Ne Yo album pertama, peringkat 1, sukses di 4 negara

Ne Yo bergaya musik r&b merupakan penyanyi asal Amerika keturunan Afrika, produser rekaman, pencipta lagu dan juga sebagai seorang aktor

Ne Yo penyanyi r&b Amerika peraih Grammy

Ne Yo merupakan salah satu dari sederetan nama penyanyi r&b yang cukup terkenal. Ne Yo menjadi terkenal di sekitar pertengahan tahun 2000 an. Bagi pecinta musik r&b, tentu saja sudah sering mendengar nama Ne Yo dan sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut. 

Ne Yo mempunyai gaya musik r&b, namun kadang kala dia menggabungkan dengan musik pop dan hip hop. 

Vokal Ne Yo, bersuara tenor tetapi juga Musik Ne Yo banyak dipengaruhi oleh penyanyi terkenal seperti Michael Jackson, Luther Vandross, R. Kelly, Babyface, Blackstreet serta Usher.diterapkan falseto untuk setiap karyanya.

Penyanyi r&b ini akan masuk dalam daftar pilihan lagu lagu jenis r&b yang tidak dapat dilewati untuk dinikmati oleh penggemar r&b. Ne Yo adalah pemenang Grammy Award tahun 2008 dan 2009, dan aliran musiknya selain musik  r&b juga beraliran musik pop.

Dia berhasil menarik hati bagi penikmat musik r&b melalui lagu lagu Ne Yo (Ne Yo songs) yang dilantunkannya seperti Stay, So Sick, Insomnia serta Miss Independent. 

Akan tetapi kesuksesannya ini, seakan akan tenggelam didalam kancah musik dunia. Mengapa bisa demikian? hal ini disebabkan karena tidak muncul munculnya album maupun lagu lagu baru yang seharusnya dirilis oleh Ne Yo untuk para penggemarnya. 

Dan para penggemarnya seakan akan terbuai dengan lagu lagu hit lamanya, tanpa menyadari bahwa Ne-Yo membiarkannya tanpa ada rilis lagu terbaru lagi. 

Baca juga : Beyonce Knowles, Penyanyi Musik Populer Terbaik Amerika

Ne Yo greatest hits dirilis pada bulan September 2009 merupakan koleksi Ne Yo sewaktu di negara Jepang. Album ini dirilis untuk edisi Ne Yo CD dan DVD dengan edisi terbatas dan lengkap dengan video musik single.

Album ini menduduki peringkat 4 di chart album mingguan Oricon Jepang dan terjual hingga 55.625 kopi di minggu pertama.

Akhirnya Ne Yo menyadarinya dan kembali memunculkan single barunya yang berjudul Another Love Song, sehingga dengan hadirnya single ini maka akan terpenuhinya penantian sekian lama dari para fansnya selama ini. 

Bahkan dengan hadirnya single tersebut telah menjadi sangat spesial bagi para penggemarnya. Hal ini, karena dalam pembuatan single Another Love Song, Ne Yo melibatkan 2 produser musik terkenal seperti Cirkut dan Dr Luke untuk meracik album Ne Yo tersebut.

Yuk kita lanjutkan dengan sekilas tentang Ne-Yo

Ne-Yo terlahir dengan nama Shaffer Chimere Smith dan nama depannya Shaffer merupakan nama baptisnya. Selain sebagai penyanyi dia juga sebagai penulis lagu, produser rekaman, penari serta seorang aktor yang berasal dari Amerika. 

Penyanyi r&b dengan postur tinggi 5 feet 8 inchi ini, lahir di Camden, Arkansas, Amerika pada tanggal 18 Oktober 1979. Dia dikaruniani 2 orang anak yang bernama Chimere dan Mason Evan Smith.

Ne Yo adalah seorang penyanyi r&b terkenal asal Amerika, dan dia merupakan warga Amerika keturunan Afrika yang diperoleh dari ayah dan ibunya, dan sejak kecil ayahnya telah berpisah dengan ibunya.

Karir musiknya dimulai dengan bergabung menjadi anggota musik r&b  dari grup kuartet Envy, tetapi perjalanan karirnya di grup Envy ini tidak bertahan lama karena setelah tahun 2000, akhirnya Ne Yo keluar dari grup tersebut.

Ne Yo sebagai salah satu anggota personel grup vokal kuartet Envy merupakan awal karir dari Ne Yo, namun grup Envy ini berakhir dan Ne Yo akhirnya dikontrak oleh perusahaan Colombia Recording. Melalui kontraknya  ini, Ne-Yo telah mempunyai 3 album studio.

Sampai akhirnya dia berhasil mendapatkan penawaran kontrak oleh Colombia Recording dan berhasil merilis 3 buah album studionya, yaitu album Ne Yo berjudul :

- In My Own Words (dirilis tahun 2006)
- Becuse Of You (dirilis tahun 2007)
- Year Of The Gentleman (dirilis tahun 2008)

Sebagai seorang penulis lagu, dia mulai terkenal setelah dia berhasil menulis lagu berjudul Let Me Love You untuk penyanyi bernama Mario pada tahun 2004, karena single ini sukses di Amerika Serikat.

Kemudian dia juga telah menulis beberapa lagu untuk penyanyi penyanyi terkenal lainnya, diantaranya untuk penyanyi seperti :

- Rihanna dengan lagu berjudul Unfaithful dan Take a Bow

- Mario Vazquez dengan lagu berjudul Gallery

- Paula DeAnda dengan lagu Walk Away (Remember Me)

- Beyonce Knowles dengan lagu Irreplaceable

- Whitney Houston, Celine Dion, Corbin Bleu serta Enrique Iglesias 

Sedangkan album yang berhasil dirilis oleh Ne-Yo adalah :

- In My Own Words, album pertama Ne Yo ini dirilis pada tahun 2006 dan berhasil menduduki peringkat tertinggi di Billboard 200 serta berhasil bersertifikat platinum di empat negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Australia.

- Because Of You merupakan album keduanya yang dirilis pada tahun 2007, album ini berhasil menduduki peringkat kedua ditangga lagu Billboard 200 untuk kategori R&B/ Hip Hop Album di Amerika.
 
Selain itu, album ini telah berhasil meraih kemenangan di Grammy Award untuk Best Contemporary R&B Album pada tahun 2008.

- Year Of The Gentleman adalah album ketiganya yang dirilis pada tahun 2008, album ini merupakan album yang dirilis secara internasional. Dimana album ini di Grammy Award tahun 2009, berhasil masuk nominasi untuk Best Contemporary r&b Album dan Album Of The Year. 

Selain itu album ini berhasil meraih Platinum sebanyak 2 kali di AS, sebanyak 3 kali di Inggris dan 1 kali di Jepang, kemudian singlenya yang berjudul Mad berhasil menduduki peringkat ke 11 di Bilboard Hot 100.

- Skala Libra merupakan album keempat yang dirilis pada tahun 2010, dan album ini berhasil menduduki peringkat tertinggi di R&B Singles dan Album Chart Inggris serta menduduki peringkat ke 9 di Billboard 200 AS.

- RED merupakan album kelima yang dirilis pada tahun 2012 dengan single berjudul Let Me Love You, album ini mendapatkan sertifikat platinum di AS karena berhasil mencapai penjualan hingga 2 juta kopi.

- Non Fiction merupakan album keenam yang dirilis pada tahun 2015

- Good Man merupakan album ketujuh yang akan diliris bulan September pada tahun 2017

lagu lagu Ne Yo dari album Ne Yo tersebut juga berhasil menduduki peringkat, diantaranya : 

Ne Yo songs :

- Stay, single ini berhasil menduduki tangga lagu R&B meskipun gagal masuk di Billboard Hot 100

- So Sick, single ini berhasil meraih sukses secara komersial di AS dan berhasil menduduki peringkat pertama di Billboard Hot 100, serta berhasil mendapatkan platinum di AS sebanyak 4 kali dan mendapatkan platinum di Jepang sebanyak 2 kali.

- When You’re Mad dan Sexy Love, kedua single ini berhasil meraih peringkat ke 15 dan ke 7 di Billboard Hot 100.

- Single yang dihasilkan album Skala Libra berhasil menjadi single hit peringkat pertama di Inggris dengan single berjudul Beautiful Monster, Champagne Life dan One In a Million.

Ne Yo albums :

- In My Own Words (dirilis tahun 2006)

- Because of You (dirilis tahun 2007)

- Year of the Gentleman (dirilis tahun 2008)

- Libra Scale (dirilis tahun 2010)

- R.E.D  (dirilis tahun 2012)

- Non Fiction (dirilis tahun 2015)

- Good Man (dirilis tahun 2018)

- Another Kind of Christmas (dirilis tahun 2019)

- The Escape (tahun 2021)

Ne Yo juga berkolaborasi dengan Charly Black seorang penyanyi dancehall Jamaika pada bulan Maret 2020, untuk lagu baru Ne Yo Over Again. 

Ne Yo telah berkompetisi sebagai Badger pada musim panas dari tahun 2020 sampai tahun 2021, pada versi Inggris dari The Masked Singer. Selain itu, Ne Yo juga sudah menyelesaikan runner-up setelah Joss Stone.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Ne Yo album pertama, peringkat 1, sukses di 4 negarasemoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : wikipedia

0 komentar