Sam Smith, Lagu Terbaru Memuncak Di 2017

Sam Smith, penyanyi dan penulis asal Inggris mulai terkenal sejak tahun 2017

Sam Smith keluarkan single terbaik 2017

Lagu terbaru yang berhasil dirilis di tahun 2017 oleh penyanyi asal Inggris ini, dengan single Sam Smith Too Good at Goodbyes yang telah berhasil menjadi single nomor satu di Inggris.
 
Karir Sam Smith sebagai penyanyi juga diikuti dengan memperluas karirnya yaitu sebagai seorang pencipta lagu yang cukup diperhitungkan didalam karir musiknya.

Lagu Sam Smith juga telah berhasil melejit di urutan pertama UK single Chart melalui inovasi Disclosure's Latch. Selanjutnya, dia telah membuat album terbarunya yang berjudul The Thrill Of It All.
 
Album ini dibuat karena situasi dan kondisi dirinya yang sedang berjuang untuk bangkit setelah mengalami perpisahan dengan kekasihnya.

Semua kegalauan akibat kejadian patah hatinya tersebut, dia tuangkan semuanya kedalam karya musiknya yaitu kedalam album The Thrill Of It All dengan single bertema Burning.
 
Dimana untuk mengatasi patah hatinya ini, dia membutuhkan waktu kira kira hampir 6 bulan lamanya hingga Sam Smith berhasil melupakan kepedihannya dan mau kembali bekerja ke studio lagi.

Lagu berjudul Burning ini diisi dengan suara piano dan berisi tentang cerita Sam Smith yang kehilangan kekasihnya.
 
Meskipun didalam lagu ini sangat sedikit sekali instrumentnya, namun demikian dia berhasil menekankan emosi dari melodi serta lirik lagu yang dibawakan oleh Sam Smith dalam penampilannya.


Sam Smith mulai melambung namanya pada tahun 2012, setelah dia menyanyikan single berjudul Latch, single tersebut merupakan single Breakthrough Disclosre’s Latch yang berhasil melejit di urutan tertinggi di UK Single Chart. 
 
Kesuksesan single Latch ini diikuti dengan single berikutnya yang berjudul Naughty Boy dan La La La. Hal ini, karena kedua singlenya ini berhasil menjadi single urutan pertama pada tahun 2013.

Nama aslinya Samuel Frederick “Sam” Smith tetapi lebih dikenal dengan nama Sam Smith, terlahir di London, Britania Raya, Inggris pada tanggal 19 Mei 1992. Ayahnya bernama Frederick Smith sedangkan ibunya bernama Kate Cassidy, orang tuanya berprofesi sebagai seorang broker.

Album debutnya dengan judul In The Lonely Hour dirilis pada tahun 2014 dengan single utamanya berjudul Lay Me Down. Single single Sam Smith dari album ini berhasil meraih prestasi yang cukup mengagumkan.

Berikut prestasi single dari Sam Smith album debutnya :

- Single pertama : Money On My Mind berhasil menduduki urutan pertama di Inggris.

- Single kedua : Stay With Me berhasil meraih sukses secara Internasional dengan meraih urutan ketiga di Billboard Hot 100 di AS.

- Single keempat : I’m Not the Only One berhasil masuk lima besar di 2 negara

- Single kelima : Single Sam Smith Like I Can ini berhasil menduduki urutan ke 9 di Inggris

Pada awalnya Sam Smith memulai debutnya pada tahun 2014 di Late Night With Jimmy Fallon, di AS kemudian tampil di Saturday Night Live, dan di tahun 2014 berhasil masuk nominasi di Grammy Awards ke 57.

Akhirnya pada tahun 2015, Sam Smith berhasil memenangkan 4 penghargaan sekaligus yaitu :

- Sebagai artis baru terbaik

- Stay With Me ditetapkan sebagai Record Of The Year dan Song Of The Year

- In The Lonely Hours sebagai album Vokal Pop Terbaik

- Memenangkan British Breakthrough Act dan Global Success

Sam Smith juga berhasil meraih penghargaan yang lainnya yaitu :

- 3 penghargaan Billboard sebagai Artis Pria Top, Artis Baru Teratas dan Artis Lagu Top Radio

- Prestasi musiknya masuk 2 kali di Guinness Worl Record

- Memenangkan Golden Globe Award dan Academy Award untuk Best Original Song

Sebelum sukses seperti sekarang ini, Sam Smith pernah belajar sebagai penyanyi dan penulis lagu dengan seorang pianis jass yang bernama Joanna Eden. Selain itu, dia juga seorang alumnus dari Youth Music Teater Musikal.

Sam Smith keluarkan single terbaik tahun 2017. Single terbarunya tersebut berjudul Too Good at Goodbyes dan dirilis pada tanggal 8 September 2017, single ini telah berhasil menduduki urutan tertinggi di Inggris.

Dalam bermusik dan sebagai seorang penyanyi, Sam Smith banyak dipengaruhi oleh penyanyi yang semuanya adalah penyanyi wanita, dimana penyanyi wanita yang paling mempengaruhinya adalah penyanyi Adele dan Amy Winehouse. 

Selain itu juga dipengaruhi oleh penyanyi penyanyi seperti Christina Aguilera, Beyonce, Brady serta Lady Gaga mengenai kualitas diva suaranya, sedangkan untuk suara r&b dipengaruhi oleh Whitney Houston serta Mariah Carey

Sam Smith merilis album studio In The Lovely Hour dirilis tahun 2014 dengan lagu utama Lay Me Down.

Lagu kedua Money on My Mind (menduduki urutan pertama di Inggris), lagu ketiga Stay With Me (sukses secara internasional dan menduduki peringkat 1 di Inggris dan peringkat ke 2 di Billboard Hot 100 AS). Lagu Sam Smith Like I Can dan I’m Not the Only One (masuk 10 besar di Inggris).

Album studio Sam Smith ini berhasil memperoleh 4 penghargaan :

- Annual Grammy Award ke 57

- Album vokal pop terbaik (Untuk In The Lovely Hour)

- Artis pendatang baru terbaik, rekord of the year, song of the year (Untuk Stay With Me)

- Masuk nominasi album of the year dan penampilan pop terbaik

- Album studio kedua Sam Smith The Thrill of It All dirilis tahun 2017, dengan urutan lagu Too Good at Goodbyes (menduduki peringkat 1 di Inggris dan Australia, peringkat 4 di AS).

Sam Smith dan Jimmy Napes dengan lagu Writing’s on the wall untuk tema film James Bond tahun 2015. Lagu tersebut meraih Golden Globe Award dan Academy Award untuk Best Original Song.

Sam Smith membuat lagu Promised berkolaborasi dengan Calvin Harris berhasil sukses melejit menduduki peringkat pertama di Inggris. 

Kemudian merilis lagu Dancing With Stranger berkolaborasi dengan Normani berhasil masuk 10 besar di Inggris dan AS tahun 2019 serta masuk nominasi Song of the Year di Brit Awards 2020.

Dilanjutkan lagi dengan membuat beberapa lagu How Do You Sleep?, To Die For serta I’m Ready berkolaborasi dengan Demi Lovato. Lagu lagu ini dimasukkan dalam album ke 3 Sam Smith Love Goes.

Setelah Sam Smith sukses meraih beberapa penghargaan yaitu 4 Grammy Awards, 3 Billboard Music Awards, American Music Award, Golden Globe dan Academi Award, karena pencapaian karir musik Sam Smith yang luar biasa tersebut.

Pada tahun 2010, Sam Smith merilis 2 single berjudul Bad Day All Week dan When It’s Alright.

Tahun 2012, merilis lagu Disclosure Latch dan lagu ini mencapai peringkat 11 di UK Singles Chart. Tahun berikutnya tepatnya tahun 2013, Sam Smith merilis album debut Lay Me Down yang berisi lagu Naughty Boy dan La La La. Album ini meraih peringkat pertama di UK Singles Chart.

Pada  tahun 2013, Sam Smith merilis kolaborasi Disclosure antara Nile Rodger dan Jimmy Napes, dan ini merupakan lagu satu satunya dari Settle: The Remixes. 

Tahun 2014, merilis EP pertama Nirvana menghasilkan lagu Safe With Me dan Ep ini ada 2 versi yaitu versi solo akustik Latch Sam Smith dan versi live I’ve Told You Now.

Tahun 2014, Sam Smith merilis album debut In The Lonely Hour dengan lagu kedua Money on My Mind. Album ini menceritakan tentang cinta yang tak berbalas dari pengalaman pribadi Sam Smith. Lagu ke 4 I’m Not the Only One menduduki peringkat 3 di Inggris dan peringkat 5 di USA.

Album ini berhasil menduduki peringkat pertama di UK Albums Chart dan peringkat ke 2 di Billboard 100. Selain itu album ini menjadi album yang bisa mencapai penjualan tertinggi tahun 2014 di AS, setelah lagu 1989 oleh Taylor Swift.

Sam Smith tampil di Saturday Ninght Live pada bulan Maret 2014 dan melantunkan lagu Stay With Me dengan versi musik gospel serta lagu Lay Me Down dengan versi musik akustik

Lagu Stay With Me berhasil menduduki peringkap pertama di UK Singles Chart dan peringkat ke 2 di Billboard Hot 100 di USA.

Sam Smith berkerja sama dalam kegiatan aksi amal untuk krisis Ebola 2014 di Afrika Barat dengan grup band Aid 30.

Tahun 2015 terjadi perselisihan antara Sam Smith dengan Tom Petty karena lagu hit Tom Petty I Won’t Back Down yang dirilis tahun 1989, ternyata ada persamaan dengan lagu Sam Smith Stay With Me. Namun akhirnya terjadi kesepakatan pada mereka berdua dan bisa diselesaikan diluar pengadilan.

Lagu Lay Me Down kembali dirilis pada tahun 2015 dan berhasil menduduki peringkat 8 di Billboard 100  (peringkat 3 single Top 10 AS). Selain itu Sam Smith juga merekam versi yang berbeda dengan menggandeng JohnLegend dan menduduki peringkat 1 di Inggris.

Sam Smith kembali mendapatkan 3 penghargaan Billboard pada penghargaan musik Billboard 2015 melalui lagu Disclosure Omen : Artis pria teratas, Artis baru teratas dan Artis lagu radio teratas

Tahun 2016, Sam Smith kembali mendapatkan penghargaan Golden Globe untuk lagu terbaik melalui lagu Writing’s On The Wall dan lagu ini masuk nominasi Best British Video.

Tahun 2017, Sam Smith kembali merilis lagu terbarunya Too Good at Goodbyes, lagu ini berhasil menduduki peringkat pertama di US Billboart hot 100. 

Pada tahun ini juga, album keduanya The Thrill of It All berhasil mencapai puncak UK Album Chart dan US Billboard 200, sehingga ini menjadi album pertama yang meraih peringkat 1 di Amerika Serikat.

Tahun 2018, Sam Smith mengadakan serangkaian The Thrill of It All Tour ke Eropa, Amerika Utara, Asia, Selandia Baru dan Australia. Tahun ini juga telah dirilis lagu Pray dengan menampilkan rapper Amerika Logic dan merilis lagu Fire on Fire untuk soundtrack Watership Down.

Kemudian berkolaborasi dengan Calvin Harris dengan lagu Promises dan lagu ini berhasil menjadi lagu ketujuh Sam Smith Greatest hits nomor 1 di UK Singles Chart serta masuk Billboard’s Dance / Mix Show Airplay.

Tahun 2019, Sam Smith merilis lagu Dancing With a Stranger yang berkolaborasi dengan Normani dan lagu ini masuk 10 besar di Inggris, AS dan juga negara lainnya.

Tahun 2020, Sam Smith membuat album studio ketiga To Die For. Namun album ketiga ini ditunda dirilis karena adanya pandemi Covid 19. Untuk hasil kolaborasi dengan Demi Lovato melalui lagu I’m Ready berhasil masuk di 40 besar beberapa negara.

Sam Smith merilis album sampul  Coldplay’s Fix You dan merilis lagu baru Diamonds serta mengumumkan album ketiga Love Goes dan mengadakan konser streaming di London pada tahun 2020.

Sam Smith Albums :

- In The Lonely Hour (dirilis tahun 2014)

- The Thrill of It All (dirilis tahun 2017)

- Love Goes (dirilis tahun 2020)

Sam Smith Tours :

- In the Lonely Hour Tour (tahun 2015)

- The Thrill of It All Tour (tahun 2018)

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Sam Smith, Lagu Terbaru Memuncak Di 2017semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : Wikipedia

0 komentar