Joan Jett, rocker Amerika melejit via lagu hits I Love Rock N' Roll


Joan Jett, gitaris, penulis lagu, penyanyi rock, produser asal Amerika dan karyanya yang paling terkenal adalah Joan Jett and Blackhearts

Lagu lagu Joan Jett melejit di Billboard Hot 100

Joan Jett merupakan seorang gitaris dan penyanyi rock Amerika yang berhasil melejit melalui karya lagu hitnya yang berjudul I Love Rock N' Roll dari grup bandnya Joan Jett And Black Hearts.

Ulasan Singkat Tentang Joan Jett

Nama alinya adalah Joan Marie Larkin, lebih dikenal dengan nama Joan Jett. Dia berasal dari Wynnewood, Pennsylvania, Amerika Serikat, dan dia lahir pada tanggal 22 Septembre 1958.

Awalnya dia bisa menyukai bermain gitar hingga dia bisa menjadi gitaris rock yang cukup terkenal adalah setelah Joan Jett mendapatkan hadiah gitar pertama kalinya pada usia 14 tahun.
 
Selanjutnya dia mulai mulai belajar bermain gitar dengan mengikuti kursus gitar. Suatu ketika orang tuanya mulai pindah ke West Covina, Los Angeles country. Nah, ditempat barunya inilah Joan Jet mulai mendapat kesempatan untuk mengejar karir musiknya.

Selain sebagai penyanyi, Joan Jet juga bekerja sebagai penulis lagu, musisi, aktris dan produser. Dia adalah gitaris dan penyanyi rock Amerika yang mulai terjun ke dunia musik sejak tahun 1975 dengan warna musiknya yang bergenre rock, hard rock dan punk rock.

Dia pernah menjadi anggota grup band seperti Joan Jett Runaways dan Joan Jett and The Blackhearts, dengan beberapa album yang berhasil dirilis antara lain berjudul "Bad Reputation", "The Hit List", "Joan Jett", dan "1979".

Sukses awal Joan Jet dijalaninya dengan menjadi anggota dari grup band "The Runaways" dengan lagu hitnya yang berjudul "Cherry Bomb".  
 
Tercapainya kesuksesannya tersebut diraih bersama dengan anggota personil yang lain diantaranya Sandy West (drummer), Jackie FX, Lita Ford dan Cherie Currie. Tetapi akhirnya grup band ini bubar pada tahun 1979.

Sejak bubarnya grup band The Runaways, membuat Joan Jet mulai beralih untuk bersolo karir dan berhasil merekam 3 buah lagu yang berjudul "Paul Cook", "Steve Jones" dan "Sexpistols". 
 
Salah satu lagunya yang merupakan versi awal dari "Arrow" dengan judul "I love rock n' roll" berhasil mendobrak ke peringkat pertama Billboard Hot 100.

Kemudian diikuti oleh rekaman lagu yang lain yang merupakan rekaman lagu yang berhasil populer juga, Joan Jett Crimson and clover", "I hate myself for loving you", "Do you wanna touch me", "Light of day", "Love is all arround" dan "Bad reputation".

Di Los Angeles, Joan Jet menyelesaikan sebuah film yang menceritakan tentang  karir bandnya yang berjudul "We're all crazzee now". 
 
Kemudian Joan Jet bertemu dengan Rainbeaux Smith (drummer rock), Kenny Laguna (penulis lagu dan produser) dan Toby Mamis. Mereka akhirnya memutuskan bekerja sama untuk membantu Joan Jet menulis beberapa lagu film tersebut.

Joan Jett mulai meraih kepopulerannya karena hasil karyanya sebagai frontwoman pada band yang bernama Joan Jett and the Blackhearts. Sebelum itu, Joan Jett Runaways merupakan kelompok bandnya yang berhasil merilis lagu hit Cherry Bomb.

Di Joan Jett and the Blackhearts, dia populer karena membawakan lagu yang berhasil melejit di peringkat pertama di Billboard Hot 100 pada tahun 1982 dengan judul I Love Rock ‘n Roll.

Selain itu, lagu Joan Jett yang terkenal lainnya antara lain Bad Reputation, Light of Day dan I Hate Myselft for Loving You serta Joan Jett covernya yang terkenal dari lagu Joan Jett Crimson and Clover, Do You Wanna Touch Me (Oh Yeah) dan Dirty Deeds.

Joan Jett mencetatkan 3 albumnya yang mampu mendapat sertifikasi platinum dan gold. Selain itu, pada tahun 2015 Joan Jett and the Blackhearts dilantik kedalam Rock and Roll Hall of Fame.

Keluarga Joan Jett

Ayah dan ibu Joan Jett bukan sebagai pemusik melainkan ayahnya yang bernama James sebagai penjual asuransi dan ibunya yang bernama Dorothy Larkin bekerja sebagai sekretaris. Joan Jett merupakan anak pertama dari 3 bersaudara dan terlahir dari keluarga protestan.

Joan Jett mulai memiliki gitar pertamanya ketika dia berusia 13 tahun dan dia mulai belajar gitar. Namun demikian, dia berhenti belajar gitar karena instruktur gitarnya selalu mengajarkan lagu lagu rakyat.

Setelah keluarganya pindah ke California, Los Angeles Country maka Joan Jett memiliki kesempatan kembali untuk mengejar ketertarikannya di bidang musik. Nama Joan Jett telah dipilihnya karena nama tersebut seperti nama seorang bintang rock.

Joan Jett Runaways

Joan Jett merupakan pendiri dari The Runaways dengan anggota personil yang memiliki lineup klasik seperti Sandy West sebagai drummer, Micki Steele, Jackie Fox Lita Ford dan Cherie Currei sebagai penyanyi dan gitar bass.

Sedangkan peran Joan Jett di band ini sebagai vokalis utama, pemain gitar ritem dan turut serta dalam menulis lagu. Joan Jett runaways menelurkan 3 album dan Live in Japan meraih penjualan tertinggi dalam sejarah AS dan Inggris.

Joan Jett runaways juga menjadi band pembuka dari Van Halen, Ramones, Cheap Trick dan Tom Petty and the Heartbreakers.

Band ini populer di beberapa negara seperti Eropa, Asia, Australia, Kanada serta Amerika Selatan, tetapi kesuksesannya ini tidak sama dengan kesuksesan yang diraih di Amerika Serikat.

2 album lainnya adalah Waitin’ for the Night dan And Now ... The Runaways dan total 5 album yang berhasil dirilis oleh band ini. Album The Germs merupakan satu satunya album yang diproduseri oleh Joan Jett, band ini bubar pada tahun 1979.

Film The Runaways dirilis pada tahun 2010, film ini menceritakan tentang band Jett yang dibintangi oleh Kristen Stewart yang berperan sebagai Jett dan Dakota Fanning yang berperan sebagai Currie.

Karir solo Joan Jett

Joan Jett merekan versi awal dari Arrow berjudul I Love Rock ‘n’ Roll dan versi ini terdapat didalam album kompilasi Flashback tahun 1993.

Sebuah film berjudul We’re All Crazee Now! berusaha diselesaikan oleh Jett, dia bekerjasama dengan seorang produser dan penulis lagu yang bernama Kenny Laguna dalam menulis beberapa lagu untuk film ini.

Joan Jett and The Blackhearts

Blackhearts dibentuk oleh Joan Jett dengan bantuan Laguna. Untuk melengkapi formasi bandnya, Jett mengadakan audisi untuk mencari 3 orang pria.

Akhirnya beberapa orang pria yang mengikuti audisi tersebut adalah John Doe sebagai bass, Gary Ryan, gitaris Eric Ambel dan Danny “Furious” O’Brien seorang drummer.

Joan Jett and Blackhearts mulai mengadakan tur keliling AS dan mulai membangun basis penggemarya. Band ini berjuang dan bertahan secara finansial untuk bandnya tersebut., bahkan Laguna dan Jett menggunakan dana pribadinya untuk mencetak Joan Jett album.

Pada titik balik bagi Joan Jett ketika tampil di konser tahun 1981 di New ork City telah menentukan karir Joan Jett menjadi lebih populer bersama Joan Jett and Blackhearts.

Dalam pembuatan album Joan Jett and Blackhearts berjudul I Love Rock ‘n Roll, terjadi pergantian personil Ambel digantikan oleh Ricky Byrd.

Single pertama I Love Rock ‘n’ Roll dari album ini, berhasil melejit di peringka 1 di Billboard Hot 100 tahun 1982 dan lagu ini masuk kedalam Grammy Hall of Fame tahun 201.

Joan Jett pada tahun 1983 merilis Album dan tahun berikutnya merilis Glorious Result of a Misspent Youth.

Selain itu, serangkaian hit Top 40 diikutnya dan ikut serta dalam tur laris dengan Police, Queen serta Aerosimth.

Joan Jett mampu mengalahkan pesaingnya untuk tampil pada film Light of Day bersama dengan Michael J. Fox dan lagu untuk film ini ditulis oleh Bruce Springsteen. Penampilan Joan Jett di film ini telah mendapatkan pujian kritis.

Kedua personil Joan Jett and Blackhearts keluar, Ryan dan Crystal digantikan oleh Thommy Price dan Kasim Sulton.

Selain itu, Joan Jett juga merilis Good Music yang didukung oleh penampilan Beach Boys, Sugarhill Gang serta penyanyi Darlene Love. Kemudian lanjutkan dengan merilis Up Your Alley, album ini berhasil menjadi album multi platinum.

Hal ini, karena single I Hate Myself for Loving You bertengger di posisi 8 di tangga lagu Billboard Hot 100 dan lagu ini dipakai sebagai tema pertandingan Sunday Night Football NFL di Amerika.

Selanjutnya Joan Jett album The Hit List ini berisi lagu lagu cover, Joan Jett juga berpartisipasi menulis lagu House of Fire yang masuk didalam album Alice Cooper Trash pada tahun 1989.

Lagu soundtrack Days of Thunder berjudul Long Live the Night merupakan lagu milik Blackheart tahun 1990 yang ditulis oleh Joan Jett sendiri bersama dengan Randy Cantor dan Michael Caruso.

Tahun 1991, merilis Notorious yang menggandeng Paul Westerberg dari Replacement serta Phil Feit. Tahun 1993, merilis Flashback dan album ini merupakan kompilasi dari lagu lagu Joan Jett.

Pers telah menyebut Jett sebagai Godmother of Punk dan Original Riot Grrrl. Selain itu, Joan Jett juga digambarkan sebagai Ratu Rock ‘n’ Roll.

Selanjutnya band ini merilis Pure and Simple pada tahun 1994 yang berisi lagu lagu yang ditulis Joan Jett bersama dengan Babes in Kat Bjelland, Donita serta Kathleen Hanna.

Joan Jett juga tampil di album We will Fall: The Iggy Pop Tribute pada tahun 1997 dan membawakan cover lagu milik Johnny O’Keefe berjudul Wild One atau Real Wild Child.

Album Live Evil Stig dan singel Bob hasil kolaborasi Jett dengan Mia Zapata yang meninggal dunia karena diperkosa dan dibunuh pada tahun 1993. Hasil penjualan kolaborasi album tersebut disumbangkan untuk penyelidikan pembunuhan Zapata tersebut.

Album Joan Jett Sinner dirilis pada tahun 2006 dan untuk mendukung album ini maka Jett mengadakan tour di Warped Tour dan tour bersama dengan Eagles of Death Metal.

Joan Jett juga tampil bersama dengan Motorhead dan Alice Cooper ketika tur arena Inggris serta menjadi band pembuka sebanyak 8 pertunjukan Amerika pada tur dunia Aerosmith tahun 2007.

Joan Jett Runaways

Dalam film The Runaways, Joan Jett sebagai produser eksekutifnya dan film ini menceritakan tentang karir dari The Runaways. Sutrada film ini bernama Floria Sigismondi yang juga menytradarai video dari DavidBowie, white Stripes dan Mariln Manson.

Album 2-LP/CD Greatest Hits dirilis pada tahun 2010 yang berisi 4 lagu, biografi hardcover  yang meliputi karir dari Runaways.

Pada tahun yang sama, Joan Jett menjadi artis pembuka untuk Green Day bersama dengan Frank Turner dan Paramore di tur Inggris.

Pada tahun 2013, Joan Jett and Blackhearts merilis album Unvarnished dan album ini berhasil meraih Top 50 Billboard.

Joan Jett menjadi wanita pertama yang mendapatkan Golden Gold Award pada tahun 2014 dan Joan Jett and the Blackhearts juga menerima Ikon Ap pada tahun 2014.

