Benarkah Bermain Musik Gamelan Dapat Melatih Karakter ??


Benarkah Bermain Musik Gamelan, Dapat Melatih Karakter ??

Ayo kita lihat apa yang terjadi, apabila  para narapidana yang berada di dalam penjara berlatih bermain gamelan? Kejadian ini benar-benar telah dibuktikan oleh para narapidana yang berada dipenjara Brixton Inggris, bahwa dengan bermain musik gamelan akan berdampak baik terhadap jiwa mereka.


1.  Musik Gamelan Di Penjara Brixton, Inggris


APA YANG TERJADI DENGAN MUSIK GAMELAN YANG ADA DI PENJARA BRIXTON, INGGRIS :
Ternyata musik gamelan telah digunakan dan telah dianggapsebagai musik yang bermanfaat untuk menumbuhkan dan memperbaiki jiwa dari para narapidana.  Dalam berlatih dan memainkan musik gamelan, ternyata ada sarana pendidikan karakter dan juga dapat belajar untuk pengukuhan jati diri seseorang.

Sehingga dalam bermain musik gamelan orang tidak hanya sekedar menabuh atau membunyikan alat musiknya saja tetapi dapat memperoleh manfaat lebihnya. Argument ini juga diperkuat oleh seorang maestro musik tradisional yaitu "Supangah".

Situasi dalam bermain musik gamelan ini telah dirasakan oleh penghuni penjara "Brixton" Inggris. Penjara ini terletak sangat jauh dari Indonesia, terletak di manca negara, bahkan mungkin sampai ribuan kilo meter jauhnya.

Dan dibalik dinding yang rapat dengan pintu jeruji besi yang kokoh, ternyata didalam salah satu ruangan terdapat seperangkat alat musik gamelan, dari kejauhan terdengar sayup-sayup suara irama dari musik gamelan.

Ternyata alat musik yang berlaras slendro dan pelog ini, dimainkan oleh para narapidana disana. Sebagian besar  dari narapidana tersebut berwajah seram dan  mereka kebanyakan menjalani hukuman berat. Tetapi dibalik wajah yang seram tadi mereka mau berlatih bermain musik gamelan yang membutuhkan kesabaran dimana musik gamelan akan menghasilkan suara yang lembut dan menenangkan.


2.  Musik Gamelan Dapat Menjadi Obat

TERNYATA MUSIK GAMELAN DAPAT MENJADI "PENGOBATAN JIWA" BAGI PARA NARAPIDANA.

Dari cara bermain gamelannya, terlihat begitu khusuk  bahkan seperti seseorang yang sedang beribadah, dan dalam kondisi seperti ini seseorang akan dibawa oleh musik gamelan menuju kondisi "trace",  atau seperti berada di dunia lain. Ini dikemukakan oleh "Nick Chetnikeef" yaitu salah satu penghuni  penjara Brixton yang dihukum karena kasus pembunuhan.

Francis Howe, seorang yang dipenjara karena kasus narkoba dimana kehidupannya sangat keras karena berada dilingkungan kriminal di Irlandia Utara. Dia mengatakan bahwa setelah bermain musik gamelan, dia justru mendapatkan ketenangan.

Didalam penjara yang terkesan keras dan kejam, ternyata dengan adanya suara musik gamelan dapat menyentuh hati para penghuni penjara di Inggris ini. Dan menurut pengakuan dari penghuni penjara tersebut mereka bisa menjadi lebih tenang dan suara dari musik gamelan bisa mengobati jiwa dari para narapidana disana, karena suara irama musik gamelan begitu damai dan menyentuh.


3.  Apa Pandangan Orang Eropa Terhadap Musik Gamelan?

PANDANGAN ORANG EROPA TERHADAP MUSIK GAMELAN ADALAH DAPAT MENYINGKIRKAN RASA INDIVIDUALISTIS MEREKA

Orang Eropa tertarik dengan musik gamelan, bukan karena suara irama gamelannya saja tetapi mereka suka karena cara memainkannya. Di Eropa terkenal dengan individualistisnya, maka dengan bermain gamelan akan menjadikan suatu  tantangan tersendiri bagi mereka untuk bisa  sedikit demi sedikit menghilangkan sikap indidualnya dan berusaha untuk mengakrabkan diri satu sama lain.

Dapat dibaca artikel lain : Ternyata Ada 6 Kekuatan Tersembunyi Dari Musi Gamelan

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang BENARKAH BERMAIN MUSIK GAMELAN, DAPAT MELATIH KARAKTER ?? , semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Tidak lebih indah dari kesempatan kita untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : majalah Intisari

0 komentar