Clean Bandit, Lagu Hit Pertamanya Dipoles Musik Klasik

Clean Bandit, grup musik elektronik asal Inggris yang dibentuk tahun 2009 ini berhasil menelurkan 4 lagu hit peringkat 1 dan 10 lagu hit yang masuk ke 10 besar di Inggris

Clean Bandit pemenang grammy asal Inggris

Penulis lagu Clean Bandit Jack Patterson yang handal telah memadukan unsur klasik seperti karya Mozart dan Shostakovich dengan musik dansa. 
 
Clean Bandit merupakan sebuah kelompok musik elektronik dan pemenang Grammy Award asal Inggris, dan sebagai pemenang Grammy untuk kategori Rockabye. 

Clean Bandit telah merangkul seorang penyanyi untuk lagu terbaru berjudul I Miss You dengan penyanyi bernama Julia Michaels, mereka mau berbagi tentang visual lagu secara eksklusif dengan Billboard.

Single I Miss You ini dibuat dengan sentuhan yang diberi unsur simfonik yang cukup ceria, sehingga single ini sangat identik atau cocok sekali dengan proyek milik Clean Bandit, dan sesuai sekali dengan single hit Clean Bandit yang paling baru dengan single berjudul Symphony.

Single hit berjudul Symphony ini dinyanyikan oleh penyanyi Zara Larsson sedangkan single hit Rockabye dibawakan oleh Sean Paul dan Anne Marrie, kedua single ini telah berhasil meraih prestasi yang cukup bagus.


Clean Bandit dibentuk sekitar tahun 2009 dengan awal karir yang dimulai di Cambridge, Cambridgeshire, Britania Raya, dan untuk pertama kalinya Clean Bandit beranggotakan 4 orang personil.

Berikut anggota personil Clean Bandit :

Jack Patterson – sebagai pemain gitar bass, keyboard, vokal dan piano

Luke Patterson – sebagai pemain drum

Grace Chatto – sebagai pemain cello dan vokal

Neil Amin-Smith – sebagai pemain piano dan biola

Gaya musik dari Clean Bandit adalah dengan menggabungkan antara musik elektronik yang dipadukan dengan potongan potongan musik klasik dari komposer terkenal seperti Mozart dan Shostakovich.

Untuk pertama kalinya Clean Bandit berhasil merilis album pada tahun 2014, dengan album berjudul New Eyes dan genre musiknya lebih kearah genre musik UK funky, pop barok, synthpop dan pop dance. 

Pada tahun 2014 merupakan pertama kalinya Clean Bandit meraih single chart Inggris dengan single berjudul Rather Be di tahun tersebut. 
 
Dalam single Rather Be, Clean Bandit telah berkolaborasi dengan Jess Glynne dimana single ini dikemas dengan musik klasik dan dance yang sangat bagus, sehingga single ini berhasil mencapai peringkat ke 10 di Billboard Hot 100 di AS.

Lagu Rather Be ini juga berkolaborasi dengan penyanyi lainnya seperti Marina, Demi Lovato, Anne Marie, Sean Paul, Zara Larsson, Julia Michaels, Luis Fonsi, Ellie Goulding, Iann Dior, Mabel serta Lizzo.

Singlenya yang berjudul Mozart’s House dirilis pada tahun 2011 dan telah behasil menduduki peringkat ke 17 di UK Single Chart sehingga pada tahun 2013 single tersebut dirilis ulang kembali.

Kesuksesan Clean Bandit telah berhasil diraih di tahun 2015, karena singlenya yang berjudul Rather Be ini berhasil :

- Memenangkan Grammy Award untuk kategori Rockabye 
 
- Berhasil menjadi single hit urutan ke 2 di Inggris serta menjadi single hit urutan pertama di tahun 2016 dan dalam menampilkan single Rather Be ini Clean Bandit menggandeng seorang rapper Sean Paul dan penyanyi Anne-Marie. 
 
Single Rather Be ini, mampu terjual hingga 13 juta sedangkan albumnya mencapai 1,6 juta di seluruh dunia.

Single perdana Clean Bandit dirilis pada tahun 2012 dengan judul A+E, yang dihasilkan oleh album studio New Eyes, single ini berhasil masuk peringkat 100 di UK Single Chart.  

Album album Clean Bandit yang cukup sukses, yaitu :

- Album Mozart’s House dirilis pada tahun 2013 dimana single keduanya berhasil menduduki peringkat ke 17 di UK Singles Chart.

- Album Dust Clears, single ketiganya berhasil menduduki urutan ke 43 di Single Chart

- Album Rather Be, single keempatnya menduduki Inggris Single Chart sedangkan album Rather Be menduduki peringkat pertama di beberapa negara seperti Austria, Finlandia, Jerman, Belanda dan Norwegia
 
Selain itu, juga menduduki peringkat kedua di negara seperti Belgia, Prancis, Italia, Selandia Baru dan Swiss, selain itu juga berhasil meraih ranking ke 10 di Billboard Hot 100 AS.

Clean Bandit New Eyes merupakan album studio debut grup band ini yang dirilis pada tahu 2014. Clean Bandit berkolaborasi dengan Jess Glynne dengan lagu Real Love ketika tampil dengan BBC Philharmonis Orchestra di MediaCity UK. 

Lagu Real Love ini berhasil menduduki peringkat ke 2 di UK Singles Chart.


Clean Bandit juga telah berkolaborasi dengan Jess Glynne, setelah lagu hit Real Love dari album Rather Be berhasil meraih peringkat kedua di UK Singles Chart. 
 
Akhirnya pada tahun 2015 gelar bergengsi berhasil dimenangkan oleh Clean Bandit yaitu dengan memperoleh Grammy Award untuk Best Dance Recording melalui album Rather Be.


Pada tahun 2016, Clean Bandit berhasil merilis single berjudul Tears dan mereka menampilkan penyanyi pemenang The X Factor 2015 yang bernama Louisa Johnson.
 
Lagu Tears berhasil melejit keurutan 5 di tangga lagu single selama 1 minggu, prestasi ini berhasil diraih mereka setelah Clean Bandit tampil di Britain’s Got Talent.

Neil Amin Smith telah meninggalkan Clean Bandit pada tanggal 19 Oktober 2016, sehingga Rockabye berhasil dirilis oleh Clean Bandit tanpa Neil Amin Smith dan mereka menampilkan rapper Sean Paul dan seorang penyanyi bernama Anne-Marie.

Meskipun tanpa Neil Smith, Rockabye berhasil menjadi hit peringkat pertama nomor dua di Inggris, kemudian berhasil meraih peringkat pertama Natal tahun 2016.
 
Kemudian memuncak di Chart Internasional dan meraih peringkat pertama di beberapa negara seperti Inggris, Republik Irlandia, Australia, Selandia Baru, Austria, Denmark, Finlandia, Jerman, Italia, Belanda, Swedia dan Swiss.  

Selain lagu hit ini juga berhasil masuk Top 5 hit di negara Kanada dan Prancis serta berhasil menduduki urutan ke 9 di Billboard hot 100 di AS.

Clean Bandit merilis Symphoni pada tahun 2017 yang berkolaborasi dengan seorang penyanyi asal Swedia bernama Zara Larsson. 
 
Lagu ini berhasil bertengger di single Chart di Inggris selama 1 minggu. Kemudian disusul lagi dengan merilis Disconnect dengan menampilkan Marina dan Diamons dan juga merilis I Miss You dengan menampilkan Julia Michaels. 

Clean Bandit concert, pernah diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2018. Dengan konser bertajuk Clean Bandit Live in Jakarta, I Miss You Tor 2018. Aksi panggung mereka cukup menghibur penggemar Clean Bandit yang ada di Indonesia.

Album Clean Bandit

·         New Eyes (dirilis tahun 2014)

·         What Is Love? (dirilis tahun 2018)

·         TBA (dirilis tahun 2021)

Album studio Clean Bandit ke 3 direncanakan akan dibuat dan telah mempunyai proyek baru dalam acara House Party yang dilaksanakan 2 minggu sekali sebagai gantinya acara live untuk sementara kondisi yang sedang pandemi tahun 2020.

Dari acara tersebut Clean Bandit selama bulan April sampai Juni 2020, telah menghasilkan 6 musik rumah dengan didukung vokalis Yasmin Green. Mereka mendapatkan banyak apresiasi atas karya musiknya tersebut.

Sehingga pada tanggal 8 Agustus 2020, Clean Bandit menyetujui tawaran Global Citizen untuk menjadi tuan rumah Houseparty Against Hunger dengan durasi 12 jam. Acara ini bertujuan untuk menggalang dana untuk badan amal dalam membantu memerangi kelaparan akibat kemiskinan.

Acara ini, penampilan awal oleh Clean Bandit sedangkan ditengah acara selama 1 jam diselingi oleh penampilan dari DJ di seluruh dunia dan menampilkan penyanyi Kirsten Joy yang berkolaborasi dengan Becky Hill, Joel Corry, MNEK serta bintang tamu Sean Paul.

Clean Bandit Tick Tock merupakan single terbaru yang dirilis pada tanggal 21 Agustus 2010, mereka berkolaborasi dengan penyanyi Mabel serta rapper 24kGoldn.

Tahun 2021, Clean Bandit kembali merilis single baru mereka berjudul Higher yang berkolaborasi dengan seorang rapper bernama Iann Dior.


Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Clean Bandit, Lagu Hit Pertamanya Dipoles Musik Klasiksemoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : Wikipedia

0 komentar