Bob Dylan, Seorang Musisi Yang Berhasil Memprovokasi Lahirnya Genre Musik Pop

Bob Dylan, penulis lagu, musikus, penyair asal Amerika yang mempunyai sumbangsih terhadap musik Amerika 
(dok.art-sheep.com)

Bob Dylan, Seorang Musisi Yang Berhasil Memprovokasi Lahirnya Genre Musik Pop

BOB DYLAN MERUPAKAN SEORANG MUSISI YANG MEMPUNYAI PENGARUH BESAR SELAMA 5 DEKADE DAN MUSISI YANG BERHASIL MENGKOMBINASIKAN BERBAGAI GENRE MUSIK, DARI MUSIK POP, MUSIK FOLK ROCK BAHKAN COUNTRY.

Sekilas Kehidupan Bob Dylan

Namun, dalam kenyataannya musisi asal Amerika yang bernama Bob Dylan ini juga mempunyai banyak nama lain sebagai nama panggilannya, diantara mendapatkan nama-nama seperti :

- Eston Gumm Blin Boy Grunt
- Lucky Wilbury/ Bon Wilbury
- Elmen Johnson
- Sergei Petrov Jack Frost
- Jack Fate
- Willow Scarlet
- Robert Milkwood Thomas

Bob Dylan tepatnya dilahirkan di Duluth, Minnesota, Amerika Serikat, pada tanggal 24 Mei 1941, selain berprofesi sebagai penyanyi dan penulis lagu, Bob Dylan juga berprofesi sebagai penulis lagu, penyair, penulis cerita film dan disc jockey.

Bob Dylan sudah mulai aktif didunia musik sejak tahun 1959 sampai sekarang, dengan menggunakan alat musik yang sering dipakai untuk tampil diantaranya adalah gitar, harmonika, keyboard, piano dan bass. 

Selama berkarya, perjuangan Bob Dylan di dunia musik sudah sangat panjang dan sangat mengagumkan, karena dia berhasil mengkombinasikan berbagai genre musik seperti genre musik pop, folk rock dan country, dengan hasil lagu lagu Bob Dylan yang cukup enak untuk dinikmati telinga kita.

Gelar Dan Penghargaan Bob Dylan

Prestasi yang berhasil diraih oleh Bob Dylan diantaranya adalah dengan berhasil masuk ke daftar Greatest Artist Of All Time, dan nomor 2 setelah The Beatles di majalah Rolling Stones. Prestasi yang luar biasa juga dapat dilihat secara nyata karena Bob Dylan berhasil mempengaruhi grup band yang dipimpin oleh John dan Paul, karena Bob Dylan mempunyai vokal suara dengan berbagai macam karakter.

Pada tahun 1992, lagu Bob Dylan yang berjudul "Good as I been to you" merupakan sebuah lagu rakyat tradisional yang telah dimainkan oleh Bob Dylan secara akustik.

Setahun kemudian tepatnya pada tahun 1993 giliran albumnya yang berjudul "Wolrd gone wrong", merupakan album bernuansa tradidional yang berhasil memenangkan Grammy Award kategori The best traditional folk album.

Prestasinya berlanjut pada tahun 1997 album yang berjudul  "Time out of mind" mengikuti kesuksesan dari album sebelumnya. Album ini merupakan album pertama yang dalam 7 tahun terakhir mendapat komentar terbaik dan masuk top ten serta mendapatkan sertifikasi platinum. Selain itu, album ini juga menerima Grammy Award Album Of The Year dan Best Male Rock Vocal.

Pada tahun 2001 giliran  "Love and theft"  yang berhasil meraih penghargaan emas, dilanjutkan lagi dua tahun kemudian yaitu pada tahun 2003 album yang berjudul "Masked and anonymous" merupakan album studio dengan lagu yang berjudul "Modern Time", lagu ini berhasil menempatkan posisinya berada dipuncak tangga lagu Billboards dan mendapatkan penghargaan platinum di Amerika dan Inggris.

Karena prestasi dan kemampuan dari Bob Dylan sebagai penyanyi dan pencipta lagu yang luar biasa ini, maka bermunculan penghargaan lainnya yaitu pada tanggal 19 Mei 2012 dia berhasil mendapat penghargaan dari Barak Obama, mendapatkan sebuah Presidential Medal Of Freefom di gedung putih.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang BOB DYLAN, SEORANG MUSISI YANG BERHASIL MEMPROVOKASI LAHIRNYA GENRE MUSIK POP, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar