Rachel Platten, Fight Song digunakan lagu komersial mobil Ford


Rachel Platten, penyanyi dan penulis lagu asal Amerika yang berhasil merilis 3 album independen dari tahun 2003 sampai tahun 2014

Rachel Platten, Penyanyi Pop Rock Asal Amerika Serikat

Rachel Platten merupakan seorang penyanyi pop rock yang berasal dari Amerika Serikat. Penyanyi cantik ini berhasil melejit lewat album debutnya Wildfire.

Rachel Platten adalah seorang penyanyi musik pop rock cantik yang berasal dari Amerika dan dia mempunyai jenis suara yang seksi serta mampu menyenangkan hati orang yang mendengarnya.
 
Terutama pada saat Rachel Platten berkolaborasi dengan Andy Grammer sehingga berhasil membuat album "Wildfire" menjadi semakin menarik untuk di nikmati.

Pada tanggal 1 Januari 2016, Rachel Platten meliris albumya yang berjudul Wildfire, dan album ini merupakan album full length miliknya sebagai album debut major yang menggunakan label Platten dan meirilis melalui Sony music. 
 
Album ini juga berhasil menduduki puncak tangga lagu di Skotlandia dan Inggris dan peringkat ke 5 di Amerika Serikat.

Rachel Platten lahir di Manhattan,  Amerika Serikat pada tanggal 20 Mei 1981 tetapi dia dibesarkan di Newton center, Massachusetts. 
 
Dia mulai aktif di dunia musiknya pada tahun 2003 sebagai penyanyi, penulis dan penggubah lagu dengan arah genre musik seperti musik pop, musik rock, musik alternatif rock, musik pop rock, musik inde pop dan piano stones.

Dia sudah dikenalkan dengan dunia musik sejak usia muda karena pada saat menginjak usia 5 tahun dia sudah mulai belajar piano klasik. 
 
Selanjutnya  pada saat masuk di sekolah tinggi di Trinity college, dia mengambil gitar, sampai akhirnya dia berhasil menyelesaikan sekolah tingginya dan berhasil meraih gelar musiknya.

Album debut studio pertamanya yang dirilis pada tahun 2003 dengan judul Trust in me. Setelah berselang beberapa tahun,  baru pada tahun 2011 Rachel Platten mulai melanjutkan album keduanya dengan judul Be here. 

Album ini dibebaskan dari rock ridge musik, dengan single-singlenya seperti :

- 1000 ships, berhasil menduduki peringkat ke 24 di US Billboard adult top 40 chart
- Seven weeks, telah digunakan oleh film The good gay
- Begin again, telah digunakan untuk lagu hit di acara ABC family di TV pretty little liars sebanyak 100 episode.
- Don't care what time is it, digunakan dalam basketball wives VH1
- You're safe, lagu ini digunakan dalam MTV mencari carter pada bulan September 2014
- Fight song, lagu ini telah berhasil meraih peringkat 20 di Billboard 200 pada tanggal 27 Juni 2014 sehingga telah menjadi perhatian bagi para seniman musik. 

Single berjudul Fight song kemudian berhasil naik peringkatnya menjadi peringkat 6 di Billboard hot 100 di Amerika Serikat, peringkat ke 2 di Australia singles chart, peringkat ke 6 di Irlandia, peringkat ke 8 di Selandia baru, peringkat ke 9 di Billboard grafik Kanada dan peringkat pertama di UK single chart. 
 
Selain itu, single ini telah terjual lebih dari 2 juta kopi di Amerika Serikat dan berhasil meraih sertifikat platinum sebanyak 2 kali.

Fight song dirilis ulang pada tahun 2015 melalui Columbia record, dan lagu ini ditulis ulang bersama dengan Dave Basset, merupakan single yang diambil dari album Wildfire.
 
Lagu ini tampil di Trailler di CBS pada acara Super girl sehingga lagu ini digunakan secara komersial untuk iklan mobil Ford.

Rachel Platten discography

Penyanyi asal Amerika kelahiran tahun 1981 ini, telah berhasil merilis 2 buah album secara independen di tahun 2003 dan 2011.

Single debut Rachel Platten Fight Song berhasil menduduki peringkat 6 di Billboard Hot 100 di Amerika Serikat, peringkat 1 di Inggris Raya dan melejit di tangga lagu beberapa negara di seluruh dunia.

Album debut Rachel Platten Wildfire dirilis tahun 2016 dan telah berhasil mendapatkan sertifikasi gold oleh RIAA. Album ini berisi 2 single berjudul Stand by You dan Better Place. Selanjutnya dirilis album kedua Rachel Platten Wafes pada tahun 2017.

Dia melakukan kegiatan diluar musik yaitu sebagai model dalam kampanye iklan pakaian Aerie dan tampil di sampul majalah The Improper Bostonian edisi Mei 2018.

Selain itu, dia juga terlibat dalam badan amal seperti Music Unites, Ryan Seacrest Foundation, Autism Speaks, Los Angeles LGBT Center, Memorial Sloan Kettering, Boys & Girls Clubs of America, BuildOn dan Live Below the Line.

Rachel Platten juga telah menjadi sukarelawan di Musicians on Call sejak tahun 2000 dengan lebih dari 50 program yang telah dia ikuti. Dari organisasi ini, Rachel Platten mendapatkan penghargaan Music Heals Awards di acara amal awal Desember 2015.

Selain itu, pada November 2020, dia tampil pada peragaan busana virtual Global Down Syndrome Foundation.

Masa muda dan karir Rachel Platten

Orang tuanya bernama Paul dan Pamela Platten. Ibunya bukan merupakan seorang pemusik melainkan seorang terapis dan adik perempuannya bernama Melanie.

Sejak usia 5 tahun, Rachel Platten sudah belajar piano klasik, kemudian dilanjutkan dengan belajar gitar. Rachel Platten merupakan wanita pertama yang menjadi anggota Trinity College Trinitones, kelompok capella di perguruan tinggi.

Dia mulai yakin harus menekuni musik secara penuh setelah dia tampil di band milik temannya dihadapan lebih dari 80 ribu orang di final International Soca Monarcg.

Album Rachel Platten Be Here

Be Here merupakan album pertama Rachel Platten yang dirilis tahun 2011 dengan single 1.000 Ships. Single ini mampu berada diperingkat 24 di tangga lagu US Billboard Adult Top 40.

Lagu lagu Rachel Platten lainnya antara lain :

- Seven Weeks dipakai untuk film The Good Guy

- Tema digunakan untuk Jane by Design dari ABC Family

- Work of Art dinyanyikan oleh Platten on hire

- Begin Again dipakai dalam Freeform episode ke 100, Miss Me x

- Don’t Care What Time It Is dipakai di VH 1’s Basketball Wives

- You’re Safe dipakai di MTV’s Finding Carter

Rachel Platten Fight Songs

Fight Songs ini dirilis tahun 2015 yang diambil dari Wildfire dan lagu ini berhasil berada di peringkat 6 di US Billboard Hot 100, perigkat 2 di Australian Singles Chart, peringkat 6 di Irlandia, peringkat 8 di Selandia Baru, peringkat 9 di Billboard Canadian Hot 100 dan peringkat 1 di UK Singles Chart.

Fight Song dibawakan oleh Rachel Platten dengan Taylor Swift di Philadelphia pada saat Tur Dunia 1989 milik Swift. Lagu ini meraih pencapaian penjualan platinum 5 kali lipat di AS.

EP Fight Songs menduduki peringkat 20 di Papan iklan 200 pada tahun 2015 dan menjadi lagu resmi untuk calon presiden Partai Demokrat 2016 Hillary Clinton.

Rachel Platten pada tahun 2015, menjadi artis pendukung di The Good Guys & A Girl Tour milik Alex & Sierra dan Andy Grammer. Selanjutnya Rachel Platten melakukan tur bersama dengan Colbie Caillat dan Christina Perri di Girls Night Out, Boys Can Come Too Tour.

Single ke dua dari Wildfire berjudul Stand by You, lagu ini dirilis tahun 2015 dan menduduki peringkat 10 besar di Kanada dan Amerika Serikat, peringkat 20 besar tangga lagu di Australia dan Polandia.

Platten menjadi co-headline pesta Times Square Ball di New York City’s Times Square bersama dengan Gavin DeGraw. Di acara itu menampilkan lagu lagu seperti Fight Songs, Stand by You, Beating Me Up dan lagu Imagine John Lenon.

Rachel Platten Waves

Waves merupakan album studio ke 4 Rachel Platten yang dirilis tahun 2017 dengan single utama berjudul Broken Glass.

Platten tampil di acara atraksi musik utama di Boston Pops Fireworks Spectacular dengan menyanyikan 3 lagunya Stand By You, Better Place dan Fight Songs.

Turnya diselenggarakan di Amerika Utara bersama dengan capella Pentatonix selama 2 bulan pada tahun 2019. Selain itu, Rachel Platten juga menulis buku anak anak berjudul You Belong dan buku ini dirilis pada tanggal 31 Maret 2020.

Platten tampil di konser Hari Kemerdekaan keempat Capitol di Washington, DC dengan membawakan lagu Stand By You. Penampilannya ini, ditayangkan di PBS pada tanggal 4 Juli 2022.

Sebelum mendapat pengakuan sebagai seorang artis, Rachel Platten sudah berusaha keras selama 1 dekade untuk mewujudkan mimpinya karena dia sudah beberapa kali mengalami penolakan namun dia tidak menyerah begitu saja.

Hingga salah satu lagu Rachel Platten Fight Song menjadi sebuah inspirasi terhadap semua orang diseluruh dunia, yang dipakai sebagai motivasi agar tidak kehilangan harapan sewaktu mengalami kesulitan dalam hidupnya.

Kesulitan kesulitan tersebut antara lain menderita kanker, depresi pasca persalinan serta dalam kondisi tidak memiliki pekerjaan atau pengangguran.

Rachel Platten ini menulis lagu Fight Song ini ketika dia berada dalam kondisi titik paling rendah sementara dia tetap harus melanjutkan hidupnya. Di saat saat putus asa ini, justru dapat menulis lagu Fight Song tersebut.

Melalui lagu ini, dia dianugerahi Gracies Impact Award pada tahun 2017 karena dianggap telah memberikan pengaruh positif terhadap masyarakat melalui musiknya tersebut.

Rachel Platten menikah dengan Kevin Lazan pada tahun 2010 dan dikaruniai 2 orang putri yang bernama Violet Skye dan Sophie Jo.

Album album Rachel Platten

- Trust in Me (tahun 2003)

- Be Here (tahun 2011)

- Wildfire (tahun 2016)

- Waves (tahun 2017)

- The Ellen DeGeneres (tahun 2015), episode Sofia Vergara/ Rachel Platten/ Stephen ‘tWitch’ Boss, performed Stand By You

- The X Factor (tahun 2015), episode Live Decider 6, performed Stand By You

- The 1989 World Tour Live (tahun 2015), Taylor Swift’s concert film, performed Fight Song dengan Taylor Swift

- Skavian (tahun 2016), episode Michael Nyqvist/ Pette Lindén Nyquist/ Bill Bryson/ Rachel Platten, performed Fight Song

- 2016 MLB All-Star Game (tahun 2016), performed The Star-Spangled Banner

- Stuck in the Middle (tahun 2016), episode Stuck in the Harley Car, performed Stand By You

- The Talk (tahun 2016 – 2021), 3 episode, performed 2017, 2021 Served as a Quest co-host

- Miss Universe 2017 (tahun 2017), di TV special, performed Broken Glass

- Lip Sync Battle (tahun 2017), episode Uzo Aduba vs Danielle Brooks, performed Fight Song dengan Uzo Aduba

- Megyn Kelly Today (tahun 2017), episode #1.25, performed Broken Glass

- Full Frontal with Samantha Bee (tahun 2018), episode 10 Januari 2018, performed Fight Song

- American Idol (tahun 2018), episode Top 24 Celebrity Duets, performed Fight Song dengan Mara Justine

- Celebrity Show-Off (tahun 2020), episode NeNe Leakes Is Here, Baby

- I Can See Your Voice (tahun 2022), episode Rachel Platten, RobinThicke, Raven Symone, Cheryl Hines, Adrienne Houghton, performed Jolene oleh Dolly Parton dengan seorang kontestan

- A Capitol (tahun 2022), Indipendence Day concert special, performed Stand By You

Awards yang diraih Rachel Platten

- Music Heals Award dari Musicians On Call Organization (tahun 2015)

- Best Lyrics dari iHeartRadio Music Awards (tahun 2016) melalui lagu Fight Song

- Outstanding Musical Performance in a Talk Show/ Morning Program (tahun 2016) dari Daytime Emmy Awards melalui Good MorningAmerica

- Gracie Impact Award (tahun 2017)  dari Gracie Awards

Tour Rachel Platten

- The Wildfire Tour tahun 2016

- Girl Night Out, Boys Can Come Too Tour sebagai Co-headlining dengan Colbie Caillat dan Christina Perri tahun 2015

- Rachel Platten Support The Good Guys & A Girl, Alex & Sierra dan Andy Grammer

- Soul2Soul: The World Tour sebagai pembuka Faith Hill dan Tim McGraw tahun 2017

- Pentatonix: The World Tour sebagai pembuka Pentatonix tahun 2019.

Terima kasih sudah berkunjung dan sudah membaca artikel Rachel Platten, Fight Song digunakan lagu komersial mobil Ford, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita.

(Sumber : Wikipedia)

0 komentar