Belajar gitar untuk pemula, kenali dahulu bagian bagian gitarnya

Selain chord belajar gitar, kuasai juga bagian bagian dari gitar
(sumber dari : compusiciannews.com)

Mau belajar gitar, yuk kenali dahulu bagian dari gitar

Untuk memulai belajar gitar maka sebaiknya pemula mengenal terlebih dahulu bentuk dan bagian dari gitar itu sendiri ya. Oleh sebab itu, menjadi akan lebih mudah mempelajarinya, jika sudah mengenal terlebih dahulu bagian bagian dari gitar tersebut.

Gitar adalah salah satu alat musik berdawai yang cara memainkannya dengan cara dipetik senar gitarnya dengan menggunakan jari ataupun dengan plektrum atau alat pemetik atau pick. 
 
Sedangkan untuk jenis gitarnya terdapat 3 macam jenis gitar, diantaranya adalah jenis gitar elektrik, gitar klasik dan jenis gitar akustik. Namun demikian, secara umum jenis gitar hanya ada 2 macam saja yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.
Jenis jenis gitar 

Gitar akustik merupakan jenis gitar dimana suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar kedalam suatu ruang. 
 
Suara yang berada didalam ruang tadi akan beresonansi terhadap kayu yang digunakan untuk membuat gitar, sehingga semakin bagus kualitas kayu yang digunakan dalam pembuatan gitar maka akan berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan juga akan semakin bagus.

Gitar elektrik merupakan gitar yang dirancang agar bunyi yang dihasilkan dapat diperkuat secara elektrik sehingga jika gitar elektrik dimainkan tanpa penguat elektriknya maka bunyi yang dihasilkan akan relatif pelan.
 

Karena gitar merupakan salah satu alat musik berdawai yang paling populer di kalangan masyarakat pada umumnya dan terutama dikalangan kaum muda. 
 
Oleh sebab itu, tidak lengkap rasanya kalau pada acara kumpul-kumpul, santai dan bernyanyi bersama dengan teman-teman, kemudian tidak ada seorangpun yang dapat bermain gitar untuk meramaikannya.

Tentu kita juga pernah mengalaminya pada saat kita masih muda dahulu, kita akan sangat terpesona sekali jika melihat seorang anak muda baik pria ataupun wanita yang mahir dalam bermain gitar.
 
Apalagi kalau mereka selain dia terampil dalam bermain gitar juga dianugerahi wajah yang tampan dan cantik serta memiliki suara yang bagus, lengkap sudah perasaan terpukau kita melihatnya.

Yuk kita pelajari bersama, apa saja bagian-bagian yang terdapat di sebuah gitar :



Bagian-bagian dari gitar adalah :


1.  Headstock (Kepala gitar)


(sumber gambar dari : caragitar.com)
 
Pada Headstock atau kepala gitar pada umumnya terdapat 2 lubang telinga, dan dibagian Headstock masih terdapat bagian-bagian seperti :

- Tuning peg (Batang pengatur)

(sumber gambar dari : caragitar.com)
 
Tuning peg merupakan batang pengatur biasanya untuk gitar akustik tidak terbuat dari stainles steel.

- Nut (Net atau Mur)
(sumber gambar dari : caragitar.com)
 
Nut merupakan sebuah bantalan kecil yang berwarna putih, digunakan untuk menyangga ke 6 senar gitar supaya dapat menghasilkan bunyi yang nyaring.


2.  Neck (Leher gitar)


Neck atau leher gitar merupakan bagian dari sebuah gitar yang juga menentukan kualitas dari sebuah gitar klasik, karena untuk gitar klasik yang bagus ditentukan oleh neck atau leher gitar yang lurus. Bagian dari Neck terdiri dari : 

- Fret

(sumber gambar dari : caragitar.com)
 
Fret merupakan besi yang melintang pada fingeboard/ Fretboard, biasanya terbuat dari bahan logam. Dalam sebuah gitar biasanya terdiri dari 19 fret, dimana fungsi fret sangat menentukan nada pada senar gitar.

- Fingerboard
 
(sumber gambar dari : caragitar.com)
 
Fingerboard atau papan jari merupakan bagian dimana kita dapat menempatkan jari-jari kita untuk menekan senar pada fret tertentu. Pada fingerboard biasanya terdapat pada bagian depan dari leher gitar (Neck).

- String (Senar gitar)
 
(sumber gambar dari : caragitar.com)
 
Senar gitar merupakan bagian terpenting dari sebuah gitar karena tanpa senar sebuah gitar tidak akan dapat dimainkan. 
 
Sebuah gitar biasanya akan mempunyai 6 senar yang berukuran berbeda-beda yaitu senar 1, 2, 3, 4, 5, dan senar 6. 
 
Senar gitar biasanya terbuat dari nilon dan jenis tuning yang sering digunakan adalah "standard tunning", dimana masing-masing senar akan menghasilkan nada :
 
Senar 1 bernada E', senar 2 bernada B, senar 3 bernada G, senar 4 bernada D, senar 5 bernada A dan senar 6 bernada E.

- Heel (Penghubung)

3.  Body (Badan gitar)


Body (Badan gitar) terdiri dari :
(sumber gambar dari : caragitar.com)
 
Bagian dari body gitar merupakan bentuk yang dapat dikreasikan oleh penciptanya sehingga bentuk body gitar ini sangat beraneka macam tergantung dari kreasi para pembuatnya dan dapat dijadikan sebagai ikon bagi para pemegang hak cipta dari gitar tersebut.

- Rib
- Purfling
- Sound Hole (Lubang suara)
 
(sumber gambar dari : caragitar.com)
 
Sound hole atau lubang suara merupakan bagian yang digunakan untuk akses dari soundboard, sehingga suara yang ditimbulkan oleh senar gitar akan melewati lubang suara ini sebelum suara atau bunyi ini diresonansikan oleh soudboard gitar.

Soundboard merupakan kotak resonansi yang terdapat pada gitar, bentuknya seperti tabung yang didalamnya terdapat ruangan yang fungsinya untuk meresonansi suara dari senar gitar sehingga suara yang dihasilkan akan lebih nyaring dan keras.

- Bridge (Jembatan)
 
(sumber gambar dari : caragitar.com)
 
Bridge atau jembatan biasanya terbuat dari kayu yang berkualitas bagus, bridge mempunyai fungsi untuk mengkaitkan senar gitar pada body gitar dan pada bridge terdapat bantalan putih yang bernama saddle.
 
Saddle fungsinya hampir sama dengan nut yaitu digunakan untuk menyangga ke 6 senar supaya dapat menghasilkan suara atau bunyi yang nyaring.
 

Salah satu pelengkap dari bagian gitar adalah alat pemetik (Pick). Nah, alat ini merupakan bagian terpenting juga karena digunakan sebagai pelengkap bagian-bagian dari gitar yang sudah kita bahas diatas. 
 
Dengan  alat yang dinamakan dengan alat pemetik (Pick),  maka dapat kita gunakan sebagai alat pemetik dawai gitar

Berbagai macam alat pemetik (Pick)
(sumber gambar dari : wikipedia)

Alat pemetik (pick) atau plectrum adalah sebuah alat yang terbuat dari bahan keras seperti plastik, tulang, kayu, baja ataupun cangkang kura-kura. Cara penggunaan pick ini dipegang dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk kemudian digunakan untuk memetik senar gitar.

Silahkan mencoba belajar gitar !!

Terima kasih sudah membaca blog ini yang berisi artikel tentang BELAJAR GITAR UNTUK PEMULA, KENALI DAHULU BAGIAN-BAGIAN GITARNYA, semoga bermanfaat dan dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber : Wikipedia)

0 komentar