Jazz Fusion Identik Dengan Dukungan Teknologi Canggih

(dok.qulfhighband.com)

Jazz Fusion Identik Dengan Dukungan Teknologi Canggih

JAZZ FUSION MERUPAKAN CABANG DARI JAZZ MAIN STREAM YANG DIDALAMNYA SUDAH DICAMPUR DENGAN MUSIK ROCK DAN FUNK.

Sumber Dan Alat Musik Yang Digunakan
Jazz Fusion merupakan aliran dari musik Jazz yang bersumber dari Blues dan musik marching band Eropa. Dengan mengadopsi sumber kebudayaannya dari Afrika Barat, era tahun 1910 an, New Orleans.
Alat musik yang sering digunakan adalah : gitar, gitar bass, saksofon, trompet, double bass, drum dan vokal.

Sekilas Dari Musik Jazz Aliran Fusion
Jazz fusion merupakan jenis musik yang sangat identik dengan bantuan teknologi canggih seperti MIDI (Mini digital), sedangkan fusion merupakan bagian dari jazz mainstream yang didalamnya sudah digabungkan dengan rock dan funk. 

Sesuai dengan namanya Jazz rock atau fusion merupakan jenis musik jazz yang memperlihatkan apresiasi dari para musisinya hingga melampaui batas dari musik jazz yang telah ditentukan, sehingga dalam memainkan musiknya sampai masuk kewilayah rock ataupun jenis musik lainnya. 

Pada dasarnya fusion telah mencampurkan kebiasaan-kebiasaan serta energi dari musik rock dengan harmonisasi sempurna dan kebebasan improvisasi dari jazz.

Dapat dibaca artikel tentang : 5 Musisi Jazz Yang Paling Populer Dan Berpengaruh Dalam Perkembangan Musik Jazz

Sedangkan jazz rock fusion adalah jazz yang tidak sama dengan konvensional jazz, baik dilihat dari segi penggunaan Rhythm yang terdengar lebih kaku serta hanya sedikit saja yang menyentuh perasaan. Dan oleh beberapa artis mereka merubah dan mengembangkan rhythmic yang berbeda hingga menjadi tidak standar serta ditekankan pada ekpresinya. 

Dalam jazz fusion, alat-alat musik elektronik yang sering digunakan adalah gitar elektrik, bass electrik dan synthesizer. Alat musik synthesizer ini sering dipakai untuk menggantikan saxopone, trumpet dan bass betot. 

Aliran dari Jazz Fusion ini kebanyakan dalam bentuk pop seperti swing, dan sering disebut dengan perpanjangan dari musik Jazz.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artikel tentang JAZZ FUSION IDENTIK DENGAN DUKUNGAN TEKNOLOGI CANGGIH, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : Wikipedia

0 komentar