Europe Band, Terkenal Dengan The Final Count Down Populer Tahun 1980 an

Europe band, musik hard rock asal Swedia yang populer tahun 1980 an 

Logo Europe band

Europe Band, Terkenal Dengan The Final Count Down Populer Tahun 1980 an

EUROPE BAND ADALAH GRUP BAND HARD ROCK YANG BERASAL DARI SWEDIA, TERKENAL DENGAN LAGU "THE FINAL COUNT DOWN", POPULER SEKITAR TAHUN 1980 AN.

Sekilas Tentang Europe Band

Europe adalah grup band hard rock yang berasal dari Upplands Vasby, Swedia, merupakan grup musik yang beraliran musik hard rock, musik heavy metal dan musik glan metal. 

Grup band ini dibentuk pada tahun 1982 oleh vokalis -  Joey Tempest, gitaris - John Norum, bass - Peter Olsson, dan drumer - Tony Reno, semula menggunakan nama "Force" tetapi setelah mereka berhasil memenangkan kontes ditingkat nasional, nama grup bandnya diganti dengan "Europe".

Pada awalnya grup band ini beraliran progresif metal, tetapi kemudian dengan berkembangnya grup band ini sudah mulai menambahkan unsur permainan keyboard, sehingga menjadikan Europe menjadi dikenal oleh dunia melalui lagu yang berjudul "The Final Count Down".

Dalam lagu "The Final Count Down", peran dari Riff dalam permainan keyboardnya sangat mendominasi sekali, sehingga mampu menempatkan Europe menjadi salah satu grup band rock papan atas dunia.

Selama masa karir musiknya dari sejak berdirinya,  Europe sudah berhasil menyelesaikan lebih dari 20 juta rekaman diseluruh dunia. Meskipun grup band ini sempat istirahat pada tahun 1993, tetapi akhirnya mulai kembali meramaikan dunia musik lagi, tepatnya pada tahun 2003 dan sampai sekarang Europe masih ada.

Pada tahun 1981 ada pergantian pemain bass, Peter Olsson digantikan oleh John Leven. Kemudian tahun 1985 pemain drumer Tony Retno digantikan oleh Lan Haugland mantan drumer grup band Trilogi, selain terjadi pergantian pemain bass dan drumer grup band ini juga menambah formasi personilnya Mc Micheli sebagai pemain keyboard.

Europe merilis album pertamanya berjudul "Europe" dan " Wings of tommorow" dirilis tahun 1982 dan 1984, album ini mendapat sambutan baik di Jepang dan Skandinavia.

Europe mencapai prestasi puncak melalui album "The Final Count Down" yang dirilis pada tahun 1986, album ini menjadi hit buat penggemar musik metal, karena dapat menguasai puncak tangga lagu di 26 negara. Single dari album ini terjual sampai 8 juta kopi, sedangkan albumnya sendiri terjual 6,5 juta kopi. Single yang lainpun mampu melejit menjadi hit dunia, lagu tersebut adalah "Carrie", "Rock the night" dan "Cherokee".

Album-album yang lain dari Europe Band, adalah :

- "Out of this world" (1998), menghasilkan hit "Superstitious" berhasil meraih beberapa platinum
- "Prisoners  paradise" (1991), tidak terlalu sukses, hanya terjual 1 juta kopi saja tetapi berhasil mencetak hit "I'll cry for you".

Setelah sekian lama melakukan tur yang melelahkan, akhirnya Europe berencana untuk istirahat selama 2 tahun, tetapi kenyataannya istirahat mereka menjadi lebih panjang karena masing-masing personilnya menjadi sibuk dengan karir solo mereka masing-masing. Selain itu saat itu selera pasar berubah dari hard rock menjadi musik grunge.

Tahun 2002 Erope mengadakan reuni di Stock Holn, kemudian tahun 2003 mereka memutuskan untuk kembali ke musik rock dan tahun 2004 berhasil merilis album "Start from the dance". album ini mendapat sambutan dari penggemarnya karena warna musiknya hard rock yang lebih keras, lebih menonjolkan distorsi gitar down tuned dan roffel drum yang kuat. 

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang EUROPE BAND, TERKENAL DENGAN THE FINAL COUNT DOWN POPULER TAHUN 1980 AN, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat di share ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar