Al Jarreau Adalah Penyanyi Jazz, Pop Dan r&b Tahun 1960 an

Al Jarreau, penyanyi berkebangsaan Amerika yang berhasil meraih penghargaan 7 nominasi Academy Award versi musik

Al Jarreau, penyanyi jazz dunia tahun 1960 an

Al Jarreau merupakan seorang penyanyi musik jazz, pop dan r&b asal Amerika Serikat yang berhasil sukses secara internasional melalui album Al Jarreau yang berjudul We Got By, Glow dan Breakin' Away.

Ulasan tentang karir musik Al Jarreau

Dia mempunyai nama sejak lahir Alwyn Lopez Al Jarreau tetapi lebih dikenal dengan nama Al Jarreau. Penyanyi Al Jarreau berkebangsaan Amerika Serikat dan lahir di Milwaukee, Wiscosin, Amerika Serikat, pada tanggal 12 April 1940. 
 
Al Jarreau menikah sebanyak 2 kali dengan istrinya yang bernama Phyllis Hall (1964 - 1978) dan istri keduanya berprofesi sebagai seorang model bernama Susan Player (1987).

Didalam keluarga besarnya, Al Jarreau adalah anak ke 5 dari 6 bersaudara, ayahnya seorang penyanyi dan ibunya adalah seorang pianis gereja. Bakat bermusiknya diperoleh dari ayah dan ibunya karena dia seorang anak yang dilahirkan dari keluarga pemusik.

Dia merupakan salah seorang penyanyi yang mempunyai gelar cukup lumayan,  karena berhasil memperoleh gelar master yaitu lulusan dari Universitas Lowa pada tahun 1962. 
 
Sebelum menjadi seorang penyanyi, dia sudah bekerja sebagai konselor rehabilitasi di San Francisco, dan mempunyai pekerjaan sambilan di musik dengan bergabung di tri jazz pimpinan George Duke. 
 

Kemudian pada tahun 1967 Al Jarreau bekerja sama dengan gitaris akustik Julio Martinez dan kelompok duo ini berhasil menarik perhatian disebuah club kecil Sausalito dan duo itu sering disebut "Gatsby".
 
Sejak itu Al Jarreau mulai memutuskan bahwa dia akan bernyanyi secara profesional sebagai profesi karir hidupnya. Pada awal karirnya musik jazz merupakan musik pilihannya sebagai pelajaran utamanya.

Pada tahun 1975, Al Jarreau tampil di musim pertama di Saturday Night Live episode 13 yang diselenggarakan oleh Peter Boyle atas permintaan dari Warner Bros Records. Akhirnya dia berhasil merilis album debutnya yang berjudul We got by. 

Album ini berhasil dikenal secara internasional dan berhasil meraih Jerman Grammy Awards, kesuksesannya ini kemudian diikuti dengan album ke 2 nya yang berjudul  Breakin' Away. Album ini juga berhasil sukses secara komersial  dan menghasilkan lagu hit berjudul We're in this love together.

Tahun 1984, singlenya yang berjudul After all sukses juga di Philipina dan  berhasil masuk di urutan 69 di US Chart dan urutan ke 26 di R&B.

Selama karir musinya, Al Jarreau telah banyak mengadakan tur dan telah banyak berkolaborasi dengan musisi musisi terkenal seperti Joe Sample, Chick Cornea, Kathleen Battle, Miles Davis, David Samborn, Rick Braun dan George Benson.

Akhir perjalanan karir musiknya terjadi juga, setelah pada tanggal 23 Juli 2010, Al Jarreau terserang penyakit pernafasan dan jantung aritmia dan sempat masuk ke rumah sakit Perancis.

Penyanyi dan penulis lagu asal Amerika ini, telah berhasil memenangkan 7 Grammy Awards dan melalui album Breakin’ Away yang dirilis tahun 1981 merupakan album tersukses secara komersial yang telah berhasil bertengger di Billboard 200.

Selain itu, album ini telah menjadi contoh paling bagus untuk suara pop dan r&b di Los Angeles dan Al Jarreau berhasil memenangkan Grammy 1982 untuk Penampilan Vokal Pop Pria Terbaik.

Salah satu lagu We Are the World merupakan lagu yang dibawakan pada penampilan amal tahun 1985 dan menjadi lagu utnuk tema serial televisi Moonlighting tahun 1980 an.

Musik jazz merupakan pilihan karir Al Jarreau pada tahun 1968. Untuk selanjutnya, dia tampil di The Improv dengan artis yang masih populer pada tahun 1969 seperti Bette Midler, Jimmie Walker dna John Melushi.

Al Jarreau mulai menulis lirik lagunya sendiri dan spiritualitas kristennya telah mempengaruhi hasil karyanya.

Album Al Jarreau We Got By merupakan album pertamanya telah berhasil mengangkat namanya menjadi tenar secara internasional dan berhasil memenangkan Echo Award Jerman di Amerika Serikat.

Album Al Jarreau Glow yang dirilis setelah mendapatkan penghargaan Echo keduanya. Untuk selanjutnya, album Look to the Rainbow menjadi album yang berhasil memenangkan Grammy Awards pertamanya untuk Penampilan Vokal Jazz Terbaik.

Baca juga : 5 Musisi Jazz Paling Populler Dan Berpengaruh Di Dunia

Salah satu lagu hit Al Jarreau We’re in This Love Together yang dihasilkan dari album Breakin’ Away. Melalui album ini, Al Jarreau telah memenangkan Grammy Award 1982 untuk Penampilan Vokal Pop Pria Terbaik.

Album Al Jarreau Jarreau melejit di puncak tangga lagu Billboard jazz, peringkat 4 di tangga album r&b dan peringkat 13 di Billboard 200.

Album ini menelurkan 3 single hit berjudul Mornin, Boogie Down dan Trouble in Paradise. Selain itu, album ini mendapatkan 4 nominasi Grammy Award pada tahun 1984.

Al Jarreau mendapatkan bintang di Hollywood Walk of Fame di 7083 Hollywood Boulevard di sudut Hollywood Boulevard dan La Brea Avenue.

Seorang penulis anak anak yang bernama Carmen Rubin, pada tahun 2009 menerbitkan cerita Ashti Meets Birdman Al karena terinspirasi dari musik Al Jarreau.

Al Jarreau dilaporkan menderita sakit kritis karena masalah pernapasan dan sritmia jantung pada tahun 2010 sehingga harus dirawat di rumah sakit Perancis. 

Untuk selanjutnya, pada tahun 2012 dia didiagnosis menderita pneumonia sehingga terpaksa harus membatalkan konsernya di Prancis. Setelah pulih, dia melanjutkan turnya hingga tahun 2017.

Al Jarreau meninggal dunia di usia 76 tahun karena mengalami gagal nafas. Dia meninggal, 2 hari setelah mengumumkan dirinya pensiun dan 30 hari sebelum ulang tahunnya yang ke 77.

Makam batu nisan Al Jarreau terdapat lirik lagu lagu Al Jaerreau Mornin : I Know I can/ Like any man/ Reach out my hand/ And touch the face of God.

Beberapa album album Al Jarreau yang telah berhasil dirilis, antara lain adalah :

- We Got By tahun 1975

- Glow tahun 1976

- All Fly Home tahun 197

- This Time tahun 1980

- Breakin’ Away tahun 1981

- 1965 tahun 1982

- Jarreau tahun 1983

- High Crime tahun 1984

- L Is for Lover tahun 1986

- Heart’s Horizon tahun 1988

- Heaven and Earth tahun 1992

- Tomorrow Today tahun 2000

- All I Got tahun 2002

- Accentuate the Positive tahun 2004

- Givin’ It Up tahun 2006

- Christmas tahun 2008

- My Old Frien: Celebrating George Duke tahun 2014

Album-albumnya berhasil menelurkan single-single yang cukup terkenal, diantaranya berjudul :

- Teach me tonight
-Your precious love
- Moonlighting
- All or nothing al all

Penghargaan Grammy Awards Al Jarreau

- Look to the Rainbow untuk Best Jazz Vocal Performance tahun 1978

- All Fly Home untuk Best Jazz vocal Performance tahun 1979

- In Harmony: A Sesame Street Record untuk Best Recordding for Children tahun 1981

- Breakin’ Away untuk Best Pop Vocal Performance, Male tahun 1982

- (Round, Round, Round) Blue Rondo à la Turk untuk Best Jazz Vocal Performance, Male tahun 1982

- We Are the World untuk Record of the Year (dengan Quincy Jones), Song of the Year (untuk MichaelJackson & Lionel Richie), Best Pop Performance by a Duo or Group With Vocals (dengan Quincy Jones), Best Music Video Short Form (dengan Quincy Jones & Tom Trbovich) tahun 1986

- Heaven and Earth untuk Best R&B Vocal Performance, Male tahun 1993

- God Bless the Child (featuring George Benson & Jill Scott) untuk Best Traditional R&B Vocal Performance tahun 2007

Penghargaan lainnya

- Hall of Fame untuk Hollywood Walk of Fame tahun 2001

- Hall of Fame untuk SoulMusic Hall of Fame at SoulMusic.com Tahun 2012

- Honorary degrees : Honorary Doctorate of Music dari University Berklee College of Music tahun 1991

- Honorary degrees : Honorary Doctorate of Fine Arts dari University of Wisconsin-Milwaukee tahun 2004

- Academic degrees : Bachelor’s degree in Psychology dari University Ripon College tahun 1962

- Academic degree in Rehabilitation dari University of Lowa tahun 1964 

Selama masa karir musiknya, beberapa pretasi yang berhasil diraihnya adalah dengan meraih 5 Grammy Awards, diantaranya adalah :

- Jazz vocal performance terbaik melalui album "Look to the rainbow" dan "All fly home".
 
- Rekaman terbaik untuk anak-anak 
 
- Pop terbaik vocal performance male melalui album "Breakin'away" dan Jazz terbaik vocal performance male
 
- Terbaik R&B vocal performance male melalui album "Heaven and earth"
 
- Kinerja R&B terbaik tradisional melalui "God bless the child" bersama-sama dengan George Benson dan Jill Scott.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dengan artikel tentang AL JARREAU, PENYANYI JAZZ, POP DAN R&B TAHUN 1960 AN, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar