Rhoma Irama, Sang Raja Dangdut Indonesia Menciptakan Lebih Dari 1000 Lagu

H Rhoma Irama, penyanyi musik dangdut asal Indonesia terkenal dengan sebutan Raja dangdut

Rhoma Irama dangdut genre musinya

H Rhoma Irama merupakan seorang musisi musik dangdut Indonesia yang telah berhasil memadukan musik Melayu dengan musik rock. Penyanyi dangdut ini berhasil menciptakan lebih dari 1000 lagu dangdut dan mendapat julukan sang Raja Dangdut. 
 
Lagu Rhoma Irama Ani merupakan salah satu lagu hit Rhoma Irama dan lagu Ani ini juga dibuat menjadi salah satu film film Rhoma Irama.

Ulasan Tentang Karir Musik Rhoma Irama

Mempunyai nama asli Raden Haji Oma Irama lebih dikenal dengan Rhoma Irama, lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia, pada tanggal 11 Desember 1946. 
 
Dia dikaruniai 4 orang anak yang bernama Ridho Irama, Debbie Veramasari, Fikri Zulfikar dan Romy Syahrial dan istrinya bernama Ricca Rachim (m 1985) dan Veronika (m 1971 - 1985).

Genre musik H Rhoma Irama adalah musik dangdut. Dia mulai berhasil menjadi seorang musisi dan penyanyi dangdut terkenal di Indonesia di sekitar tahun 1970 an, bersama dengan kelompok bandnya yang bernama Soneta.

Pada tahun 1963 Rhoma Irama mulai menjadi anggota grup band Gayhand kemudian pindah ke Orkes Chandra Leka, sampai akhirnya dia berhasil membentuk grup band sendiri yang diberi nama "Soneta". 
 
Band ini dipimpin oleh dia sendiri dan grup band Soneta ini mulai terkenal pada tanggal 13 Oktober 1973.

Bersama grup band Soneta, Rhoma Irama berhasil mendapatkan 11 golden record dan berhasil menarik penggemar yang hampir mencapai 15 juta orang pada pertengahan tahun 1984. Pada saat itu penggemarnya hampir 10 % dari penduduk Indonesia dan sungguh suatu pretasi yang luar biasa.

Dalam setiap penampilannya jumlah penonton yang hadir sangat banyak, sehingga dia dianggap sebagai penyanyi yang paling sukses dalam mengumpulkan penggemarnya, baik pada saat tampil di dalam negeri maupun tampil di luar negeri, seperti di Kuala Lumpur dan Brunei.

Sehingga orang sering menyebut musik dari Rhoma Irama adalah musik dangdut, sementara Rhoma Irama sendiri lebih senang kalau musiknya disebut dengan musik melayu bukan musik dangdut. 
 
Dia telah berhasil menjadi pembaharu musik melayu karena telah berhasil memadukan musik rock kedalam musik melayu serta melakukan improvisasi terhadap aransemen, baik untuk syair, lirik lagu, kostum, serta penampilan diatas panggung.
 
Oleh sebab itu, musik dangdut yang dihasilkan oleh Rhoma Irama menjadi berbeda dengan musik dangdut pada umumnya dan enak untuk dinikmati.

Lagu lagu Rhoma Irama menggambarkan nuansa agama, cinta remaja, cinta kepada orang tua, cinta kepada bangsa, kritik sosial dan masih banyak lagi. Karena karya karya dan penggemarnya terhadap musik H Rhoma Irama yang luar biasa maka dia mendapat julukan "Raja Dangdut".

Selama masa karirnya sudah banyak lagu lagu yang berhasil diciptakannya, sehingga hampir 1000 lagu telah dirilisnya, seolah olah setiap situasi atau peristiwa yang ada di dalam kehidupan kita sehari hari hampir semuanya sudah dibuat lagu oleh Rhoma Irama.

Lagu-lagu Rhoma Irama yang enak untuk dinikmati dan tidak asing ditelinga kita, diantaranya adalah :

- Begadang, Mira Santika, Darah Muda, Santai, Aza, Lari Pagi, Lapar, Penasaran, Piano, Judi, Rupiah, Wahai pesona dan masih banyak lagi.

Namun, sekarang H Rhoma Irama sudah terjun ke dunia politik dengan membuat sebuah partai yang dipimpinnya, dengan nama partai Idaman, sehingga karya lagu barunya belum muncul lagi.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel RHOMA IRAMA, SANG RAJA DANGDUT INDONESIA MENCIPTAKAN LEBIH DARI 1000 LAGU, semoga dapat menambah wawasan musik kita dan dapat dishare ke teman-teman lainnya.

(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar