Album Queen, Jazz terbukti album populer paling tangguh


Queen, album Jazz merupakan album ke tujuh band rock terkenal asal Inggris yang dirilis tahun 1978

Album Queen Berjudul Jazz Mampu Membuktikan kepopulerannya

Bagi pecinta dan penggemar band Queen, maka sudah dipastikan bahwa mereka telah banyak yang mengetahui dan bahkan pasti akan mengkoleksi semua album-album yang dirilis oleh Queen sebagai band rock terkenal dan legendaris asal Inggris ini.
 
Kelompok band Queen merupakan band terkenal legendaris dan populer di seluruh dunia asal Inggris. Karya karyanya sangat luar biasa dan terkenal di seluruh dunia serta abadi sampai dengan sekarang ini dan tidak pernah hilang dimakan oleh jaman.
 
Namun demikian, tidak ada salahnya apabila penulis akan membahas ulang tentang lagu-lagu yang ada didalam album Queen yang berjudul jazz ini, supaya kita dapat merefresh kembali dari masing masing lagu tersebut. 

Album Jazz Queen ini, merupakan album lama yang dirilis pada tanggal 10 November 1978. Album ini memang berisi karya lagu yang sangat luar biasa dari Queen.
 
Ketaguhan album Queen Jazz ini, terbukti karena lagu lagunya yang masih tetap abadi sampai dengan sekarang ini. Kali ini yang akan penulis kupas adalah lagu-lagu dari album ketujuh Queen yang berjudul Jazz tersebut.

Salah satu album Queen yang berjudul Jazz ini merupakan album ke tujuh dari kelompok band Queen yang diproduseri oleh 2 label dari negara yang berbeda yaitu melalui label EMI Records di Inggis dan label Electra Records di Amerika Serikat.
 
Dalam pembuatan album ini ditangani oleh seorang produser yang bernama Thomas Baker, dimana Thomas Baker ini sebelumnya telah bekerja sama dengan Queen namun sudah berpisah.
 
Dengan dibuatnya album Jazz ini maka Thomas Baker akhirnya bergabung kembali untuk terlibat dalam pembuatan album jazz tersebut. 
 
Cover album Queen Jazz ini adalah gambar cover yang pernah dilihat oleh pencetus cover ini, dimana gambar cover tersebut mirip dengan gambar yang terdapat di tembok Berlin, dimana pencetus cover album Queen Jazz ini adalah Robert Taylor.
 

Album Queen yang satu ini, pada saat diluncurkan telah mendapatkan berbagai macam pendapat dari para kritikus musik, baik berupa kritik pujian mapun kritikan negatip yang diberikan oleh para kritikus musik pada saat itu.
 
Mereka yang kurang suka telah memberikan kritik negatif terhadap album Jazz ini dan mengatakan bahwa album berjudul jazz sangat membosankan.
 
Namun demikian, bagi kritikus musik yang menyukainya, mereka telah memberikan kritikan positip dengan memberikan pujian bahwa album Jazz ini merupakan salah satu album yang cukup menarik yang pernah dihasilkan oleh Queen band.
 
Salah satu lagu dari album album Queen ini berjudul Bicycle Race merupakan lagu yang cukup menarik serta lucu.

Namun demikian, dengan kehebatan dan kebesaran serta ketangguhan dari kelompok band Queen ini, membuat mereka mampu menepis semua kritikan yang bernada negatif yaitu dengan membuktikannya keberhasilan dari album ini.
 
Album ini telah berhasil menembus di peringkat ke 2 di UK album chart dan peringkat ke 6 di Billboard 200 serta telah berhasil meraih penjualan yang cukup bagus karena dapat menembus pencapaian penjualannya sebanyak lebih dari 5 juta kopi.

Penulis sendiri mempunyai album Queen yang berjudul jazz ini. Namun album Jazz ini masih berupa pita kaset lama karena pada saat membeli album Queen tersebut masih belum memasuki era digital, sehingga kaset ini dibuat oleh produksi rekaman dari Indonesia yang bernama Aquarius. 

Penulis sudah berusaha untuk mencari album Queen yang berjudul jazz tersebut dalam bentuk CD dari tahun 2010 disejumlah toko CD.
 
Namun demikian, masih belum berhasil menemukannya untuk dapat membelinya sebagai koleksi dan untuk memback up pita kaset Queen yang berjudul jazz tersebut, apabila suatu saat rusak dan tidak dapat diputar lagi.

Berikut, album Queen ketujuh yang berjudul Jazz ini dengan jumlah lagu yang dihasilkan sebanyak 13 lagu.

Berikut ulasan satu persatu dari lagu-lagu dari album Queen berjudul Jazz tersebut, yaitu :

1.  Mustapha

Lagu yang berjudul Mustapha ini diletakkan pada awal album. Hal ini, supaya dapat memberikan warna yang berbeda dari album Queen yang terdahulu.
 
Lagu ini diciptakan oleh Freddie Mercury dengan lirik lagunya yang menggunakan 3 bahasa yaitu bahasa Inggris, Arab dan Persia.
 
Selain itu lagu ini mengandung makna  antara lain dalam frase Allah, Allah, Allah kami akan berdoa untuk anda serta sejumlah kata yang secara umum sering kita dengar dan kita mengerti seperti Mustapha, Ibrahim, salam alaikum, waalaikum salam.
 
Lagu yang berjudul Mustapha ini, merupakan lagu yang selalu dinyanyikan oleh Freddie Mercury pada saat pertunjukan livenya dalam Live Killers dan pada saat pengenalan tempat untuk Bohemian Rhapsody.

2.  Fat Bottomed Girls

Lagu yang berjudul Fat Bottomed Girls ini merupakan sebuah lagu yang ditulis oleh Brian May. Dimana lagu ini dinyanyikan oleh Freddie Mercury bersama dengan Brian May.
 
Selain itu, Brian May bersama-sama dengan Roger Taylor juga telah memberikan perpaduan harmoni dengan permainan gitar dan bassnya, pada saat giliran Freddie Mercury menyanyikan seluruh lagu tersebut.

3.  Jealousy

Lagu yang berjudul Jealousy ini merupakan sebuah lagu yang ditulis oleh Freddie Mercury. Keindahan didalam lagu ini dihiasi oleh permainan gitar dari Brian May dengan gitar akustiknya yang telah  menempatkan potongan-potongan kecik kawat piano yang diletakkan dibawah frets.
 
Hal ini telah berhasil menciptakan suara berdengung efek dari sitar, dimana efek semacam ini memang sudah pernah dipakai oleh Queen dalam album Queen II melalui White Queen.

4.  Bicycle Race

Lagu yang berjudul Bicycle ini merupakan sebuah lagu  yang mempunyai komposisi yang cukup kompleks yang dibuat oleh Freddie Mercury.
 
Hal ini, karena komposisi yang kompleks tersebut mempunyai beberapa fitur modulasi, perubahan dari 4/4 menjadi 6/8, kemudian kembali lagi ke semula.
 
Selain itu, suara ras gitarnya menirukan balap sepeda. Sehingga lagu ini dianggap oleh sejumlah kritikus merupakan lagu yang cukup menarik perhatian dan lucu.

5.  If You Can't Beat Them

Lagu yang berjudul If You Can’t Beat Them ini merupakan sebuah lagu ditulis oleh John Deacon, dimana lagu ini beraliran hard rock yang merupakan aliran yang masih trend pada saat itu yaitu trend musik sekitar tahun 1970 an. 
 
Perbedaan dari lagu ini dengan lagu Queen yang lain adalah terlihat dari permainan solo gitar Brian May yang cukup lama sehingga menjadi salah satu solo gitar terlama dalam lagu Queen karena permainan solo gitarnya mencapai lebih dari 2 menit lamanya.

6.  Let Me Entertain You

Lagu yang berjudul Let Me Entertain You ini merupakan sebuah lagu karya dari Freddie Mercury, dimana lagu ini ditujukan kepada para penonton dan penggemar dari Queen.

7.  Dead On Time

Lagu yang berjudul Dead On Time ini merupakan lagu yang ditulis oleh Brian May dan dinyanyikan oleh Freddie Mercury. 
 
Didalam lagu ini bercirikan fitur musik yang paling cepat dan paling agresif,  dengan permainan gitar Brian May dan gebukan drum dari Taylor yang cukup agresif. 
 
Sehingga lagu ini oleh para penggemar Queen dianggap sebagai lagu yang paling ideal jika dimainkan live. Namun demikian, dalam kenyataannya lagu ini tidak pernah dimainkan dalam konser oleh Queen.
 
Akhir dari lagu ini ditandai dengan suara petir,  dimana suara petir ini direkam oleh Brian May pada saat terjadi badai ganas sesungguhnya, setelah suara petir ini kemudian diikuti oleh teriakan Freddie Mercury “You Dead”.

8.  In Only Seven Days

Lagu berjudul In Only Seven Days ini merupakan sebuah lagu konstribusi dari Deacon dan dalam lagu ini Deacon bermain akustik dan gitar listrik.

9.  Dreamer Ball

Lagu berjudul Dreamer Ball ini merupakan penghargaan yang diberikan Brain May kepada  Elvis Presley  yang telah meninggal setahun sebelum lagu ini dibuat. Versi dalam konser lagu ini memang memperlihatkan perbedaan dimana Brain May dan Taylor sebagai vokalnya.

10.  Fun It

Lagu berjudul Fun It ini merupakan sebuah lagu bergenre funk dan dikombinasikan dengan gerakan disco oleh Taylor. Didalam lagu yang dinyanyikan oleh Freddie Mercury dan Taylor ini di dalam instrumennya terdapat peran Taylor yang memegang sepenuhnya terutama di intro lagunya.

11.  Leaving Home Ain't Easy

Lagu berjudul Leaving Home Ain’t Easy ini merupakan sebuah lagu balada karya Brian May dimana lagu ini dinyanyikan sendiri oleh May dengan suara yang dipercepat.

12.  Do Not Stop Me Now

Lagu berjudul Do Not Stop Me Know ini merupakan sebuah lagu yang ditulis oleh Freddie Mercury dan merupakan salah satu lagu yang paling terkenal dari Queen. Didalam lagu ini Brian May berperan didalam solo gitar yang cukup singkat dan menjadi backing vokalnya.

13.  More Of That Jazz

Lagu berjudul More OfThat Jazz ini merupakan salah satu lagu yang berisi pendapat pahit dari Taylor tentang masyarakat pada saat itu yang kurang dihargai. Lagu ini semuanya juga dimainkan oleh Taylor, baik sebagian besar instrumennya maupun sebagai vokalisnya.
 
Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Album Queen, Jazz terbukti album paling tangguh, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. 
 
Alangkah indahnya, jika kita mempunyai kesempatan untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat kepada teman teman pecinta musik lainnya.

Sumber : Wikipedia

0 komentar