Jonathan Kuo, Pianis Klasik Asal Indonesia

Jonathan Kuo, pianist Indonesia yang mampu mencatatkan nama besarnya di kancah nasional maupun internasional

(Sumber gambar : Tribunnews)

Siapakah Sebenarnya classical pianist Jonathan Kuo Ini ?

Dia adalah seorang pianist klasik (classical pianist) remaja berprestasi terkenal asal Indonesia. Yuk, kita cari tahu prestasi dibidang musik apakah yang membuat dia bisa berhasil meraih prestasinya pada usia yang masih cukup muda.

Indonesia patut berbangga, karena mempunyai pianist muda yang cukup berbakat. Dia adalah seorang pianis klasik muda berbakat yang lahir di Bandung, pada tanggal 21 September 2002 dan salah satu pianis muda yang mampu mengukirkan prestasinya dengan skala internasional pada usia remaja.

Jonathan Kuo merupakan salah satu anak Indonesia yang sangat berprestasi di bidang musik dan mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia internasional. Dia adalah siswa berbakat dari Bandung International School sebagai seorang pianis muda.

Bakat musiknya sungguh luar biasa karena pada saat menginjak usia 5 tahun, Jonathan Kuo sudah mampu memainkan hasil karya karya pianis besar (greatest pianists), seperti :

- Chopin
- Beethoven
- Prokofiev
- Bach
- Liszt

-    Jonathan Kuo telah memainkan karya-karya dari pianis besar diberbagai macam festival musik, baik nasional maupun Internasional serta dalam setiap kompetisi yang diikutinya. Hingga akhirnya Jonathan Kuo berhasil meraih prestasi dengan menjuarai berbagai macam kompetisi.

     Kompetisi yang berhasil dia menangkan antara lain adalah :

1.  Juara ke 3

Pada kompetisi Chopin pianist 2010 yang diselenggarakan di Singapura, mendapatkan tempat ke tiga.

2.  Juara Ke 3

Pada Indonesia Steinway Youth Piano Competition 2012 mendapatkan tempat ke tiga untuk kategori anak-anak.

3.  Juara ke 2

Pada tahun 2012 mendapatkan tempat ke 2 dari pianis yang paling berbakat diseluruh dunia  untuk 3 Sekolah Dasar dan 5 Asean Internasional  Chopin Piano Kompetition serta Kinerja Terbaik dari Mazurka, yang dislenggarakan di Kuala Lumpur Malaysia

4.  Juara ke 1

Pada tahun 2013 berhasil memenangkan BIMA KAWAI National Piano Competition yang diselenggarakan di Bandung dengan kinerja yang luar biasa

5.  Juara ke 4

Berhasil mendapatkan peringkat keempat di The Fourt KAWAI Asia Piano Competiton yang diselenggarakan di kota Wuhan, China

6.  Juara ke 1

Berhasil meraih juara ke 1 di Chopin International Piano Competiton di Thailand pada tahun 2015.

7.  Juara ke 2

Berhasil meraih juara ke 2 di Medan International Piano Competiton pada tahun 2016.

8.  Juara ke 2

Berhasil meraih juara ke 2 Chopin International Piano Competition di Malaysia pada tahun 2010.

Anak-anak yang mempunyai bakat yang berada diatas rata-rata jika dibandingkan dengan anak-anak normal pada umumnya sehingga tempat seperti Bandung International School memang dibutuhkan oleh mereka untuk dapat mengasah dan mengembangkan bakat yang sudah dimiliki oleh mereka.

Jonathan Kuo telah membuktikan, bahwa dari kekurangan yang dimilikinya ternyata tersimpan bakat yang luar biasa.
 
Di Bandung International School melalui guru piano Jonathan Kuo serta dukungan dari orang tuanya, mampu membuat Jonathan dapat mengembangkan bakat musiknya hingga menjadi seperti sekarang ini.
 

Keberhasilan ini juga didukung oleh sikap Jonathan sebagai seorang mahasiswa yang sangat rajin dan fasilitas ditempat sekolahnya terdapat ruang musik khusus yang dipergunakan sebagai tempat praktek musik sehari-hari oleh Jonathan Kuo.

Konser Mozart Piano Concerto 

(Sumber gambar : Tribunnews)

Menurut Liputan6.com, bahwa Jonathan Kuo telah sukses menggelar konser Mozart Piano Concerto dengan Jakarta Slnfonietta yang diselenggarakan di Ambasador Jerman, Goethe Institut Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (6/3/2016).

Pada saat itu, ketika Jonathan Kuo masih remaja usia 13 tahun, dia telah menunjukkan kebolehannya, sehingga musik yang dimainkannya telah berhasil menghipnotis penonton yang hadir pada saat itu melalui alunan keyboard yang dimainkannya.
 
Meskipun pada awal penampilannya, Jonathan Kuo sempat grogi dan gugup. Namun demikian, akhirnya semua perasaan gugup dan groginya itu dapat diatasinya sehingga dia bisa tampil secara maksimal dan berhasil meraih kesuksesan.
 
Pada saat itu, lagu yang dia mainkan memang tidak mudah sehingga kesuksesan penampilannya ini membuat dia merasa senang dan bangga atas keberhasilannya untuk menyelesaikan konsernya dengan sangat bagus.

Sebelum Jonathan Kuo terjun kedunia musik, sebenarnya kedua orang tua dari Jonathan Kuo menginginkan kalau Jonathan Kuo nantinya dapat menjadi seorang insinyur atau dokter. Hal ini, karena kedua orang tuanya melihat prestasi akademis Jonathan Kuo yang bagus disekolahnya. 

Jonathan Kuo lebih senang belajar musik klasik dari pada jenis musik lainnya karena menurut dia, bahwa musik klasik di manca negara menjadi musik yang posisinya berada diatas musik-musik jenis lainnya.
 

Pada saat belajar bermain musik, Jonathan Kuo mempunyai keinginan yang sangat kuat untuk berlatih piano dengan serius, sehingga dia mengusulkan kepada kedua orang tuanya supaya diperbolehkan untuk home schooling. 
 
Pada awalnya memang tidak mendapatkan ijin dari kedua orang tuanya, tetapi akhirnya kedua orang tuanya menyetujui pilihan Jonathan Kuo untuk sekolah Home Scooling.
 
Hal ini, menjadikan Jonathan Kuo mempunyai waktu yang cukup banyak untuk berlatih bermain piano, dan membuat Jonathan Kuo menjadi lebih percaya diri dalam mengikuti berbagai macam kompetisi.

Dimasa pandemi covid 19 ini, tidak menghalangi Jonathan Kuo untuk terus berlatih mengasah kemampuan bermain pianonya. Kepiawaiannya dalam bermain piano telah mengisi hari harinya dengan memenuhi jadwal latihan dan jadwal konsernya.

Gerakan jari jemari Jonathan Kuo dalam menekan tuts tuts pianonya terlihat sangat lembut sambil sekali kali melakukan gerakan gerakan seperti membungkukkan badannya, bergoyang kekiri dan kekanan untuk menciptakan tempo yang senada dengan lagu yang dimainkannya.

Baca juga : Pianis legendaris dan komponis besar terkenal di dunia

Konser Jonathan Kuo, Between Two Poles

Jonathan Kuo, pianis berbakat asal Indonesia ini mengadakan konser secara live di Aula Simfonia Jakarta, Kemyoran, Jakarta Pusat, pada tanggal 23 Januari 2022.

Konser  bertema Between Two Poles ini telah mengikuti aturan pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang cukup ketat karena masih dalam masa pandemi yaitu dengan jumlah penonton yang terbatas.

Setelah selama 2 tahun konser yang diadakan Jonathan Kuo selalu dilakukan secara online dan baru kali pertamanya dilakukan secara offline, sehingga hal ini telah membuat Jonathan Kuo sedikit merasa gugup.

(Artikel ini telah tayang diJPNN.com dengan judul Sempat Gugup, Jonathan Kuo Sukses Menggelar Konser Between Two Poles)

Didalam konser ini, Jonathan Kuo tampil bersama dengan Jakarta Sinfonietta dan dibimbing oleh Iswargia R Sudarno). Jonathan Kuo memainkan karya dari komponis besar yang berasal dari Rusia seperti Sergei Prokofiev dan Pyotr Llyich Tchaikovsky.

Selain itu, Jonathan Kuo juga melibatkan 52 pemusik, program Piano Concerto No 3 in Major, Op 26 (Sergei Prokofiev) dan Symphony No 6 in B Minor, Op 74 (Pyotr llyich Tchaikovsky)untuk tampil di konser tersebut selama 80 menit.

Dalam mempersiapkan sebelum hari h konser ini, dibagian part solonya persiapannya selama 3 bulan dan untuk gabungan bersama orkesnya persiapannya selama 3 hari.

Jonathan Kuo juga mengakui, tertarik untuk memainkan Piano Konserto No 3 karya dari Sergei Prokofiev karena karya ini telah menjadi karya kolosal dan merupakan salah satu karya penting dalam sejarah musik klasik.

Selain itu, dari kelima konserto ini maka Piano Konserto No 3 juga merupakan karya yang paling menonjol dan paling populer hingga sekarang ini.

Menurut Jonathan Kuo, pemilihan kelima konserto ini, berdasarkan atas kualitas musikal dari karya karya tersebut serta peran yang signifikan dari karya karya ini dalam dunia musik klasik.

Jonathan Kuo juga mengatakan bahwa konser bertajuk Between Two Poles ini juga akan secara online sehingga konser ini dapat disaksikan lagi oleh para penggemar musik klasik. Dia juga mempunyai rencana untuk mengadakan pertunjukan bersama dengan senior satu perguruannya pada bulan Maret 2022.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang  JONATHAN KUO, PIANIS KLASIK ASAL INDONESIA, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. 
 
Alangkah indahnya, jika kita memiliki kesempatan kita untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

1 komentar: