The Carpenters family, duo musikus Legendaris Terlaris

The Carpenters merupakan musikus legendaris terlaris Amerika, dimana duet vokal dan instrumental terdiri dari dua bersaudara Carpenter 

The Carpenters terkenal dengan gaya musik soft rock

The Carpenters musikus legendaris terlaris ini merupakan grup duo dengan duet vokal, dimana The Carpenters songs lebih menonjolkan harmoni dari musik pop. 
 
The Carpenters christmas songs merupakan album Natal pertama dari musikus legendaris ini dan menjadi album studio ke 9 bagi duo musik populer asal Amerika ini. Album ini dirilis pada tanggal 13 Oktober 1978.

Total album The Carpenters yang berhasil dirilis adalah 14 album studio yang terdiri dari 2 album Natal, 2 album live, 49 single dan beberapa album kompilasi. 

Mereka berdua adalah 2 orang bersaudara Carpenter yang bernama Karen Carpenter sebagai vokal dan bermain drum sedangkan Richard Carpenter sebagai pemain keyboard dan vokal. Karir musik mereka berhasil mencuat dan populer disekitar tahun 1969 sampai dengan tahun 1983. 

Duo bersaudara Carpenter ini, terjun ke dunia musik dengan gaya vokal musik soft rock dan banyak menciptakan lagu lagu hit.

Mereka berdua adalah sebuah grup bernama The Carpenters yang telah berhasil membuat gaya musik soft rock sebagai gaya khasnya, sehingga melalui gaya musik soft rocknya tadi, telah berhasil melancarkan prestasi The Carpenters untuk menjadi salah satu artis musik paling laris sepanjang masa.

Karir musik yang telah dijalaninya selama 14 tahun telah sukses mendapatkan berbagai macam prestasi, diantaranya adalah :

- Mendapatkan 3 buah Grammy 
- Penghargaan musik tertinggi di Amerika karena telah menghasilkan sebanyak 11 album, 31 single serta rekaman tunggal, 5 acara spesial untuk salah satu televisi serta sebuah serial televisi yang singkat. 

Tapi sayang karir musik The Carpenters menjadi meredup, setelah salah satu anggotanya yang bernama Karen meninggal dunia pada tahun 1983. 
 
Karen telah meninggal dunia pada tanggal 4 Februari 1983 dan menurut keterangan dokter dia meninggal dunia karena cardiotoxicity emetine karena anoreksia nervosa, dan karena berat badan Karen yang terlalu rendah dari berat badan idealnya.

Namun demikian The Carpenters yang merupakan kelompok duo yang berasal dari Los Angeles, California, Amerika ini, telah berhasil meletakkan beberapa single populernya untuk masuk kedalam : 

American Top 40 , tangga lagu Adult Contemporary, serta meraih penjualan terbaik untuk jenis soft rock, easy listening serta genre musik kontemporer.

Lagu lagu The Carpenters yang telah berhasil sukses adalah :

- 3 singlenya telah berhasil menduduki posisi tertinggi di tangga lagu lagu, 5 singlenya berhasil menduduki peringkat ke 2 di Billboard Hot 100 dan 15 singlenya berhasil menduduki posisi tertinggi di tangga lagu lagu Adult Contemporary, serta belum termasuk dari 12 Top 10 singlenya.

- 4 single dari Carpenter yang telah berhasil populer diantaranya single berjudul (The Long To Be) Close To You, We’ve Only Just Begun serta Superstar.

Berbagai macam kesuksesan yang telah berhasil diraih oleh The Carpenters ini, diantaranya adalah :

- Sejumlah rekamannya berhasil masuk kedalam American Top 40

- Menjadi panutan dari genre musik soft rock

- Penjualan salah satu singlenya telah berhasil terjual hingga 100 juta keping sehingga mereka berhasil masuk dalam daftar pemusik rekaman terlaris.

Penghargaan Grammy dan American Music Award yang berhasil diraihnya adalah :

- Penghargaan Grammy untuk Artis Pendatang Baru Terbaik pada tahun 1971

- Penghargaan Grammy Hall Of Fame pada tahun 2000 dan tahun 1998 melalui singlenya yang berjudul (They Long To Be) Close To You dan We’ve Only Just Begun

- Penghargaan Grammy untuk Penampilan Pop Terbaik oleh Duo atau Grup Disertai Vokal pada tahun 1972 dan 1971 melalui singlenya yang berjudul (The Long To Be) Close To You

- Penghargaan American Music Award untuk Band/ Duo/ Grup Pop/ Rock Terfavorit pada tahun 1974

Kedua bersaudara ini lahir di New Haven, Connecticut, Amerika Serikat, Richard Lynn Carpenter Lahir pada tanggal 15 Oktober 1946 sedangkan Karen Anne Carpenter lahir pada tanggal 2 Maret 1959. 
 
Semasa kecilnya, mereka berdua tinggal di 55 Hall Street, tetapi kemudian pada tahun 1963 mereka hijrah ke California dan menetap di Los Angeles.

Bakat musik dari Richard sudah terlihat sejak Richard berusia cukup muda karena dia sudah bisa bermain piano dengan baik, sedangkan Karen lebih menyukai bermain drum dan dia sudah mulai mengerti tentang talenta kemampuan menyanyinya.

Karen adalah seorang penyanyi wanita tahun 1970 an yang mempunyai suara lembut dan sangat indah, dimana lagu lagu The Carpenters yang telah berhasil menjadi lagu hit pada tahun 1970 an.

 Lagu hits tersebut adalah :

- Yesterday Once More
- Close To You
- Top Of The World
- Only Yesterday
- Superstar
- We’ve Only Just Begun
- Solitaire
- This Masquarade

Richard Carpenter ternyata telah mempunyai andil yang cukup besar terhadap kreatifititas dari musik yang dihasilkan oleh Carpenter pada saat itu, karena dia adalah seorang pemain keyboard, composer dan arranger yang cukup ahli dan handal.

Singlenya yang berjudul Beach Boys dan The Mamas & The Papas merupakan sebuah harmoni musik yang banyak menggunakan melodi namun bisa diterima oleh pecinta musik pada saat itu, meskipun pada saat itu musik yang masih trend adalah musik yang bergenre hard rock.

Gaya musik dari Richard Carpenter lebih banyak memakai senar, instrument serta sekali kali menggunakan woodwind. Sehingga dalam pengaturan musiknya lebih cenderung bersifat klasik, dan sangat dipengaruhi oleh musik dari Les Paul dalam suara ocerdubbingnya.

Vokal Karen lebih dari 3 oktaf dan dalam membawakan single singlenya dia sangat mendalami dengan penuh penjiwaannya, sehingga dia dikenal oleh para penggemarnya karena gayanya tersebut dalam membawakan lagu lagu dari Carpenter dengan penjiwaan penuh tadi.

Kualitas vokal dari Karen memang sangat bagus dan sempurna karena mempunyai pitch, vibrasi, frasing serta dalam pengambilan nada dan kontrol suara rendah.
 
Selain itu, suara tingginya juga cukup bagus sehingga yang mendengarkan vokal suaranya menjadi nyaman, hangat sepertinya kita telah diberikan selimut hangat oleh suaranya tersebut.

Baca juga : Mariah Carey, Terkenal Dengan Jangkauan Vokal Yang Tinggi Dan Gayanya Yang Memukau

Album Carpenter dirilis pada tahun 1976 dengan judul A Kind of Hush, di album ini Karen tidak bermain drum di sesi studio tetapi pada turnya Karen tetap bermain drum dan Richard bermain nomor solo piano.

The Carpenters berhasil sukses karena duo ini telah berhasil meraih 3 penghargaan selama karir musiknya yaitu :

- Best New Artist

- Best Pop Performance oleh duo group pada tahun 1970

- Pertunjukan pop terbaik oleh duo atau grup

- Terpilih sebagai favorit pop/ rock band duo atau grup di American Music Awards

The Carpenters greatest hit yang berjudul For All We Know berhasil mencuat dan menduduki tangga lagu pada sekitar tahun 1971.
 
Oleh sebab itu, single ini merupakan single emas ketiga kalinya dari Carpenter. Single emas ke 4 nya berjudul Rainy Days Mondays yang berhasil menduduki urutan ke 2 di Billboard Hot 100.

Single berjudul Superstar dari album ke 3 Carpenter juga berhasil meraih urutan ke 2 di Billboard Hot 100 dan telah mencapai penjualan terbaik dari Carpenter, sehingga berhasil memperoleh sertifikasi Platinum sebanyak 4 kali dari RIAA serta telah berhasil memenangkan Grammy Awards.

Album ke 4 nya berjudul A Song For You berisi single berjudul Goodbye To Love juga berhasil menjadi single hit dan berhasil memuncak pada tahun 1973. Kemudian dilanjutkan lagi dengan single berjudul Top Of The World berhasil menduduki urutan pertama di Billboard pada tahun 1973 juga.

Karen Carpenter merupakan salah seorang penyanyi wanita terbaik sepanjang masa karena mempunyai suara tuneful yang khas, sehingga pada tahun 1990 an dan tahun 2000 an telah dilakukan evaluasi ulang dengan membuat beberapa dokumenter. 

Dan terbukti bahwa suara Karen dapat mempengaruhi seorang penyanyi Contralto untuk berubah menjadi pop, diantaranya adalah penyanyi yang bernama Anne Murray, Rita Coolidge serta Melissa Manchester. 

Karen Carpenter meninggal pada usia 36 tahun karena gagal jantung akibat dari penyakit anoreksia nervosa yang sudah dideritanya sejak lama. Semua ini diawali dengan diet yang telah dilakukan oleh Karen Carpenter yang sejak duduk dibangku sekolah menengah atas. 

Diet yang dilakukan dibimbing oleh seorang dokter dan berhasil menurunkan berat badannya menjadi 54 kg dan berat badannya dapat bertahan hingga tahun 1973.

Ketika karir The Carpenter mulai memuncak keren merasa gendut dan terobsesi untuk menurunkan berat badannya kembali dengan menyewa seorang pelatih pribadi untuk mengubah pola dietnya. 

Namun yang terjadi justru otot otot Karen Carpenter terbangun dan karen tampak gemuk dan berbobot ideal. Hal ini tidak disukai oleh Karen Carpenter sehingga dia memecat pelatihnya dan menjalani program diet sendiri dengan menggunakan peralatan oleh raga dan alat hitung kalori.

Kebiasaan makannya berubah setelah melakukan diet ala Karen sehinga berat badannya mencapai 41 kg dan tentu saja sangat kurus. Akibatnya banyak fansnya yang protes karena penampilan Karen yang terlalu kurus tersebut. 

Saat itu Karen sudah menderita anoreksia dan kodisi buruk terjadi pada September 1982 sehingga Karen dilarikan ke rumah sakit Lenox hill di New York. 
 
Hal ini, karena mendapatkan nutrisi parenteral intravena yang menyebabkan berat badannya naik begitu cepat yang menyebabkan hatinya tegang yang sudah melemah akibat died yang tidak tepat selama bertahun tahun untuk menjaga berat badannya sampai akhirnya Karen meninggal dunia.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang The Carpenter family, duo musikus Legendaris Terlarissemoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : Wikipedia

0 komentar