Ayo, Belajar Mengenal Alat Musik Saksofon



Ayo, Belajar Mengenal Alat Musik Saksofon

SAKSOFON TERMASUK DALAM SEKELOMPOK ALAT MUSIK TIUP YANG TERBUAT DARI KUNINGAN, ALAT MUSIK INI MERUPAKAN ALAT MUSIK UTAMA BAGI MUSIK YANG BERGENRE JAZZ.

Bentuk Saksofon
Alat musik tiup yang satu ini memang terlihat mempunyai bentuk yang gagah, terlihat berat dan akan memantulkan sinar apabila terkena sinar pada saat dimainkan, karena saksofon terbuat dari logam yang mengkilat baik yang berwarna perak maupun emas.

Kalau kita melihat dari bentuknya, maka saksofon akan terlihat sangat sulit untuk dimainkan. kita pasti akan mengira kalau saksofon itu berat dan sulit sekali cara memainkannya, bahkan sepertinya untuk memankan saksofon akan membutuhkan nafas yang panjang pada saat meniupnya.

Tetapi ternyata perkiraan tersebut tidak benar, karena sebenarnya tidaklah sulit untuk memainkan saksofon tersebut bahkan dapat dilakukan sambil tersenyum, sehingga tidak memerlukan nafas yang panjang unutk memainkannya.

Dapat juga dibaca artikel lain tentang : TERNYATA MUDAH UNTUK MEMANKAN SAKSOFON

Dilihat dari beberapa jenis saksofon, ternyata masing-masing bentuksaksofon  akan mewakili nada tertentu. Saksofon yang berbentuk mini akan mewakili nada tinggi, sedangkan saksofon yang berukuran panjang dan besar mewakili nada rendah.

Beberapa macam saksofon  tersebut, diantaranya adalah :

1.  Saksofon Sopran


Saksofon sopran yaitu saksofon yang berbentuk lurus. Saksofon jenis ini digunakan oleh Kenny G.

                                                              "SAKSOFON SOPRAN"


2.  Saksofon Alto


Saksofon alto yaitu saksofon yang berbentuk melengkung seperti huruf J. Saksofon ini sering dimainkan oleh Dave Kozz.

               "SAKSOFON ALTO"

3.  Saksofon Tenor


Saksofon tenor, bentuknya seperti huruf U biasa disebut saksofon jazz

                  "SAKSOFON TENOR"


4.  Saksofon Barito


Saksofon barito, yaitu saksofon yang berbentuk lebih besar lagi.
"SAKSOFON BARITO"

Nada Yang Dihasilkan Saksofon
Yuk kita simak, ada berapa nada yang dapat dihasilkan oleh saksofon?
Ternyata hanya ada 3 nada saja yang dapat dihasilkan oleh saksofon yaitu
Do - Re - Mi
Nah dilihat dari jumlah nada yang dihasilkan yang hanya 3 nada saja, sehingga saksofon sangat mudah untuk dipelajari dan dimainkan apabila dibandingkan dengan alat musik tiup yang lain, seperti flute, oboe, clarinet ataupun fagot.

Saksofon hanya mampu menjangkau beberapa oktaf saja,  sehingga agar saksofon dapat menjangkau nada yang lebih bervariasi maka dibuatlah saksofon yang berukuran S, M, L, XL, double X dan triple X, dengan tujuan supaya dapat menghasilkan banyak jenis suara.

Pada dasarnya suara yang dihasilkan oleh saksofon sangat lembut, tetapi karena tuntutan musik pada saat itu menginginkan supaya saksofon dapat mengiringi musik dance yang bersuara agak keras, maka muncullah modifikasinya dengan cara membuat mouthpiece, dan sumber bunyi pada saksofon dibuat lebih ramping dan runcing supaya dapat menghasilkan suara yang lebih melengking dan keras.

Perkembangan Dari Penggunaan Alat Musik Saksofon
Pada perkembangannya penggunaan alat musik saksofon tidak hanya digunakan oleh genre musik jazz saja, tetapi sudah mulai digunakan oleh genre musik lainnya.
Perkembangan yang terjadi mengenai penggunaan alat musik saksofon, sudah banyak digunakan oleh genre musik selain jazz. Kemajuan dan perkembangan alat musik saksofon ini tidak terlepas dari jasa para tokoh-tokoh musik seperti John Coltrane, Charlie Parker a Stevie Lacey.

Atas jasa dari para tokoh musik tadi sehingga membuat alat musik tiup saksofon ini mulai digunakan diberbagai macam genre musik, dari musik pop sampai dengan musik dangdut sudah menggunakan alat musik tiup ini.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artikel tentang AYO, BELAJAR MENGENAL ALAT MUSIK SAKSOFON, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita serta dibagikan ke pecinta musik lainnya.

(Sumber : majalah Intisari)

0 komentar