Warrant, Band Glam Metal Amerika Yang Mengalami Evolusi Significan

Warrant, Band gram metal Amerika yang dibentuk tahun 1984 di Hollywood, Losangeles, California. Warrant sukses tahun 1988 hingga 1996

Warrant band kesuksesannya diraih di tahun 1990 an

Warrant band glam metal beraliran glam slam yang berasal dari Amerika, band ini berhasil meraih sukses secara internasional melalui lagu Warrant Heaven.

Ulasan tentang grup band Warrant

Grup band ini dibentuk pada tahun 1984 di Hollywood, Los Angleses, California, Amerika, oleh drummer Max Asher sejak dia masih sekolah di SMA. 
 
Anggota personil awal band yang merupakan lineup asli band ini antara lain Josh Lewis dan Erik Turner sebagai gitaris, vokalis utama Adam Shore dan Christ Vincent sebagai basisnya.
 
Namun demikian, konstribusi Christ Vincent di grup band ini tidak begitu lama, karena tempatnya digantikan oleh Jerry Dixon. 
 
Untuk selanjutnya, mereka mulai merekam album demonya melalui musisi Prince dengan menggunakan label besar ATM Record, grup band ini mulai berkampanye untuk memperkenalkan musik mereka.

Anggota Warrant terdiri dari 4 orang personil diantaranya adalah Eric Turner, Jerry Dixon, Joey Allen dan Robert Mason.

Puncak kesuksesan Warrant diperoleh melalui album "Dirty Rotten Fifty Stinking Rich", karena album ini berhasil mendapatkan double platinum, dengan menghasilkan single berjudul "Heaven". Lagu ini berhasil menduduki ranking pertama di Rolling stones dan di Billboards Hot 100.

Album "Dirty Rotten Fifty Stinking Rich" menghasilkan 4 single hit, diantaranya adalah :

- Heaven, menduduki ranking 2 ditangga lagu Amerika Serikat
- Sometimes She cries, menduduki ranking 20 untuk Power Ballad
- Down boys, menduduki ranking 27 Rock anthem
- Big talk, menduduki ranking 30 Image waise

Sukses ini dapat berlanjut dengan album "Cherry Pie", merupakan album ke 2 yang berhasil masuk Top 10 di single Chart Amerika, album ini menghasilkan single "Cherry Pie", "Blind Faith" dan Save red" yang mampu menguasai top trend di Amerika dan berhasil terjual sampai 3 juta kopi.

Album ke 3 "Dog eat dog", mendapatkan sertifikat gold di tangga lagu Amerika Serikat, meskipun demikian grup band ini mengalami penurunan popularitasnya.
 
Kondisi ini terjadi, karena munculnya tren musik baru yang digemari saat itu yaitu musik grunge, meskipun demikian album ini berhasil terjual hampir 500.000 kopi.

Album ke 4 "Ultra phobic" merupakan album yang menampilkan single Family Picnic yang diperkuat dengan single ballad. Pada waktu itu mereka mulai mengadakan tur ke Amerika, Jepang dan Eropa.

Musik dari grup band ini mengalami evolusi yang sangat significan sepanjang sejarah band, dimana style mereka pada tahun 1980 dan awal tahun 1990 an lebih cenderung ke "Sunset strip" glam metal dan ballad sentimental.
 
Style mereka dengan gaya rambut panjang dan baju kulit yang sangat menggambarkan aliran hard rock mereka, sehingga lagunya berhasil menjadi hit dan gaya rambutnya menjadi trend saat itu.

Terdapat 10 lagu dari Warrant yang menjadi lagu terbaik, diantaranya adalah :

- Aym, dari album Belly to belly (1996)
- Machine gun, dari album Dog eat dog (1992)
- 32 Pennies, dari album Dirty rotten fifthy stinking rich (1989)
- Blind faith, dari album Cherry Pie (1990)
- Uncle tom's cabin, dari album Cherry Pie (1990)
- Sometimes She cries, dari album Dirty rotte fifthy stinking rich (1989)
- I saw red, dari album Cherrt Pie (1990)
- Down boys, dari album Dirty rotte fifthy stinking rich (1989)
- Cherry Pie, dari album Cherry Pie (1990)
- Heaven, dari album Dirty rotte fifthy stinking rich (1989)

Setelah album debut Dirty Rotten Filthy Stinking Rich dan single Heaven berhasil meraih kesuksesannya dengan double platinumnya.

Kemudian kesuksesannya ini, dilanjutkan lagi dengan kesuksesan band Warrant diawal tahun 1990 an melalui album Cherry Pie yang berhasil meraih double platinum dengan lagu hit berjudul Chery Pie.

Album Dog Eat Dog merupakan album gold band ini. Namun demikian, karir band ini popularitasnya mulai menurun dengan munculnya trend musik baru yaitu musik grunge.

Meskipun demikian, pada tahun 1995 Warrant mampu merilis album Ultrafobia. Album Warrant ini, pada tahun 1996 menjadi album hits terbesar yang sukses.

Dengan trend musik grunge, akhirnya band Warrant juga terpengaruh dengan dirilisnya album Belly to Belly pada tahun 1996, tetapi band ini akhirnya kembali lagi ke akar musik pertamanya.

Karir musik Warrant memang tidak stabil, naik turun, tetapi tur Warrant berhasil meraih kesuksesannya pada tahun 2000 dengan album covernya Under the Influence.

Namun demikian, pada tahun 2011 terjadi pergantian vokalis Warrant karena Jani Lane meninggal dunia yang disebabkan keracunan alkohol, sehingga album baru Warrant Born Again digantikan vokalis Black’n Blue Jaime St. James.

Band Warrant 2022 masih tetap tampil hingga sekarang ini dengan vokalis utama Lynch Mob, Robert Mason.

Anggota personil awal band sebagai lineup asli band ini antara lain Josh Lewis dan Erik Turner sebagai gitaris, vokalis utama Adam Shore dan Christ Vincent sebagai basisnya.

Puncak kesuksesan Warrant band ini, ketika merilis album debut Dirty Rotten Filthy Stinking Rich yang dirilis di awal tahun 1989. Album ini bertengger di peringkat 10 di Billboard 200 dan menghasilkan 4 single hit ditangga lagu AS.

Keempat single hit ini antara lain Heaven, Sometime She Cries merupakan sebuah lagu rock, Down Boys dan Big Talk.

Kesuksesan album ini telah menjadi hit besar bagi Warrant sehingga membuat Warrant band masuk kedalam trend band hard rock dengan penampilan rambut gondrong dan bercustome berbahan kulit.

Warrant band tour diadakan bersama dengan artis lain seperti Paul Stanley, Poison, Mötley Crüe, Queensrÿche, Cinderella dan Kingdom Come.

Warrant: Live – Dirty Rotten Filthy Stinking Rich merupakan album live pertama Warrant yang dirilis tahun 1990 dan album video ini mendapatkan sertifikasi platinum.

Kesuksesan ini berlanjut dengan dirilis album Cherry Pie pada tahun 1990 karena album ini bertengger di 10 besar tangga lagu single Amerika dan peringkat 7 di The Billboard 200.

Didalam video lagu Cherry Pie, Warrant bekerjasama dengan model yang bernama Bobbie Brown.

Album Warrant Chery Pie menghasilkan beberapa single hits antara lain Cherry Pie, Uncle Tom’s Cabin, Blin Faith dan I Saw Red. Selain itu, album ini mencapai penjualan hingga 3 juta kopi.

Tour dunia Warrant dilakukan bersama dengan Poison, tur di Eropa bersama dengan David Lee Roth sedangkan tou di Amerika dengan tema tur ‘Blood, Sweat And Beers bersama dengan Firehouse dan Trixter.

Pada tahun 1991 dirilis album video kedua Cherry Pie: Quality You Can Taste. Tahun berikutnya dirilis album Dog Eat Dog dan abum ini meraih kesuksesan komersial dibandingkan dengan kedua album sebelumnya.

Selain itu, album ini bertengger diperingkat 25 di tangga lagu AS dan mencapai penjualan hingga 500 ribu kopi, memperoleh status gold dan menjadi album favorit dari para fans Warrant.

Di sejumlah festival Monster Of Rock pimpinan Iron Maiden dalam slot tur eropa, Warrant ikut tampil dengan single Machine Gun, The Bitter Phill dna The Hole in my Wall.

Dalam film Gladiator, Warrant tampil dengan 2 lagu versi cover We Will Rock You dan The Power milik Queen.

Album Warrant Ultrafobia merupakan album keempatnya yang dirilis tahun 1995. Album ini menghasilkan single Family Picnic, Followed dan Stronger Now. Setelah perilisan album ini, Warrant band tur dilakukan ke Amerika, Jepang dan Eropa.

Album kompilasi Warrant The Best Of Warrant berisi semua hits dari album album Warrant sebelumnya, album ini dirilis tahun 1996.

Album studio kelima Belly to Belly tahun 1996 telah mengubah arah musik Warrant ke arah musik baru grunge karena dialbum ini tidak menghadirkan melodi rock sama sekali seperti album album sebelumnya.

Warrant Live 86-97 merupakan album live kompilasi pertama band ini, Warrant list michigan karena direkam secara live di Harpos Concert Theatre, Detroit, Michigan pada tahun 1997.

Warrant band toru tahun 1997, sebagai band pembuka untuk Alice Cooper di Amerika. Tahun berikutnya, Warrant tampil di Rock Never Stops Tour dan merilis album terbesar dan terbaru yang berisi rekamam ulang lagu lagu klasik dan 3 lagu baru.

Album versi cover Under the Influence dirilis 2001, album ini menghasilkan 2 lagu Subhuman dan Face yang merupakan lagu orisinal baru.

Pada tahun yang sama, Warrant mengadakan tur dengan Poison, namun tur ini berhenti sebelum berakhir karena basis Poison Bobby Dall mengalami cidera punggung.

Album Warrant Born Again merupakan album studio ketujuh band ini yang dirilis tahun 2006 bekerja sama dengan produser Pat Regan yang pernah bekerja dengan Deep Purple, Ace Frehley, Mr. Big dan LA Guns.

Album ini menghasilkan single Bourbon Country Line dan Dirty Jack , di album ini merupakan album pertama yang tidak menampilkan vokalis Lane. Untuk selanjutnya, DVD kompilasi reuni Warrat They Came From Hollywoof dirilis pada tahun 2008.

Album Warrant Rockaholic dirilis tahun 2011 di Eropa dan Amerika Utara. Album ini bertengger di peringkat 22 di tangga lagu Billboard Top Hard Rock Albums dan terdapat 2 video musik untuk single Life’s a Song dan Home.

Vokalis utama Warrant Jani Lane meninggal dunia pada tanggal 11 Agustus 2011 disebabkan karena keracunan alkohol akut.

Album Warrant Louder Harder Fastre dirilis tahun 2017, merupakan album studio yang ke 9. Album ini memunculkan lagu klasik I Think I’ll Just Stay Here and Drink milik Merle Haggard. Album ini bertengger di peringkat 19 di tangga labu Billboard Top Independent Albums.

Anggota personil Warrant sekarang ini adalah Erik Turner, Jerry Dixon, Steven Sweet, Joey Allen dan Robert Mason.

Album album album antara lain :

- Dirty Rotten Filthy Stinking Rich (tahun 1989)

- Cherry Pie (tahun 1990)

- Dog Eat Dog (tahun 1992)

- Ultraphobic (tahun 1995)

- Belly to Belly (tahun 199)

- Under the Influence (tahun 2001)

- Born Again (tahun 2006)

- Rockaholic (tahun 2011)

- Louder Harder Faster (tahun 2017)

Warrant band tour antara lain :

- D.R.F.S.R Tour (tahun 1989)

- Cherry Pie World Tour (tahun 1990 – 1991)

- Blood, sweat & Beers Tour (tahun 1991)

- Dog Eat Dog World Tour/ Hair of the Dog Tour (tahun 1992 – 1993)

- Club Tour (tahun 1994)

- Radio or Not, Here We Come/ Ultraphobic (tahun 1995)

- Belly to Belly Tour (tahun 1996 – 1997)

- Rock Never Stops Tour (tahun 1998)

- Under the Influence Summer Tour (tahun 2001)

- Metal Edge Rockfest Tour (tahun 2002)

- Rock Never Stops Tour (tahun 2003)

- Born Again Tour (tahun 2007)

- Reunion Tour (tahun 2008)

- Summer Tour (tahun 2009)

- Rockaholic Tour (tahun 2011)

- Cherry Pie 21st anniversary tour (tahun 2012)

- Louder, Harder Faster tour (tahun 2017 – 2018)

- Dirty 30 Tour (tahun 2019)

- Cumming Country NE Fair (tahun 2023)

Terima kasih sudah berkunjung dan sudah membaca artikel Warrant, grup band glam metal Amerika yang mengalami evolusi significan, semoga wawasan musik kita akan bertambah dan dapat di share ke teman-teman lainnya.

(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar