Toto, Band Rock Terkenal Dengan Lagu Africa

Toto, kelompok musik asal Amerika yang dibentuk tahun 1977
(dok.smoothvibes.com)

Toto, Band Rock Terkenal Dengan Lagu Africa

TOTO, GRUP BAND ROCK DARI AMERIKA SERIKAT YANG TERKENAL DENGAN LAGU "AFRICA", "ROSANNA" DAN "I WON'T HOLD". ANGGOTA PERSONILNYA MERUPAKAN MUSISI-MUSISI STUDIO BERPENGALAMAN DAN PALING POPULER SAAT ITU.

Sekilas Mengenai Grup Band Toto

Grup musik Toto dibentuk pada tahun 1977 di Van Nuys, Los Angeles, California, Amerika, oleh 6 musisi studio. Terbentuknya grup band Toto berawal dari pemain kibor yang bernama David Paich yang kebetulan bermain bersama pemain drum Jeff Porcaro. 

Keduanya mulai serius untuk membentuk grup band sendiri, sehingga keduanya mengajak David Hungate pemain bass, Steve Lukather gitaris dan kakak dari Jeff Porcaro yang bernama Steve Porcaro sebagai pemain kibor supaya bergabung untuk membentuk grup band barunya.

Sedangkan nama "Toto" berasal dari tulisan Jeff Porcaro pada pita demo yang berisi lagu-lagu mereka supaya tidak tertukar dengan milik grup musik lain. Toto sebenarnya adalah nama dari keluarga Bobby Kimball yaitu "Toteaux". 

Pada saat album pertama selesai dibuat mereka belum mempunyai nama untuk grup bandnya, sehingga pada saat melihat tulisan Toto pada pita demo, David Hungate dengan leluconya menjelaskan bahwa "Toto" berasal dari bahasa latin yang berarti "Memasukkan segalanya" kemudian dia mengusulkan untuk memberi nama "Toto" untuk grup band mereka, akhirnya disetujui oleh mereka.

1978 - album pertama "Toto IV" menjadi sukses secara komersial dan menjadi album terlaris, Toto juga pernah membuat album tema untuk film "Dune". Album Toto IV ini menghasilkan 3 single hit yang dapat menembus top 10 Billboard diantaranya "Rosanna", "Africa" dan "I won't hold you back".

Sehingga dari album ini berhasil mendapatkan Grammy untuk : 

- Rekaman terbaik (Rosanna)
- Album terbaik (Toto IV)
- Produser terbaik (Patric Swayze)

Puncak kepopulerannya terjadi disekitar tahun 1970 sampai dengan 1980. Setiap konser yang digelar oleh Toto selalu dipenuhi oleh penonton, meskipun pada tahun 1990 an dan 2000 an ketenarannya mulai memudar. Mereka dikenal mampu memainkan berbagai macam genre musik diantaranya irama musik rock, pop, soul, funk, progresif rock, hard rock, R&B dan jazz.

Toto berhasil melesat ketangga terdepan dengan lagu-lagu seperti "Hold the line", "Georgy Porgy" dan "I'll Supply the love", sehingga grup band mereka langsung mendapatkan pengakuan internasional dan menerima nominasi Grammy Awards sebagai aktris pendatang baru terbaik.

1981 - Album ke 3 dengan judul "Turn Back" merupakan album eksperimen mereka dengan lagu "Goodbye Elenore", tetapi album ini tidak sukses.

2007 - Album "Hydra" menghasilkan lagu hit dengan judul "99", album ini mendapatkan piringan emas karena pencapaian penjualannya.

Setelah berkarya selama 31 tahun akhirnya grup band ini bubar pada tahun 2008, tentu saja membuat penggemar Toto menjadi kecewa. Selama masa karirnya album yang berhasil dirilis oleh Toto sebanyak 17 album dan total penjualannya mencapai 30 juta kopi.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang TOTO, BAND ROCK TERKENAL DENGAN LAGU AFRICA, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat di bagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar