Daniel Sahuleka, Penyanyi Belanda Berdarah Ambon Indonesia

Daniel Sahuleka, penyanyi beraliran jazz berkewarganegaraan Belanda tetapi berdarah Ambon, Indonesia, seorang musisi berdarah campuran yang telah menciptakan lebih dari 110 komposisi lagu.

Daniel Sahuleka, musisi tahun 70 an berdarah Ambon Indonesia asal Belanda

Daniel Sahuleka adalah Penyanyi pop negeri kincir angin Belanda memiliki darah Ambon, Propinsi Maluku, Indonesia. Dia populer disekitar tahun 1970 an melalui 2 lagu yang berjudul You Make My World So Colourful dan Don't Sleep Away The Night.
 
Dia mempunyai nama asli dari lahir Daniel Johanes Sahuleka, tetapi lebih dikenal dengan nama Daniel Sahuleka. Musisi berdarah campuran Maluku, Sunda dan Cina atau Tionghoa ini, terlahir pada tanggal 6 Desember 1950 di kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. 

Ayah Daniel Sahuleka berasal dari Saparua, Maluku bernama Simon Pieter Sahuleka dan ibunya merupakan campuran Tionghoa Sunda yang berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat yang bernama Juarsi Mohanab.

Dia merupakan seorang penyanyi Belanda berdarah Ambon manise Indonesia. Dia hijrah ke negara Belanda ketika Daniel Sahuleka masih balita, dia dibawa oleh kedua orang tuanya ke Belanda pada saat masih balita berusia 10 bulan.

Daniel Sahuleka dikaruniai 2 orang anak yang bernama Jainu Sahuleka dan Joel Sahuleka, ayahnya berasal dari Ambon sedangkan ibunya berasal dari Sunda. Selain sebagai penyanyi, dia juga berkarir sebagai seorang musisi.

Banyak album album yang telah tercipta dari hasil karya Daniel Sahuleka dengan memakai genre lagu lagu pop dan beberapa diantara lagu lagunya tersebut berhasil menjadi hit di Indonesia di sekitar tahun 1970 an melalui lagu "You make my world so colourful" dan " Don't sleep away the night". 
 
 
Saya juga masih ingat betul, karena pada tahun tersebut sedang hit hitnya kedua lagu Daniel Sahuleka tersebut. Saya juga sangat menyukai kedua lagu ini sehingga saya berusaha untuk menghafalkan lirik lagunya supaya bisa ikut menyanyikan lagu tersebut ketika mendengarkan lagunya.

Daniel Sahuleka memang tidak membuat banyak rekaman tetapi dia hanya mengadakan konser yang tidak begitu besar. Konser Daniel Sahuleka dilakukan disekitar tahun 1995 dan dia menyanyikan beberapa lagu lagu dari albumnya tersebut.

Daniel Sahuleka memulai karir di dunia tarik suaranya di negara Eropa pada tahun 1977 dengan lagu yang berjudul You Make My World So Colorful. 

Namun demikian, di Indonesia sendiri lagu Daniel Sahuleka cukup dikenal melalui lagu Don’t Sleep Away The Night dan You Make My Word So Colorful, kedua lagu ini dirilis sekitar tahun 1980 an.

Tahun 1980 Daniel Sahuleka menelurkan juga lagu hit yang lainnya seperti Wake Up dan We'll Go Out Tonight. Dia juga berhasil meraih ketenaran di Eropa di sekitar tahun 1982 melalui lagu Giddyap a Gogo. Hal ini, karena lagu ini berhasil bertengger di Dutch Top 40.

Kemudian karya Daniel Sahuleka dilanjutkan lagi, ketika pada tahun 1993 dengan mengeluarkan lagu I Adore You dan dia berhasil meraih sukses melalui lagu If I Didn't pada tahun 2007. 

Untuk selanjutnya, kedua lagu Daniel Sahuleka You make my world so colourful dan Don't sleep away the night kembali dirilis ulang pada tahun 2009, melalui album bertajuk reMake mySTYLE.

Karir Daniel Sahuleka tetap eksis karena dia ikut berpartisipasi dalam sejumlah festival jazz di dunia, diantaranya berpartisipasi di festival jazz yang diselenggarakan di negara Eropa, Los Angeles dan Indonesia. 

Karya karyanya terus berlanjut hingga pada tahun 2004 dan Daniel Sahuleka berhasil merilis sebuah lagu yang berjudul Berdendang. 

Baca juga : Matt Bianco, Kelompok Musik Jazz Latin asal Inggris

Lagu Berdendang ini, jika kita cermati dari lirik lagunya maka warna nada suaranya masih sangat kuat dan kental dengan warna nada yang berasal dari tanah leluhurnya yaitu Ambon, Maluku, Indonesia.

Beberapa lagu lagu Daniel Sahuleka yang enak untuk  dinikmati antara lain adalah :

- Don't sleep away the night
- I Adre you
- You make my world so colourful
- The rain
- If I did't
- The sunlight
- Semarang
- Anak kecil
- Imagine
- Tiada lagi cinta
- Cherish it
- Autum
- Judy
- Must you go away
- Jakarta
 
Lagu lagu Daniel Sahuleka ini, jelas menggambarkan bahwa dia masih rindu dengan Indonesia, tempat tanah kelahirannya. Dia seorang musisi yang luar biasa karena berhasil sukses di negeri kincir angin Belanda dan telah bisa membawa nama Indonesia sampai ke negeri Belanda.

Album album Daniel Sahuleka

- Sahuleka 1 dirilis tahun 1977

- Sahuleka 2 dirilis tahun 1978

- Sunbeam, We’ll Go Out Tonight with Daniel Sahuleka dirilis tahun 1981

- The Loner dirilis tahun 1990

- I Adore You dirilis tahun 1993

- RahASIA dirilis tahun 1995

- After the Jetlag dirilis tahun 1998

- Colorfool dirilis tahun 2003

- If I Didn’t dirilis tahun 2006

- Christmas Love dirilis tahun 2007

- Eastern Journeys dirilis tahun 2008

- reMAKE mySTYLE dirilis tahun 2009

- Book “Daniel and his Songs (dalam bahasa Indonesia) dirilis tahun 2010

- reMAKE mySTYLE (dalam Indonesia dan Singapore) dirilis tahun 2011

- Dad’s Request (Indonesia and on I Tunes Wordlwide) dirilis tahun 2015

Lagu lagu Daniel Sahuleka

- You Make My World So Colourful, Marie Claire (tahun 1976)

- Love to Love You, The Change (tahun 1977)

- Long Distance Highway (tahun 1978)

- Finally Home Again (tahun 1979)

- Don’t Sleep Away the Night (tahun 1980)

- We’ll Go Out Tonight, Wake Up (tahun 1981)

- Ev’rybody Feel the Groove, Viva La Libertad (tahun 1982)

- Ev’ry Day, Such Luck, Skankin (tahun 1983)

- Dance in the Street (tahun 1984)

- Let Us All Be One (tahun 1985)

- Imagine (tahun 1990)

- You Make My World So Colourful (tahun 1993)

- Bulan Pakai Payung, Simphoni (tahun 1995)

- Dust of Life (tahun 1996)

- How Nice, How I Love, How Love (tahun 1998)

RBT Daniel Sahuleka

Don’t Sleep Away the Night, If I Didn’t, The Rain, You Make My World So Colourful, I Adore You, If I Didn’t (tahun 2018)

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang DANIEL SAHULEKA, PENYANYI BELANDA BERDARAH AMBON INDONESIA, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita dan dapat di share ke teman-teman lainnya.

(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar