John Michael Montgomery, Penyanyi Country Asal Amerika Rutin Menghasilkan Lagu Hit Country

John Michael Montgomery, penyanyi musik country asal Amerika

John Michael Montgomery produktif menelurkan lagu hit

John Michael Montgomery merupakan seprang penyanyi country asal Amerika yang melejit melalui lagu "I Swear" dan "I Love The Way You Love Me".

Penyanyi country Amerika kelahiran tahun 1965 ini mulai dikenal sebagai duo Montgomery Gentry bersama saudaranya yang bernama Eddie. Untuk selanjutnya dia mulai bersolo karir pada tahun 1992.

Dia berhasil mengantongi 30 lagu John Michael Montgomery yang berhasil sukses masuk ke tangga lagu Billboard chart country dan 7 diantaranya berhasil menduduki peringkat pertama.

Ulasan karir musik John Michael Montgomery

Penyanyi country yang berasal dari Danville, Kentucky, Amerika, lahir pada tanggal 20 Januari 1965. Dia mempunyai seorang istri yang bernama Crystal White (m 1996) dengan 2 orang anak yang bernama Walker Carl Montgomery dan Madison Caroline Montgomery.

Sebelum mulai bersolo karir, pada tahun 1992 dia bernyanyi duo dengan saudaranya yang bernama Eddie dan mulai aktif bermusik sejak tahun 1991 dengan warna musiknya yang bergenre country. Disetiap penampilannya selalu memakai topi koboy yaitu topi yang menjadi ciri khas dari musik country.
 

7 lagu lagu John Michael Montgomery yang berhasil mencapai peringkat tertinggi  dan berhasil menjadi single hit antara lain :

I Love the Way You Love Me, I Swear, Be My Baby Tonight, If You’ve Got Love, I Can Love You Like That, Sold (The Grundy Country Auction Incident) dan The Little Girl.

2 lagu dipilh oleh Billboard sebagai lagu country teratas tahun 1994 dan 1995 antara lain :

I Swear dan Sold (The Grundy Country Auction Incident)

Rekaman kedua lagu ini telah dirilis bersama dengan versi cover oleh grup r&b All 4 One. Untuk selanjutnya lagu John Michael Montgomery Letters from Home berhasil mencapai peringkat pertama di Billboard Hot 100 tahun 2004.

Selama karir musiknya, dia telah merilis 10 album studio dan 3 albumnya berhasil mendapatkan sertifikasi multi platinum dari RIAA.

Baca juga : 5 lagu musik country barat lama terbaik, harus dicoba

3 album John Michael Montgomery bersertifikasi multi platinum tersebut antara lain :

Lfe’s a Dance, Kickin’ It Up dan John Michael Montgomery.

Album lainnya What I Do the Best bersertifikasi platinum dan 2 albumnya bersertifikasi gold adalah Leave a Mark dan Brand New Me.

13 lagunya juga mencapai puncak top di ranking pertama, dan  melalui lagu yang berjudul "I Swear" dan "Sold" (The grundy country auction incident" oleh Billboard dijadikan sebagai The top country song untuk tahun 1994 dan 1995.

Lagu countrynya yang berjudul "I swear" dan "I can love you like that" direkam dengan versi Rhythm & blues oleh grup band All-4-One. Beberapa singlenya juga berhasil masuk Billboard Hot 100 dan pada tahun 2004 singlenya yang berjudul "Letters from home" berhasil masuk peringkat tertinggi.

Album John Michael Montgomery Life’s a Dance

Album ini merupakan album pertama yang dirilis tahun 1992 dan menelurkan lagu hit Life’s a Dance yang masuk tangga lagu di peringkat 4 Hot Country song, bersertifikasi platinum dari RIAA dan menjadi Song of the Year oleh Academy of Country Music.

Selain itu, melalui lagu ini, John Michael Montgomery mendapat penghargaan Top New Male Vocalist dari ACM Awards tahun 1994.

Sedangkan untuk lagu I Love the Way You Love Me berhasil melejit menjadi lagu hit peringkat tertinggi di tangga lagu dan peringkat 60 di Billboard Hot 100.

Selain itu lagu Beer and Bones merupakan lagu terakhir dari album ini yang dapat mencapai puncak country di peringkat 21.

Album John Michael Montgomery Kickin’ It Up

Album ini merupakan album kedua yang dirilis tahun 1994 dan menghasilkan lagu I Swear. Lagu ini menjadi lagu hit pop country teratas pada tahun 1994 oleh Billboard Year End. Lagu selanjutnya Rope the Moon berada di urutan 4, Be My Baby Tonight dan If You’ve Got Love.

Lagu I Swear ini berhasil menjadi Top country tahun 1994 di Billboard Year End dan mencapai kesuksesan ketika dibawakan oleh grup pop All 4 One, sedangkan untuk lagu Kickin’ It Up berhasil mencapai penjualan hingga 4 juta kopi.

Album John Michael Montgomery John Michael Montgomery

Album ini merupakan album ketiga yang dirilis tahun 1995 dan juga menelurkan dua single hit peringkat pertama seperti I Can Love You Like That dan Sold (The Grundy County Auction Incident).

Single lainnya dari album ini antara lain No Man’s Land, Cowboy Love dan Long as I Live. Sedangkan lagu Holdin’ Onto Something merupakan lagu untuk Jeff Carson yang berhasil masik top 10 country hit pada awal tahn 1996.

Total single hit dari album ke 3 nya ini adalah 5 single hit diantaranya adalah "I can love you like that", "Sold" (The grundy country auction incident), "No man's land", "Cowboy love" dan "Long as I live".

Namun demikian, pada akhir tahun 1995 terjadi masalah cedera pada pita suara John Michael Montgomery sehingga dia untuk sementara menentikan karir menyanyinya.

Album John Michael Montgomery What I Do the Best

Album ini merupakan album keempat yang dirilis tahun 1996 tetapi album ini meskipun berhasil memperoleh sertifikasi platinum tetapi album ini tidak dapat menyamai pencapaian album album sebelumnya.

Album ini menelurkan single seperti Ain’t Got Nothin’ On Us, Friend, I Miss You a Little dan How Was I to Know.

Namun demikian, album ke 4 "What I do the best" ini tidak mampu menghasilkan single country hit, tetapi juga berhasil mendapatkan sertifikat platinum.

Untuk selanjutnya, album Greatest Hits dirilis tahun 1997 yang berhasil memperoleh sertifikasi platinum di Amerika Serikat.

Album John Michael Montgomery Home to You

Album ini merupakan album kelima yang dirilis tahun 1998 dan mendapatkan sertifkasi gold dari RIAA. Album ini menelurkan 3 single hit berjudul Love Working on You, Cover You in Kisses dan Hold On to Me.

Album John Michael Montgomery Home to You

Album ini merupakan album keenam dan album ini menghasilkan single Hello LOVE, Home to You, Nothing Catches Jesus by Surprise dan You Are. Kedua single yang terakhir ini tidak berhasil menduduki Top 40.

Album John Michael Montgomery Brand New Me

Album ini dirilis tahun 2000 dan berhasil mencapai puncak tangga lagu country sejak pencapaian yang berhasil dicapai di tahun 1995 melalui lagu The Little Girl.

Album John Michael Montgomery Pictures

Album ini dirilis 2002 dan menelurkan single yang menempati tangga lagu antara lain Til Nothing Comes Between Us, Country Thang dan Four Wheel Drive.

Tahun berikutnya dirilis album Natal berserta album kompilasi dengan judul The Very Best of John Michael Montgomery.

Album John Michael Montgomery Letters from Home

Album ini dirilis tahun 2004 dan menelurkan single pertama Cool tetapi single ini tidak berhasil menduduki tangga lagu.

Namun demikian, pada tahun 2005 dia mengkonfirmasi masalah kesehatannya yang dikenal dengan neuroma akustik yaitu pertumbuhan non kanker yang mengganggu syaraf berjalan antara otak dan telinganya.

Album John Michael Montgomery Time Flies

Album ini dirilis tahun 2008 dan menelurkan 3 single dengan judul Mad Cowboy Disease, If You Ever Went Away dan Forever. Untuk lagu Forever berhasil masuk tangga lagu country di urutan ke 28.

Pada tahun 2022 telah terjadi insiden kecelakaan bus wisata Montgomery di luar Jellico, Tennessee sehingga kondisi Montgomery mengalami patah tulang rusuknya.

Album album John Michael Montgomery

- Let’s a Dance dirilis tahun 1992

- Kickin’ it Up dirilis tahun 1994

- John Michael Montgomery dirilis tahun 1995

- What I Do the Best dirilis tahun 1996

- Leave a Mark dirilis tahun 1998

- Home to You dirilis tahun 1999

- Brand New Me dirilis tahun 2000

- Pictures dirilis tahun 2002

- Letters from Home dirilis tahun 2004

- Time Files dirilis tahun 2008

2 lagu John Michael Montgomery yang masuk nominasi Grammy Awards tahun 1995 I Swear dan I Can Love You Like That, sedangkan 1 albumnya yang masuk nominasi Grammy Awards adalah album berjudul John Michael Montgomery.

Album John Michael Montgomery berhasil memenangkan American Music Awards pada tahun 1994 untuk kategori Favorite Country New Artist dan memenangkan Music City News Country Awards tahun yang sama untuk Star of Tomorrow.

Album John Michael Montgomery memenangkan Academy of Music Awards tahun 1994 untuk Top New Male Vocalist sedangkan single I Love the Way You Love Me memenangkan Academy of Music Awards tahun 1994 untuk Song of the Year.

Selain itu, single I Swear memenangkan Academy of Country Music Awards tahun 1995 untuk Song of the Year dan Single Record of the Year.

Album John Michael Montgomery memenangkan Country Music Association Awards tahun 1993 untuk Horison Award dan single I Swear memenangkan Country Music Association Awards tahun 1994 untuk Single of the Year.

Sehingga hampir setiap album country yang dirilis oleh John Michael Montgomery selalu menghasilkan single hit  atau lagu hit dan berhasil masuk ke peringkat lagu-lagu country.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel JOHN MICHAEL MONTGOMERY, PENYANYI COUNTRY ASAL AMERIKA RUTIN MENGHASILKAN LAGU HIT COUNTRY, semoga dapat menambah perbendaharaan musik kita dapat di share ke teman-teman lainnya.

(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar