Wet Wet Wet, band soft rock Scotlandia melejit tahun 1982

Wet Wet Wet, band soft rock asal Scotlandia yang dibentuk pada tahun 1982

Wet Wet Wet, mencetak hits dunia pada tahun 1980 an dan 1990 an

Wet Wet Wet merupakan pendatang baru Inggris terbaik di BRIT Awards 1988 dan berhasil emncetak hits dunia disekitar tahun 1980 an dan 1990 an. Band ini juga sukses menghasilkan sejumlah lagu hit di Inggris dan hit internasional melalui lagu Love Is All Around, Sweet Surrender dan Goodnight Girl.

Ulasan Singkat Tentang Wet Wet Wet

Grup band ini berasal dari Skotlandia yang dibentuk pada tahun 1982 dengan warna musik yang bergenre musik soft rock, pop rock, soul, dan sophisti-pop (early work). Grup band ini berhasil memperoleh penghargaan BRIT Award sebagai artis pendatang baru terbaik.

Band soft rock Skotlandia ini populer dengan covernya pada tahun 1994 dari hit The Troggs tahun 1960 an yang berjudul Love is All Around. Lagu ini dipakai untuk soudtrack pada film Four Wedding and a Funeral.

Sekarang band ini beranggotakan pendiri band ini antara lain bernama Graeme Clark sebagai bass dan vokal, Kevin Simm sebagai vokalis utama yang menggantikan Marti Pellow pada tahun 2018.

Selain itu, anggota personil lainnya yang bernama Graeme Duffin bergabung di band ini sebagai musisi tur dan berperan sebagai gitar utama dan vokal.

Anggota personilnya terdiri dai 4 orang atau kuartet, dengan anggota personilnya adalah :

- Tommy Cunningham (drum, vokal)
- Graeme Clark (bass, vokal)
- Neil Mitchell (Keyboard, vokal)
- Marti Pellow (lead gitar, vokal)

Awal terbentuknya Wet Wet Wet

Band kelompok kuartet ini sudah dibentuk sejak di Sekolah Menengah Clydebank pada tahun 1982 dan pada saat itu bernama Vortex Motion.

Ketika itu, formasinya terdiri dari Neil Mitchell sebagai pemain keyboard, Tommy Cunningham sebagai pemain drum, Graeme Clark sebagai pemain bass, Mark McLachlan (Marti Pellow) sebagai vokalis dan Lindsey McCauley sebagai pemain gitar.

Graeme Duffin mulai bergabung dengan Wet Wet Wet pada tahun 1983 untuk menggantikan Lindsey McCauley. Band Wet Wet Wet ini telah menggabungkan pemain folk, rock serta jazz.

Setelah anggota personil Wet Wet Wet berlatih selama 2 tahun lamanya dalam mengasah kemampuannya memproduksi dan menulis lagu.

Akhirnya, band ini berhasil membuat debut live di Nightmoves Glasgow dan penampilan profesional pertama mereka adalah di malam tahun baru di Glasgow’s Barrowlands.

Salah satu lagu demo pertama Wet Wet Wet berjudul Wishing I Was Lucky. Mereka beralih ke manager baru A&R dan band ini berhasil merilis single Wishing I Was Lucky. Lagu ini melejit ke peringkat  di tangga lagu Inggris.

Pada awalnya grup band ini bernama "Vortex Motion" disekitar tahun 1982, kelompok ini muncul di sekolah Clydebank high school di Clydebank Skotlandia.

Kelompok band ini, sebagian besar bermain untuk covers dari The Clash and magazine dan mereka lebih memilih bidang musik dari pada sepak bola atau kriminal.

Graeme Clark dan Tommy Cunningham bertemu di bis sekolah, mereka berdua sudah bersahabat sedangkan Neil Mitchell adalah seseorang yang memberikan dukungan positip. Hai ini, agar supaya kelompok ini benar-benar terbentuk kelompok band.
 
Dukungan diberikan dengan cara memberikan sebuah keyboard, sedangkan anggota keempat yang didekati oleh Graeme Clark adalah Mark Mc Lachlan yang mempunyai nama panggung Marti Pelow, Mark Mc Lachlan sebelumnya berprofesi sebagai pelukis dan dekorator.

Mereka berempat sebelumnya memang bukan sebagai pemain band, sehingga mereka harus mulai melakukan latihan yang cukup inten.  Meskipun pada saat itu, latihan mereka hanya dilakukan ditempat yang sangat sederhana yaitu didapur ibu Graeme Clark.
 
Namun demikian, setelah latihan dikakukan selama 2 tahun, akhirnya mereka mulai dapat membuat album debut mereka di Glasgow night moves venue dan memilih Ellion Davis sebagai manajer mereka serta memilih nama "Wet Wet Wet" sebagai nama dari grup band mereka.

Nama "Wet Wet Wet" diambil dari lagu Scritti Politti yang berjudul "Getin' havin' & Holdin" yang didalam lagunya ada sebaris kalimat "It's tired of jocking ..... wet, wet with tears", dan mereka mengambil kata "Wet Wet Wet" sebagai nama grup band mereka. 

Sukses komersial Wet Wet Wet 

Penampilan mereka secara profesional untuk pertama kalinya yaitu pada acara tahun baru di Glasgow Barrowland, sedangkan lagu demo pertamanya digunakan untuk Polygram pada tahun 1985 dengan judul "Wishing I was lucky".

Singlenya yang berhasil mencapai peringkat ke 6 di Chart single Inggris kemudian disusul dengan album "Popped in souled out" yang berhasil memunculkan 3 single hitnya seperti "Sweet little mystery", "Temptation" dan "Angle Eyes". 
 
Mereka juga sebagai band pendukung penyanyi Lionel Richie pada saat melakukan tur di Inggris. Grup band ini mencapai puncak ketenarannya disekitar tahun 1994 melalui album versi The Troggs dengan singlenya yang berjudul "Love is all around". 
 
Single ini digunakan untuk soundtrack film Four Weddings & a funeral dan berhasil meraih sukses besar secara internasional karena mampu bertengger dipuncak tangga lagu di Inggris selama 15 minggu. 
 
Namun demikian, kesuksesan mereka ini ternyata  mampu menyamai rekor dari Bryan Adams lewat lagunya I do it for you sebagai lagu peringkat pertama paling lama.

Sukses komersial juga berhasil diperoleh Wet Wet Wet pada tahun 1988 dengan menempatkan versi cover The Beatles menjadi hit nomor 1 lewat lagu "With a little help from my friends". Untuk selanjutnya, disusul dengan lagu The Beatles yang lain berjudul "She's leaving home".

Album ke 3 "Holding back the river" dan ke 4 "High on the happy side" juga berhasil menelurkan single hit berjudul "Sweet surrender" dan "Goodnight girl". Album ke 3 lebih menonjolkan string dan pengaturan klasik, sedangkan album ke 4 berhasil mencapai penjualan bagus.

End of Part One merupakan paket greatest hits pertama band ini yang dirilis di akhir tahun 1993 yang berisi 18 pilihan lagu, termasuk juga lagu Shed a Tear dan Cold Cold Heart.

Album keenam Wet Wet Wet juga menghasilkan single hit berjudul Julia Syas dan Don’t Want to Forgive Me Now. Meskipun album ini menerima tanggapan bagus dari para kritikus tetapi kesuksesannya masih dibawah Love Is All Around.  

Ten merupakan album Wet Wet Wet ketujuh yang dirilis pada tahun 1997, album ini untuk merayakan dekade grup ini berada di puncak kesuksesannya.

Band ini kondisinya menjadi tidak baik karena terjadi perselisihan dalam pembagian royalti.setelah mengadakan tur untuk album Ten.

Setelah perjalanan tur untuk mendukung album ke 7 yang berjudul "Ten", maka anggota grup band soft rock Scotlandia ini mulai terjadi perpecahan karena masalah pembagian royaltinya sehingga membuat salah seorang anggota personilnya keluar dari band ini. 

Mereka akhirnya menyadari atas konflik tersebut dan berusaha untuk melakukan perbaikan-perbaikan kembali pada tahun 2004. Hal ini, agar supaya album ke 8 mereka dapat dirilis dengan singlenya yang berjudul "All I want".

Sehingga pada tahun 2004, band ini berhasil melakukan perbaikan hingga berhasil mengerjakan album kedelapan dengan single All I Want. Selain itu, band ini juga sukses melakukan tur di Inggris.

Album induk Timeless dan singel Too Many People dirilis Wet Wet Wet pada tahun 2007, kemudian dilanjutkan dengan merilis single kedua berjudul Weightless. Single Weightless ini berhasil berada diurutan 10 dan menjadi hit sepuluh besar band ini untuk pertama kalinya.

Setelah lebih dari 5 tahun maka Wet Wet Wet mengadakan konser untuk pertama kalinya pada bulan Maret 2012 di Glasgow Green.

Album Greatest Hits baru Wet Wet Wet Step by Step: The Greatest Hits dirilis pada tahun 2013. Album ini berisi 3 lagu baru dan lagu lagu band ini sebelumnya.

Pellow keluar dari band ini pada tahun 2017 karena akan fokus pada karir solonya dan tahun 2018 masuk Kevin Simm sebanagi vokalis baru band ini.

Pada tahun 2021 dirilis album baru Wet Wet Wet The Journey, album ini merupakan album studio pertama mereka sejak tahun 2007 yang mengikut sertakan vokalis Kevin Simm.

Tommy Cunningham, drummer band ini keluar karena masalah pendengarannya, kemudian disusul dengan pemain keyboard Neil Mitchell yang keluar juga dan Wet Wet Wet.

Akhirnya Wet Wet Wet memutuskan untuk bergabung dengan Go West untuk tur bersama di Inggris dengan tema Best of Both Worlds yang akan dimulai pada bulan Januari 2024.

Selama masa karirnya "Wet Wet Wet" telah berhasil merilis 8 album Wet Wet Wet, diantaranya adalah :

- Popped in souled out (1987)
- The memphis session (1988)
- Holding back the river (1989)
- High on the happy side (1992)
- Cloak & dagger (1992)
- Picture this (1995)
- Ten (1997)
- Timeless (2007)
- The Journey (2021)

Wet Wet Wet juga telah berhasil memenangkan Brit Awards pada tahun 1988 melalui Themselves untuk kategori British Breakthrough Act dan beberapa kali masuk nominasi Brit awards dan Ivor Novello Awards.

Terima kasih sudah berkunjungdan sudah membaca artikel WET WET WET, BAND SOFT ROCK SCOTLANDIA MELEJIT TAHUN 9182, semoga dapat menambah perbendaharaan musik kita dan terima kasih juga jika sudah dishare ke teman-teman pecinta musik.

(Sumber : wikipedia)

0 komentar