Kenny G, Musik Instrumental Era Modern Terlaris

Kenny G, pemain saksofon terkenal asal Amerika Serikat

Kenny G, Musik Instrumental Era Modern Terlaris

KENNY G DENGAN NAMA ASLINYA KENNY GORELIK ADALAH MUSISI DENGAN MUSIK INSTRUMENTALNYA DI ERA MODERN.

Bagaimana permainan saksofon Kenny G ?

Kalau mendengar nama Kenny G, pasti kita langsung mengerti bahwa dia adalah musisi dengan musik instrumentalnya, permainan saksofonnya terdengar sangat mendayu-dayu dan kita akan terbawa kedalam aliran musik jazz yang dimainkannya dengan sangat indah, sehingga mampu membuat pikiran dan perasaan kita menjadi tenang.

Ulasan Singkat Dari Kenny G

Kenny G, dilahirkan pada tanggal 5 Juni 1956 di Seatle, Washington, Amerika Serikat,  oleh keluarga Yahudi. Pekerjaannya adalah seorang musisi dan penulis lagu.

Nama asli Kenny G adalah Kenneth Bruce Gorelick, terkenal dengan nama Kenny G, dia  merupakan seorang pemain saksofon asal Amerika yang memulai karier profesionalnya pada usia 17 tahun. Dia membetuk grup dari tahun 1973 sampai dengan tahun 1982 dengan anggota grupnya adalah Michael Bolton, Tony Braxton, Baby face, Andrea Bocelle, Barbra Streisand, Aretha Franklin, Kashif, Geoge Benson, David Foster merupakan Associate acts.

Pemain saksofon kelas dunia Kenny G ini mulai menelurkan album pertamanya pada tahun 1986 dengan judul album Duotones. Ternyata album ini sukses dan membuat Kenny G menjadi salah satu artis terlaris sepanjang masa karena penjualan albumnya mencapai 75 juta eksemplar. 

Kenny G dibesarkan di daerah pusat komunitas Yahudi yaitu di lingkungan Seward Park karena terlahir dari orang tua Yahudi. Ibunya berasal dari Saskatchewan, Kanada. Ketertarikan pada permainan soksofon Kenny G dimulai dari saat dia mendengarkan pertunjukkan di The Ed Sullivan Show. Sejak saat itu Kennny G mulai bermain saksofon, alto Buffet Crampon, ketika itu usianya baru 10 tahun, pada tahun 1966 dan saksofon pertama Kenny G adalah menjado Buffet Crampon alto.

Jenjang pendidikannya dimulai dari di Whitworth Elementary School, Sharples Junior High School, Franklin High School hingga di University of Washington, dan semuanya berada di kota aslinya Seatle. Pada saat di SMA, Kenny G juga pernah mengalami kegagalan ketika akan masuk ke grup band jazz. Namun demikian tidak membuatnya patah semangat untuk mencoba kembali, sampai akhirnya dia berhasil untuk mendapatkan kursi pertama.

Ketika di sekolah menengah Kenny G mengikuti privat saksofon dan klarinet pada Johnny Jessen selama setahun. Meskipun senang bermusik, Kenny G juga menyukai olahraga golf karena sejak usia 10 tahun, kakaknya sudah memperkenalkan olahraga ini.

Awal karirnya dimulai dengan bekerja sebagai sideman Barry White’s  love Unlimited Orchestra pada tahun 1973. Kemudian Kenny G mulai bermain secara profesional  dengan bergabung bersama funk band, Bold and Together sebelum menjadi anggota The Jeff Lorber. Dan akhirnya Kenny G beralih ke karir solonya  pada tahun 1982.

Kemudian Kenny G memulai bersolo karier pada tahun 1982, tahun 1986 sukses dengan "THE BIGGEST SELLING INSTRUMENTAL MUSICIAN OF MODERN ERA" dan salah satu "BEST SELLING OF ALL TIME" dengan total penjualan 75 juta keping record.

Album Hits Dan Karir Musiknya

Kenny G berhasil merilis album-album hitsnya dari tahun 1994 sampai dengan tahun 2006, adalah sebagai berikut :

- Tahun 1994, dengan album "The very best of Kenny G"
- Tahun 1997, dengan album "Kenny G Greatest"
- Tahun 2003, dengan album "Ultimate Kenny G"
- Tahun 2005, dengan album "The greatest holiday classics"
- Tahun 2006, dengan album "The essential Kenny G".

Genre musiknya adalah musik smooth jazz dan musik adult contemporrary dan jenis suara dari instrumennya adalah soprano saksofon, alto saksofon, tenor saksofon dan flute.

Kenny G mendapatkan sukses pertama melalui G Forve dan Gravity, kemudian diikuti oleh album studio ke dua dan ketiganya yang berhasil memperoleh platinum di Amerika Serikat. 

Dia bekerjasama dengan Kashif melaui single “Love On The Rise” yang dirilis tahun 1985 dan album yang ke empat berjudul Duotones berhasil terjual hampir mencapai 5 juta kopi di Amerika Serikat dengan menghasilkan lagu lagu hit seperti : 

- Song bird berhasil mencapai peringkat ke 4 di Billboard Hot 100 
- Don’t Make Me Wait For Love dengan menampilkan vokal dari Lenny Williams, berhasil meraih urutan ke 15 di Hot 100 dan peringkat ke 2 di Adult Contemporary Chart pada tahun 1987 
- Pada tahun 1987, bekerjasama dengan musisi jass dan R&B seperti George Benson, Patti LaBelle dan Aretha Franklin dan menghasilkan single hit berjudul “Love Power” 
- Pada tahun yang sama yaitu tahun 1987, Kenny G berduet dengan Jeffrey Osborne di sebuah Dionne Warwick, dan berhasil menduduki peringkat ke 12 di Billboard Hot 100 dan peringkat ke 5 di R&B/ Hip Hop songs.

Album live pertamanya yang berjudul Kenny G Live berhasil sukses besar di Republik Rakyat Cina setelah Kenny G berkolaborasi dengan artis-artis lain. Album ini banyak dipengaruhi oleh pemain saksofon bernama Grover Washington Jr dan album-album dari Kenny G termasuk kedalam genre musik smooth jazz.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artikel tentang KENNY G, MUSIK INSTRUMENTAL ERA MODERN TERLARIS, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari :Wikipedia)

0 komentar