Suzi Quarto, Penyanyi Wanita Asal Amerika Pertama, Menjadi Bintang Rock Dunia


Suzi Quarto, penyanyi, pencipta lagu dan musisi asal Amerika

Suzi Quarto, Penyanyi Wanita Asal Amerika Pertama Yang Menjadi Bintang Rock Dunia


SUZI QUARTO ADALAH SEORANG PENYANYI MUSIK ROCK WANITA YANG SELALU TAMPIL DENGAN DIBALUT OLEH CUSTOM PAKAIAN KETAT YANG TERBUAT DARI KULIT, DIA MEMILIH MENGGUNAKAN ALAT MUSIK GITAR BASS DALAM BERNYANYI. TERKENAL DENGAN LAGU GREATEST HITS BERJUDUL "CAN THE CAN", "THE WILD ONE", "48 CRASH".

Sekilas Tentang Biografi Suzi Quarto

Suzi Quarto adalah seorang penyanyi yang berasal dari Amerika Serikat, tetapi dia justru lebih dikenal oleh penggemarnya di Britania Raya dari pada di Amerika Serikat yang merupakan negara asalnya.

Dia lahir pada tanggal 3 Juni 1950 di Detroit, Michigan, Amerika Serikat, dan mempunyai suami yang bernama Rainer Haas (m 1993) dan Len Tuckey (m 1976 - 1992), serta mempunyai 2 orang anak yang bernama Richard Leonard Tuckey dan Laura Tuckey.

Didalam kehidupannya, Suzi Quarto dilahirkan dari keluarga musisi, sehingga dia telah membentuk grup band dengan saudaranya ketika masih berusia 14 tahun, dengan grup bandnya yang bernama Pleasure Seeker. Di grup bandnya ini suzi Quarto berperan sebagai penyanyi dan pemain gitar bass.

Selama karir musiknya, selain sebagai penyanyi Suzi Quarto juga sebagai pemain film serial Televisi yang berjudul Disco, Happy days dan Count down.

Suzi Quarto dikabarkan akan merayakan 50 tahun Rock & Roll dan dia akan tampil di British Festival. Gitar bass merupakan alat musik yang selalu digunakannya,  dengan penampilan khasnya yang selalu menggunakan pakaian ketat yang terbuat dari kulit, sehingga gaya rocknya menjadi sangat kuat sekali. Sehinggag gaya berpakain dari Sizi Quarto banyak dicontoh dan dijadikan pakaian khas rocker oleh penyanyi rock wanita.

Dengan usianya yang sudah tidak muda lagi, dia sudah tampil lebih dari 60 kali pertunjukan dalam setiap tahunnya. Suzi Quarto menyadari bahwa suatu saat dia harus berhenti berkarir didunia musik rocknya mengingat usianya saat ini, tetapi saat ini dia masih aktif mengadakan konser-konser, dimana konsernya sebagian besar ditujukan untuk tujuan amal.

Dia tidak setuju kalau penyanyi wanita yang sudah mempunyai kemampuan dalam bernyanyi tetapi masih memamerkan tubuh sexinya dengan menggunakan pakaian yang terbuka untuk menarik perhatian penggemarnya. Suzi Quarto memang menggunakan pakaian yang ketat, tetapi pakaian yang digunakan masih menutupi seluruh tubuhnya.

Gaya musik Suzi Quarto


Gaya bermusik Suzi Quarto yang utama adalah musik hard rock dan glam rock, karena Suzi Quarto pertama kali muncul bukan sebagai penyanyi tetapi sebagai pemain bass gitar. Hal ini telah dipertontonkan oleh Suzi Quarto kepada pencinta musik tentang kepiawaiannya dalam bermain musik instrumental dengan solo gitar bassnya yang dikembangkannya sendiri didalam live konser yang diselenggarakannya.

 

Suzi Quarto mempunyai gaya musik yang tergolong power pop, garage rock serta motown.

Album-Album Suzi Quarto

Suzi Quarto dianggap seorang musisi rock wanita yang paling produktif, karena hampir setiap tahunnya dia selalu merilis album baru dan di setiap tahunnya album baru Suzi Quarto selalu dinantikan oleh para penggemarnya diseluruh dunia.

Diantara album-album Suzi Quarto yang berhasil dirilis dari tahun 1973 sampai dengan tahun 2011 adalah sebagai berikut :

1973 - albumnya berjudul Suzi Quarto
1975 - albumnya berjudul Your Mamma won't like me
1976 - albumnya berjudul If you knew, Aggro Phobia
1979 - albumnya berjudul Suzi and other four letter words
1980 - albumnya berjudul Rock hard
1984 - albumnya berjudul Highs in the miid sixtien (vol 6)
1989 - albumnya berjudul Rock til ya drop
1990 - albumnya berjudul Oh Sozi Q
1991 - albumna berjudul Live and kickin
1996 - albumnya berjudul The gold collection, The best of Suzi Quarto, The Wild one classic Quarto
1998 - albumnya berjudul Unrelesed Emotion
2011 - albumnya berjudul In The spotlight

Lagu-Lagu Suzi Quarto Yang Berhasil Dirilis

Beberapa lagu-lagu dari Suzi Quarto yang berhasil dirilis, dan memunculkan lagu-lagu hit yang cukup populer melalui beberapa albumnya dari tahun 1974 sampai dengan tahun 1999, diantaranya adalah :

1974 - Quarto dengan lagunya yang berjudul Devil gate drive, The wild one

1978 - If you can't give me love dengan lagu yang berjudul If you knew Suzi
1978 - What goes arround dengan lagu yang berjudul 48 Crash

1980 - Rock hard dengan lagu yang berjudul Rock hard
1980 - In the spotlight dengan lagu yang berjudul Singing with angels Four Letter Words dengan lagu    yang berjudul She's in love with you

1990 - Suzi Q dengan lagu tang berjudul Oh Suzi Q
           Suzi and other 

1991 - Live and kickin dengan lagu yang berjudul Can the can, Glycerine queen
           What goes arround - greatest & last dengan lagu yang berjudul 48 Crash

1999 - Greatest Hits dengan lagu yang berjudul Daytona Demon

Dapat dibaca artikel lain tentang : SUZI QUARTO TERKENAL DENGAN LAGU CAN THE CAN

Pengaruh Suzi Quarto


Gaya musik Suzi Quarto juga banyak mempengaruhi musisi wanita seperti Tina Weymouth dalam bermain bass, The Runaways dan Joan Jett, Girlschool dan Chrissie Hynde, Kathy Valentine yang tenar dalam permainan bass untuk The Go Go’s.

 

Pada tahun 1990 kelompok musik indie rock Amerika ini dengan lagu Leather Idol dari album The Pink Album karakter musiknya mirip Quarto’s Happy Days Leather Tuscadero. Penyanyi dan penulis lagu Scotlandia juga terpengaruh pada kostum panggung Suzi Quarto.

 

Tahun 2013, Suzi Quarto memperoleh Woman of Valor Award dari organisasi Musicians for Equal Opportunities for women (MEOW) karena kapasitasnya dalam mencetuskan kretifitas dan mempengaruhi generasi musisi wanita.

 

Pada saat itu berada di “Stumblin In”, Suzi Quarto melantukan 5 buah lagu bersama dengan band lokal yang diikuti saudara wanitanya Patti serta dari band Fastball Tony Scalzo.


Penghargaan untuk Suzi Quarto

 

Suzi Quarto juga menjadi salah satu dari 12 Queens of British Pop yang dipilih oleh BBC TV pada April 2009.

 

Quatro berhasil meraih penghargaan Bravo Otto, diantaranya :

1973 Emas untuk penyanyi wanita

1974 Emas untuk penyanyi wanita

1975 Perunggu untuk penyanyi wanita

1978 Perunggu untuk penyanyi wanita

1979 Perunggu untuk penyanyi wanita

1980 Perak untuk penyanyi wanita


Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang SUZI QUARTO, MERUPAKAN PENYANYI WANITA PERTAMA YANG MENJADI BINTANG ROCK DUNIA, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar