Nana Mouskouri, Only Love, lagu hit terlaris di Amerika

Nana Mouskouri, penyanyi Yunani yang terkenal di dunia, karena mampu menjual hingga 300 hingga 400 juta rekaman

Nana Mouskouri, penyanyi Yunani yang melejit di Eropa 

Nana Mouskouri merupakan seorang penyanyi asal Yunani yang sudah masuk ke kancah musik internasional dan termasuk sebagai salah seorang artis musik yang paling laris di dunia. 
 
Selama karir musiknya, dia sudah merilis sejumlah 200 album dan dalam berbagai macam bahasa diantaranya direkam dalam beberapa antara lain bahasa Yunani, Perancis, Inggris, Jerman, Belanda, Italia, Portugal, Spanyol, Ibrani, Welsh, Cina Mandarin, Korsika dan Turki.

Dia juga telah berhasil menjadi populer di Eropa melalui sebuah lagu Nana Mouskouri The White Rose Of Athens. 
 
Lagu ini direkam pertama kalinya dalam bahasa Jerman dengan Weiße Rosen aus Athen, dimana lagu ini merupakan adaptasi dari lagu Yunani. Karir musiknya melejit karena diperkuat juga dengan pendidikannya di bidang musik. Hal ini, karena dia telah belajar di Academy Of Music di Athena. 

Melalui lagu The White Rose Of Athens ini, yang merupakan lagu pertama kali bagi Nana Mouskouri yang berhasil rekaman pada tahun 1958. Lagu ini langsung meledak luar biasa di Eropa pada tahun 1962, dengan telah berhasil lagu ini mencapai penjualan albumnya hingga mencapai satu juta keping.

Nana Mouskouri pada tahun 2015 telah berhasil memperoleh penghargaan The Echo Music Price for Achievements dari The German Music Association Deutsche Phono Akademie. 
 
Dalam karir musiknya, dia adalah seorang penyanyi bergenre jazz, pop lagu rakyat, musik rakyat Yunani dan musik klasik yang telah berhasil merilis lebih dari 200 album serta lagu-lagunya diproduksi dalam 10 macam bahasa.

Perjalanan karir musik Nana Mouskouri

Nana Mouskouri merupakan penyanyi kelahiran Chania, Kreta, Yunani dan terlahir dengan nama Ioánna Moúschouri dan lebih dikenal dengan nama Nana Mouskouri. 
 
Dia lahir pada tanggal 13 Oktober 1934. Dia dikaruniai 2 orang anak yang bernama Hélène Petsilas dan Nicolas Petsilas serta mempunyai pasangan bernama Andre Chapelle (m. 2003) dan Yorgos Petsilas (m. 1961 – 1975).

Ayahnya bernama Constantine yang bekerja sebagai proyektor film di bioskop lokal sedangkan ibunya bernama Alice. Pada awalnya Nana Mouskouri beserta keluarganya tinggal di Chania, Crete tetapi kemudian pindah ke Athena. 

Bakat musik dari Nana Mouskouri sudah terlihat sejak dia berusia 6 tahun karena dia mempunyai suara yang luar biasa sejak kecil.
 
Menurut gurunya, dia sudah bisa bernyanyi mulai dari husky, gelapalto sampai turun ke coloratura mezzo sehingga membuat suaranya berbeda dan indah untuk dinikmati.

Masa kejayaan karir musiknya ditandai dengan pendudukan Nazi Jerman di Yunani dan ayahnya juga ikut serta dalam gerakan perlawanan anti Nazi di Athena. 
 
Sejak usia 12 tahun, dia sudah sering mendengarkan lagu lagu dari penyanyi penyanyi terkenal seperti Frank Sinatra, Ella Fitzgerald, Billie Holiday dan Edith Piaf.

Dia berhasil masuk di Conservatoire pada tahun 1950, Sejak itu, dia mulai belajar musik klasik yang dikhususkan untuk menyanyi opera. Setelah berjalan selama 8 tahun di Conservatoire, dia mulai bereksperimen ke musik jazz dan setelah mendapat dorongan dari teman-temannya. 

Eksperimennya di musik jazz ini, membuat Nana Mouskouri tidak dapat mengikuti ujian di musik klasiknya karena menurut profesornya bahwa dia sudah tidak sesuai lagi dengan genre musik yang dipelajarinya.

Baca juga : Dolly Parton, Seorang Penyanyi Yang Berhasil Menghapus Batas Musik Country Dengan Pop

Akhirnya Nana Mouskouri mulai meninggalkan Conservatoire dan mulai tampil bernyanyi dengan musik jazz di klub malam Zaki di Athena.

Nana Mouskouri albums, dan lagu lagu yang dirilis

Pada tahun 1957, dia berhasil merekam lagu pertamanya yang berjudul Fascination dengan menggunakan bahasa Yunani dan Inggris. Hal ini, dilakukannya setelah bertemu dengan komposer Yunani yang bernama Manos Hadjidakis pada tahun 1958. 

Nana Mouskouri di buatkan lagu oleh Manos Hadjidakis, karena dia terpukau dengan suara Nana Mouskouri sehingga dia dibuatkan sebuah lagu yang berjudul Kapou Iparchi I Agapi Mou. 
 
Lagu ini berhasil meraih juara pertama di Yunani Song Festival. Nah, dari kemenangannya ini, telah berhasil menunjukkan keberadaan Nana Mouskouri dan mulai mendapat perhatian dari pecinta musik.

Sampai akhirnya pada tahun 1961, dia berhasil tampil dengan soundtrack dari Jerman tentang Yunani dengan menggunakan bahasa Jerman dengan judul Weisse Rosen aus Athen (White Roses Of Athena) dan lagu ini pada awalnya merupakan sebuah melodi rakyat. 

Tetapi sungguh luar biasa, lagu ini sangat sukses hingga berhasil terjual sampai 1 juta kopi sehingga sampai diterjemahkan dalam berbagai macam bahasa.

Pada tahun 1979, dia berhasil merilis sebuah album Nana Mouskouri Roses And Sunshine, dimana didalam album tersebut sebagian besar bergenre folk dan country material.
 
Selain itu, terdapat juga lagu hasil karya Neil Young, Dolly Parton, Bob Dylan dan John Denver, serta berisi juga lagu berjudul Even Now yang merupakan sebuah lagu hit dari Barry Manilow.

Baca juga : John Denver, Penyanyi Country Terkenal Asal Amerika Dan Sang Pujangga Asal Colorado

Nana Mouskouri berhasil menelurkan lagu hit pada tahun 1981, melalui lagunya yang berjudul Je Chante Avec Toi, Liberté.
 
Lagu ini berhasil mencetak hit juga di seluruh dunia, kemudian dilanjutkan pada tahun 1985 berhasil menduduki peringkat ke 2 di tangga lagu Inggris yaitu melalui lagu Only Love sebagai lagu tema dari serial TV Putri Mistral British hasil karya Judith Krantz.

Pada tahun 1987, dia juga sukses merilis 5 album dengan berbagai macam bahasa, dan tahun 1988 dilanjutkan lagi dengan melakukan serangkaian konser di Asia. Di tahun tersebut merupakan kembalinya Nana Mouskouri ke akar konservatorium klasik.

Lagu Nana Mouskouri yang berjudul Only Love berhasil mencetak hit ulang pada tahun 1991 dan menjadi lagu terlaku di Amerika Serikat, kemudian pada tahun 1993 dia telah membuat sebuah album yang berisi koleksi lagu lagu populer dari film.

Nana Mouskouri diterima di Coservatoire pada tahun 1950 untuk belajar musik klasik dan memfokuskan pada penyanyi opera. Kemudian, teman teman Nana Mouskouri mendorong dia untuk bereksperimen ke musik jass.

Karena keterlibatan Nana Mouskouri dengan genre musik yang tidak sesuai dengan sudy klasiknya. Hal ini, membuat dia tidak diperkenankan mengikuti ujian akhir tahun. Akhirnya, Nana Mouskouri keluar dari Conservatoire dan mulai tampil di klub Zaki di Athena.

Tahun 1957, pertama kalinya merekam lagu Fascination dalam bahasa Yunani dan Inggris untuk Odeon/ EMI Yunani. Nana Mouskouri mulai mendapat perhatian, setelah dia memenangkan hadiah pertama di Festival lagu Yunani dengan lagu Hadjidakis berjudul “Κάπου υπάρχει η αγάπη”.

Pada festival lagu Yunani tahun 1960, Nana Mouskouri membawakan 2 komposisi lagu milik Hadjidakis berjudul "Τιμωρία" dan "Κυπαρισσάκι". Kedua lagu ini mendapat juara pertama.

Kemudian dilanjutkan dengan tampil di Festival lagu Mediterania, di Barcelona dengan komposisi lagu Kostas Yannidis berjudul "Ξύπνα αγάπη ".

Lagu ini berhasil memenangkan hadiah ke 1, sehingga untuk pertama kalinya Nana Mouskouri menandatangani kontrak dengan Philips Fotana.

Nana Mouskouri menampilkan soundtrack film dokumenter Jerman mengenai Yunani pada tahu 1961. Sountrack ini menelurkan lagu berbahasa Jerman berjudul Weiße Rosen aus Athen dimana lagu ini awalnya telah diadaptasi oleh Hadjidakis dari melodi rakyat.

Lagu ini sukses di Jerman dan terjual lebih dari 1 juta kopi dan menjadi salah satu lagu khas dari Nana Mouskouri yang kemudian diterjemahkan kedalam beberapa bahasa.

Nana Mouskouri menikah 2 kali, suami pertamanya adalah Yorgos (George) Petsilas merupakan gitaris band pendukungnya trio “The Athenians” dan dikaruniai 2 orang anak Nicolas Petsilas dan Helene (Lenou) Petsilas.

Suami keduanya adalah seorang produser rekaman yang bernama Andre Chapelle, Nana Mouskouri menikah dengan suami keduanya pada tanggal 13 Januari 2003 dan dia tinggal di Swiss dengan suami keduanya tersebut.

Nana Mouskouri pindah ke Paris pada tahun 1960 dan mengikuti kontes lagu Eurovision tahun 1963 dengan menampilkan lagu force de prier. Hal ini, membuat Nana Mouskouri dapat meraih penghargaan bergengsi Grand Prix du Disque di Paris dan menarik perhatian komposer Prancis Michel Legrand.

Michel Legrand menggubah 2 lagu yang berhasil menjadi lagu hit besar untuk Nana Mouskouri di Prancis, dengan lagu berjudul Les Parapluies de Cherbourg dan L’Enfant au Tambour.

Tahun 1962, Quincy Jones mengajak Nana Mouskouri untuk merekam album jazz Amerika berjudul The Girl from Greece Sings. Untuk selanjutnya, Nana Mouskouri berhasil mencetak lagu hit My Coloring Book di Inggris.

Album kedua berjudul Nana Sings dirilis tahun 1965, sehingga penyanyi Amerika bernama Harry Belafonte menyukai album ini dan mengajak Nana Mouskouri untuk ikut tur bersama sampai tahun 1966.

Kerjasama Nana Mouskouri dengan Harry Belafonte menghasilkan album duo berjudul An Evening with Belafonte/Mouskouri. Mereka berdua tampil di televisi Amerika pertama kalinya di Danny Kaye Show dengan membawakan lagu Telalima dan Σήκω.

Melalui album Prancis berjudul Le Jour où la colombe tahun 1967, mampu membuat Nana Mouskouri menjadi bintang super di Prancis. Album ini berisi lagu lagu Au cœur de septembre, Adieu Angélina, Robe bleue, robe blanche dan lagu klasik pop Prancis berjudul Le Temps des ceries.

Nana Mouskouri, untuk pertama kalinya tampil di teater konser Olympia yang legendaris di Paris dan dia membawakan lagu lagu pop Prancis, folk Yunani dan lagu milik Hadjidakis.

Kesuksesan dari Nana Mouskouri ini, menarik perhatian Yvonne Littlewood yaitu seorang produser BBC di London, untuk mengajak Nana Mouskouri bergabung menjadi pembawa acara seral TV yang berjudul Presenting ... Nana Mouskouri dimulai dari tahun 1968.

Dalam episode, acara ini menampilkan lagu lagu reteptoar musik Yunani, chanson Prancis, karya klasik, pop kontemporer serta menampilkan musik musik dunia.

Pada umumnya, penyanyi bintang dari Eropa yang membawakan lagu dengan bahasa selain bahasa Inggris maka akan sulit masuk ke pasar Inggris. Namun, acara ini sangat populer oleh pemirsa BBC di London dan diseluruh dunia hingga pertengahan tahun 1970.

Nana Mouskouri merilis album LP Inggris Full-length berjudul Over and over pada tahun 1969 dan berhasil menduduki peringkat 10 di tangga lagu inggris selama 2 tahun.

Album ini merupakan album dalam bahasa Inggris dari Nana Mouskouri untuk pertama kalinya, dan berhasil terjual dengan baik di Inggris, Irlandia serta negara Eropa lainnya.

The exquisite Nana Mouskouri tahun 1969, Turn on the sun tahun 1970, A place in my heart tahun 1971 dan Presenting ... Nana Mouskouri tahun 1973. Kemudian konser tur Inggris dirilis di piringan hitam yaitu British Concert tahun 1972 dan Live at the Albert Hall tahun 1974.

Tahun 1970 dan 1980 an, Nana Mouskouri memperluas tur konsernya tidak hanya di Inggris tetapi ke Irlandia, Selandia Baru, Jepang dan Australia. Nana Mouskouri juga termasuk artis yang produktif, karena pada tahun 1970 telah merekam beberapa album berbahasa Jerman.

Album tersebut diantaranya adalah album hit berjudul Sieben schwarze Rozen tahun 1975, Lieder, die die Liebe schreibt tahun 1978.

Kemudian album terlaris seperti Comme un soleil tahun 1971, Une voix qui vient du coeur tahun 1972, Vieilles chansons de France tahun 1973 dan Quand tu chantes tahun 1976.

Selanjutnya album berjudul Passport, merupakan album kompilasi dimana lagu lagunya terpopuler di Inggris karena menduduki peringkat 3 di tangga album Inggris pada tahun 1976 dan meraih cakram emas.

Kepopuleran Nana Mouskouri meluas di Eropa, Amerika Serikat dan persemakmuran, sehingga dia diminta merekam lagu untuk pasar Jepang .

Di Taiwan, rekaman Nana Mouskouri menjadi populer khususnya dilingkungan siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi melalui album Inggrisnya yang berjudul Nana’s book of songs tahun 1974.

Nana Mouskouri meliris album bahasa Inggris berjudul Roses and Sunshine, album ini berisi folk dan country karya dari Neil Young, Dolly Parton, Bob Dylan dan John Denver.

Album ini mendapat tanggapan positif di Kanada dimana lagu berjudul Even Now menjadi lagu utama di beautiful music stasiun radio di Amerika Serikat.

Album ini juga menelurkan lagu hit di seluruh dunia pada tahun 1981, melalui lagu Je chante avec toi Liberte. Lagu ini diterjemahkan dalam beberapa bahasa setelah berhasil sukses di Prancis.

Kesuksesan album ini, mendorong album Jerman berjudul Meine Lieder sind mein Leben menjadi ikut melejit. Tahun 1984, Nana Mouskouri balik ke Yunani dan tampil di Odeon of Herodes Atticus dan ini merupakan penampilan pertama sejak penampilannya di tahun 1962.

Lagu tema serial TV Inggris Mistral’s Daughter berjudul Only Love direkam tahun 1985 dan lagu ini menduduki peringkat 2 di tangga lagu Inggris. 

Selain itu, lagu ini dengan versi L'Amour en Héritage (Prancis), Come un'eredità (Italia), La dicha del amor (Spanyol), dan Aber die Liebe bleibt (Jerman) berhasil menjadi lagu hit.

Pada tahun 1985, Mouskouri juga membuat lagu berbahasa Spanyol berjudul Con Toda el Alma. Lagu ini menjadi lagu hit di Spanyol, Argentina dan Chili. Tahun 1987. Selanjutnya Nana Mouskouri merilis 5 album dengan bahasa yang berbeda.

Tahun 1988, Nana Moskouri kembali lagi ke konservatif klasik dengan merilis LP ganda The Classical Nana dimana lagu lagunya merupakan adaptasi dari lagu lagu klasik serta kutipan dari opera.

Konser di Asia diantaranya ke Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Hongkong, Malaysia dan Thailand diselenggarakan pada tahun 1987.

Tahun 1991, merilis album bahasa Inggris berjudul Only Love: The Best of Nana Mouskouri dan menjadi album terlaris di Amerika Serikat. Selama tahun 1990, Nana Mouskouri mengisi kegiatan musiknya dengan melakukan tur keliling dunia.

Tahun 1990 merilis album musik spiritual berjudul Gospel, Nuestras Caciones berbahasa Spanyol, Côté Sud, Cté Coeur tahun 1992, Dix Mille Ans Encore dalam multi bahasa dan bertema mediterania, Falling in Love Again: Great Songs From the Film.

Nana Mouskouri merilis album Hollywood pada tahun 1993, album ini merupakan kumpulan lagu lagu dari film terkenal. 

Dan selama tahun 1996 dan 1997, Nana Mouskouri merekam album Nana Latina Spanyol yang berduet dengan Julio Iglesias dan Mercedes Sosa, album Return to Love berbahasa Inggris, dan Hommage album klasik pop Prancis.

Konser untuk perdamaian yang terkenal di Katedral St. John the Divine di New York dirilis tahu 1997 dan disiarkan utnuk TV spesial di PBS di Aperika Serikat. Nana Mouskouri mendapatkan gelar kehormatan dari McGill University, Kanada pada tanggal 30 Mei 2013.

Nana Mouskouri ditetapkan sebagai Goodwill Ambassador UNICEF pada tahun 1993, kemudian melanjutkan konsernya untuk penggalangan dana di Swedia dan Belgia untuk membantu penderitaan anak anak yang terdampak perang Bosnia.

Nana Mouskouri telah mengadakan koser yang jumlahnya ratusan sepajang karirnya dan Nana Mouskouri cds (satu set cd) yang dirilis pada tahun 2004. CD ini berisi 600 lagu yang sebagian besar berbahasa Prancis.

Nana Mouskouri tampil di kontes the Eurovision Song dimana di tampil pertama kalinya di Yunani, negara asalnya. 

Nana Mouskouri pensiun pada tahun 2005 sampai tahun 2008 dan melakukan tur konser perpisahan di Eropa, Australia, Selandia Baru, Asia, Amerika Selatan, Amerika Serikat dan Kanada.

Tahun 2010, Nana Mouskouri akan mulai berkarir kembali untuk membantu Yunani karena terjadinya krisis keuangan Yunani. Tahun 2011, Nana Mouskouri membuat konser tunggal di Berlin untuk merayakan ulang taahun ke 50 single hitnya The White Rose of Athens.

Tahun 2012, melakukan tur konser di Jerman dan pada usia 80 tahunnya dia mengawali tur selamat ulang tahunnya selama 3 tahun. Nana Mouskouri mendapatkan penghargaan musik Echo pada tahun 2015 untuk prestasi yang luar biasa oleh asosiasi musik Jerman Deutsche Phono-Akademie.

Penghargaan yang diperoleh Nana Mouskouri di berbagai negara, antara lain :

Di Britania Raya

Album Passport yang dirilis tahun 1976  mendapatkan sertifikasi Emas

Album Te Magic of Nana Mouskouri yang dirilis tahun 1977 mendapatkan status emas

Album Alone yang dirilis tahun 1986 dan album At Her Very Best yang dirilis tahun 2001 mendapatkan sertifikat perak

Di Perancis

Tahun 1995 mendapatkan sertifikasi emas pertamanya melalui album Nana Mouskouri 1 yang dirilis tahun 1987 dan album Master Serie Vo. 1 mendapatkan rekor emas keduanya

Di Jerman

Mempunyai 6 album yang memperoleh sertifikasi dari BVMI, melalui album terlarisnya yang berjudul Nana Mouskouri In New York mendapatkan 5 kali emas tahun 2015. 

Album Nana Mouskouri Die schönsten deutschen Weihnachtslieder, Lieder, die die Liebe schreibt, Alles Liebe, Die Welt ist voll Licht dan Sieben schwarze Rosen dan album album ini mendapatkan sertifikasi emas.

Di Amerika Serikat

Album Only Love – The Best of Nana Mouskouri di AS menduduki puncak tangga lagu dan menduduki peringkat 141 di Billboard 200. 

Pada tahun 2007, album I’ll Remember You menduduki peringkat 22 di Album Jazz Tradisional Billboard dan peringkat 42 di Album Jazz Billboard. Tahun 1998, album Concert for Peace menduduki peringkat 7 di Billboard World Album

Di Kanada

Album Je Chante Avec Toi Liberte mendapatkan sertifikasi Platinum pada tahun 1985 karena albumnya terjual hingga 100 ribu kopi. Album Forever Young yang dirilis tahun 2018, menduduki peringkat 73 di Billboard Canadian Albums.

Penghargaan lainnya :

Mendapatkan Arion Greek Music Awards pada tahun 2003, untuk menghormati Mouskouri dengan Lifetime Achievement Award

Mendapatkan Echo Awards pada tahun 2015, penghargaan kepada Mouskouri dengan Lifetime Achievement Award mengenai pengaruh dan warisan yang nyata

Spin Magazine, memasukkan Nana Mouskouri kedalam daftar 7 chart topper yang tidak akan ditemui di MTV pada tahun 1992, atas penjualan labum hingga 2 juta setiap tahun diseluruh dunia dan telah merilis 800 album dalam 7 bahasa yang berbeda

Mendapat penghargaan Platinum Europe Award pada tahun 1996, penghargaan khusus atas Eropa adalah budaya musik yang hebat. Selain itu Nana Mouskouri juga mendapat Golden Disc Award untuk Weise Rosen Aus Athen serta menjadi artis Philip pertama yang mencapai penjualan hingga 1 juta kopi.

Lagu White Roses from Athens yang dirilis tahun 1961 berhasil menduduki peringkat 1 selama 39 minggu dan terjual hingga 1,5 juta kopi dalam waktu 6 bulan.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Nana Mouskouri, Only Love, lagu hit terlaris di Amerikasemoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

(sumber : wikipedia)

0 komentar