Blurred Lines Robin Thicke, Lagu Hit Sedunia

Robin Thicke, penyanyi, penulis lagu dan produser rekaman terkenal asal Amerika Serikat, telah merilis beberapa lagu bergenre r&b, yaitu lagu berjudul Lost Without U, Magic dan Sec Therapy

Robin Thicke penyanyi terkenal Amerika

Robin Thicke merupakan seorang penyanyi barat terkenal asal Amerika, dia sekaligus berprofesi juga sebagai penulis lagu serta produser rekaman. 
 
Robin Thicke berhasil terkenal secara internasional setelah lagu milik Robin Thicke Blurred Lines, berhasil meraih peringkat tertinggi di Billboard Hot 100 Amerika Serikat pada tahun 2013.

Bluerred Lines Robin Thicke merupakan lagu yang dirilis tahun 2013 dan lagu ini sebagai lagu utama dari album studio keenam dari Robin Thicke yang berjudul sama dengan judul lagunya yaitu Blurred Line. 

Lagu ini menampilkan TI dan Pharrell serta model Emily Ratajkowski, Jessi M’Bengue serta Elle Evans, dengan sutradara Diane Martel.

Album video Blurred Line ini berhasil menjaring pemirsa lebih dari 1 juta penonton, tepatnya beberapa hari setelah album video ini dirilis di Vevo. Sebelum album video ini direkam, Robin Thicke sudah mendapat persetujuan terlebih dahulu dari istri Robin Thicke yang bernama Paula Patton.

Robin Thicke telah berusaha supaya menjadi suara yang lebih poppy dari pada lingkungan normalnya. Dia menganggap bahwa dirinya sangat serius sebagai seorang seniman.

Dia ingin menjadi seperti Marvin Gaye, John Lennon maupun Bob Marley serta sebagai penulis lagu hebat dan menyanyi tentang cinta.

Robin Thicke ingin membuat musik yang menggambarkan budaya bahwa dia dan istrinya ingin bersenang senang, ingin menjadi muda lagi, ingin menari, ingin keluar bersama teman teman yang akan digambarkan melalui karya karya lagunya.

Lagu Blurred Line juga berhasil menjadi lagu hit di seluruh dunia dan menduduki peringkat tertinggi di Billboard Hot 100 serta berada di peringkat 1 di 13 negara, termasuk di negara Inggris Raya.

Namun demikian, video musik Bluerred Line ini banyak menuai kritik karena misoginis serta mempromosikan budaya pemerkosaan, sehingga beberapa kritikus musik menyatakan bahwa lirik lagunya menakutkan.

Video musik Blurred Line pada awalnya dilarang tampil di YouTube sebelum diupload ulang beberapa minggu kedepan. 

Robin Thicke akhirnya menampilkan Blurred Lines di MTV Video Music Awards tahun 2013 bersama Miley Cyrus, dilanjutkan dengan lagu Give It 2 U bersama dengan 2 Chainz dan Kendrick Lamar.

Namun penampilannya ini, banyak mengundang kontroversial dan banyak mendapatkan kritikan negatif karena diduga ada tidakan cabul dan lain lainnya yang sejenis, memalukan dan terjadi perampasan budaya.

Sehingga penampilannya ini menjadi sejarah di Twitter karena menerima paling banyak respon di tweet oleh pengguna sebanyak 360 ribu tweet. Dimana rekor lama dipegang oleh Beyonce’s Super Bowl XLVII halftime show kinerja selama 6 bulan 

Robin Thicke membawakan Blurred Lines dengan didukung Earth, Wind & Fire di The Grammy Nominations Concert Live! Di CBS. Dalam acara tersebut di umumkan bahwa Robin Thicke memperoleh nominasi untuk 3 Grammy Awards, diantaranya :

- Album Vokal Pop Terbaik untuk Blurred Lines

- Rekor Tahun ini

- Penampilan Duo/Drup Pop terbaik untuk single album Blurred Lines

Selain itu, Robin Thicke juga mendapatkan gelar Sexist of the Year oleh koalisi akhiri kekerasan terhadap perempuan, yang mempunyai lebih dari 60 kelompok anggota yang bekerja untuk mengakhiri kekerasan seksual dan domestik, perdagangan manusia serta bentuk bentuk pelecehan lainnya.

Pada bulan Januari 2014, Robin Thicke muncul live dengan Chicago di Grammy Awards tahunan yang ke 56, untuk memperingati perilisan album debut Chicago The Chicago Transit Authority kedalam Grammy Hall of Fame.

Pada saat itu, Robin Thicke dengan Chicago membawakan medley dari Does Anybody Really Know What Time It Is?, Beginnings dan Saturday in the Park dan diakhiri dengan lagu Blurred Lines.


Sebelum memulai karir musiknya, dia bekerja dalam membuat album untuk beberapa penyanyi seperti Christina Aguilera, Nicki Minaj, K Michele, Pharrell Williams, Jenifer Hudson, Flo Rida, Kid Cudi dan Mary J Blige. 

Album yang dikerjakan oleh Robin Thicke yaitu Usher Confessions dan Lil Wayne’s Tha Carter III, serta dia telah mengerjakan dan merilis single yang bergenre R&B diantaranya single tersebut berjudul Lost Without U, Magic dan Sex Therapy.

Dia adalah seorang pemain piano yang otodidak dan lagu yang dipelajari untuk pertama kalinya melalui seniman injil diantaranya Commissioned, Take 6 dan John P Kee.
 
Karir musik Robin Thicke banyak dipengaruhi oleh penyanyi penyanyi terkenal seperti Stevie Wonder, John Lennon, Bob Marley, Michael Jackson, Prince, Sting dan juga grup musik terkenal seperti The Beatles.

Perjalanan karir Robin Thicke

Dia terlahir dengan nama asli Robin Charles Thicke, dan lahir pada tanggal 10 Maret 1977 di Los Angeles, California. Orang tuanya mempunyai darah seni juga karena ibunya adalah seorang penyanyi yang bernama Gloria Loring sedangkan ayahnya adalah seorang aktor yang bernama Alan Thicke. 
 
Pasangan atau istri Robin Thicke adalah Paula Patton dari tahun 2005 - 2015, dikaruniai seorang anak bernama Julian.

Alan Thicke juga sempat menjadi seorang aktor di film The Wonder Years, The New Lassie, Just The Ten Of Us dan beberapa serial Growing Pains, meskipun pada saat itu ayah Robin Thicke hanya mendapat peran kecil saja.

Dalam mengembangkan karir musiknya, orang tua Robin Thicke sangat mendukung, terutama ayahnya karena dalam menulis lagu pertamanya, ayahnya ikut membantu menyusunnya. 
 
Tetapi sebenarnya ayahnya menginginkan Robin Thicke untuk fokus dengan sekolahnya dahulu hingga selesai baru bisa terjun ke musik.

Untuk pertama kali demonya dibayar oleh penyanyi jazz yang bernama Al Jarreau dan berhasil masuk ke penyanyi dengan jenis musik r&b Brian Mc Knight. Lagu yang berhasil dibuat bersama dengan Brian Mc Knight yaitu lagu berjudul Anyway dan di lagu kedua dengan lagu berjudul I Remember You.

Karya lagunya yang dinyanyikan oleh artis lain, diantaranya adalah :

- Love Is On My Side – untuk album debut anonim Brandy

- When You Put Your Hands On Me – untuk album debut Christina Aguilera

- Fall Again – bersama dengan Walter Afanasieff dimana lagu ini menjadi salah satu lagu di album legendary dari Michael Jackson

- Lagu Babyface - bekerja sama dengan Harold’s and Kenneth

Sampai akhirnya dia berhasil merilis single debutnya sendiri pada tahun 2002 dengan lagu berjudul When I Get You Alone, dan lagu ini berhasil melesat di peringkat 10 besar di tangga lagu Selandia Baru, peringkat pertama di Top 20 Australia serta Top 3 di Belanda.

Kesuksesannya ini diikuti dengan merilis albumnya pada tahun 2003 dengan nama A Beautiful World dan dengan single berjudul Brand New Jones, namun demikian album ini tidak begitu sukses karena kurangnya promosi.

Pada tahun 2005, Robin Thicke mulai menyelesaikan album keduanya yang berjudul The Evolution Of Robin Thicke dengan single pertamanya berjudul Eanna Love U Girl. 

Album ini berhasil terkenal di radio radio urban di Inggris dan pada tahun 2006 lagu ini berhasil di filmkan dengan raper Busta Rhymes. Untuk mempromosikan album ini, Robin Thicke menyelenggarakan tur bersama dengan India Arie dan John Legend.

Lagunya yang berjudul Lost Without U berhasil bertengger di tangga lagu Bilboard R&B pada tahun 2006 dan berhasil menjadi lagu hit, kemudian menduduki peringkat ke 14 di Billboard Hot 100 serta menduduki peringkat tertinggi di lagu R&B/ Hip Hop Billboard Hot.

Dia merupakan artis kaukasia pertama setelah George Michael yang berhasil menduduki peringkat tertinggi tangga lagu Billboard untuk : R&B/ Hip Hop Album, Single Hot R&B/ Hip Hop, Hot R&B/ Hip Hop Airplay dan single R&B dewasa secara bersamaan.

Melalui edisi Deluxe, dia merilis ulang albumnya pada tahun 2007, dan hasilnya sangat sukses karena album tersebut berhasil mencapai peringkat ke 5 di Billboard 200.
 
Untuk albumnya The Evolution Of Robin Thicke berhasil meraih sertifikasi platinum dari RIAA karena penjualannya mencapai lebih dari 1,5 juta kopi, serta berhasil sukses secara komersial di Amerika.

Album ketiganya yang berjudul Preferensi Thicke dengan lagunya yang berjudul Can U Believe, berhasil menduduki peringkat ke 16 di Billboard Hot R&B/ Hip Hop Songs serta peringkat ke 99 di Billboard Hot 100.

Baca juga : Sukses Michael Jackson Dengan Moonwalk

Lagu Got 2 Be Down dirilis pada tahun 2007 melalui album ke empatnya, juga berhasil menduduki peringkat ke 60 di Billboard Hot R&B/ Hip Hop Single & Tracks. 
 
Dan pada tahun tersebut, Robin Thicke mendapat kesempatan tampil di The Oprah Winfrey Show, dia membawakan lagunya yang berjudul Lost Without U.

Kemudian pada kesempatan kedua sebulan setelah penampilan pertamanya, dia membawakan lagu favorit berjudul Complicated dan Oprah yang diambil dari album Would That Make U Love Me dan sekaligus digunakan untuk promosi tour The Beyonce Experience di Amerika Utara.

Album solonya yang berjudul Something Else dirilis pada tahun 2008 merupakan album solo ketiga yang berhasil mencuat di peringkat ke 3 di tangga lagu Billboard 200 dan berhasil mencapai penjualan hingga 137 ribu kopi.

Prestasinya yang telah berhasil diraihnya adalah :

- Dari Album Magic – single pertamanya telah menghasilkan pengembangan dari suara r&b terobosan tahun 2006 dan menduduki peringkat ke 2 untuk jenis r&b dewasa, peringkat ke 6 di chart Hot R&B/ Hip Hop dan peringkat ke 59 di chart Billboard Hot 100.

- Lagu yang berjudul The Sweetest Love berhasil menduduki rangking ke 2 di chart R&B dewasa dan rangking ke 20 di chart Hit R&B/ Hip Hop.

- Dreamworld merupakan single ketiga dari Something Else yang dirilis pada awal tour Robin Thicke di Albany, New York.
 
Kemudian disusul lagi dengan album Sex Therapy dengan singlenya It’s In The Morning yang dinyanyikan oleh Snoop Gogg dan Shakin It For Daddy oleh rapper yang bernama Nicki Minaj.

Dan dalam membuat lagu lagunya, Robin Thicke banyak dipengaruhi oleh Run DMC, NWA, Biggie, Pac dan Jay Z.
 
Selain itu, dia juga mengatakan kepada Pete Lewis yaitu wakil editor Blues & Soul bahwa Robin Thicke akan selalu mendapat pengaruh dari Marvin Gave, Stevie Wonder dan Al Green dalam setiap pembuatan musiknya.

Baca juga : Bob Marley, Penyanyi Jamaika Terkenal Dengan Lagu No Woman No Cry

Album studio kelimanya berjudul Love After War dirilis pada tahun 2011. Album ini berhasil masuk peringkat ke 22 di Billboard 200 dan masuk keurutan ke 6 di Top R&B/ Hip Hop Album serta berhasil mencapai penjualan hingga 41 ribu keping di minggu pertama. 
 
Album ini telah menghasilkan 3 lagu berjudul Love After War, Lost Without U dan Pretty Lil Heart.

Pada tahun 2013. Dia merilis album studio ke enam berjudul Blurred Lines, lagu ini telah berhasil menjadi lagu hit di seluruh dunia serta berhasil menduduki puncak tertinggi di 13 negara termasuk juga negara Inggris dan peringkat pertama di Billboard Hot 100 serta mencapai penjualan hingga 1 juta kopi.

Disalah satu stasiun televisi swasta di Indonesia yaitu NET, akan menampilkan penyanyi internasional selain dari penyanyi penyanyi yang berasal dari Indonesia, pada acara ulang tahunnya yang ke empat pada tanggal 21 Mei 2017. 

Artis Internasional yang akan tampil di acara tersebut diantaranya adalah pencipta lagu terkenal asal Amerika yang bernama Robin Thicke dan DJ asal Inggris yang bernama Jonas Blue

Album Studio Robin Thicke :

- A Beautiful World (dirilis tahun 2003)

- The Evolution of Robin Thicke (dirilis tahun 2006)

- Something Else (dirilis tahun 2008)

- Sex Therapy: The Session (dirilis tahun 2009)

- Love After War (dirilis tahun 2011)

- Blurred Lines (dirilis tahun 2013)

- Paula (dirilis tahun 2014)

- On Earth, and in Heaven (dirilis tahun 2021)

Tour Robin Thicke :

- Headlining – Blurred Lines Tour (tahun 2014)

- Co headlining – Jennifer Hudson & Robin Thicke  di Concer dengan Jennifer Hudson (tahun 2009)

Promosi Robin Thicke :

- Love & War Tour (tahun 2011)

Robin Ticke Opening act :

- Tour 2006 untuk India Arie (tahun 2006)

- Oce Again Tour untuk John Legend (tahun 2006)

- The Beyoncé Experience untuk Beyoncé (tahun 2007)

- Love Soul Tour untuk Mary J. Blige (tahun 2008)

- Freedom Tour untuk Alicia Keys (tahun 2010)

- This is It untuk Michael Jackson tetapi di batalkan

- Overexposed Tour untuk Marron 5 (tahun 2014)

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Blurred Lines Robin Thicke, Lagu Hit Seduniasemoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : wikipedia

0 komentar