Arcadia, kelompok trio dari mantan band campuran


Arcadia, kelompok musik Inggris yang dibentuk tahun 1985 oleh 3 orang yang bernama Simon Le Bon, Nick Rhodes dan Roger Taylor

Arcadia kelompok musik pop asal Inggris

Arcadia merupakan kelompok musik pop yang berasal dari Inggris. Mereka merupakan kelompok trio yang berhasil sukses melalui album So Red The Rose dan single Election Day.

Band Arcadia ... wow keren !! ini adalah salah satu ungkapan dari para fansnya. Anggota personil dari kelompok band Arcadia ini sangat unik.
 
Hal ini, karena anggota personilnya terdiri dari personil yang berasal dari band campuran sehingga mereka merupakan grup band yang sangat mengagumkan baik dari segi tehnik bermain musiknya maupun mengenai penampilannya yang sangat keren. 

Di setiap penampilannya,  mereka selalu memakai pakaian formal vintage dan menggunakan perlengkapan khasnya yaitu menggunakan dasi kupu-kupu serta penampilan rambutnya yang dicat hitam, sehingga membuat mereka terlihat sangat keren.

Kemampuan bermain musik dari masing-masing anggotanya sangat luar biasa karena masing-masing mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri.
 
Permainan musik mereka sangat mengesankan dan sangat menantang, dengan kedalaman kelompok reteptoar yang luas dan juga permainan musiknya berjalan-jalan diluar lagu-lagu lamanya. 

Arcadia merupakan kelompok musik pop yang dibentuk pada tahun 1985, oleh Simon Le Bon, Nick Rhodes dan Roger Taylor, mereka ini berasal dari anggota kelompok band Duran Duran.

Nama Arcadia digunakan untuk nama grup band baru mereka. Hal ini, karena mereka terinspirasi oleh Nicolas Pousin yaitu lukisan Et di Arcadia Ego yang dikenal sebagai The Arcadia Shepherds.
 
Oleh sebab itu, album ketiga mereka juga diberi judul sama dengan nama grup band mereka yaitu Arcadia sehingga akhirnya judul album tersebut diganti namanya menjadi Astra supaya berbeda.

Album berjudul So red the rose merupakan album yang sukses dan paling megah bagi Arcadia, karena album ini berhasil meraih sertifikat platinum di Amerika Serikat dan 2 kali mendapat sertifikat platinum di Kanada. 
 
Selain itu, album ini berhasil mencapai peringkat ke 30 di Inggris, peringkat ke 23 di Amerika Serikat. Album ini mendapatkan konstribusi dari musisi seperti gitaris David Gilmour (dari Pink Floyd), Carlos Alomar dan pianis Herbie Hancock (dari Sting).

Single berjudul Election day berhasil tampil sebagai top 10 single di UK atau US. Untuk selanjutnya, single Arcadia seperti The promise, Goodbye is forever, The Flame dan single promo dengan judul Missing,  El diablo dan Keep me in the dark telah berhasil masuk menjadi top hit 40.

Single berjudul Election day telah didukung oleh Grace Jones, sedangkan single berjudul The Promise didukung oleh pemain bass Mark Egan (dari Pat Metheny grup) dengan suara khasnya yang cukup diakui dalam mendukung single ini.
 
Kemudian singlenya yang berjudul  El diablo juga telah didukung oleh David Van Tienghem dengan perkusinya.

Namun demikian, Arcadia juga mempunyai single yang direkam dan dirilis secara mandiri melalui singlenya yang berjudul Say The World yang digunakan untuk soundtrack film The Playing for keep.

Dalam mempromosikan setiap albumnya yang akan dirilis, Arcadia tidak pernah menyelenggarakan tur karena mereka hanya tampil di acara televisi saja. 
 
Penampilan mereka yang licin yang selalu diperlihatkan oleh Simon Le Bon dan penampilan dari Nick Rhodes dan Roger Taylor yang selalu memakai tuksedo hitam, pakaian formal vintage serta dasi kupu-kupu yang melekat dilehernya.
 
Oleh sebab itu, semua penampilan ini dianggap sebagai penerusan dari tradisi Duran Duran.

Arcadia discography

Grup musik Arcadia yang dibentuk tahun 1985 ini merupakan grup Inggris gelombang baru sebagai proyek sampingan dari Duran Duran, jika tidak ada jadwal manggung. Proyek ini aktif selama 1 tahun saja yaitu dari tahun 1985 sampai 1986.

Arcadia yang beranggotakan Simon Le Bon sebagai vokalis, Nick Rhodes sebagai pemain keyboard dan Roger Taylor sebagai drummer ini, telah menghasilkan 1 album Arcadia So Red the Rose.

Album ini berhasil memperoleh setifikasi Platinum di Amerika Serikat yang menelurkan 4 single berjudul Election Day, Goodbye Is Forever, The Flame dan The Promise dan dengan menampilkan David Gilmour dan Sting.

Selain itu, Arcadia band telah menghasilkan 1 video musik berjudul Election Day dan drummer Roger Taylor telah ikut terlibat pada rekaman video musik ini.

Nama band Arcadia ini, terinspirasi dari lukisan NicolasPoussin Et in Arcadia ego yang dikenal juga dengan The Arcadian Shepherds.

Grup pecahan Duran Duran ini dibentuk oleh Duran Duran’s Andy and John Taylor bersama dengan Robert Palmer dan Tony Thomson dari grup Chic.

Arcadia So Red the Rose

Meskipun Arcadia menghasilkan album satu satunya So Red Rose. Namun demikian, album ini berhasil melejit dan memperoleh sertifikasi platinum di 2 negara. Album ini berisi single The Flame serta 3 single promo Missing, El Diablo dan Keep Me in the Dark.

Menurut Simon Le Bon album ini merupakan album termegah yang pernah dibuatnya dan menurut AllMusic album ini merupakan album terbaik yang pernah dibuat oleh Duran Duran.

Dalam pembuatan album So Red Rose ini melibatkan musisisi seperti gitaris David Gilmour dari Pink Floyd dan Carlos, Pianis Herbie Hancock, Sting yang mengisi vokal latar dari The Promise, Grace Jones yaitu yang mengisi intro di The Flamee dan Election Day.

Selain itu, juga melibatkan musisi lainnya seperti pemain bass Mark Egan dari Pat Metheny Group, El Diablo, Lady Ice, Masami Tsuchiva dan David Van Tieghem yaitu pemain perkusi dari New York.

Sedangkan koleksi video musik Arcadia dirilis dan disutradarai oleh 4 orang yaitu Roger Christian, Marcelo Anciano, Russel Mulcahy dan Dean Chamberlain.

Selain itu, Arcadia juga merilis single stand-alone Say the Word yang digunakan untuk soudtrack film Playing for Keeps.

Penampilan personil Arcadia ini melanjutkan citra dari penampilan Duran Duran untuk inkarnasi estetika band yang selalu berubah.

Penampilan custome gothic dari Le Bon, Rhodes dan Roger Taylor ini memakai tuksedo hitam kelas atas dengan pakaian formal vintage dan dasi kupu kupu.

Selain pakaian yang dipakai oleh mereka, ketiga personil Arcadia ini mengecat rambut mereka menjadi hitam seperti terlihat di konser Live Aid di Philadelphia pada tahun 1985.

Namun demikian, ketika Arcadia tampil di video single The Flame pada tahun 1986, John Taylor yang menjadi cameo, Rhodes mengganti rambutnya menjadi pirang keemasan dan Le Bon telah balik kepenampilan asalnya.

Arcadian band ini tidak pernah melakukan tur, tetapi pada saat Duran Duran merilis album Notorious, mereka sekalian melakukan tur Election Day yang disisipkan kedalam Some Like It Hot dari The Power Station.

Setelah 15 tahun perilisan album Arcadian ini, drummer Roger Taylor berhenti dari bisnis musiknya. Namun demikian, pada tahun 2001 dia bergabung lagi dengan Duran Duran klasik.

Album Arcadia

So Red the Rose dirilis tahun 1985, berhasil meraih serifikasi platinum dari US dan 2 kali platinum dari Canada.

Lagu lagu Arcadia

- Election Day dan Goodbye Is Forever dirilis tahun 1985 dari album So Red the Rose

- The Promise dan The Flame dirilis tahun 1986 dari album So Red the Rose

- Say the Word dirilis tahun 1986 dari album Playing for Keeps (soudtrack)

Video albums Arcadia

- Arcadia dan The Videos dirilis tahun 1987

Video music Arcadia

- Election Day dan The Promise dirilis tahun 1985

- Goodbye Is Forever, The Flame dirilis tahun 198

- Say the Word tema dariPlaying for Keeps dirilis tahun 1986

- Missing merupakan singel yang pada awalnya tidak dirilis (tahun 1986)

Terima kasih sudah berkunjung dan sudah membaca artikel Arcadia, kelompok trio dari mantan band campuran , semoga dapat bermnfaat dan dapat menambah wawasan musik kita.

(Sumber : wikipedia)

0 komentar