Bad Company, Terkenal Dengan Lagu Love Me Some Body


Bad Company, supergrup rock asal Inggris yang dibentuk tahun 1973
(dok.lazygomer.net)

Bad Company, Terkenal Dengan Lagu Love Me Some Body

BAD COMPANY ADALAH SEKELOMPOK  GRUP BAND ROCK DARI INGGRIS, YANG TERKENAL DAN SUKSES BESAR PADA TAHUN 1970 AN.

Sekilas Mengenai Grup Band Bad Company

Grup band ini berasal dari Inggris, Britania Raya, dan mulai dibentuk pada tahun 1973 di Westminster, London, Inggris oleh 2 orang musisi yang pernah menjadi anggota grup band Free. Mereka adalah Paul Rodgers yang menempati posisi sebagai vokalis dan Simon Kirke yang menempati posisi sebagai drumer, serta  anggota lainnya yang bernama Mick Ralphs yang memegang posisi sebagai seorang gitaris serta King Crimson yang memegang posisi sebagai seorang bassis. Mick Ralphs dan King Crimson adalah mantan dari anggota grup band Boz Brurnell.

Sehingga seluruh anggota dari grup band Bad Company  terdiri dari 4 orang personil, mereka masing-masing yang bernama :
Simon Kirke, Mick Ralphs, Howard Leese dan Todd Ronning
Ada beberapa vokalis dari grup band Bad Company, mereka masing-masing bernama :
Paul Rodgers, Brian Howe dan Robert Hart

Konon cerita bahwa penggunaan nama Bad Company yang digunakan sebagai nama grup band mereka, diambil dari nama Octt Bridges film Bad Company yang sangat disukai oleh Paul Rodgers sehingga nama grup bandnya dinamakan "Bad Company" juga.

Perjalanan karir Bad Company

Bad Company juga sudah sampai pada kondisi, dimana sudah tidak ada lagi yang menulis lagu dan Brian Howe merasa sudah bersusah payah berkerja untuk kelompok musik ini namun, dia tidak memperoleh apapuun dan hanya mendapatkan rasa benci dari Mick dan Simon. Akhirnya Brian Howe memutuskan keluar dari Bad Company pada tahun 1994.

 

Akhirnya Brian Howe memutuskan utuk bersolo karir dengan single atau lagu terbarunya yang berhasil dirilis pada tahun 2017 berjudul Hot Tin Roof.

 

Kelompok musik Bad Company merupakan kelompok musik supergrup rock asal Inggris yang dibentuk pada tahun 1973 di Albury, Surrey. Bad Company dibentuk oleh anngota personilnya diantaranya Paul Rodgers sebagai vokalis, Mick Ralphs sebagai gitaris, Simon Kirke sebagai drummer. Setelah itu bertambah algi anggota baru bernama Boz Burrell dan Peter Grant sebagai bassis. Kedua bassis ini juga masih menjadi anggota personil Led Zeppelin sampai tahun 1982.

 

Bad Company berhasil meraih kepopulerannya selama tahun 1970 an dengan merilis 3 album pertamanya, diantaranya album Bad Company yang dirilis tahun 1974, Straight Shooter dirilis tahun 1975 dan Run With the Pack dirilis tahun 1976. Album Company ini berhasil bercokol di 5 besar tangga album di Inggris dan Amerika.

 

Dari ke 3 album tersebut berhasil menelurkan lagu lagu seperti Bad Company, Can’t Get Enough, Good Lovin’ Gone Bad, Feel Like Makin’ Love, Ready for Love, Shooting Star dan Rock ‘n’ Roll Fantasy. Lagu lagu ini menjadi lagu yang selalu diputar di radio rock klasik dan albumnya mampu terjual hingga 20 juta kopi di Amerika sehingga mendapatkan serifikat RIAA dan 40 juta di seluruh dunia.

 

Anggota personil Bad Company merupakan pemain musik yang sudah cakap karena sudah pernah bermain di kelompok musik lain seperti vokalis Paul Rodgers dan gitaris Simon Kirke bekas anggota personil Free, Mick Ralphs bekas gitaris Mott the Hoople dan Boz Burrell bekas bassis King Crimson.

 

Album debut Bad Company telah berhasil melejit diurutan teratas di Billboard 200 di AS dan peringkat 3 di UK Albums Chart dan bertahan hingga 25 minggu. Selain itu, album ini juga memperoleh 5 kali sertifikasi platinum di AS dan menjadi album peringkat 46 sebagai paling laku tahun 1970 an. Lagu dari album ini, berjudul Can’t Get Enough dan Movin’ On berhasil menduduki peringkat 5 dan 19 di Billboard Hot 100.

 

Album kedua Bad Company berjudul Straight Shooter yang dirilis tahun 1975, menduduki peringkat 3 di Inggris dan AS serta meraih Platinum di AS. Album ini juga menelurkan lagu hit Good Lovin’ Gone Bad dan Feel Like Makin’ Love, masing masing mendapatkan peringkat 36 dan peringkat 10.

Run With the Park, merupakan album ketiga Bad Company yang dirilis tahun 1976 dan berhasil menduduki peringkat 4 di Inggris dan peringkat 5 di AS.

 

Bad Company mulai melakukan turnya di Inggris pada tahun 1976, namun tur ini ditunda karena salah satu pendukung tur yang bernama Paul Kossof meninggal dunia pada 19 Maret 1976.


Lagu Bad Company lainnya yang mendapat peringkat diantaranya :

- Burnin’ Sky menduduki peringkat 15 di AS dan peringkat 17 di Inggris, tahun 1977

- Desolation Angels menduduki peringkat 3 di AS dan peringkat 10 di Inggris, tahun 1979

- Rock ‘n’ Roll Fantasy menduduki peringkat 13

- Gone Gone Gone menduduki peringkat 56 

 

Meskipun prestasi Bad Company telah terlihat dari album maupun lagu lagunya yang berhasil menduduki peringkat, namun kelompok musik ini justru tidak senang sewaktu tampil di stadion besar pada akhir tahun 1970 an.

 

Apalagi setelah kelompok musik ini kehilangan mantan drummer Led Zeppelin yang bernama John Bonham karena meninggal dunia pada tanggal 25 September 1980. Peter Grant yang menjadi pemersatu dari kelompok musik ini menjadi tidak berhasrat lagi dengan Bad Company.

 

Akibatnya, Bad Company mengalami penurunan dratis dalam hal penjualan albumnya yang dirilis tahun 1982 dengan album berjudul Rough Diamonds. Setelah merilis Rough Diamonds, Bad Company akhirnya bubar sampai lagu baru dirilis kembali pada tahun 1998.

 

Album live Bad Company

- Album live resmi pertunjukan tidak pernah dirilis oleh Bad Company dan mereka baru merekam album live What You Hear Is What You Get: The Best of Bad Company yaitu tur Here Comes Trouble tahun 1993 yang mempertunjukkan versi live hits jaman Paul Rodgers dan Brian Howe. Album live ini mendapat sambutan positif.

- Tahun 2006, Bad Company kembali merilis album live in Albuquerque 1976 waktu jaman personil Rodgers.

- Boblingen Live  tahun 1974

- Live in Japan tahun 1975

- Shooting Star Live at the LA Forum tahun 1975

 

Tahun 1986, sebagian anggota personil Bad Company sepakat untuk bergabung kembali dan ditambah dengan anggota personil baru. Dengan anggota personil lama Mick Ralphs, simon Kirke, serta anggota personil baru Brian Howe sebagai vokalis baru, Steve Price sebagai pemain bass baru dan Greg Dechert sebagai pemain keyboard baru.

 

Vokalis Bad Company yang baru ini, Brian Howe mempunyai gaya vokal suara pop rock. Untuk mengatasi pemelorotan jumlah penonton yang dialami kelompok musik ini pada album Rought Diamonds. Pada tahun 1986, kelompok musik ini memperbaiki dirinya dalam memproduksi album line up berjudul Fame and Fortune yaitu dengan menggunakan produser baru  Foreigner Keith Olsen.

 

Namun, usaha dari kelompok musik Bad Company ini belum menampakkan hasilnya karena album Fame and Fortune ini hanya menduduki peringkat 85 untuk lagu This Love. Akhirnya pada tahun 1987, kelompok musik ini memutuskan untuk sedikit menggunakan pemain keyboard.

 

Tahun 1988, dirilis album Dangerous Age dan kelompok musik ini kembali hanya mengandalkan suara gitarnya serta menggunakan sedikit suara keyboard. Album ini mengalami peruntungan yang bagus karena menghasilkan video MTV dan lagu hit. Lagu lagu hit tersebut diantaranya adalah No Smoke Without a Fire (peringkat 4), One Night (peringkat 9) dan Shake It Up (peringkat 9 dan peringkat 89 di tangga lagu Billboard Hot 100), selain itu album ini meraih Top 60.

 

Tahun 1990, merilis album Holy Water dan berhasil sukses secara komersial karena berhasil terjual hingga 1 juta kopi, sehingga menduduki Top 40 dan mendapatkan Platinum. Album ini menelurkan lagu hit diantaranya If You Needed Somebody (peringkat 16 dan peringkat 2 ditangga lagu AOR), Holy Water (peringkat 89 dan peringkat 1 selama 2 minggu ditangga lagu AOR), Walk Through Fire (peringkat 28).

 

Tahun 1991, tur Bad Company berhasil menjadi salah satu dari 5  tur paling laku selama tahun itu dengan banyaknya konser dari kelompok musik rock lain yang justru mengalami penurunan karena naiknya harga tiket akibat resesi ekonomi.

 

Album studio terakhir dari kelompok musik ini adalah Here Comes Trouble yang dirilis tahun 1992. Album ini menelurkan lagu hit Top 40 diantaranya adalah How About That (peringkat 38) dan This Could Be the One (peringkat 87).

 

Album live What You Hear Is What You Get: The Best of Bad Company yang mendapatkan apresiasi positif dari pengamat musik dirilis kembali pada tahun 1993 dan menunjukan versi live hits.

 

Mantan anggota kelompok musik hard rock Bad Company yang bernama Brian Howe meninggal dunia pada tanggal 6 Mei tahun 2020 dengan usia 66 tahun, di Florida, Amerika Serikat karena terkena serangan jantung.

 

Vokalis Brian Howe ini sebagai pengganti vokalis Bad Compani sebelumnya yang bernama Rodgers. Dimana vokalis pertama yang digantikan itu merupakan vokalis asal Inggris yang memiliki inovasi luar biasa dalam kelompok musik ini, melalui album Penetrator kepunyaan Ted Nugent pada tahun 1984.

 

Brian Howe diajak bergabung di kelompok musik Bad Company bersama Mick Ralphs dan Simon Kirke dengan tujuan untuk mengomandani kelompok musik ini. Bad Company dengan kepemimpinan Brian Howe berhasil sukses merilis sebanyak 4 album diantaranya Fame and Fortune, Dangerous Age, Holy Water serta Here Comes Trouble.

 

Selain itu Bad Company mampu menghasilkan sederetan lagu hit the Top 10 di tangga lagu rock Billboard, diantaranya Shake It Up, No Smoke Without a Fire, Holy Water. Namun, karena merasa tidak mendapatkan yang diinginkan atas kelompok band ini dan Brian Howe menganggap kalau Bad company terlalu teledor.

 

Tahun 1995, dirilis album Company of Strangers yang berisi 5 buah lagu dengan lirik lagu yang dibuat bersama dengan Hart dan Ralphs. Album ini banyak direkam dan memunculkan bintang tamu musik country yan bernama Vince Gill.

 

Bad Company terus melakukan tur bersama dengan Bon Jovi untuk memperkenalkan bandnya di AS. Album Stories Told dan Untold, termasuk Can’t Get Enough dan Ready For Love mempertontonkan Hart, dengan menggunakan 7 struktur baru serta 7 menggunakan versi akustik, yang dilakukan pada tahun 1996.

 

Personil yang mendukung Bad Company saat itu adalah Kirke, Hart, Rick Wills, Dave “Bucket” Colwell dan Ralphs absen dalam tur tersebut karena kesehatannya masih terganggu.

 

Pada tahun 1998, Bad Company merencana merilis album kompilasi ekstensi dilengkapi dengan biografi serta gambar. Tiga personil lama Bad Company berkumpul kembali untuk mewujudkan album ini.

 

Keputusan Rodger dalam merilis album ini, harus berisi 4 lagu baru. Namun, reuni Bad Company ini tidak berlangsung lama meskipun album ini berhasil mencetak lagu hit Top 20 AOR. Lagu hit tersebut adalah Hey Hey (peringkat 15), Hammer of Love (peringkat 23).

 

Kembalinya 4 personil lama Bad Company, untuk merilis album kompilasi The ‘Original’ Bad Co.Anthology (peringkat 189) dirilis tahun 1999 dan untuk mengadakan sejumlah tur kembali.


Dalam tur di Ruth Eckerd Hall di Clearwater, Florida, Hard Rock Live di Orlando dan berakhir di Teater Yunani di Los Angeles, AS tersebut. Tur tersebut menampilkan David Lee Roth sebagai pembukanya. Dan tur ini menjadi tur terakhir dari 4 personil lama yang bergabung kembali tadi karena mereka keluar lagi.

 

Tahun 2001, tur dimulai lagi di AS dengan team Styx, Billy Squier sebagai tamu, Dave Colwell serta Rick Wills sebagai pengganti Ralphs dan Burrell yang keluar. Tahun 2002, merilis album live baru dan DVD berjudul Merchants of Cool yang berisi lagu Joe Fabolus. Lagu ini berhasil menjadi lagu hit yang menduduki peringkat pertama di radio serta peringkat 20 di Mainstream Rock Radio di AS.

 

Setelah melakukan tur di tahun 2002 maka Bad Company sudah berhenti karir musiknya, sehingga Rodger kembali bersolo karir. DVD dengan judul Inside Bad Company 1974-1982 dirilis tahun 2005, DVD tersebut menceritakan penampilan Bad Company dipanggung serta mewawancarai Simon Kirke serta beberapa rekaman langsung periode tahun 1970 an dan 1980 an.

 

CD edisi terbatas dirilis tahun 2006 dari album pertama berjudul Bad Company. Pada tahun ini, tepatnya tanggal 21 September 2006, Bad Company kehilangan personilnya yang bernama Boz Burrell karena meninggal dunia akibat serangan jantung.

 

Tahun 2007, Bad Company dengan personil Robert Hart, Dave “Bucket” Colwell dan Jaz Lochrie yang bergabung dengan Mick Ralphs dan Chris Grainger (drummer) untuk tampil di pub kecil di Surbiton dengan musik rock and roll fantasy untuk The Macmillan Cancer Trust.

 

Tahun 2008, formasi personilnya terdiri dari Robert Hart, Mick Ralphs, Dave “Bucket” Colwell, Jaz Lochrie, Gary “Harry” James untuk melakukan tur Bad Company.

 

Tahun 2010,  Bad Company merekam pertunjukan live yang diaplikasikan pada Blu-ray, DVD dan CD termasuk 17 lagu hits Bad Company.

 

Tahun 2011, Bad Company kembali merilis live Extended Versions dari tur Ingrris tahun 2010. Dimana CD debutnya tersebut mampu bertengger di posisi 139 di Billboard 200 dan diperingkat 84 di chart. Setelah 12 tahun lamanya, maka album Bad Company ini baru berhasil masuk chart.

 

Tahun 2012 merupakan tahun dimana Bad Company pertama kalinya mengadakan festival di Eropa setelah 37 tahun tampil di luar Inggris. Tahun 2013 dan 2014, bersama dengan Lynyrd Skynyrd dalam memperingati 40th Anniversary Tour dalam rangka memperingat album pertama Skynyrd serta pembentukan Bad Company untuk melakukan tur di seluruh AS dan Kanada.

 

Tahun 2015, Bad Company merilis ulang album Bad Company dan Straight Shooter untuk dirlis kedalam CD, digital serta vinyl. Tahun 2016 tur di Inggris, dan mengundal Richie Sambora dan Orianthi. Tahun 2017 Bad Company masih melanjutkan turnya, bersama dengan teamnya Rodgers, Kirke, Todd Ronning dan Howard Leese.


Tahun 2018, Bad Company masih bekerjasama dengan Lynyrd Skynyrd sebgai tur perpisahannya The Last of the Street Survivors yang sudah dilakukannya sepanjang musim panas.


Mantan anggota kelompok musik hard rock Bad Company yang bernama Brian Howe meninggal dunia pada tanggal 6 Mei tahun 2020 dengan usia 66 tahun, di Florida, Amerika Serikat karena terkena serangan jantung.

 

Vokalis Brian Howe ini sebagai pengganti vokalis Bad Compani sebelumnya yang bernama Rodgers. Dimana vokalis pertama yang digantikan itu merupakan vokalis asal Inggris yang memiliki inovasi luar biasa dalam kelompok musik ini, melalui album Penetrator kepunyaan Ted Nugent pada tahun 1984.

 

Brian Howe diajak bergabung di kelompok musik Bad Company bersama Mick Ralphs dan Simon Kirke dengan tujuan untuk mengomandani kelompok musik ini. Bad Company dengan kepemimpinan Brian Howe berhasil sukses merilis sebanyak 4 album diantaranya Fame and Fortune, Dangerous Age, Holy Water serta Here Comes Trouble.

 

Selain itu Bad Company mampu menghasilkan sederetan lagu hit the Top 10 di tangga lagu rock Billboard, diantaranya Shake It Up, No Smoke Without a Fire, Holy Water. Namun, karena merasa tidak mendapatkan yang diinginkan atas kelompok band ini dan Brian Howe menganggap kalau Bad company terlalu teledor.

 

Dengan seringnya berganti ganti personil dari kelompok musik Bad Company ini, maka berikut data konstribusi dari masing masing personil pada kelompok musik ini :


Paul Rodgers – sebagai vokal utama, gitar ritme, keyboard, harmonika (1973–1982, 1998–1999, 2001–2002, 2008–sekarang)

Simon Kirke – sebagai pemain drum, perkusi, vokal latar, vokal dan gitar sesekali (1973–1982, 1986–1999, 2001–2002, 2008–sekarang)

Howard Leese – sebagai pemain gitar ritme (2008–2016, 2020–sekarang) , pemain gitar utama, sebagai vokal latar (2008–sekarang)

Todd Ronning – sebagai pemain bass, sebagai vokal latar (2012–sekarang)

Discography Bad Company

·         Bad Company (1974)

·         Straight Shooter (1975)

·         Run with the Pack (1976)

·         Burnin' Sky (1977)

·         Desolation Angels (1979)

·         Rough Diamonds (1982)

·         Fame and Fortune (1986)

·         Dangerous Age (1988)

·         Holy Water (1990)

·         Here Comes Trouble (1992)

·         Company of Strangers (1995)

·         Stories Told & Untold (1996)

 

Lagu Bad Company Dan Album Dari Bad Company
Dari sekian banyak lagu-lagu Bad Company yang telah dirilis, terdapat beberapa lagu Bad Company yang cukup terkenal dan lagu hit tersebut dirilis :

Tahun 1974 - melalui album Bad Company - dengan lagu Bad Company
Tahun 1975 - melalui album Straight Shooter - dengan lagu Feel like makin' love dan Shooting star

Dan sudah banyak album juga yang telah dirilis dari tahun 1974 sampai dengan tahun 2011, masing-masing album-albumnya yang berjudul :

1974 - Bad Company
1975 - Straight Shooter
1976 - Run with the pack
1977 - Burnin sky
1979 - Desolation
1982 - Rough Diamonds
1985 - 10 from 6
1986 - Fame and fortune
1988 - Dengerous age
1990 - Holywater
1992 - Here comes true
1993 - What you hear is what
1995 - Company of strangers
1996 - Stories told & untold
1999 - The original Bad Company anthology
2002 - Inconcert merchants of
2006 - Live in Albuquerque
2010 - Hard rock live
2011 - Bad Company live

Prestasi Bad Company

Sebagai grup musik rock, Bad Company juga berhasil mendapat penghargaan : NME untuk single terbaik dan NME pendatang baru paling menjanjikan

Tahun 1974, album terpopuler dari Bad Company yang berjudul Headly grange, hampshire di Ronnie Lane Mobile Studio berhasil menduduki peringkat pertama di Billboard 200 di Amerika Serikat dan peringkat ke 3 di Inggris. Album yang berjudul "Chart" dapat bertahan selama 25 minggu di tangga lagu Inggris dan berhasil mendapat sertifikat Platinum sebanyak 5 kali.

Tahun 1970, single "Can not get enough dan movin on", telah berhasil menjadi single terlaris ke 46 dan mencapai peringkat ke 5 untuk single yang berjudul "Can not get enough", dan menduduki peringkat ke 9 untuk single yang berjudul  "Movin on" di Billboard Hit 100.

Tahun 1975, album yang berjudul "Straight Shooter" berhasil menduduki peringkat ke 3 di inggris dan Amerika Serikat dan dari album ini berhasil memunculkan 2 single hit.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang BAD COMPANY, TERKENAL DENGAN LAGU LOVE ME SOME BODY, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar