Suzi Quarto Terkenal Dengan Lagu Can The Can, Sentuhan Rock n Rollnya kental


Suzi Quarto, penyanyi rock asal Amerika tetapi lebih dikenal di Inggris
(dok.evergreenoldies.com)

Suzi Quarto Terkenal Dengan Lagu Can The Can

PENYANYI ROCK ASAL AMERIKA INI DIKENAL DENGAN LAGU YANG BERJUDUL "CAN THE CAN", BERHASIL MEMBAWA NAMA SUZI QUARTO MELEJIT DAN MULAI DIKENAL OLEH DUNIA SEKITAR TAHUN 1973.

Suzi Quarto merupakan penyanyi rock wanita yang mempunyai pendapat yang cukup kuat  mengenai ketidak setujuannya tentang penyanyi wanita yang memamerkan tubuh indahnya dalam berpakaian pada saat tampil menyanyi dipanggung,  hanya karena untuk menarik perhatian penggemarnya. 

Dia sangat menyayangkan kalau sampai hal tersebut terjadi, karena menurut Suzi Quarto bahwa seorang  penyanyi wanita lebih sering dijadikan sebagai obyek pemuas bagi penonton pria saja sehingga mereka tidak merasakan soul dari musik yang  sebenarnya sudah dibawakan oleh penyanyi-penyanyi wanita tersebut. 

Karena sebagai seorang penyanyi yang berkarakter tertentu, tentu saja mereka akan menjual keindahan suara dari lirik lagu yang akan dibawakannya untuk dapat menarik perhatian dari para penggemarnya.

Melalui lagu "Can The Can", Suzi Quarto mulai dikenal oleh dunia dan namanya mulai melejit di sekitar tahun 1973. Dengan gaya dan sentuhan rock and rollnya yang sangat kental, serta dalam membawakan lagu "Can The Can" ini sehingga penampilan dari Suzi Quarto mampu menarik perhatian dunia. 

Menurut pencipta lagu "Can The Can" yang bernama Nicky Chinn, menjelaskan bahwa lagu ini sebenarnya  mempunyai arti "sesuatu yang tidak mungkin",  atau dengan arti yang sebenarnya adalah "Bahwa anda tidak akan dapat menahan pacar anda".

Kepopuleran lagu Can The Can ini berhasil mencapai puncak tangga nada lagu di Eropa, Jepang dan Australia, sehingga melalui lagu hit ini pula, nama Suzi Quarto akhirnya mulai dikenal oleh dunia.

Kemudian kepopuleran dari lagu Can The Can ini, diikuti juga oleh lagu-lagu Suzi Quarto yang lainnya yang berhasil dirilis satu persatu, sehingga menjadikan namanya semakin terkenal di seluruh dunia.

Dengan munculnya single hit atau lagu hitnya seperti 48 Crash (1973), The wild one (1973), Cat Size & Devil gate Drive (1974). Sampai akhirnya single atau lagu yang berjudul "Can The Can" dan "48 Crash" berhasil masuk kedalam album debutnya.

Lagu-lagu Suzi Quarto memang sangat bernuansa Rock and Roll bahkan sampai ke warna genre musik funk rock demikian juga jump sound gitar modern milik Len Tucky sangat dominan sekali, sehingga lagu lagu Suzi Quarto sekilas hampir sama dengan lagu-lagu milik grup band Deep Purple dan Led Zeppelin. Letak perbedaan lagunya adalah bahwa chord dari lagu-lagu Suzi Quarto tidak seenerjik Chord lagu-lagu Haevy metal milik Deep Purple maupun Led Zeppelin.

Dari tahun 1973 sampai dengan 1979, lagu-lagu Suzi Quarto berhasil menduduki peringkat pertama di tangga lagu Inggris, dan dapat bertahan di puncak tangga lagu Inggris sampai kira-kira selama 101 minggu.

Suzi Quarto memang luar biasa, dengan usianya yang sekarang yang tentu saja sudah tidak muda lagi, dia  masih aktif mengadakan konser-konser. Sebagian besar konsernya memang untuk kepentingan amal, melalui album yang berjudul "In The Spotlight", Suzi Quarto berkolaborasi dengan Mike Chapman yaitu seorang  musisi yang telah membantu Suzi Quarto pada saat pembuatan album pertamanya.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang SUZI QUARTO TERKENAL DENGAN LAGU CAN THE CAN, SENTUHAN ROCK N ROLL KENTAL, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar