Fire House, Band Glam Metal Asal Amerika Mulai Terkenal Tahun 1990

Fire House, band rock Amerika yang dibentuk di Richmond, Virginia sebelum kelompok musik ini pindah ke Charllote, Carolina Utara

Fire House meraih kesuksesan di sekitar tahun 1990 an

Fire House merupakan grup band glam metal yang lebih terkenal di Asia dan negara lainnya dibandingkan dengan di negara asal nya yaitu Amerika. Band ini melejit lewat lagu Here For You dan I Live My Life For You.

Ulasan tentang Fire House

Grup band beraliran glam metal ini dibentuk pada tahun 1988, di Charlotte, Carolina Utara, Amerika, warna musik Fire House selain glam metal juga beraliran hard rock, heavy metal dan christian metal.

Pertama kali mereka merekam demonya di kamar tidur Bill Leverty dan Michael Foster dan semula nama band yang digunakan untuk mendaftarkan demo rekamannya adalah "White heat" tetapi kemudian diganti menjadi "Fire house", yang akhirnya Fire House menjadi nama dari grup band mereka.

Formasi awal dari Fire House terdiri dari 4 personil, diantaranya adalah :

CJ Share sebagai vokalis, Bill Leverty sebagai gitaris, Michael Foster sebagai drummer, Perry Richardson sebagai bassis.
 
Anggota personil dari Fire House telah berhasil mempertahankan formasi awalnya kecuali pemain basisnya yang bernama Perry Richardson. Hal ini, karena bassisnya telah diganti sampai 3 kali, sebelum akhirnya tempatnya digantikan oleh Allen Mc Kennie pada tahun 2004.

Fire House mulai terkenal disekitar awal tahun 1990 an, dengan singlenya yang berjudul "Don't treat me bad", "Reach for the sky" dan All She wrote" dan ketiga lagu ini berhasil menjadi single hit. 
 
Selain itu, grup band ini juga menghasilkan 3 lagu power ballad yang berjudul "I live my life for you", "Love of a lifetime" dan "When I look into your eyes".
 
Namun demikian, Fire House justru lebih terkenal di Asia terutama di Jepang, Thailad, India, Malaysia, Filipina, Indonesia dan Singapura dari pada di negara asalnya Amerika.

Baru pada tahun 2000, mereka dapat mempertahankan kesuksesannya di Amerika Selatan dan Eropa, dengan menghasilkan album-album baru dan berhasil menjual albumnya sampai lebih dari 7 juta kopi di seluruh dunia.

Album mereka juga berhasil mendapatkan sertifikat gold di Kanada, Singapura dan Jepang melalui album yang berjudul "Shake & trumble"

Album ke tiga yang berjudul "3" dengan singlenya yang berjudul "I Live my life for you" berhasil masuk urutan ke 3 Top 20 untuk jenis lagu Ballad di AS dan bersertifikat emas di Asia Tenggara.

Track yang menjadi hit di Asia Tenggara, diantaranya adalah "In your perfect world", "You are my religion" dan "Love don't care".

Fire House merupakan band rock international pertama yang sukses dan pernah bermain konser di Timur Laut India.
 
Selama 3 tahun perjalanan karirnya dari tahun 2005, 2006 dan 2007, mereka mengadakan tur dengan berkunjung ke negara-negara Amerika Serikat di Midwest seperti Nort Dakota dan mereka juga telah bermain di beberapa festival termasuk Oklahoma.

Fire House band juga berhasil meraih penghargaan di ajang American Music Awards 1992 dengan memenangkan penghargaan untuk Artis Heavy Metal/ Hard Rock New Favorit.

Band ini terus berkarya selama akhir tahun 1990 dan awal tahun 2000 dan banyak karya karyanya yang mampu masuk ke tangga lagu di Jepang. Selain itu, penjualan albumnya mencapai hingga 7 juta kopi di seluruh dunia.

CJ Snare merupakan vokalis Fire House yang statusnya sebagai vokalis utama band ini sejak awal dibentuk hingga dia meninggal dunia pada tanggal 5 April 2024.

Hal ini, karena band ini telah berusaha mempertahankan anggota personil asli saat pertama kali terbentuknya band ini, kecuali satu personilnya yang bernama Richardson yang telah keluar pada tahun 2000 dan digantikan oleh Allen McKenzie pada tahun 2004.

Awal terbentuknya band ini, ketika Leverty dan Foster berkunjung ke sebuah club rock, mereka melihat penampilan band Maxx Warrior dengan vokalisnya yang bernama CJ Snare dan bassis Perry Richardson.

Melihat kemampuan dari vokalis CJ Snare tersebut maka Leverly dan Foster menyukai vokalis ini dan ingin menyatukan mereka menjadi band baru.

Keinginan mereka, akhirnya terwujud setelah band Maxx Warrior bubar. Bermula dari Leverty mengirimkan lagu lagu agar CJ Snare menyanyikan lagu lagu tersebut di kaset.

Untuk selanjutnya, mereka membawa Snare untuk tampil di Virginia sebagai vokalis utama band mereka yang waktu itu bernama Leverly and Foster White Heat yang akhirnya nama bandnya berganti menjadi Fire House.

Band ini mulai mendapatkan tanda tangan kontrak pada tahun 1989 yang diproduseri oleh David Prater yang juga sebagai drumer dari band Santana.

Album Fire House Fire House

Album debut band Fire House mendapatkan penghargaan seperti:

- Tahun 1992, memenangkan American Music Award untuk Best New Hard Rock/ Heavy Metal Band.

- Metal Edge Magazine’s Best Mew Band, Young Guitar Magazine’s Best Newcomer tahun 1991.

- Music Life Magazine’s pop polling terbaik pendatang baru tahun 1992.

- Memperoleh sertifikasi double platinum dari RIAA dengan penjualan mencapai 2 juta kopi di Amerika Serikat.

Love of a Lifetime merupakan single ketiga dan menjadi single paling sukses dari band ini karena penjualannya mencapai 500 ribu kopi.

Single Don’t Treat Me Bad masuk peringkat 14 di tangga lagu, meskipun tidak berhasil meraih kesuksesan. Demikian juga dengan single Shake & Tumble menskipun mendapat perhatian di radio tetapi single ini juga gagal meraih kesuksesan.

Namun demikian album iniberhasil memperoleh sertifikasi gold di 3 negara yaitu di Kanada, Singapura dan Jepang.

Album Fire House Hold Your Fire

Album ini dirilis tahun 1992 dan menelurkan 3 single yang masuk tangga lagu antara lain Sleeping with You, Reach for the Sky dan When I Look into Your Eyes. Selain itu, When I Look into Your Eyes menduduki top 10 di Amerika Serikat.

Album Fire House 3

Album 3 merupakan album ketiga Fire House dirilis pada tahun 1995, dengan produser bernama Ron Nevison yaitu produser yang pernah menangani Led Zeppelin, Ozzy Osbourne, Europe dan Heart.

Album ini pencapaian penjualannya tidak sebaik album sebelumnya tetapi album ini berhasil memperoleh sertifikasi gold si Asia. Fire House tour dilakukan di negara seperti India dan Thailand.

I Live My Life for You merupakan lagu balada yang mecapai Top 40 di Amerika Serikat. Meskipun terjadi perubahan trend musik baru pada saat itu tetapi Fire House mampu mencapai Top 40 di tahun 1995.

Album Fire House Good Acoustics

Album Good Acoustics merupakan kumpulan dari beberapa lagu hit terpopuler dari band ini dan titamba dengan 4 lagu baru. Album ini berhasil mendapat sertifikasi gold di  negara di dunia, termasuk negara Malaysia, Thailand dan Filipina.

Tiga lagu Fire House You Are My Religion, In Your Perfect World dan Love Don’t Care berhasil menjadi lagu hit di banyak negara di Asia. Setelah tur di Asia pada tahun 199 selesai maka dilanjutkan lagi pada tahun 1997 untuk tue ke Indonesia, Thailand dan Jepang.

Meskipun kepopuleran Fire House mulai menurun dikalangan band rock di AS pada tahun 1980 an, tetapi band ini di Asia dan di negara lainnya kepopuleranya tetap stabil.

Album Fire House Kategory 5

Album Fire House Kategory 5 dirilis dan band ini mulai mengadakan tur di tahun 1998 dan 1999 secara besar besaran ke seluruh Asia dan seluruh Amerika, sehingga album ini mencapai kesuksesan besar.

Tur ke Amerika Fire House bersama dengan band rock tahun 1980 an seperti Slaughter dan Quiet Riot.

Album live Bring ‘Em Out Live dirilis pada tahun 1999 merupakan pertunjukan live Fire House di Osaka, Jepang.

Tahun 2000, band ini mulai ditinggalkan oleh pemain bass Perry Richardson karen telah terjadi konflik pribadi. 

Album Fire House O2

Bassisnya digantikan oleh Bruce Waibel dan Fire House berhasil merilis album 2. Bersama dengan bassis barunya ini mereka mengadakan tur Metal Edge pada tahun 2002 bersama dengan band Warrant, Ratt, Dokken dan LA Guns.

Bru bergabung 2 tahun lebih dengan band ini, Waibel meninggal dunia pada tahun 2003 pada usia 45 tahun. 

Album Fire House Prime Time

Di album Fire House Prime Time, pada tahun 2003 Waibel digantikan oleh Dario Seixas seorang bassis dari Brasil.

Band ini yang pertama kali mengadakan konser di timur laut India pada tahun 2004 dan menjadi band rock internasional terbesar.

Album Fire House Full Circle

Album studio kedelapan Fire House Full Circle dirilis tahun 2011 yang berisi versi rekaman ulang dari beberapa lagu lagu lama band ini.

Pada tanggal 5 April 2024 vokali Fire House CJ Snare meninggal dunia, vokalis ini sudah digantikan oleh Nate Peck selama tahun 2023 karena masalah kesehatannya.

Oleh sebab itu anggota personila Fire House sekarang ini adalah Bill Leverty sebagai gitaris utama, Michael Foster sebagai pemain drum dan perkusi, Allen McKenzie sebagai bassis dan Nate Peck sebagai vokalis utama.

Album album Fire House yang berhasil dirilis dari tahun 1990 sampai dengan tahun 2011, diantaranya adalah :

- Fire house (1990)
- Hold your fire (1992
- 3 (1995)
- Good acounstics (1996)
- Category 5 (1998)
- O2 (2000)
- Prime time (2003)
- Full circle (2011)

Terima kasih sudah berkunjung dan sudah membaca artikel FIRE HOUSE, GRUP BAND GLAM METAL ASAL AMERIKA MULAI TERKENAL TAHUN 1990, semoga dapat menambah perbendaharaanmusik kita dan dapat dishare ke teman-teman lainnya.

(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar