Godbless, Grup Band Rock Terkenal Dan Melegenda Di Indonesia

God Bless, kelompok musik rock indo mengalami kejayaan sekitar tahun 1970 an
(dok.ubv.upnvi.ac.id)

GodBless, Grup Band Rock Indo Terkenal Dan Melegenda Di Indonesia

GODBLESS MERUPAKAN GRUP MUSIK ROCK LEGENDA DARI INDONESIA, MERUPAKAN BAND PELOPOR YANG MEMPUNYAI KEAHLIAN BERMUSIK TINGGI SEPANJANG KARIR MUSIKNYA.

Sekilas Mengenai Godbless

Terbentuknya grup band godbless, diawali dengan kembalinya Achmad Albar dari negara Belanda ke Indonesia bersama dengan Ludwig Lemans yaitu seorang gitaris band Clover Leaf, yang merupakan grup band dari Achmad Albar ketika di Belanda.

Kemudian Achmad Albar mengajak Alm. Fuad Hasan seorang drumer dan Donny Fattah seorang bass, untuk membentuk sebuah grup band, sehingga terbentuklah grup band yang bernama "Crazy Wheels" sampai akhirnya grup bandnya berganti nama menjadi "God Bless" pada tanggal 5 Mei 1973.

Meskipun pada awal karirnya God Bless hanya menyanyikan lagu-lagu karya dari orang lain, lagu-lagu yang dinyanyikan oleh God Bless diantaranya diambil dari grup band terkenal seperti Kansas, Easy Beast, Genesis dan Deep Purple. 

Namun demikian akhirnya pada tahun 1975 God Bless dapat merilis album sendiri berupa album godbless perdananya yang berjudul "God Bless". Lirik lagu dari God Bless ini terinspirasi dari Bob Dylan yang bertemakan kritik-kritik sosial.

Tahun 1980, kelompok musik rock indo ini berhasil merilis album godbless yang berjudul "Cermin" dengan lagu-lagunya yang berjudul Musisi, Anak Adam, Selamat pagi Indonesia dan Sodom Gomorah. 

Album ini merupakan cermin pemberontakan dari God Bless terhadap dominasi industri rekaman yang pada saat itu tidak sependapat dengan God Bless, tuntutan pasar pada saat itu lebih didominasi oleh musik pop yang bertemakan cinta yang sempit, sedangkan God Bless lebih menginginkan dan mempertahankan musik rocknya yang bertema kritik-kritik sosial.

Album godbless ini merupakan album yang paling idealis dan terbaik, baik dari segi komposisi aransemennya yang rumit maupun dari segi kemampuan skill masing-masing personilnya serta kekompakan dalam memainkan musiknya.

Tahun 1988, God Bless kembali merilis album  "Semut Hitam", lagu dari album  ini diantaranya Semut Hitam, Rumah kita dan Kehidupan meledak dipasaran. Album ini menjadi album paling laris. Sejak album ini dirilis konsep musiknya sudah mulai berubah dari rock progresif menjadi hard rock dan heavy metal, God Bless juga sudah mulai mempertimbangkan segi komersial dan selera pasar.

Setelah Ian Antonio keluar digantikan oleh seorang gitaris muda yang bernama Eet Syahranie sejak itu God Bless menjadi lebih agresif dalam penampilannya, sehingga pada tahun 1989 menghasilkan album yang berjudul "Raksasa", dengan satu lagu hitnya yang berjudul "Menjilat Matahari".

God Bless mengalami masa vakum yang panjang, sampai akhirnya pada tahun 1977 para personil God Bless berkumpul kembali di kawasan puncak. Reuni tercinta sebut menghasilkan album yang berjudul "Apa Kabar".

God Bless sering berganti-ganti personilnya, sehingga setiap album yang dirilis mempunyai formasi personil yang berbeda, diantaranya :

- Formasi personil album "Huma Diatas Bukit" (1975) : Achmad Albar, Donny Fattah, Ian Antono, Jokie Suryoprayogo, Teddy Sujana.
- Formasi personil album "Cermin" (1980) : Achmad Albar, Donny Fattah, Ian Antono, Abadi Soesman, Teddy Sujaya.
- Formasi personil album "Semut Hitam" (1988) : Achmad Albar, Donny Fattah, Ian Antono, Jockie Suryoprayogo, Teddy Sujaya.
- Formasi personil album "Raksasa" (1989) : Achmad Albar, Donny Fattah, Eet Syahranie, Jockie Suryoprayogo, Teddy Sunjaya.

God Bless sungguh luar biasa, meskipun tidak banyak merilis album selama lebih dari 5 dekade,  God Bless menjadi legenda musik rock di Indonesia dan masih tetap dicintai oleh penggemarnya baik yang berusia tua maupun muda. Terbukti pada saat God Bless tampil di acara Mata Najwa di Merto TV pada tanggal 9 September 2015 pukul 20.05, terlihat penampilannya masih okey.

God Bless pada saat itu tampil dengan formasi personilnya : Ahmad Albar (Vokal), Ian Antono (Gitar), Donny Fatah (Bass) dan Fajar Satriatama (Drum), dengan menyanyikan lagu hitnya seperti  Panggung Sandiwara, Rumah Kita dan Kehidupan.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang GOD BLESS, GRUP BAND ROCK TERKENAL DAN MELEGENDA DI INDONESIA, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat di bagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber : Wikipedia)

1 komentar: