Yellow Claw, Trio DJ Menjadi Duo DJ, Hengkangnya MC Bizzey

Yellow Claw, Duo DJ asal Belanda, duo musisi ini menggabungkan berbagai macam unsur musik trap, hip hop, doubstep, big room house, hardstyle dan moombahton pada lagu lagunya

Yellow Claw Duo DJ Asal Belanda, awal populer tahun 2010

Yellow Claw adalah duo DJ asal Belanda, semula mereka merupakan kelompok trio yang berasal dari Amsterdam, Belanda.  Namun akhirnya, Yellow Claw hanya beranggotakan 2 orang DJ sehingga disebut dengan duo DJ. 
 
Duo DJ ini adalah seorang rapper yang semula beranggotakan 3 orang, masing masing bernama Jim Taihuttu (Jim Aasgier), Nils Rondhuis (Nizzle) dan Leonardo Roelandschap (MC Bizzey). 

Dance atau elektronik merupakan genre musik dari Yellow Claw, mereka sering menggabungkan beberapa unsur musik seperti musik hip hop, musik dubstep, musik hardstyle serta moombathon dalam pembuatan musiknya.

Sekilas tentang ketiga anggota dari Yellow Claw adalah :

- Jim Aasgier mempunyai nama asli Jim Taihuttu, dia adalah seorang DJ dan produser rekaman yang lahir pada tanggal 6 Juli 1981

- Nizzle mempunyai nama asli Nils Rondhuis, dia adalah seorang DJ dan produser rekaman yang lahir pada tanggal 6 September 1987

- MC Bizzey mempunyai nama asli Leonardo Roelandschap, dia adalah seorang rapper yang lahir pada tanggal 11 Mei 1985.

Kelompok duo DJ ini mulai terkenal disekitar tahun 2010, setelah mereka berhasil mengadakan acara di salah satu klub malam Jimmy Woo yaitu salah satu klub malam paling populer di Amsterdam. 

Kemudian di tahun 2012 hingga tahun 2013 mereka telah berhasil merilis beberapa single seperti Krokobil, Nooit Meer Slapen, Thunder serta Last Night Ever, dimana single singlenya ini telah berhasil menduduki tangga lagu di tempat asalnya yaitu di Belanda dan Belgia.


Yellow Claw, akhirnya mulai sering tampil di berbagai festival di Belanda diantaranya tampil di Dirty Dutch Festival, Sneakerz Festival, Latin Village Festival dan Solar Festival. 
 
Akhirnya single yang bertaraf Internasionalpun telah berhasil mereka rilis pada tahun 2013, dengan single berjudul Shotgun, dalam single ini mereka menampilkan penyanyi asal Belanda yang bernama Rochelle.

Single Shotgun ini telah berhasil menembus diurutan ke 20 di Belgia dan urutan ke 10 di Belanda, kesuksesan dari single Shotgun ini telah membuat Yellow Claw lebih cepat lagi dalam membuat singlenya.

Dalam membuat single berikutnya, hanya memerlukan waktu 7 hari setelah single Shotgun dirilis, Yellow Claw kembali berhasil merilis single yang berjudul Pillz, dalam single Pillz mereka berkolaborasi dengan Flosstradamus.

Akhirnya album debut berhasil dirilis pada tahun 2015, dengan album Yellow Claw Blood For Mercy dan menghasilkan single berjudul In My Room. 
 
Ditahun 2016, kelompok mereka sudah bukan kelompok trio lagi karena salah satu anggotanya yang bernama MC Bizzey mengundurkan diri dari Yellow Claw, sehingga sekarang mereka menjadi kelompok duo DJ karena hanya beranggotakan 2 orang saja.


Pada tahun 2017 mereka kembali merilis album keduanya yang berjudul Los Amsterdam dan melalui album keduanya ini, Yellow Claw telah mampu menghasilkan beberapa single hit.

Yellow Claw lagu hit tersebut diantaranya adalah :

- Light Years – menampilkan Rochelle

- City On Lockdown – menampilkan Lil Debbie

- Good Day – menampilkan DJ Snake & Elliphant

- Hold To To Me – menampilkan GTA

Dan untuk pertama kalinya Yellow Claw tour telah berhasil tampil di panggung utama bergengsi yaitu di Tommorrowland pada bulan Juli 2017.

Yellow Claw telah berhasil menemukan warna musiknya sendiri di Amsterdam, dengan dirilisnya beberapa singlenya di awal tahun 2017, karena mereka telah menemukan penampilan terbaiknya dengan anggota yang sekarang ini. 

Meskipun anggotanya sudah tidak trio DJ lagi dan sudah berubah menjadi duo DJ, namun demikian duo DJ ini sudah siap untuk merilis album album barunya untuk meramaikan kancah musik dunia.

Yellow Claw berhasil merilis single Get Uo dengan menampilkan KIDDO pada tahun 2019, meskipun pada saat itu mereka belum mendapatkan tanda tangan kontrak.

Kemudian dilanjutkan dengan merilis single Baila Conmigo, didalam single Baila Conmigo ini menampilkan Sameetie, Inna dan Jenn Morel. Selanjutnya pada tahun 2020, Yellow Claw merilis album Never Dies.

Yellow Claw, saat ini mendirikan label sendiri yaitu Keluarga Barong, dimana telah mengambil banyak artis antara lain Mightyfools dan Yung Felix.

Selain itu, Yellow Claw juga melakukan kolektif studio saja tetapi Yellow Claw tour juga mengadakan penampilan besar di seluruh dunia.

Mereka memiliki kemitraan label di Eropa yang jumlah yang hampir sama dengan AS mengikuti kemitraan dengan Mad Decent dan Fool’s Gold.

Album Yellow Claw :

- Blood for Mercy (dirilis tahun 2015)

- Los Amsterdam (dirilis Tahun 2017)

- New Blood (dirilis tahun 2018)

- Never Dies (dirilis tahun 2020)


Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Yellow Claw, Trio DJ Menjadi Duo DJ, Hengkangnya MC Bizzeysemoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : Wikipedia

0 komentar