Bossanova Jawa, Campursari Yang Dikemas Dengan Musik Jazz

Bossanova musik beraliran jazz, samba dan musik Amerika Latin

Bossanova Jawa merupakan musik campursari yang berirama jazz

Bosanova musik trend baru berbahasa Jawa

Sumber aliran bossanova ini adalah jazz samba, yang berasal dari kebudayaan sebelah selatan Rio De Jeniro. 
 
Aliran musik Bossanova mulai dipopulerkan di negara Brazil pada tahun 1950 an. Untuk selanjutnya, musik ini menjadi aliran musik yang cukup diperhitungkan juga di beberapa negara, antara lain di negara Amerika Serikat, Eropa Barat, Jepang dan Filipina. 
 
Bossanova sendiri mempunyai arti "Trend baru", yaitu sebagai jenis musik baru yang masih menanjak atau naik trendnya pada saat itu. Pada awalnya, bossanova ini diikuti oleh musisi muda dan mahasiswa.

Sedangkan campursari sendiri dalam dunia musik Indonesia merupakan musik campuran  yang berpedoman pada beberapa genre musik kontemporer Indonesia. Musik campursari diambil dalam bahasa Jawa yang bersifat umum.

Di daerah Indonesia bagian Jawa Tengah hingga sampai ke Jawa Timur, musik campursari merupakan musik yang terkait dengan perkembangan dari alat musik gamelan yang dikombinasikan dengan alat musik barat.

Jika seseorang merupakan  penikmat musik jazz dan jika menikmati musik aliran ini dengan seksama maka mereka juga akan mendapatkan suasana hati yang sejuk, santai, karena alunan musiknya yang cukup dinamis.

Alat-alat musik yang sering dipergunakan oleh aliran bossanova diantaranya adalah :

1.  Gitar Akustik

2.  Piano

3.  Organ

4.  Elektronik Organ

5.  Bass Akustik

6.  Drum

Bagaimana dengan bossanova Jawa. Jika kita termasuk penggemar campursari yaitu lagu-lagu yang menggunakan bahasa Jawa yang kemudian dikemas dengan menggunakan aliran musik jazz, maka munculah apa yang dinamakan dengan bossanova Jawa.

Mari lengkapi koleksi album yang berjudul "Exclusive Bossanova Jawa". Album ini diproduksi pada bulan Juni - Juli 2001, di Hartec Studio Semarang. 

Dengan anggota team sebagai berikut :

Mixing : Hartec Studio, Arranger : Sukartono L, Engineer : Totok JBL, Guitar 1 : Anang P, Guitar 2 : Suhartono L, Bass : Anang P, Saxophone : M. Rifai, Produser : Wendy Spartamo dan Executive produser : PT. JMS Duta Record. Vocal 1 : Lesta, Vocal 2 : Novi Royani, Vocal 3 : Tanti.

Album ini berisi lagu-lagu yang cukup terkenal seperti :

- Terminal Tirtonadi (cipt. Didi Kempot/ Kento E Gudel)
- Keno Godho (cipt. Wiyoso)
- Isih Tresno (cipt. Mulyadi)
- Janjimu (cipt. Mas Hadi)
- Tanjung Mas Ninggal Janji (cipt. L Maryanto)
- Stasiun Balapan (cipt. Didi Kempot)
- Lingsir Wengi (cipt. Sukapjiman)
- Wengi Sepi (cipt. Mas Hadi)
- Bocah ndeso
- Pupus Tresno (cipt. Mas Hadi)

Oleh sebab itu, sebagai pecinta bossanova jawa,  sebaiknya Anda juga dapat mencoba untuk menikmati album ini ya. Hal ini, karena album ini merupakan referensi lagu-lagu bossanova Jawa yang cukup enak untuk dinikmati.

Terima kasih sudah berkunjung dan sudah membaca artikel BOSANOVA JAWA, CAMPURSARI YANG DIKEMAS DENGAN MUSIK JAZZ, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Mohon dapat dishare ke teman-teman pecinta musik.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar