Kansas, Band Rock Progresif Terkenal Dengan Lagu Dust In The Wind

Kansas, band rock Amerika yang populer tahun 70 an
(dok.dailyvault.com)

Kansas, Band Rock Progresif Terkenal Dengan Lagu Dust In The Wind

KANSAS BAND TERKENAL DENGAN LAGUNYA YANG BERJUDUL "DUST IN THE WIND", BAND PROGRESIF ROCK ASAL AMERIKA INI  MERUPAKAN BAND LEGENDA AMERIKA.

Sekilas Tentang Band Kansas

Grup band rock ini dibentuk sejak tahun 1970 di Topeka, Kansas, Amerika, dengan genre musiknya berirama musik rock, musik art rock dan musik progresif rock. Nama grup band "Kansas" diambil dari nama kota tempat dimana grup band tersebut dibentuk yaitu kota Kansas, Amerika.

Formasi awal personil grup band Kansas mempunyai 2 orang vokalis yang bernama Lynn  Meredith dan Joel Warne, 2 orang keyboard yang bernama Don Montre dan Dan Wright, serta 1 orang pemain saksofon yang bernama Larry Backer.

Grup band Kansas sempat pasang surut dalam keaktifan bermain musiknya, mereka mulai aktif  dari tahun 1973 sampai dengan 1984 kemudian sempat vacum selama 1 tahun dan mulai aktif lagi di tahun 1985 sampai sekarang. Gaya musiknya sering diartikan sebagai campuran dari boogie rock amerika dengan jenis yang kompleks. Grup band ini mulai mendapatkan kepopulerannya kembali dari tahun 2006 sampai dengan 2014.

Suara biola yang dimainkan oleh Robby Steinhardt sangat mendominasi grup band kansas ini, musiknya sering dikelompokan kedalam heartland rock yang melampaui jazz dan klasik serta sangat dipengaruhi oleh suara biola progresif rock dari Robby Steinhardt.

Grup band kansas beranggotakan 6 orang personil : 

- Phil Ehart, Rich Williams, Billy Greer, David Ragsdale, David Manion dan Ronnie Platt
Meskipun grup band kansas ini sempat berganti-ganti personilnya, tetapi pada akhirnya mendapatkan  formasi akhirnya dengan anggota personil :
- Kerry Livgren, Dave Harapan, Robby Steinhardt, Steve Walsh, John Elsfante, Steve Morse dan Greg Robert.

Awal karir dari grup band Kansas berorientasi pada jenis musik rock charts dengan single hitnya yang berjudul "Carry on wayward son" dan "Dust in the wind". Selama masa karirnya Grup band Kansas ini telah menghasilkan 8 album emas dan 3 album yang berhasil mendapatkan Sextuple Platinum dengan judul album "Leftoverture", "Point of you know" dan "The best of kansas".

Lagu "Dust in the wind" berhasil menempati posisi tangga lagu Billboard selama lebih dari 200 minggu. Di setiap konser grup band Kansas, yang diadakan di Amerika Utara, Jepang dan Eropa, semua ticketnya  akan terjual habis. Grup Band Kansas mulai dikenal sekitar tahun 1970 an dan 1980 an dan mulai meningkat kepopulerannya pada tahun 1974.

Oktober 1976 - merilis album ke 4 berjudul "Leftoverture, merupakan album terobosan baru dari grup band Kansas, album ini menghasilkan single hit "Carry on wayward son" sehingga berhasil menduduki peringkat 5 Billboards Chart album pop dan bersertifikasi single emas.

Satu tahun kemudian diikuti oleh album "Point of know return" pada Oktober 1977, dengan lagu hitnya berjudul "The title track" dan "Dust in the win", album ini berhasil  masuk peringkat 4 Billboards Chart album pop dan mampu terjual sampai 4 juta kopi. Sedangkan lagu "Dust in the wind"  bersertifikat 5 kali platinum oleh RIAA pada tahun 2001.

Tahun 1979, lagu "Monolith" dihasilkan dari album studio "Point of know return" berhasil masuk top 40 dan single "People of the south wind", yang menunjukkan arti dari "Kanza" yaitu penduduk asli Amerika, dan menjadi nama dari grup band. Album ini mendapatkan Livgren's platinum Awards dan di display di "Kansas History Museum".

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini dan sudah membaca artikel tentang KANSAS, BAND ROCK PROGRESIF TERKENAL DENGAN LAGU DUST IN THE WIND, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar