Don Williams Country Music, Jalan kesuksesannya

Don Williams musician, juga menekuni sebagai penulis lagu dan penyanyi country bersuara bass bariton, peraih penghargaan Country Music Hall of Fame tahun 2010

Don Williams country penyanyi country terkenal

Don Williams penyanyi country music terkenal yang berasal dari Amerika Serikat ini memiliki suara khas bass bariton yang sangat halus dengan nada yang sangat lembut sehingga dia diberi julukan Gentle Giant atau Raksasa Lembut dari jenis musik country. 
 
Pada setiap penampilannya, dia selalu menggunakan topi Don Williams sebagai ciri khas topi country music songs Don Williams.

Selain sebagai seorang penyanyi dengan genre musik country dan country pop yang telah digelutinya sejak tahun 1971, dia juga sebagai seorang musisi, penulis lagu yang telah sukses di genre musik country.
 
Apabila Anda mendengar nama Don Williams, otomatis Anda akan langsung mengerti bahwa lagu oleh Don Williams musiknya adalah musik country, sehingga Don Williams identik dengan the best country music.

Perjalanan karir Don Williams

Don Williams terlahir dengan nama Donald Ray Williams. Dia lahir pada tangal 27 Mei 1939, di Floydada, Texas dan telah meninggal dunia pada tanggal 8 September 2017 di Mobile, Alabama karena emfisema. 

Istri Don Williams bernama Joy Janene Bucher dan mereka menikah pada April 1960. Mereka berdua telah dikaruniani 2 orang anak.

Penyanyi country asal Amerika ini sebelumnya adalah penulis lagu, ketenarannya dalam menggeluti musik country telah menjadikan dia ditetapkan kedalam Country Music Hall of Fame oleh Assosiasi Music Country pada tahun 2010.

Selain itu, dia juga sebagai pemenang penghargaan CMA / ACM dan menjadi salah satu bintang country terkenal di Amerika dan juga di dunia.

Penyanyi country bersuara bariton ini mempunyai suara yang halus, nadanya lembut, meskipun Don Williams mempunyai bentuk tubuh yang tinggi besar. Hal ini, menjadikan dia mendapat julukan The Gentle Giant. 

Selain itu, lagu lagu oleh Don Williams juga banyak mempengaruhi artis artis lain meskipun artis artis tersebut berbeda aliran musiknya dengan Don Williams.

Baca juga :  Willie Nelson, Legend Dan Icon Penyanyi Country

Don Williams juga terjun kedunia film dengan membintangi film WW and the Dixie Dancekings. Selain itu, dia juga bermain bersama Burt Reynolds dan Jerry Reed. 

Dalam film ini Don William mendapat peran kecil yakni sebagai anggota band Dixie Dancekings. Namun demikian, dalam film Universal Pictures Smokey and the Bandits, Don Williams muncul sebagai dirinya sendiri dengan membawakan beberapa lagunya.

Sebelum memulai karir solonya, Don Williams telah berkarir di dunia musiknya selama 7 tahun dengan bergabung di kelompok folk pop Pozo Seco Singers. Setelah itu, barulah dia memulai karir solonya di sekitar tahun 1971. 

Didalam bersolo karir, dia menyanyikan lagu lagu country balada hingga dia berhasil mengantongi 17 country hit yang telah menduduki peringkat pertama di chart country. Prestasi Don Williams ini sungguh sangat menakjubkan dalam karir musiknya tersebut.

Don Williams adalah 3 bersaudara dan dia adalah anak terakhir dari orang tua yang bernama Loveta Mae dan James Andrew “Jim” Williams. Don Williams sejak kecil dibesarkan di Portland, Texas dan selesai SMA pada tahun 1958 di Gregory-Portland.

Namun demikian, orang tua Don Williams mengalami perceraian dan ibunya menikah lagi dengan Chester Lang tetapi kemudian berganti lagi dengan Robert Bevers. Don Williams juga pernah bertugas di Badan Keamanan Angkatan Darat Amerika Serikat selama 2 tahun.

Untuk selanjutnya, dia membentuk grup pop folk Pozo-Seco Singers, setelah dia berhenti secara terhormat di Badan Keamanan Angkatan Darat Amerika Serikat tersebut. 

Di grup folk Pozo-Seco Singers tersebut, dia bermain bersama 2 anggota personil lainnya yang bernama Susan Taylor, Lofton Cline dan Don Williams sendiri. Namun demikian, grup ini akhirnya bubar pada tahun 1970 dan Don Williams mulai bersolo karir.

Dia juga sempat meninggalkan karir musiknya setelah singers Pozo Seco bubar. Kemudian dia bekerja membantu mertuanya, akan tetapi Don Williams akhirnya kembali lagi ke dunia musiknya dan bersolo karir pada tahun 1971. 

Tanda tangan kontrak pertamanya bukan sebagai penyanyi tetapi sebagai penulis lagu di Jack Music Inc. Tepatnya pada tahun 1972, dia baru mendapatkan penawaran kontrak sebagai penyanyi country solo dengan nama JMI Records. 


Akhirnya, lagu pertamanya yang berjudul We Should Be Together berhasil menduduki urutan ke 5 dan I Wouldn’t Want To Live If You Didn’t Love Me berhasil hit dan menduduki peringkat pertama. 

Lagu pertamanya ini merupakan salah satu lagu hit dari 10 lagu hit yang dia miliki selama tahun 1974 sampai tahun 1991 dan dari jumlah 46 single yang berhasil dirilis oleh Don Williams hanya 4 lagu yang tidak masuk Top ten.

Lagu lagu country hit Don Williams banyak yang di cover oleh artis penyanyi terkenal seperti Johnny Cash, Eric Clapton, Calude Russel Bridges, Lefty Frizzell, Josh Turner, Sonny James, Alison Krauss, Billy Dean, Charley Pride, Kenny Rogers, Lambchop, Alan Jackson, Tomeu Penya, Waylon Jennings, Pete Townshend serta Tortoise with Bonnie Prince Billy.

Music country Don Williams terkenal ke hampir semua negara di dunia termasuk diantaranya di negara Inggris, Australia, Selandia Baru, Irlandia, Ukraina, India, Ethiopia, Kamerun, Nigeria, Ghana, Kenya, Malawi, Afrika Selatan, Sierra Leone, Uganda, Namibia dan Zimbabwe.

Lagu lagu country hit yang kesebelas Don Williams I Believe In You karya Roger Cook dan Sam Hogin direkam oleh Don Williams pada tahun 1980 dan telah berhasil menduduki peringkat pertama di chart country dan juga menjadi hit di negara Australia, Selandia Baru dan Eropa. 
 
Dia juga pernah tampil di film Universal Picture sebagai dirinya sendiri dengan menyanyikan beberapa lagunya di film Smokey & The Bandit II.

Turnya yang bertajuk Farewell Tour Of The Word diselenggarakan di awal tahun 2006 dan tur tersebut dianggap sukses karena berhasil diterima dengan baik oleh para penggemarnya dan dapat memberikan perasaan emosional.
 
Hal ini, membuat lagu lagu country music yang dilantunkannya telah menyentuh sampai kehati para penggemarnya yang hadir pada saat itu.

Rencana dari Don Williams akan mengakhiri karir musiknya pada tahun 2010, akan tetapi pada tahun 2012 dia justru merilis kembali lagu berjudul And Si It Goes.
 
Hal ini, menjadikan Don Williams telah mencatatkan rekor baru dan merupakan rekor pertama sejak tahun 2004 di Sugar Hill Record, record tadi termasuk juga penampilan dari Alison Krauss, Keith Urban dan Vince Gill


Memasuki tahun 2016, tibalah saatnya Don Williams benar benar telah melepaskan karir musiknya. Hal ini, karena dia ingin pensiun dan telah membatalkan semua jadwal musik yang telah diterimanya. 
 
Setelah selama 6 dekade menjadi seorang penyanyi country yang cukup terkenal maka dia sudah merasa cukup dan ingin menikmati momen momen santai dirumahnya. 

Kesuksesannya sebagai penyanyi country didukung oleh postur badannya yang tinggi besar dengan tinggi badan 6-kaki-1-inch dan dengan suara yang lembut maka dia telah berhasil menghibur banyak penggemar penggemarnya sehingga dia mendapat julukan Gentle Giant.

Don Williams merasa bersyukur atas dukungan dari keluarga, teman teman dan para penggemarnya selama ini sehingga dia dapat menjadi penyanyi country terkenal seperti sekarang ini. Dia telah berhasil menelurkan ratusan lagu lagu kenangan dan 50 lagu diantaranya berhasil menjadi lagu hit. 

Lagu lagu country music Don Williams kebanyakan berupa lagu lagu balada dan lagu lagu bermakna cinta.  
 
Vokal suara khas Don Williams serta kepekaannya dalam bernyanyi di musik country merupakan kekuatan utama dari Don Williams. Hal ini, telah dibuktikannya dengan kesuksesan yang telah diraihnya sampai dia pensiun.

Hampir setiap tahun dia berhasil mengkoleksi lagu hit countrynya, diantaranya lagu lagu Don Williams yang hit tsb berjudul :

- Good Ole Boys Like Me

- Till The Rivers All Run Dry

- It Must Be Love

- I’m Juts A Country Boy

- Amansa

- I Believe In You

Lagu lagu Don Williams, dengan nada mellow dari suara baritonya yang halus, dengan judul lagu :

- Tulsa Time

- Back In My Younger Days

- Louisiana Saturday Night

Lagu lagu Don Williams yang diindentifikasikan dalam keabadian seperti :

- You’re My Best Friend

- Come Early Morning

- Lord, I Hope This Day Is Good

Ketiga lagu lagu oleh Don Williams Lord I Hope This Day Is Good, You're My Best Friend dan Come Early Morning inilah yang terus bergema dikancah musik dunia dari dahulu sampai dengan sekarang dan tidak hilang ditelan oleh masa.
 
Don Williams sebagai peraih CMA Male Vocalist of the Year pada tahun 1978 melalui lagu berjudul Tulsa Time dan juga peraih ACM Record of the Year untuk tahun 1979.
 
Kemudian dilanjutkan lagi pada tahun 2010, karena dia berhasil menerima penghargaan tertinggi musik country, dengan berhasil dilantik ke dalam Music Hall of Fame Country. 

Dia sempat bekerja diluar musik setelah grupnya bubar. Akhirnya tahun 1971, dia mendapatkan tandatangan kontrak sebagai penulis lagu untuk Jack Clement dan tahun 1972 mendapatkan tanda tangan kontrak di JMI Records untuk artis country solonya.

Lagu lagu country music Don Williams You’re My Best Friend dan I Recall a Gypsy Woman Don Williams,  berhasil memuncak di Inggris pada tahun 1976 dan menduduki Top 40 Pop Chart Hits.

Lagu pertama Don Williams I Would’t Want to Live If You Didn’t Love Me, bersama dengan ABC/Dot berhasil menduduki peringkat pertama lagu hit. 

Lagu ini juga menjadi lagu yang mencapai peringkat tertinggi dari Don Williams selama tahun 1974 – 1991 dan hanya 4 lagu dari 46 lagunya yang tidak berhasil masuk kedalam 10 besar.

Lagu Don Williams I Believe in You berada di peringkat 1 ditangga lagu country, lagu ini ditulis oleh Roger Cook dan Sam Hogin. Selain itu, lagu ini adalah lagu satu satunya yang masuk grafik Top 40 AS dan peringkat 24 di Australia, Selandia Baru dan Eropa.

Don Williams memulai turnya Farewell Tour of the World pada tahun 2006 yaitu tur di AS dan dibeberapa negara dan berakhirnya tur Final Farewell Concert di Memphis, Tennessee, di Cannon Center for Performing Arts. Tur ini sukses karena ticketnya terjual habis.

Tahun 2010, Don Williams kembali mengadakan tur, setelah beberapa lama pensiun.

Tahun 2012, merilis And So It Goes. Dia didampingi oleh bintang tamu Alison Krauss, Keith Urban dan Vince Gill untuk menemani perilisan album terbarunya dan memulai tur ke Inggris pada tahun 2014.

Don Williams mulai pensiun pada bulan Maret 2016 dan membatalkan semua tur yang sudah direncanakan karena ingin menikmati masa tenangnya dirumah. Namun demikian, belum genap setahun pensiun, Don Williams meninggal dunia pada tanggal 8 September 2017.

Penghargaan yang diperoleh Don Williams :

- Tahun 1978, memenangkan ACM Single Record of the Year – Tuisa Time oleh Academy of Country Music (ACM)

- Tahun 1978, memenangkan CMA Male Vocalist of the Year dari Country Music Association (CMA)

- Tahun 1976, 1977, 1978, 1979, 1980, masuk nominasi ACM Top Male Vocalist dari Academy of Country Music (ACM)

- Tahun 1980, masuk nominasi ACM Album of the Year untuk lagu I Believe in You dari Academy of Country Music (ACM)

- Tahun 1980, masuk nominasi ACM Single Record of the Year untuk lagu I Believe in You dari Academy of Country Music (ACM)

- Tahun 1982, masuk nominasi ACM Album of the Year untuk lagu Listen to the Radio

- Tahun 1976, 1977, 1979, 1980, 1981, masuk nominasi CMA Male Vocalist of the Year dari Country Music Association (CMA)

- Tahun 1978, masuk nominasi CMA Album of the Year untuk lagu Country Boy dari Country Music Association (CMA)

 

Album album Don Williams :

- Don Williams Volume 1 (dirilis tahun 1973)

- Don Williams Volume 2 (dirilis tahun 1974)

- Don Williams Volume 3 (dirilis tahun 1974)

- You’re My Best Friend (dirilis tahun 1975)

- Harmony (dirilis tahun 1976)

- Visions (dirilis tahun 1977)

- Country Boy (dirilis tahun 1977)

- Expressions (dirilis tahun 1978)

- Portrait (dirilis tahun 1979)

- I Believe in You (dirilis tahun 1980)

- Especially for You (dirilis tahun 1981)

- Listen to the Radio (dirilis tahun 1982)

- Yellow Moon (dirilis tahun 1983)

- Cafe Carolina (dirilis tahun 1984)

- New Moves (dirilis tahun 1986)

- Traces (dirilis tahun 1987)

- One Good Well (dirilis tahun 1987)

- True Love (dirilis tahun 1990)

- Currents (dirilis tahun 1992)

- Borrowed Tales (dirilis tahun 1995)

- Flatlands (dirilis tahun 1996)

- I Turn the Page (dirilis tahun 1998)

- My Heart to You (dirilis tahun 2004)

- And So It Goes (dirilis tahun 2012)

- Reflections (dirilis tahun 2014)

 

Lagu yang ditulis oleh Don Williams :

Dari album Don Williams Volume 1 (dirilis tahun 1973)

"Too Late to Turn Back Now" co writer Allen Reynolds

"The Shelter of Your Eyes" masuk peringkat 14 US Country

"I Recall a Gypsy Woman" co writer Reynolds, Bob McDill, masuk peringkat 13 US Country

"How Much Time Does It Take"

"My Woman's Love"

"Don't You Believe"

Dari album Don Williams Volume 2 (dirilis tahun 1974)

"Your Sweet Love"

"Atta Way to Go", masuk peringkat 13 US Country

"Oh Misery"

"Down the Road I Go"

Dari album Don Williams Volume 3 (dirilis tahun 1974)

"Fly Away"

"Goodbye Really Isn't Good at All"

"Such a Lovely Lady"

"Why Lord Goodbye"

Dari album You’re My Best Friend (dirilis tahun 1975)

"Where Are You"

"You're the Only One"

"Reason to Be" co writer Kerry Livgren

Dari album Harmony (dirilis tahun 1976)

"Til the Rivers All Run Dry" co writer Wayland Holyfield, masuk peringkat 1 US Country

"You Keep Coming 'Round"

"Don't You Think It's Time"

"I Don't Want the Money"

"Maybe I Just Don't Know"

"Ramblin' (instrumental)"

Dari album Visions (dirilis tahun 1977)

"I'll Never Forget"

"In the Mornin'"

"Missing You, Missing Me" co writer Allen Reynolds

"We Can Sing"

Dari album Country Boy (dirilis tahun 1977)

"Overlookin' and Underthinkin'" co writer Joe Allen, Deoin Elijah Lay

"I've Got a Winner in You" co writer Wayland Holyfield, masuk peringkat 7 US Country

"It's Gotta Be Magic"

Dari album Expressions (dirilis tahun 1978)

"Lay Down Beside Me", masuk peringkat 3 US Country

Dari album Portrait (dirilis tahun 1979)

"We're All the Way"

"You Get to Me"

"Love Me Over Again", masuk peringkat 1 US Country

Dari album Listen to the Radio (dirilis tahun 1982)

"If She Just Helps Me Get Me Get Over You" co writer Allen Reynolds

Dari album Cafe Carolina (dirilis tahun 1984)

"Leaving"

"True Blue Hearts"

Dari album New Moves (dirilis tahun 1986)

"The Light in Your Eyes"

Dari album One Good Well (dirilis tahun 1989)

"Cryin' Eyes"

"We're All the Way"

Don Williams 20 Greatest Hits :

- Amanda

- Come Early Morning

- I Would’t Want to Live If You Didn’t Love Me

- You are my Best Friend

- (Turn Out The Light and) Love Me to Night

- Say It Again

- She Never Knew Me

- Some Broken Hearts Never Mend

- I’m Just a Country Boy

- Rake and Rumblin’ Man

- Tulsa Me

- It Must Be Love

- Love Me Over Again

- Good Ole Boys Like Me

- I Believe In You

- Lord I Hope This Day Good

- If Hollywood Don’t Need You (Honey I Still do)

- Love is on a Roll

- Thats The Thing about Love

- Maggie’s Dream

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Don Williams, Country Music Jalan Kesuksesannyasemoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : wikipedia

0 komentar