Ritme Keroncong Mourisko Acuan Dari Musik Keroncong Modern Indonesia


Ritme Keroncong Mourisko Acuan Dari Musik Keroncong Modern Indonesia

Budaya Portugis Tetap Hidup 
Kisah munculnya keroncong ini berawal dari jatuhnya Malaka dari kekuasaan Potugis ke tangan Belanda pada tahun 1648. Kemudian orang-orang Portugal yang umumnya menjadi tentara keturunan berkulit hitam dari Bengali, Malabar dan Goa ditawan oleh Belanda.  Tawanan yang terdiri dari orang-orang Portugal tadi oleh Belanda dibawa ke Batavia pada tahun 1661.

Mereka akhirnya dibebaskan oleh Belanda dan dimukimkan di rawa-rawa sekitar daerah Cilincing, dan sekarang daerah Cilincing sudah berubah namanya menjadi  "KAMPUNG TUGU".

Meskipun sudah berada di wilayah negara Indonesia, komunitas orang-orang keturunan Portugis ini tetap mempertahankan bahasa dan budayanya, sehingga mengakibatkan kesadaran akan daerah Portugis tetap hidup dihati mereka, meskipun sebenarnya pihak Belanda  telah memaksakan agama dan nama-nama keluarga baru kepada mereka, tetapi mereka tetap kokoh mempertahankan bahasa dan kebudayaannya tadi.

Keroncong Mourisko
Bagaimana dengan keroncong mourisko yang ada di Indonesia?
Ritme dari keroncong mourisko tetap ada selama abad 18 dan 19,  dan komunitas tugu di Indonesia  mempunyai pengaruh kultural yang relatif kuat di Jakarta. Dan merekalahyang telah berhasil mempopulerkan "KERONCONG MOURISKO".

Apakah sebenarnya pengertian dari kata mourisko itu? "MOURISKO" dalam bahasa Portugis berarti "MORO".
Jika melihat perkembangan musik keroncong yang ada di Indonesia ini, maka ritme dasar dari keroncong Mourisko inilah yang kemudian dijadikan sebagai "MUSIK KERONCONG MODERN INDONESIA".

Alat Musik Yang Masih Bertahan Sampai Sekarang
Ayo kita lihat alat musik apakah yang masih bertahan dan masih dimainkan dalam sekelompok musik keroncong dari dahulu sampai sekarang?
Dalam suatu kelompok musik keroncong banyak alat musik khas yang selalu dipergunakan dalam genre musik ini dan alat musik yang masih dapat bertahan dari jaman dahulu hingga sekerang diantaranya adalah alat musik seperti : Biola, okulele, rebana, kempul dan sello.

Lagu Yang Tidak Pernah Ditinggalkan
Musik keroncong mourisko yang mempunyai pengaruh yang cukup kuat dan mempengaruhi kultur dari masyarakat di  Betawi Jakarta, maka dalam setiap penampilannya akan selalu memunculkan lagu-lagu lama seperti Moresco dan  juga lagu-lagu Stambul Betawi. Sehingga kedua lagu ini seolah-olah menjadi lagu kebangsaan bagi kelompok musik keroncong ini.

Kostum Yang Digunakan
Karena musik keroncong mourisko ini muncul dan berkembang di orang-orang Betawi, Jakarta, maka keroncong mourisko ini yang sangat kental sekali dalam mempengaruhi masyarakat Betawi sehingga dalam setiap penampilannyapun para pemain musiknya selalu menonjolkan unsur-unsur budaya Betawinya yaitu dengan mengenakan Baju koko, topi baret dan syal yang menggantung dileher.

Dapat dibaca artikel : Keroncong Tugu Cikal Bakal Musik Keroncong Indonesia

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang RITME KERONCONG MOURISKO ACUAN DARI MUSIK KERONCONG MODERN INDONESIA , semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Tidak lebih indah dari kesempatan kita untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber dari : Wikipedia

0 komentar