Iwan Fals, Penyanyi Legendaris Indonesia Berulang Tahun Yang Ke 54

Iwan Fals, penyanyi, musisi, pencipta lagu dan kritikus legenda asal Indonesia
(dok.pekanews.com)

Iwan Fals, Penyanyi Legendaris Indonesia Berulang Tahun Yang Ke 54

IWAN FALS MERUPAKAN SALAH SATU PENYANYI LEGENDARIS ASAL INDONESIA, YANG TERKENAL DENGAN LAGU IWAN FALS YANG BERJUDUL "BONGKAR" , "BENTO", "WAKIL RAKYAT", DAN "YANG TERLUPAKAN".

Sekilas Mengenai Biografi Iwan Fals

Mempunyai nama asli Virgiawan Listanto, dan terkenal dengan nama Iwan Fals, dia dilahirkan di Jakarta pada tanggal 3 September 1961. Hari ini tanggal 3 September 2015 merupakan ulang tahun yang ke 54 untuk musisi legendaris Indonesia ini. Iwan Fals mempunyai seorang istri bernama Rosanna (m 1980), dan dikaruniai 3 orang anak yang bernama Gilang Rambu Anarki, Annisa Cikal Rambu Basae dan Raya Rambu Robbani.

Pada saat kelahiran anaknya yang pertama, telah menginspirasi Iwan Fals untuk menciptakan sebuah lagu yang diberi judul nama anaknya tersebut yaitu dengan lagu berjudul "Galang Rambu Anarki" melalui album Opini pada tahun 1982.

Iwan Fals memang telah banyak menciptakan lagu-lagu yang beraliran balada, musik pop, rock dan country dan dia  dikenal sebagai penyambung suara rakyat, kritik sosial dan kehidupan sehari-hari yang diwujudkan dalam karya lagu Iwan Fals. Dari awal karirnya sampai dengan sekarang, kira-kira sudah hampir 37 karya lagu yang sudah diciptakannya yang juga banyak menelurkan lagu the best hit di Indonesia.

Iwan Fals mulai menanjak karinya dan mulai terkenal di era tahun 1970 an, dia merupakan seorang penyanyi yang dapat mendatangkan gelombang besar penonton setelah era kelompok musk Koes Plus. Dia tidak memerlukan waktu yang lama untuk bisa menjadi penyanyi idola sehingga penggemarnyapun cukup banyak. Selain itu, penggemarnya banyak juga karena musiknya sangat sederhana dan lirik lagu Iwan Fals banyak berbicara tentang kehidupan sehari-hari.

lirik lagunya dianggap mengganggu stabilitas negara. Pada tahun 80 an menyanyikan lagu dengan lirik yang menyidir penguasa saat itu, kemudian tahun 18984 menyanyikan lirik lahu Demokrasi Nasi, Pola Sederhana serta Mbak Tini di konser yang diselenggarakan di PekanBaru.

Dan sejak saat itu, Iwan Fals dan keluarganya sering mendapatkan teror. Rekaman lagu lagu Iwan Fals yang dilarang ini merupakan koleksi yang sangat bernilai bagi sebagian kecil fans fans fanatik Iwan Fals.

Nama Iwan Fals mulai melejit setelah dia masuk kedalam kelompok musik SWAMI dan tahun 1989 berhasil merilis album bertema SWAMI. Nama Iwan Fals semakin melejit setelah menghasilkan lagu hit berjudul Bento dan Bongkar yang sangat fantastis..

Akhirnya perjalanan karir Iwan Fals menjadi semakin naik drastis setelah bergabung dengan Kantata Takwa tahun 1990, karena banyak konser konser dilakukan dan konser musik tersebut merupakan konser musik termewah dalam sejarah musik di nusantara ini pada saat itu.

Meskipun masih menjadi anggota Kantana namun Iwan Fals masih menghasilkan album album solonya diantaranya album berjudul Dalbo, yang digarap bersama dengan sebagian mantan anggota SWAMI.

Album Suara Hati berhasil dirilis pada tahun 2002 dengan pengiring kelompok musisi tetap untuk setiap pembuatan album maupun konser yang dilakukan oleh Iwan Fals. Uniknya dalam setiap penampilan Iwan Fals.

Untuk semua alat musik yang digunakan dalam konsernya pasti tidak pernah terlihat merk maupun logo dari setiap alat musiknya karena hal ini oleh Iwan Fals supaya tidak dianggap sebagai wakil dari produk tertentu. Itulah idealisme Iwan Fals yang patut dihargai.

Tentang keluarga Iwan Fals :

Orang tua Iwan Fals, ibu Iwan Fals bernama Lies Suudijah dari Tasikmalaya dan bapaknya bernama almarhum Sucipto seorang kolonel anumerta asal Purwokerto. Istri Iwan Fals bernama Rosana dan dikaruniai 3 orang anak yaitu Galang Rambu Anarki (almarhum), Annisa Cikal Rambut Bassae dan Raya Rambu Rabbani.

Anak pertama Iwan Fals mengikuti jejak profesi Iwan Fals di bidang musik dan bergabung menjadi seorang gitaris kelompok musik BUNGA, dengan menghasilkan satu album perdana sebelum Galang meninggal pada tahun 1997.

Meninggalnya Galang telah melahirkan sebuah lagu Iwan Fals yang berjudul Galang Rambu Anarki yang dimasukkan kedalam album berjudul Opini. Album Opini ini menceritakan tentang kekhawatiran orangtua mengalami lonjakan harga harga barang sebagai dampak dari kenaikan harga BBM pada awal tahun 1982 yaitu bertepatan dengan kelahiran Galang, putra pertama Iwan Fals tersebut.

Putri kedua Iwan Fals juga dibuatkan lagu Iwan Fals yang berjudul Anisa pada tahun 1986 dan nama Cikal dijadikan judul album dan judul lagu Iwan Fals dirilis tahun 1991.

Pasca meninggalnya Galang pada bulan April 1997, Iwan Fals sempat vakum selama beberapa tahun. Iwan Fals mengisi hari harinya dengan melukis serta berlatih bela diri. Baru pada tahun 2002, Iwan Fals mulai aktif bermusik kembali dengan munculnya album berjudul Suara Hati dengan salah satu lagunya berjudul Hadapi yang menceritakan tentang kehilangan Galang.

Warna musik dari Iwan Fals agak sedikit berubah karena tema lagunya sudah tidak seekstrim dahulu dan lirik lagu Iwan Fals lebih mendalam serta religius bahkan lagu lagu Iwan Fals juga bertema cinta baik karangan Iwan Fals sendiri maupun karangan orang lain.

Selain warna musik yang berbeda, Iwan Fals juga mengganti penampilan rambutnya dari yang semula rambut panjang menjadi dipotong pendek rapi, kumis da jenggot juga dipapras habis. Selain itu juga penampilan pakaiannya, menggunakan kemeja yang dimasukkan dengan rapi. Dimana penampilan dahulu hanya menggunakan kaos bahkan bertelanjang dana dan dengan rambut panjang serta kumis tebal.

Iwan Fals sudah mempunyai manajemen yang bernama Iwan Fals Manajemen (IFM) dan istrinya Rosana menjadi manajer pribadi Iwan Fals untuk menentukan jadwal kegiatan kontrak sehingga lebih profesional.

Album album Iwan Fals tidak semuanya berisi lagu lagu baru karena sering merilis ulang lagu lagu lama, baik menggunakan aransemen asli maupun aransemen ulang. Ada beberapa lagu Iwan Fals yang tidak di komersialkan diantaranya lagu “Pulanglah”, lagu ini dibuat untuk almarhum Munir. Namun lagu ini ternyata sangat disukai, sehingga direkam ulang dan di sertakan ke dalam album 50:50 dan diedarkan tahu 2007.

Sudah banyak karya lagu yang berhasil diciptakan oleh Iwan Fals dan semuanya merupakan lagu lagu musik pop indo, musik rock indo dan country

Lagu Iwan Fals banyak yang menjadi lagu populer Indonesia yang enak untuk dinikmati. 

Album Iwan fals dari tahun 1981 sampai dengan 2008 menelurkan lagu-lagu yang berhasil dirilis oleh Iwan Fals, diantaranya  adalah :

Tahun 1981 - menghasilkan lagu Guru oemar bakri, dari album Sarjana muda
Tahun 1982 - menghasilkan lagu Gilang Rambu Anarki, dari album opini
Tahun 1983 - menghasilkan lagu Mata indah bola pingpong, dari album Wakil rakyat
Tahun 1984 - menghasilkan lagu Kumenanti seorang kekasih, dari album Barang Antik
Tahun 1986 - menghasilkan lagu Entah dan Tikus-Tikus kantor, dari album Ethopia
Tahun 1987 - menghasilkan lagu Surat buat wakil rakyat 
Tahun 1988 - menghasilkan lagu Buku ini aku pinjam, dari album 1910
Tahun 1989 - menghasilkan lagu Mata dewa, dari album Mata dewa
Tahun 2004 - menghasilkan lagu Manusia setengah dewa, dari album album Manusia setengah dewa
Tahun 2005 - menghasilkan lagu Kemesraan dan Ijinkan aku menyyangimu, dari album In love
Tahun 2008 - menghasilkan lagu Bongkar dan Bento - merupakan album terbaik dan terpopuler

Untuk saat ini, Iwan Fals lebih sering diberitakan dengan kegiatan-kegiatan sosialnya.
Lagu-lagu ciptaan Iwan Fals tersebut merupakan lagu-lagu yang populer dan enak untuk dinikmati.
"Selamat Ulang Tahun" Iwan Fals,  teruslah berkarya karena para fansmu selalu menantikan karya musik terbarumu.

Penyanyi legendaris Iwan Fals telah berkolaborasi dengan musisi musisi muda Indonesia seperti Nona Ria, Danilla, Rara Sekar, Sandrayati Fay serta Nadin Amizah, dalam merilis album baru berjudul Pun Aku. 

Menurut Iwan Fals bahwa musik dapat dibuat dengan bahasa yang macam macam, sehingga terciptalah album baru Pun Aku, yang menggambarkan bahwa ketika semua umat manusia bersatu untuk memancarkan sebuah harapan.Pun Aku dirlis tepat di hari ulangn tahun Iwan Fals pada tangga 3 September 2021.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang IWAN FALS, PENYANYI LEGENDARIS INDONESIA BERULANG TAHUN YANG KE 54, semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi kita tentang musik serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar