Color me badd, Grup Band r&b Kontemporer Amerika

Color me badd, grup r&b kontemporer Amerika yang dibentuk tahun 1985 di Oklahoma city oleh Bryan Abrams,  tenor kedua Mark Calderon, tenor kedua Sam Watters dan bariton Kevin Thornton. Grup r&b ini sempat bubar tahun 1998 tetapi dapat terbentuk lagi tahun 2010

Color Me Badd grup band yang menciptakan istilah hip hop doo wop

Color Me Badd grup band kontemporer Amerika yang beraliran r&b, grup ini melejit melalui All For Love dan I Adore Mi Amor.

Ulasan karir musik grup Color Me Badd

Kelompok musik r&b ini merupakan grup band kontemporer yang dibentuk pada tahun 1987 di Oklahoma City, Oklahoma, Amerika.
 
Grup ini memiliki anggota personil yang terdiri dari 4 orang diantaranya adalah : Mark Calderon, Kevin Thornton, Martin Kember, Bryan Abrams dan Sam Watters, dengan vokalis utamanya adalah Bryan Abrams.

Color Me Badd sudah terkenal di beberapa negara diantaranya di Australia, Filipina, Indonesia, Asia bagian Timur, Inggris, Eropa, Kanada dan Amerika Serikat, album mereka telah terjual hampir mencapai 12 juta album di Amerika Serikat.

Selain membuat lagu-lagu yang digunakan untuk soundtrack film, grup r&b ini juga ikut serta menjadi bintang di acara TV di Beverly Hills pada tahun 1990.

Album debutnya "CMB" berhasil terjual lebih dari 6 juta album di seluruh dunia dan bersertifikat Platinum di Amerika Serikat, serta telah menghasilkan 5 single hit, diantaranya adalah :

- I wanna ....  you lup, berhasil mencapai peringkat 2 US dan menjadi soundtrack The New Jack City serta menjadi single hit peringkat pertama di Inggris.
- I adore mi amor, mencapai peringkat pertama US
- Thinkin back, mencapai peringkat 16 US
- Slow motion, mencapai peringkat 18 US
- All for love, mencapai peringkat pertama US

Album ke 2 "Time and Change" dilanjutkan dengan album "Choose" sangat sulit untuk mengikuti kesusksesan dari album pertamanya.

Album ke 3 "Time and change", merupakan album yang dianggap terlalu ambisius karena berisi 19 lagu-lagu baru.
 
Di album ini mereka telah merubah gaya musiknya menjadi lebih soulful dan funky, dan mereka juga bekerjasama dengan produser terkenal seperti David Foster, Jimmy Jam dan Terry Lewis. 
 
Meskipun album ini tidak masuk ke Billboard Charts album tetapi berhasil mendapatkan sertifikat emas di Amerika Serikat.

Album ke 4 "Called Now and forever" dapat diterima oleh para penggemar R&B sehingga album ini dapat terjual hampir 400 juta kopi serta menghasilkan 2 single hit yang tidak begitu sukses, dengan single hit "The earth the sun, the rain" karena hanya menempati urutan ke 19 US saja.
 
Namun demikian, untuk "Sexsual capacity" berhasil masuk di Billboard serta digunakan sebagai soundtrack untuk Demi Moore di film Striptease.

Album ke 5 "Awakening" mulai kembali ke akar R&B dengan singlenya yang berjudul "Remember when", tetapi album ini juga hanya mendapatkan sukses kecil saja.

Penghargaan penghargaan yang berhasil diraih oleh Color Me Badd adalah :

- Memenangkan trofi Best sebagai grup band baru di Smash Hits Poll Winner's Choise di Inggris pada tahun 1991.
- Dianugerahi Favorit R&B/ Soul trofi music Awards di Shire Auditorium di Los Angeles.
- Memenangkan Best R&B/ Soul Single and Song of the year untuk kategori tahunan ke 6 Soul train music Awards.

Single "Forever love" yang diambil dari album Remix berjudul "Young, gifted & badd the remixes" berhasil digunakan untuk soudtrack di Mo money, album ini tidak begitu sukses karena hanya mencapai urutan ke 189 di US.

Single "All for love" mencapai peringkat pertama di Chart disney, album ini merupakan hasil kerjasama dengan Stevie Brock.

Color Me Badd mulai berkumpul kembali pada tahun 2010 tetapi hanya beranggotakan dua orang saja atau duo yaitu Bryan Abrams dan Mark Calderon dan mulai mengadakan konser di Hawaii, kemudian anggotanya bertambah 1 lagi menjadi trio dengan bergabungnya Kevin Thornton.

Lagu lagu dan album album grup Color Me Badd

Grup r&b kontemporer Color Me Badd yang dibentuk tahun 1985 ini, sempat bubar pada tahun 1998 tetapi berhasil bersatu lagi pada tahun 2010. Vokalis utama grup ini bernama Bryan Abrams, mark Calderon sebagai tenor dan Kevin Thornton sebagai bariton.

2 lagu grup Color Me Badd yang populer dan berhasil mencapai penjualan hingga 12 juta kopi di seluruh dunia, antara lain I Wanna Sex You Up dan All 4 Love. Selain itu, grup ini mempunyai 2 single hit di peringkat 1, 9 hit Top 40 serta album triple platinum.

Prestasi yang telah diperoleh oleh grup Color Me Badd antara lain berhasil memenangkan 2 Soul Train Music Awards dan 1 American Music Award.

Beberapa lagunya dipakai dalam film dan program televisi, termasuk juga tampil di New Jack City, Mo’ Money, No Strings Attached serta Glee. Selain itu, penampilan cameo pada episode Beverly Hills, 90210 pada tahun 1992.

Anggota personil grup Color Me Badd dahulunya merupakan anggota paduan suara sekolah dan pada awalnya grup mereka bernama Take One dan selanjutnya grup mereka berubah namanya menjadi Color Me Badd.

Nama baru grup mereka dipilih oleh Watters yang diambil dari nama seekor kuda di arena pacuan kuda yang bernama Color Me Badd. Hal ini, memiliki tujuan agar menjadi aliran New Edition dan New Kids on the Block.

Bon Jovi sempat mengundang grup Color Me Badd ini, sebagai pembuka bandnya yang mampu menarik penonton sebanyak 20 ribu penonton. Grup ini diberikan saran agar bisa menjadi grup multikultural.

Akhirnya grup ini menulis lagu dengan menggunakan bahasa Inggris dan Spanyol dengan lagu I Adore Mi Amor dan melalui lagu ini pula, akhirnya grup Color Me Badd berhasil menandatangani kontrak dengan Giant.

Single grup Color Me Badd I Wanna Sex You Up yang menjadi single debut grup ini dan dirilis pada tahun 1991.

Lagu ini berhasil menjadi hit terbesar di soundrack New Jack City, melejit diperingkat 2 di Billboard Hot 100 dan melejit di puncak tangga lagu Hot R&B/ Hip Hop Songs. Kesuksesan lagu ini, memberi peluang grup Color Me Badd untuk membuat album.

Album pertama grup Color Me Badd CMB dirilis pada tahun 1991, album ini berhasil memperoleh sertifikasi triple platinum di AS karena penjualannya mencapai 6 juta kopi. Seain itu, album ini, bertengger di urutan 3 di Billboard 200.

Album Color Me Badd ini menghasilkan single antara lain :

- I Wanna Sex You Up

- I Adore Mi Amor, melejit di peringkat 1 di Hot 100

- All 4 Love, melejit di peringkat 1 di Hot 100 dan di tangga lagu Hot R&B/ Hip Hop Songs

- Thinkin Back, berada di urutan 16 di Hot 100 dan peringkat 31 di Hot R&B/ Hip Hop Songs

- Slow Motion, berada di peringkat 18 di Hot 100.

Di ajang American Music Awards 1992, grup ini berhasil memenagkan single Soul/R&B Favorit untuk lagu I Wanna Sex You Up.

Grup Color Me Badd juga menjadi pembuka di tur Paula Abdul pada tahun 1991 dengan menyanyikan beberapa lagu secara acapela.

Album remix Color Me Badd bertajuk Young. Gifted & Bdd: The Remiexes dirilis tahun 1992.

Album ini menelurkan single Forever Love yang mencapai peringkat 15 di Hot 100 dan diperingkat 189 di Billboat 200. Selain tu, lagu ini digunakan di soundtrack Mo’ Money.

Time and Chance merupa album studio kedua Color Me Badd, album ini dirilis tahun 1993 dan mewakili terjadinya perubahan gaya musik grup ini karena lebih funky dan penuh perasaan.

Arah musik grup ini mengikuti tren pada waktu itu yaitu grunge dan hip hop tetapi tidak mampu memberikan kesuksesan bagi Color Me Badd seperti yang pernah dicapai pada album album Color Me Badd sebelumnya.

Album ini menelurkan single Time and Chance menduduki urutan 23 di Hot 100 dan urutan 9 di Hot R&B/ Hip Hop Songs chart, single Choose menduduki peringkat 23 di Hot 100.

Dalam pembuatan album, grup ini bekerja sama dengan beberapa produser seperti David Foster, DJ Pooh dan Jimmy Jam and Terry Lewis.

Album studio ketiga grup Color Me Badd Now & Forever dirilis tahun 1996, album ini diproduseri oleh Nathan Morris dari Boyz II Men, Babyface, Jon B dan Narada Michael Walden.

Album ini akhirnya mampu mendapatkan platinum dan melejit di peringkat 1 di Jepang. Selain itu, album ini menghasilkan satu single hit The Earth, the Sun. The Rain yang menduduki peringkat 21 di Hot 100 dan single Sexual Capacity digunakan untk sundtrack film Demi Moore Striptease.

Color Me Badd, Awakening merupakan album studio keempat grup ini yang dirilis tahun 1998. Single utama album ini Remember When menduduki peringkat 48 di Hot 100.

Untuk selanjutnya, grup Color Me Badd menjadi tidak solid lagi karena anggota personil grup ini Abrams mengalami masalah alkohol dan Thornton keluar untuk menjadi penginjil dan Watters ingin menjadi penulis lagu.

Grup ini masih tersisa 2 orang personil saja yang bernama Abrams dan Calderon sehingga grup ini akhirnya menyatakan bubar.

Sam Watter yang meniti karir sebagai produser rekaman berhasil meraih kesuksesannya dengan memproduseri beberapa artis terkenal seperti Jessica Simpson, Celline Dion, Fantasia, Anastacia, Natasha, Kelly Clarkson, Blake Lewis, 98 Degrees dan artis lainnya.

Mark Calderon membuat ulang All 4 Love pada tahun 2002, lagu ini melejit di peringkat 1 di tangga lagu Disney. Selain itu, lagu lagunya diputar di serial televisi House dan Knight Rider.

Untuk selanjutnya, album kompilasi The Best of Color Me Badd dirilis oleh Giant Records pada tahun 2000.

Grup duo Color Me Badd yang beranggotakan Abrams dan Mark Calderon muncul kembali pada tahun 2010 dengan membakan All 4 One dan Shai. Grup duo ini berkolaborasi dengan Insane Clown Posse untuk lagu Ghetto Rainbows.

Lagu baru grup duo Color Me Badd Skywalkin dirilis pada tahun 2013 merupakan lagu baru yang pertama kali dirilis oleh grup ini setelah hampir 15 tahun grup ini membubarkan diri. Untuk selanjutnya, mereka berdua mengadakan tur ke Singapura pada tahun 2015.

Grup Color Me Badd pada tahun 2016 menjadi grup trio setelah bergabungnya Adam Emil. Grup trio ini merilislagu baru In Case You Didn’t Know.

Grup Color Me Badd dianggap sebagai pentolan kebangkitan lagu grup harmoni pasca doo wop di awal tahun 1990 an, ketika tampil bersama BoyzII Men, Hi Five, Shai, Silk dan All 4 One.

Grup Color Me Badd memberikan pengaruh yang cukup lama kepada artis seperti Justin Timberlake, Andy Samberg untuk musik R&B.

Berikut album album Color Me badd yang telah dirilis :

- CMB dirilis tahun 1991

- Time and Chance dirilis tahun 1993

- Now & Forever dirilis tahun 1996

- Awakening dirilis tahun 1998

Prestasi yang telah diraih grup Color Me Badd pada tahun 1992 antara lain :

- Melalui I Wanna Sex You Up berhasil memenangkan Soul Train Music Award untuk Best R&B/ Soul Single –Group dan untuk R&B/ Soul of the Year dan memenangkan American Music Award untuk Favorite Soul/ R&B Single.

- Color Me Badd masuk nominasi Grammy Award untuk Best New Artist.

- I Wanna Sex You Up masuk nominasi Grammy Award untuk Best R&B Performance by a Duo or Group with Vocal.

- I Adore Mi Amor masuk nominasi American Music Award untuk Favorite Soul/ R&B Single

- Color Me Badd masuk nominasi America music Award untuk Favorite Soul/ R&B New Artist, untuk Favorite Pop/ Rock Band/ Duo/ Group dan untuk Favorite Pop/ Rock New Artist.

- I Wanna Sex You Up masuk nominasi American Music Award untuk Favorite Pop/ Rock Single.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang Color Me Badd, merupakan grup band r&b kontemporer Amerika, semoga dapat menambah perbendaharaan musik kita dan dapat dishare ke teman-teman lainnya.

(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar