Percy Sledge When a Man Loves a Woman, lagu hit 1966 dan 1987

Percy Sledge, Afrika Amerika R&B, Soul, Gospel dan tradisional pop singer, terkenal dengan lagunya yang berjudul When a man loves a woman, berhasil raih peringkat pertama Billboard Hot 100

Percy Sledge penyanyi soul yang sangat romantis

Percy Sledge merupakan seorang penyanyi lama yang beraliran r&b, soul, gospel dan tradisional pop singer, dia berasal dari Afrika Amerika, tepatnya dia lahir di Leighton, Alabama, Amerika dengan nama sejak lahirnya Percy Tyrone Sledge. Percy Sledge music bergenre musik soul dengan lagu lagunya bertema balada romantis.
 
Dia lahir pada tanggal 25 November 1941 dan lebih dikenal dengan nama Percy Sledge saja. Percy Sledge menikah dua kali dan dikaruniai 12 anak, istri keduanya bernama Rosa Sledge, dari 12 orang anaknya 3 diantaranya menjadi penyanyi.

Karirnya berhenti pada tanggal 14 April 2015, karena dia meninggal dunia di usia 74 tahun. Penyebab meninggalnya karena penyakit kanker hati yang dideritanya. Percy Sledge meninggal dunia di Baton Rouge, Louisiana, Amerika.

Dia meninggalkan anak anaknya dan seorang istri bernama Rosa Sledge yang sudah bersamanya sejak tahun 1980. 

Karirnya sebagai seorang penyanyi mulai melejit dan terkenal serta berhasil menduduki di urutan tertinggi di Billboard Hot 100 dan di tangga lagu r&b tahun 1966, melalui lagu Percy Sledge greatest hits yang berjudul When A Man Loves A Woman.

Baca juga : James Brown, Dengan Gelar The Godfather Musik Soul

Melalui lagu When A Man Loves A Woman ini, dia telah berhasil memperoleh penghargaan  Gold Certified dari RIAA karena telah berhasil mencapai penjualan tertinggi. 

Lagu ini merupakan lagu pertama Percy Sledge dan merupakan lagu balada soul. Lagu ini menceritakan tentang cinta buta yang dihantui dengan rasa takut dan emosi yang luar biasa.

Puncak karirnya terjadi di sekitar tahun 1960 dan 1970 an yaitu  melalui lagu soulnya. Dimana lagu ini menurut penikmatnya dapat dirasakan begitu romantis ketika  dilantunkan oleh Percy Sledge.
 
Selain itu, dia juga berhasil meraih penghargaan dari Rhythm and Blues Foundation pada tahun 1989, kemudian dia juga di lantik di Rock & Roll Hall Of Fame pada tahun 2005.

Perjalanan karir musik Percy Sledge

Sebelum Percy Sledge terjun ke dunia musik hingga dia bisa menjadi terkenal, pekerjaan dia sebelumnya adalah seorang petani di Leighton dan dia juga pernah bekerja di sebuah rumah sakit Colbert Country di kota Sheffield, Alabama. 

Dan nasibnya telah berubah ketika pada saat liburan, dia mencoba mengikuti sebuah audisi dan dari sinilah Percy Sledge mulai mendapat tawaran kontrak setelah dia berhasil melakukan tur Southeast pada saat menjadi anggota Esquires Combo di pertengahan tahun 1960.

Dengan suara soulnya yang begitu sempurna melalui musik ballad yang diproduksi oleh Ivy dan Marlin Greene sehingga lagu yang dinyanyikan Percy Sledge terdengar sangat romantis. 

Lagu ini dirilis tahun 1966 dengan judul When A Man Loves A Woman, merupakan sebuah lagu yang menghantarkan Percy Sledge meraih kesuksesannya dan merupakan lagu pertama kalinya dia mendapat kontrak rekaman.

Sukses solo karirnya melalui lagu Percy Sledge When A Man Loves A Woman. Hal ini, telah dapat memuluskan jalan karir musik selanjutnya, karena dia berhasil merilis beberapa lagu hitnya seperti Warm And Tender Love, It Tears Me Up dan Out Of Left Field. 

Kemudian dilanjutkan lagi dengan lagu lagu Percy Sledge yang lain yang merupakan lagu hit dan dirilis berturut turut pada tahun 1973 dan 1974 dengan lagu berjudul Sunshine dan I’ll Be Your Everything.

Baca Juga : Ray Charles, Pioner Dalam Mengkombinasikan Genre Musik Soul

Dan yang lebih membuat kita kagum lagi adalah bahwa lagu When A Man Loves A Woman merupakan sebuah lagu greatest hits Percy Sledge yang boleh dikatakan lagu hit abadi.
 
Hal ini, karena lagu ini berhasil menjadi lagu hit kembali ketika pada tahun 1987 dan lagu ini diputarkan di film perang Vietnam Oliver Stone Peleton. Selain itu, lagu ini juga berhasil menduduki peringkat ke dua di tangga lagu Inggris

Lagu When a Man Loves a Woman ini muncul pada saat pacarnya meninggalkan Percy Sledge karena akan mengejar karir modelingnya dan setelah dia keluar dari pekerjaan konstruksi pada tahun 1965.

Dalam pembuatan penulisan lagu ini, Percy Sledge dibantu oleh bassis Calvin Lewis dan organis Andrew Wright. Hingga lagu ini berhasil dirilis dan melejit diperingkat tertinggi di AS serta menjadi lagu hit internasional.

Di Inggris, lagu When a Man Loves a Woman ini berhasil menjadi lagu hit sebanyak 2 kali yaitu menduduki peringkat 4 di tahun 1966 dan pada perilisan ulang berhasil menduduki peringkat 2 di tahun 1987.

Lagu ini juga meraih rekor emas pertama yang dirilis oleh Atlantic Records dan menjadi pondasi bagi karir musik Percy Sledge selanjutnya.

Kesuksesan Lagu When a Man Love a Woman, diikuti oleh lagu lagu Percy Sledge lainnya, seperti lagu Warm and Tender Love dicover oleh penyanyi Inggris bernama Elkie Brooks pada tahun 1981.

Kemudian untuk lagu It Tears Me Up, Take Time to Know Her (lagu ini menjadi lagu hit di AS dan menduduki peringkat 11), Love Me Tender serta Cover Me.

Kesuksesan Percy Sledge selama tahun 1970 an diraihnya melalui lagu I’ll Be Your Everything dan Sunshine. Kedua lagu ini berhasil menjadi lagu favorit untuk konser internasional di seluruh dunia khususnya di negara Belanda, Jerman serta di benua Afrika.

Percy Sledge cukup produktif dalam mengadakan konser karena dalam setahun Percy Sledge telah mengadakan konser, rata rata sebanyak 100 konser di Afrika Selatan.

Meskipun demikian, lagu When a Man Love a Woman ini  sempat meluncur turun peringkatnya. 

Namun demikian, pada tahun 1980, lagu ini mulai bangkit kembali dan masuk di UK Singles Chart dan lagu Stand by Me memuncak di peringkat 2 setelah dirilis kembali secara klasik oleh Ben E.King dan lagu ini dibawakan dalam Levi komersial.

Di awal tahun 1990, lagu When a Man Loves a Woman kembali dibawakan oleh Michael Bolton, sehingga lagu ini berhasil menjadi menarik perhatian dikancah musik dunia karena dimasukkan kedalam album hit Michael Bolton Time, Love & Tenderness.

Lagu When a Man Loves a Woman versi Michael Bolton ini berhasil mencapai peringkat tertinggi di tangga lagu Billboard Hot 100 pada tanggal 17 November 1991 sampai 23 November 1991.

Dengan jarak kesuksesan yang cukup lama dari kesuksesan pertama yang diraih oleh Percy Sledge pada tahun 1966 melalui lagu When a Man Loves a Woman ini. Kira kira sudah 25 tahun lebih yang lalu sejak kesuksesan pertama diraih oleh lagu ini.

Album Sledge Blue Night diproduseri oleh Saul Davis dan Barry Goldberg pada tahun 1994 melalui label Sky Ranch dan Virgin Records. Album ini memunculkan Bobby Womack, Steve Cropper dan Mick Taylor.

Album ini berhasil masuk nominasi Grammy untuk Bent Contemporary Blues Album, Vocal or Instrumental dan tahun 1996 album ini berhasil memenangkan WC Handy Award untuk album soul atau blues terbaik.

Album Shining Through the Rain diproduseri oleh Davis dan Goldberg pada tahun 2004, mendahului dilantiknya Percy Sledge kedalam Rock & Roll Hall of Fame.

Pada tahun ini juga direkam album live berjudul Percy Sledge and Sunset Drive – Live in Virginia bersama band Sunset Drive di WRP Records yang diproduksi oleh Warren Rodgers.

Percy Sledge dilantik kedalam The Louisiana Music Hall Of Fame di kota Baton Rouge, LA, pada bulan Mei 2007.

Tahun 2010, dirilis 4 CD The Atlantic Recordings oleh Rhino Handmade. Dilanjutkan dengan melakukan tur bersama Sir Cliff Richard pada tahun 2011. Dimana selama tur Soulicious nya, Percy Sledge membawakan I’m Your Puppet.

Semasa karir musiknya Percy Sledge telah berhasil merilis beberapa album, diantaranya adalah :

When a Man Loves a Woman dan Warm & Tender Soul – 1966

The Percy Sledge Way – 1967

Take Time To Know Her dan The Best of Percy Sledge – 1968

I'll Be Your Everything – 1974

Blue Night – 1994

Shining Through the Rain - 2004

The Gospel of Percy Sledge - 2013

Penghargaan Percy Sledge :

- Tahun 1989, menerima penghargaan Rhythm and Blues Foundation Pioneer Award

- Tahun 1993, dilantik kedalam Alabama Music Hall of Fame

- Tahun 1996, menerima penghargaan Msik Blues untuk album Soul/Blues terbaik tahun ini dengan rekornya Blue Night

- Tahun 2004, dilantik kedalam Carolina Beach Music Hall Of Fame

- Tahun 2005, dilantik kedalam Rock and Roll Hall of Fame

- Tahun 2007, dilantik kedalam Louisiana Music Hall of Fame atas konstribusinya oleh negara bagian Louisiana

- Dilantik kedalam Museum Music Delta di Ferriday, Louisiana

Percy Sledge albums :

- When a Man Loves a Woman (tahun 1966)

- Warm & Tender Soul (tahu 1966)

- The Percy Sledge Way (tahun 1967)

- Take Time to Know Her (tahun 1968)

- The Best of Percy Sledge (tahun 1968)

- Percy Sledge In South Africa (tahun 1970)

- I’ll BeYour Everything (tahun 1974)

- Blue Night (tahun 1994)

- Shining Through the Rain (tahun 2004)

- The Gospel of Percy Sledge (tahun 2013)

Percy Sledge songs :

- When a Man Loves a Woman (tahun 1966), menduduki peringkat 1 US Hot 100, 1 US r&b, 1 Canada, 4 UK singles chart

- Warm and Tender Love (tahun 1966), menduduki peringkat 17 US Hot 100, 5 US r&b, 10 Canada, 34 UK singles chart

- It TearsMe Up (tahun 1966), menduduki peringkat 20 US Hot 100, 7 US r&b, 12 Canada

- Baby, Help Me (tahun 1967), menduduki peringkat 87 US Hot 100, 44 US r&b

- Out of Left Field (tahun 1967), menduduki peringkat 59 US Hot 100, 25 US r&b

-Love Me Tender – Side A (tahun 1967), menduduki peringkat 40 US Hot 100, 35 US r&b, 35 Canada

- What Am I Living For – Side B (tahun 1967), menduduki peringkat 91 US Hot 100

- Just Out of Reach (of My Two Empty Arms (tahun 1967), menduduki peringkat 66 US Hot 100

- Cover Me (tahun 1967), menduduki peringkat 42 US Hot 100, 39 US r&b

- Take Time to Know Her (tahun 1968), menduduki peringkat 11 US Hot 100, 6 US r&b, 5 Canada

- Sudden Stop (tahun 1968), menduduki peringkat 63 US Hot 100, 41 US r&b

- You’re All Around Me (tahun 1968), menduduki peringkat 109 US Hot 100

- My Special Prayer (tahun 1969), menduduki peringkat 93 US Hot 100, 44 US r&b

- Any Day Now – Side A (tahun 1969), menduduki peringkat 86 US Hot 100, 35 US r&b

- The Angels Listened In – Side B (tahun 1969), menduduki peringkat 126 US Hot 100

- Kind Woman (tahun 1969), menduduki peringkat 116 US Hot 100

- True Love Travels on a Gravel Road (tahun 1969)

- Many Rivers to Cross (tahun 1970)

- Help Me Make It Throught the Night (tahun 1970)

- Stop the World Tonight (tahun 1971)

- Rainbow Road (tahun 1972)

- Sunday Brother (tahun 1972)

- Sunshine (tahun 1973), menduduki peringkat 89 US r&b

- I’ll Be Your Everything (tahun 1974), menduduki peringkat 62 US Hot 100, 15 US r&b

- When a Man Loves a Woman – Re issue (tahun 1987), menduduki peringkat 2 UK singles chart

- I Wish it Would Rain (tahun 1994) – Sly Ranch/ Virgin, Sweden, duet dengan Mikael Rickfors

- You Got Away with Love (tahun 1994) – Pat Robinson & Rocky Burnette/ Why Did You Stop (Carla Olson) Sky Ranch / Virgin, France

Album kompilasi Percy Sledge :

- When a Man Loves a Woman (The Ultimate Collection) – tahun 1987, menduduki peringkat 36 UK Albums Chart

Percy Sledge greatest hits (CD Compilation) :

- When a Man Loves a Woman

- Take Time To Know Her

- Warm And Tender Love

- It Tears Me Up

- Try a Little Tenderness

- You Send Me

- (Sittin’ On) The Dock of The Bay

- Tell It Like It is

- My Special Prayer

- I’ve Been Loving You Too Long

- (If Loving You is Wrong) I don’t Want To Be Right

- Cover Me

Demikian sekilas tentang karir musik penyanyi lama tahun 1960 an, yang mempunyai suara soul yang begitu sempurna sehingga penikmatnya bisa dibawa olehnya ke suasana romantis melalui lagu When A Man Loves A Woman.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Percy Sledge When a Man Loves a Woman, Lagu Pertama, Langsung Melejit, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita.

(sumber : wikipedia)

0 komentar