Manfaat iringan musik yang tepat, meningkatkan semangat hidup

Mendengarkan musik yang tepat dapat meningkatkan semangat seseorang

Apakah Benar Mendengarkan Musik Dapat Meningkatkan Gairah Hidup Seseorang?

Pertanyaan mengenai benarkah mendengarkan musik dapat meningkatkan gairah hidup seseorang? Hal ini telah menyita banyak perhatian dan kegembiraan tersendiri. Tentunya, bagi kita semua sebagai seorang pecinta musik ya.
 
Apalagi jaman sekarang ini, untuk mendengarkan musik tidak hanya dapat dilakukan dengan mendengarkan musik secara offline saja tetapi bisa juga mendengarkan musik secara online. 
 
Hal ini, karena sudah banyak bertebaran berbagai macam aplikasi untuk mendengarkan musik yang dapat kita download melalui ponsel kita. 

Mendengarkan musik offline, di jaman sebelum munculnya ponsel pintar maka seseorang harus menggunakan alat untuk memutar musik seperti tape recorder dan harus ada pita casete, piringan hitam, cd dan lain sebagainya.

Setelah munculnya ponsel pintar maka untuk medengarkan musik sudah dapat dilakukan secara offline yaitu dengan menggunakan alat musik player secara fisik serta pita kaset maupun cd. 
 
Sebaliknya untuk mendengarkan musik online maka Anda dapat menggunakan aplikasi dengar musik gratis maupun berbayar melalui ponsel pintar kita maupun laptop.
 
Dengan begitu mudahnya kecanggihan teknologi saat ini maka akan membuat Anda menjadi mudah dalam mendengarkan musik. Menurut sebuah penelitian, ternyata mendengarkan musik mempunyai pengaruh yang cukup bagus untuk terapi pada penderita penyakit tertentu. 
 
Dalam kenyataannnya memang telah dilakukan  berbagai macam penelitian  oleh para ahli untuk membuktikan apakah memang benar kalau mendengarkan musik itu dapat memberikan manfaat atau memberikan pengaruh yang luas didalam kehidupan manusia. 

Mendengarkan musik dapat meningkatkan produktivitas kerja

Dalam berbagai penelitian mengenai pengaruh dari dengarkan musik sudah dilakukan oleh banyak para ahli, dan hal ini juga  memang sudah bukan merupakan sesuatu hal yang baru lagi. 
 
Di dalam sebuah penelitian yang sudah dilakukan bahwa memang telah memberikan hasil dan bukti bahwa lagu-lagu yang tepat dan porsi yang sesuai, ternyata telah dapat membantu meningkatkan hal-hal yang positif. 
 
Salah satu manfaat mendengarkan musik diantaranya adalah dapat meningkatkan produktivitas kerja sampai dengan memberikan terapi bagi penderita demensia

Mendengarkan musik menghilangkan stress

Nah, akan kita bahas terlebih dahulu apakah yang dimaksud dengan demensia? supaya kita akan mudah memahaminya.
 
Demensia dalam bahasa Inggris adalah dementia atau senility merupakan istilah yang sering digunakan untuk menjelaskan terjadinya penurunan fungsional yang seringkali disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada fungsi otak seseorang. 

Demensia merupakan kumpulan dari penyakit dengan gejala-gejala yang menyebabkan terjadinya perubahan cara berpikir dan berinteraksi seseorang sehingga hal ini akan mempengaruhi memori jangka pendek, pikiran, kemampuan bicara dan kemampuan motorik seseorang.
 
Demensia biasanya akan berpengaruh pada IQ seseorang sehingga mereka akan ber IQ rendah dan tidak akan pernah mempunyai kemampuan tertentu. Hal ini, sering terjadi pada orang yang berusia lanjut. (sumber : wikipedia)

Dan dari hasil penelitian yang paling baru yang telah dilakukan oleh para ahli, maka telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat memberikan pengaruh yang lebih luas lagi termasuk dapat menghilangkan stres dan bahkan dapat meningkatkan kehidupan terhadap pasien penderita kanker. 

Mendengarkan musik meningkatkan kehidupan penderita kanker

Didalam artikel sebelumnya yang sudah saya bahas dan telah menunjukkan bahwa pasien kanker yang telah mendapatkan terapi musik oleh dokter maupun terapis musik.
 
Dimana telah diperoleh hasil bahwa setelah mendengarkan lagu-lagu yang menyenangkan, maka didapati gejala kanker yang muncul menjadi mereda.
 
Kemudian dilanjutkan dengan kecemasan, rasa sakit serta kelelahannya menjadi mereda juga setelah mendengarkan musik yang diberikan oleh dokter maupun yang diberikan oleh terapis musik. 

Mendengarkan musik live konser membuat perasaan bahagia

Sebuah penelitian yang dilakukan di Pusat Kinerja Sains, Royal College Of Music London, mereka telah mempelajari dan mengadakan penelitian tentang Konser dan pengaruhnya terhadap stres. 

Dan dari hasil penelitian tersebut, mereka telah menemukan bahwa mendengarkan musik dapat mengurangi hormon yang dapat meningkatkan kecemasan, sehingga hasil penelitian ini merupakan bukti awal untuk menghadapi acara budaya yang berdampak pada endokrin. 

Apakah sistem endokrin itu? Sistem endokrin memang merupakan suatu sistem yang rumit tetapi secara mudahnya endokrin merupakan hormon yang sangat berhubungan dengan tingkat stres.
 
Dalam sebuah studi ini telah ditemukan bahwa telah terjadi penurunan yang cukup significan terhadap kortison dan kortisol, setelah peserta yang mengikuti studi tersebut dengan cara menghabiskan waktu untuk menikmati musik konser dari komposer Eric Whitacre dan bagaimana hasilnya?
 
Hasilnya adalah mereka telah menunjukkan bahwa mereka telah memperoleh perasaan tenang dan relak setelah mendengarkan konser tersebut. 

Di Australia telah diperoleh hasil dari penelitian baru bahwa musik live juga dapat meningkatkan kepuasan hidup dan rasa kebahagiaan hidup seseorang. Hal ini disampaikan oleh para peserta yang telah mengikuti penelitian ini setelah mereka selesai menyaksikan, pertunjukan musik live tersebut.

Baca juga : Terapi Musik Menjadi Obat Penyembuh 3 Penyakit

Nah bagaimana dengan anda, mau mencoba mendengarkan berbagai macam musik yang indah yang sesuai selera kita? 
 
Kemudian Anda dapat merasakan dan membuktikan sendiri sensasi dan perasaan bahagia yang akan kita peroleh setelah kita dapat menyaksikan suatu konser musik live yang kita sukai. 

Pasti kita akan senang dan bahagia setelah menonton musik live, karena kita bisa menyaksikan secara langsung penyanyi idola kita.
 
Bahkan kita bisa ikut bernyanyi dan melepaskan semua rasa stres dan perasaan yang tidak mengenakkan lainnya. Dan kalau perasaan kita bahagia, pasti gairah hidup kita akan meningkat bukan?.

Musik bermanfaat sebagai pengiring iklan

Selain itu, Anda juga sering menyaksikan kalau musik juga dapat dimanfaatkan sebagai pengiring suatu iklan di media elektronik. 
 
Mengapa demikian? karena manfaat musik pengiring yang tepat pada iklan elektronik dapat mendukung suatu iklan di media elektronik menjadi lebih hidup dan lebih enak dinikmati dari pada iklan yang hanya gambar saja tanpa menggunakan musik.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Manfaat iringan musik yang tepat, meningkatkan semangat hidup, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. 
 
Alangkah indahnya jika kita mempunyai kesempatan untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

0 komentar