Asia Band, Progresif Rock Terkenal Dengan Only Time Will Tell Dan Heat Of The Moment

Band Asia, kelompok musik rock yang dibentuk sebagai supergrup dan anggotanya adalah mantan dari anggota kelompok musik Yes

Logo Asia band, diciptakan oleh Ilustrator Roger Dean

Band Asia, Progresif Rock Terkenal Dengan Only Time Will Tell Dan Heat Of The Moment

ASIA ADALAH KELOMPOK MUSIK PROGRESIF ROCK YANG BERASAL DARI INGGRIS, SUKSES DENGAN ALBUM "EPONYMOUS".

Sekilas Tentang Grup Band Asia

Grup band Asia adalah kelompok musik rock progresif yang berasal dari Inggris, Britania Raya, dibentuk pada tahun 1981 sebagai sebuah grup "Super grup" setelah menurunnya kepopularitasan dari Yes & Emeron dan Lake & Palmer, kedua grup band ini merupakan kelompok band rock progresif terkenal di Inggris.

Anggota personil grup band Asia merupakan mantan-mantan anggota dari  berbagai macam kelompok musik band progresif rock  diantaranya adalah :

- John Welton - mantan bass dari King Crimson, Familly
- Roky Musiz - dari Uriah Heep, Inggris & Wishbone Ash
- Steve Howe - mantan gitaris Yes
- Geoff Downes - Keyboardist Yes & The Buggles
- Carl Pahmer - drummer Emerson Lake & Palmer, The Crazy World of Arthur Brown & Atonic Rooter

Rekaman pertama grup band Asia yang berjudul "Do not cry" ini, dianggap mengecewakan oleh penggemar genre progresif rock karena iramanya cenderung kearah pop, meskipun grup band ini belum mendapat perhatian dari majalah rolling stones,  tetapi para musisi mengakui bahwa grup band Asia ini memberi harapan sebagai album rock biasa. 

Album ini berhasil masuk peringkat pertama album soudtrack dan top 20 pop, dimana musik pop pada saat itu masih melanda musim panas tahun 1983. Asia band berhasil mendapatkan platinum dan masuk urutan ke 6 di Billboard Chart album.

Tahun 1982 merupakan puncak kesuksesan dari grup band Asia, album yang berjudul "Eponymous" berhasil sukses besar secara komersial karena mendapatkan peringkat pertama di album Chart Amerika dan terjual hingga 4 juta kopi di Amerika Serikat dan 10 juta kopi diseluruh dunia.

Menghasilkan single "Only Time Will Tell" dan "Heat of The moment" menjadi 40 Top Hit. Single "Heart of The moment" berhasil menduduki peringkat 1 dan dapat bertahan selama 6 minggu di Billboard untuk album rock track grafis dan peringkat 4 di hit 100.

Awal konser dari grup band Asia ini dimulai di Clarkson University di Potsdam, New York pada tanggal 22 April 1982, kemudian di bioskop-bioskop dan berkembang lagi ke area yang lebih luas lagi, karena berdasarkan catatan permintaan tiket memang cukup tinggi, dimana setiap konser yang digelar oleh grup band ini tiket yang disediakan selalu terjual habis.

Album kedua yang berjudul "Alpha" yang dirilis pada tahun 1983, berhasil mengulang keberhasilan dari album pertamanya.

Album yang berjudul "Astra" yang dirilis tahun 1985, ternyata tidak sukses seperti album pertama sehingga tur akhirnya dibatalkan karena diprediksi kurang minatnya pengganti Howe.

Tahun 1990 grup band ini kembali ke studio dengan Downes yang mulai bergabung lagi, Steve Lukather seorang gitaris Toto, bersama dengan anggota personil lainnya berhasil merilis "Then & now", dan menghasilkan lagu "Days like these", lagu barunya ini menjadi lagu terbaik masuk urutan ke 2 di Amerika Serikat sebagai Album rock tracks grafik. Sehingga lagu ini berhasil menjadi penyemangat bagi grup band Asia untuk mengadakan tur lagi ke wilayah Uni Soviet.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang ASIA BAND, PROGRESIF ROCK TERKENAL DENGAN ONLY TIME WILL TELL DAN HEAT OF THE MOMENT, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagilan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar