Apa Rahasia, Peran Arsitek Atau Penata Suara Supaya Musik Enak Didengar



Apa Rahasia, Peran Arsitek Atau Penata Suara Supaya Musik Enak Didengar

Ternyata tidak hanya sebuah bangunan rumah saja yang membutuhkan peran dari seorang arsitek supaya dapat diperoleh keindahannya, musikpun ternyata juga membutuhkan peran dari seorang arsitek suara atau biasa disebut dengan penata suara supaya dapat diperoleh keindahan dari suara musik yang diinginkan.

Terkadang kita tidak menyadari bahkan tidak memperhitungkan peran dari seorang penata suara, karena mereka umumnya berada dibelakang layar sehingga tidak banyak orang yang menyadari keberadaannya. Meskipun dalam kenyataannya mereka mempunyai posisi yang cukup berpengaruh didalam keindahan suatu musik yang akan digarap meskipun berada dibelakang panggung, dan ternyata mereka juga mempunyai peranan yang sangat "krusial" dalam membuat bunyi atau suara alat musik menjadi enak didengar oleh telinga kita.

Nah, Apa Saja Peran Yang Dibutuhkan Bagi Penata suara (Arsitek suara) :

1.  Mempunyai Kemampuan Teknis Dalam Mengatur Suara

Seorang penata suara harus mempunyai kemampuan teknis yang bagus dalam mengatur suara.
Seorang gitaris yang memainkan gitarnya dengan suara meraung-raung, drumer menggebuk drumnya dengan suara keras kemudian pemain bass memainkan bassnya dengan suara menohok.

Semuanya itu membutuhkan peran dari penata suara supaya bunyi dari alat-alat musik yang dihasilkan dapat diterima oleh telinga kita dan pas serta enak untuk didengar, oleh sebab itu penata suara sering disebut sebagai "arsitek suara".

Fungsi dari Arsitek suara :

- Mengatur semua suara yang masuk ke "miikrofon", supaya dapat menghasilkan suara yang jernih, berimbang dan tidak saling mempengaruhi satu sama lain. Tujuan utamanya adalah supaya suara musik yang dihasilkan dapat enak didengar dan dinikmati oleh telinga kita.
- Mencampur dan memproduksi suara supaya suara yang dihasilkan dapat seimbang untuk setiap genre musik yang ingin dibuat. Misalnya : suara drum harus terdengar lebih keras dibandingkan dengan instrumen musik yang lain.

2.  Mempunyai Feeling

Selain kemampuan teknis yang bagus, maka kemampuan feeling sangat dibutuhkan sekali bagi seorang arsitek suara. Selain harus menguasai peralatan audio yang akan digunakan, arsitek suara juga harus memahami setiap karakter dari suara dan kondisi suara yang akan dibuat, karena setiap genre musik akan diracik sesuai dengan genre musiknya masing-masing supaya dapat diperoleh suasana musik yang berbeda-beda.

Ini semua membutuhkan "feeling" yang bagus dari "arsitek suara" supaya suasana yang diinginkan oleh masing-masing genre musik bisa diperoleh.

3.  Harus Mampu Berkomunikasi

Bagaimanapun ahlinya seorang arsitek suara apabila dia tidak dapat berkomunikasi dengan baik maka akan sulit untuk dapat mencapai hasil suara musik yang bagus dan sesuai dengan genrenya. Tentu saja kemapuan yang dimiliki oleh seorang arsitek suara tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak mampu berkomunikasi dengan rekan-rekan musisi yang lain, karena apa yang diingikan oleh arsitek suara tentu saja tidak akan sampai kepada para pemain musiknya tanpa melalui komunikasi yang baik.

Komunikasi ini sangat diperlukan terutama untuk pertunjukan live,  karena dalam pertunjukan live akan banyak  muncul faktor yang mempengaruhi seperti :  kondisi ruangan, audient dan lain-lain.

Kemampuan komunikasi dan bekerja sama sangat dibutuhkan dalam suatu team, harus piawai dalam memahami kemauan dari musisi, harus ada komunikasi supaya ada kompromi antara penata suara dengan musisi sehingga nantinya dapat menghasilkan suara musik yang bagus dan sesuai genre yang diinginkan.

Demikian sedikit ulasan mengenai pentingnya peranan dari penata suara atau arsitek suara dalam suatu pertunjukan musik, semoga dapat menambah wawasan kita mengenai apa saja peran yang ada dibelakang panggung dari seorang arsitek suara sampai suara musik tersebut dapat tersaji dan dapat dinikmati oleh telinga kita.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang APA RAHASIA, PERAN ARSITEK PENATA SUARA SUPAYA MUSIK ENAK DIDENGAR , semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Tidak lebih indah dari kesempatan kita untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

0 komentar