Selain itu, Joan Jett merilis pakaian pertama seperti Jaket, kemeja, celana dan sweater pada tahun 2014 bersama dengan Hot Topic.

Joan Jett and the Blackhearts telah menjadi pembuka untuk The Who pada tur The Who Hits 50! di Amerika Utara pada tahun 2015. Di tahun yang sama Joan Jett and the Blackhearts dilantik di Rock and Roll Hall of Fame.

Pada tahun 2020, Joan Jett bersama Blackherats dijadwalkan bergabung dengan Mötley Crüe dan Def Leppard sebagai artis pembuka bersama Poison di Stadium Tour 2020. Namun demikian, tahun 2021 tur ini ditunda karena COVID-19 dan tahun 2022 tur ditunda kembali.

Untuk memperingati ulang tahun ke 40 dari album pertama Joan Jett Bad Reputation dan I Love Rock & Roll maka CZ Comics merilis 2 novel grafis yang berjudul Joan Jett and the Blackhearts -40x40: Bad Reputation/I Love Rock ‘n’ Roll.

Album akustik pertama Joan Jett Changeup dirilis pada tahun 2022 yang pernah direkam yang memunculkan Bad Reputation dan Crimson and Clover.

Tahun 2023, EP  lagu, Mindsets dirilis oleh Joan Jett and the Blackhearts dan album Ep ini merupakan mater baru dari band ini dalam 10 tahun karirnya.

Selain bermusik, Joan Jett juga penggemar olahraga sehingga Bad Reputation juga dipakai oleh juara kelas bantam wanita sebagai lagu walkout disebuah acara UFC 157 dan di WWE’s WrestleMania 35, Jett enampilkan Bad Reputation ketika Rousey masuk.

Dalam mempromosikan Final Four Wnita dan lagu Unfinished Business maka sampul dari Love Is All Around yaitu lagu tema The Mary Tyler Moore Show dipakai oleh NCAA.

Lagu Love Is All Around ini dari tahun 2006 sampai 2015 diputar di radio, dengan melodi lagu I Hate Myself for Loving You yang dipakai tema musik NBC Sunday Night Football dan liriknya dibuat ulang yang diberi judul Waiting All Day for Sunday Night.

Gitar Gibson Melody yang berwarna putih merupakan khas gitar Joan Jett yang menemaninya sejak tahun 1977.

Gitar Joan Jett putih inilah yang dimainkannya di Go All the Way dan seluruh hitnya antara lain I Love Rock ‘n’ Roll, Crimson and Clover, Do You Want to Touch Me serta Bad Reputation.

Penghargaan yang diraih Joan Jett

- Long Island Music Hall of Fame tahun 2006

- Rolling Stones, 100 gitaris terhebat sepanjang masa (urutan 87)

- Gibson membuat model tanda tangan dari Melody Maker nya, dengan a white double cutaway with a zebra humbucker and Kill toggle switch

- Penghargaan aktivis Nanci Alexander 2012 atas karyanya untuk kesejahteraan hewan

- Tahun 2013, dinamai dan dianugerahi Wet Hollywood Rock Legend

- AP Icon Award (2014)

- Rock and Roll Hall of Fame inductee tahun 2015

Album Solo Joan Jett :

- Joan Jett (dirilis 1980) dan dirilis ulang Bad Reputation (1981)

- The Hit List (dirilis 1990) 

Album Joan Jett and The Blackhearts :

- I Love Rock’m Roll (dirilis 1981)

- Album (dirilis 1983)

- Glorious Results of a Misspent Youth (dirilis 1984)

- Good Music (dirilis 1986)

- Up Your Alley (dirilis1988)

- Notorious (dirilis 1991)

- Pure and Simple (dirilis 1994)

- Naked (dirilis 2004)

- Sinner (dirilis 2006)

- Unvarnished (dirilis 2013)

- Changeup (tahun 2022)

- Mindsets (tahun 2023)

Demikian sekilas ulasan singkat tentang artikel JOAN JET, ROCKER AMERIKA, MELEJIT VIA LAGU HITS I LOVE ROCK N' ROLL, terima kasih sudah berkunjung dan sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan dapat dishare kepada teman-teman pecinta musik yang lain.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar