Benarkah Mitos Rahasia Dibalik Suara Biola Buatan Stradivarius??

(dok.tegal-online.b)

Benarkah Mitos Rahasia Dibalik Suara Biola Buatan Stradivarius??

BIOLA BUATAN STRADIVARIUS, MITOS MENGATAKAN BAHWA BIOLA KARYA DARI ANTONIO STRADIVARIUS ADALAH TERBUAT DARI KAYU KHUSUS DAN PELAPIS AJAIB, SEHINGGA DAPAT MENGHASILKAN SUARA BIOLA YANG LUAR BIASA.

Siapakah Antonio Stradivarius Itu?
Antonio Stadivarius adalah seorang luthier dan pengrajin instrument yang berdawai, seperti biola, cello, gitar dan harpa. Dia lahir pada tahun 1644 dan meninggal pada tanggal 18 Desember 1737.

Nama belakang dari Antonio Stradivarius yaitu Stradivariusnya merupakan nama latin yang dapat disingkat dengan nama Strad dan nama tersebut sering digunakan untuk menandai alat musik buatan Antonio Stradivari. Dia adalah seorang pengrajin yang paling hebat pada saat itu, sehingga sudah berhasil membuat alat musik sebanyak hampir mencapai 1000 sampai dengan 1100, dan alat musik buatannya tadi yang masih ada sampai sekarang diperkirakan berjumlah sekitar 650 an, dan alat musik yang berbentuk biola diperkirakan sekitar 450 sampai dengan 512 buah.

Benarkah Mitos Rahasia Cara Membuatnya??
Yuk, kita perhatikan bersama, benarkah mitos rahasia cara membuat biola Stradivarius itu, sehingga dapat membuat suara yang dihasilkan oleh biola karya Stradivarius menjadi sangat luar biasa.

Mitos yang mengatakan bahwa pembuatan biola Stradivairus, dimulai dari kayu yang dipotong dengan menggunakan ritual tertentu, kemudian serat kayunya juga  merupakan serat kayu pilihan. Apakah semua ini benar?.

Kemudian mitos yang mengatakan bahwa ada ramuan tertentu yang akan dioleskan pada biola buatan Stradivarius, apakah juga benar? Ramuannya tadi konon terbuat dari telur dan protein hewan, yang digunakan untuk menutup pori-pori kayu tersebut, sampai ada juga yang mengatakan bahwa ramuannya berasal dari debu gunung berapi atau lumut dengan bakteri khusus digunakan untuk campuran dari vernisnya.

Tetapi ternyata semua Mitos yang pernah diceritakan adalah  TIDAK BENAR. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh sejumlah ilmuwan dari Jerman.

Kesimpulan Dari Mitos Biola Stradivarius
Ayo kita ikuti hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Jerman, terhadap bahan dan vernis yang digunakan untuk pembuatan biola hasil karya Stradivarius,  dan bahan apakah yang sebenarnya telah digunakan untuk pembuatan biola tadi.

Penelitian yang dilakukan oleh Jean Philipps Echard dari Musce De La Musique di Paris, Prancis bersama dengan sejumlah ilmuwan dari Jerman. Para ilmuwan tersebut adalah ahli kimia yang meneliti biola Stardivarus serta viola d'amore buatan tahun 1962 - 1724.

Dari penelitian tersebut diperoleh, bahwa ternyata bahan yang digunakan untuk pembuatan biola tersebut tidak ada istimewanya, baik penutup kayu maupun vernisnya. Dan pada bagian dasar dari biola tersebut  terdapat campuran dari minyak rami dan kalnut yang mengering.

Hasil dari penelitian tersebut sudah dipublikasikan secara online dalam jurnal Angewandte Chemie International Edition pada bulan November 2009.

Nah, sekarang terjawab sudah bahwa ternyata tidak ada mitos apapun yang dipergunakan untuk pembuatan biola hasil karya Stradivarius sehingga  dapat menghasilkan biola dengan suara yang sangat luar biasa. Biola hasil karya Stradivarius semata-mata karena keahliannya yang luar biasa dalam membuat biolanya sehingga dapat menghasilkan biola dengan suara yang sangat bagus.

Sehingga dapat diambil Kesimpulan bahwa RAHASIA DARI SUARA YANG DIHASILKAN OLEH BIOLA STRADIVARUS BUKAN KARENA MITOS PEMBUATANNYA, TETAPI DITENTUKAN OLEH KETRAMPILAN TANGAN DAN MATA DARI STRADIVARUS SENDIRI.

Terima sudah berkunjung di blog ini yang berisi artikel tentang BENARKAH MITOS RAHASIA DIBALIK SUARA BIOLA BUATAN STRADIVARIUS??, semoga bermanfaat dan dapat dibagikan ke teman lainnya.

(Sumber dari : majalah Intisari)

0 komentar