memuncak ditangga lagu.

Ariana Grande menjadi artis pertama yang mempunyai 5 debut peringkat pertama di Hot 100. Tahun 2020, 3 single Ariana Grande menduduki peringkat pertama yaitu Stuck with U, Rain on Me dan Positions.

Sehingga Ariana Grande menjadi artis pertama setelah Drake yang memiliki 3 single peringkat pertama dalam 1 tahun kalender. Pencapaian ini pernah dicapai oleh Rihanna dan Katy Perry pada tahun 2010.

Position menjadi lagu kedua dari album 34+35, lagu ini menduduki peringkat 8. Kemudian, dilanjutkan dengan merilis remix 34+35 pada bulan Januari 2021 dengan menampilkan rapper Amerika Doja Cat dan Megan Thee Stallion.

Remix ini berhasil mendorong lagu Position berada di peringkat 2 di Hot 100. Lagu ini merupakan peringkat tertinggi yang dikreditkan ke 3 atau lebih oleh penyanyi solo wanita di Hot 100 sejak lagu Lady Marmalde karya Christina Aguilera, Mýa, Pink dan Lil’Kim tahun 2001.

Ariana Grande 2021

Remix ini menjadi salah satu lagu tambahan yang dimasukkan kedalam edisi deluxe Positions yang dirilis bulan Februari 2021.

Ariana Grande tampil dengan artis musik Thundercat dengan menyanyikan lagu Them Changes di Adult Swim Festival pada bulan November 2020.

Kemudian bulan Desember 2020, dia bersama Jennifer Hudson tampil di remix lagu Natal 2010 berjudul Oh Santa! Milik Mariah Carey. Lagu ini dirilis pada tanggl 4 Desember 2020 sebagai bagian dari Magical Christmas Special karya Mariah Carey.

Ariana Grande juga merilis film konser untuk Sweetener World Tour yang berjudul Excuse Me, I Love You yang dirilis pada bulan Desember 2020 di Netflix.

Ariana Grande kemudian bergabung dengan panel pelatih The Voicepada bulan Maret 2021 dengan bayaran tertinggi dalam sejarah pertunjukan, karena dia akan mendapatkan bayaran 20 hingga 25 juta dollar dalam satu musim.

Ariana Grande juga tampil dengan artis Demi Lovato dengan membawakan lagu Met Him Last Night. Lagu ini dirilis menjadi single ke 4 dari album studio ketujuh dari Demi Lovato berjudul Dancing with the Devil .. the Art of Starting Over.

Remix Save Your Tears dari Weeknd menduduki peringkat 1 di Billboard Hot 100 dan menjadi single peringkat pertama keenam dari  Demi Lovato dan Ariana Grande.

Ariana Grande bersama dengan Weeknd membawakan lagu Save Your Tears di iHeartRadio Music Awards 2021. Lagu I Don’t Do Drugs dari album studio ketiga Doja Cat berjudul Planet Her, lagu ini dibawakan oleh Ariana Grande pada bulan Juni 2021.

Kemudian, Ariana Grande tampil secara virtual dari tanggal 6 sampai dengan 8 Agustus 2021 sebagai aksi utama Rift Tour di video game Fornite. Konser ini berhasil menarik 78 juta pemain sehingga mengalahkan rekor Travis Scott yang hanya menarik 11,7 juta tampilan.

Lagu Thank U, Next dimasukkan dalam Rolling Stones 2021 sebagai revisi 500 lagu terbesar sepanjang masa. 

Ariana Grande 2022

Rumor mengatakan berita Ariana Grande Jimmy Fallon merajalela sangat cepat melalui media tiktok tentang video baru yang terdapat tuduhan tentang beberapa tuduhan yang cukup cabul terhadap penyanyi terkenal ini. 

Video tanpa nama tersebut mengundang pertanyaan pertanyaan yang muncul tentang Ariana Grande dengan pembawa acara talk show yang bernama Jimmy Fallon tersebut.

Ariana Grande videography

Snowflake, the White Gorilla (tahun 2011)

Underdogs (tahun 2016)

Zoolander 2 (tahun 2016)

Ariana Grande: Excuse Me, I Love You (tahun 2020)

Billie Eilish: The World’s a Little Blurry (tahun 2021)

Don’t Look Up (tahun 2021)

Album studio Ariana Grande

Yours Truly (tahun 2013)

My Everything (tahun 2014

Dangerous Woman (tahun 2016)

Sweetener (tahun 2018)

Thank U, Next (tahun 2019)

Positions (tahun 2020)

Tour Ariana Grande

The Listening Sessions (tahun 2013)

The Honeymoon Tour (tahun 2015)

Dangerous Woman Tour (tahun 2017)

Sweetener World Tour (tahun 2019)

Demikian sekilas karir musik dari penyanyi wanita yang masih muda dan cantik yang berasal dari Amerika yang bernama Ariana Grande yang telah berhasil merilis dua album yang masing-masing albumnya telah berhasil menelurkan single yang cukup sukses meraih peringkat pertama dan sepuluh besar.


Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Ariana Grande Positions, album peringkat 1 di Billboard 200, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. 
 
Alangkah indahnya jika kita mempunyai kesempatan untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

0 komentar