Chicago, Terkenal Dengan Your Inspiration

"ANGGOTA PERSONIL GRUP BAND CHICAGO"  (dok.sylviagarza.wordpress.com)
"LOGO GRUP BAND CHICAGO" (dok.notesfromasouthernkitchen.com)

Chicago, Terkenal Dengan Your Inspiration

CHICAGO ADALAH SEKELOMPOK BAND YANG BERALIRAN ROCK YANG BERASAL DARI AMERIKA, SANGAT TERKENAL DENGAN LAGUNYA YANG BERJUDUL "YOUR INSPIRATION".

Sekilas Tentang Chicago Band
Chicago adalah grup band rock yang dibentuk di Chicago, Illinois, Amerika, pada tahun 1967. Warna musik dari grup band ini pada awalnya adalah rock progresif, kemudian beralih menjadi menjadi warna musik yang lebih lembut, sehingga mereka menghasilkan beberapa lagu hit balada.

Awal terbentuknya grup band ini, pada tahun 1967 terjadi karena  5 orang mahasiswa bertemu  di De Paul University. Ke 5 orang mahasiswa tersebut bernama Walter Parazaider, Terry Kath, Dhany Seraphine, James Pankow, Lee Loughnane. Mereka membentuk grup band dengan nama "The Big Thing". Kemudian grup band tersebut membutuhkan tennor bariton maka Robert Lamm dan Terry Kath mencari tambahan personil, akhirnya masuk Petter Cetera sebagai tennor dan bassis.

Personil Chicago terdiri 6 personil diantaranya :
Wlater Parazaide - saksophone, Terry Kath - gitar, Dhanny Seraphine - drummer, James Pankow - trombone, Lee Loughnane - terompet, Robert Lamm - kibor dan penyanyi.

Setelah grup band ini pindah ke Los Angeles, atas permintaan managernya. Akhirnya nama grup bandnya berubah dari "The Big Thing" menjadi "Chicago Transit Authority". Setelah merilis album pertamanya yang berjudul "Eponymous" pada bulan April 1969, grup band ini merubah namanya lagi menjadi lebih pendek yaitu "Chicago".

Album "Eponymous" merupakan album yang berhasil mendapatkan disk platinum dan menghasilkan beberapa lagu pop rock, seperti : Does anybody really know what time is, beginnings, question 67 and 68, I'm a man.

Lagu-lagu yang dihasilkan oleh Chicago mempunyai warna musik seperti jenis musik rock, soft rock, jazz fusion, pop rock dan rock progresif. 

Kelompok musik ini terkenal sekitar tahun 1970 dan 1980 an, dan berhasil mendapatkan penghargaan Grammy half of fame.

Melalui album ke 2 yang berjudul "The beach boys",  singlenya berhasil masuk di Billboard sebagai salah satu grup band Amerika yang paling lama sukses dan menjadi salah satu grup band terlaris sepanjang masa.

Chicago merupakan album paling terkenal di Amerika Serikat dan berhasil terjual lebih dari 40 juta kopi di Amerika Serikat.

Selama masa karirnya, grup band Chicago ini berhasil mendapatkan 23 emas, 19 platinum dan 8 album multi platinum, 5 album berhasil masuk peringkat pertama dan 21 singlenya masuk top 10.

Lagu-lagu yang dirilis grup band Chicago, banyak yang masuk menjadi top hit dan merupakan lagu-lagu yang enak dinikmati, diantaranya adalah :

- Your Inspiration - album Chicago 17 (1984)
- If you leave me know - album Chicago X (1976)
- Baby what a big surprise - album Chicago XI (1977)
- Hard to say I'm sorry - album Chicago 16 (1982)
- The glory of love  - merupakan lagu solo karir dari Peter Cetera untuk film yang berjudul "The carate kid"
- The nex time I fall - merupakan lagu solo karir dari Peter Cetera 

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang CHICAGO, TERKENAL DENGAN YOUR INSPIRATION, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita dan dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar