Keroncong Tugu Cikal Bakal Musik Keroncong Indonesia

(dok.antarafoto.com)

Keroncong Tugu Cikal Bakal Musik Keroncong Indonesia

Asal Mula Musik Keroncong
Musik keroncong tugu adalah jenis musik yang menjadi cikal bakal keroncong asli Betawi dan cikal bakal lahirnya musik keroncong di Indonesia, sehingga keroncong tugu sering tampil di Istana Negara Republik Indonesia pada acara ulang tahun 17 Agustus, oleh pemerintah DKI  dan musik keroncong tugu dijadikan sebagai "Kesenian asli Betawi".

Riwayat dari munculnya Keroncong tugu adalah bermula dari kebiasaan bermain musik dari orang keturunan Portugis yang menetap di Jakarta, yang berlokasi didaerah kampung tugu.

Menurut cerita sejarah mengatakan bahwa pemukiman dari orang-orang Portugal yang pada jaman itu menjadi tawanan Belanda kemudian dibebaskan merupakan pemukiman rawa-rawa disekitar Cilincing yang akhirnya sekarang bernama “Kampung Tugu”. 

Dikampung inilah komunitas mereka dengan sanat kuat mempertahankan bahasa dan kebudayaan Portugis sehingga menjadi lebih eksklusif, serta mereka sebagai warga non pribumi dapat menduduki jabatan-jabatan rendah di pemerintahan, yang pada waktu itu belum terbuka untuk kaum pribumi. 

Karena paksaan dari pihak Belanda kepada mereka dalam hal agama dan nama keluarga baru, hal ini justru membuat musik Portugis dan kesadaran akan darah Portugis mereka tetap ada sehingga muncullah keroncong Tugu yang dimainkan oleh mereka dan dendang keroncong tugu mulai ditabuh selama abad ke 18 dan ke 19.

Mengapa Diberi Nama Keroncong Tugu?
Meskipun keroncong tugu sudah tidak sepopuler pada saat pertama kali musik keroncong ini muncul, tetapi keroncong tugu ini masih bisa tetap ada sampai sekarang. Dan bagi masyarakat kampung tugu, musik keroncong sudah merupakan bagian dari hidup mereka. Mereka secara rutin melakukan latihan bermain musik keroncong, meskipun mereka tidak menjadikan nafkah utama dari bermain musik keroncong ini.

Tahun 1661 seni musik keroncong tugu  mulai berkembang hingga sekarang dan sudah dikenal dengan nama keroncong. Mengapa dikenal dengan nama keroncong? penyebabnya adalah sebuah alat musik yang dibuat oleh masyarakat kampung tugu.

Alat musik yang dibuat oleh masyarakat kampung tugu tersebut diberi nama "Macino", dan kalau alat musik tersebut dibunyikan akan berbunyi "CRONG", sehingga masyarakat kampung tugu menyebutnya dengan musik tugu sebagai "KERONCONG TUGU".
Inilah asal mulanya mengapa musik mereka dibei nama "Keroncong Tugu".

Dapat dibaca artikel lain : Musik Keroncong Mourisko Menjadi Acuan Musik Modern Indonesia

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang KERONCONG TUGU CIKAL BAKAL MUSIK KERONCONG INDONESIA , semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Tidak lebih indah dari kesempatan kita untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber dari : Wikipedia

0 komentar