Terapi Musik Menjadi Obat Penyembuhan 3 Penyakit

(dok.rumahoscar.com)

Terapi Musik Menjadi Obat 3 Penyakit

Terapi musik dalah salah satu cara yang dapat dipergunakan unutk membantu proses penyembuhan dari seseorang yang telah terkena suatu penyakit seperti stroke, parkinson dan penyakit jantung. Meskipun cara ini terlihat sangat sederhana tetapi pengaruh musik ternyata cukup bagus untuk terapi penyembuhan penyakit-penyakit tersebut dan sudah dibuktikan.

Pengaruh musik bagi otak kita

Nah, bagaimana caranya musik dapat digunakan sebagai obat?, beberapa menunjukkan bahwa musik dapat membawa keajaiban dalam proses penyembuhan karena musik mempunyai kekuatan penyembuh atau terapeutik.

Terapi musik ini sebenarnya sudah digunakan sejak lama, seperti yang telah dikatakan oleh seorang terapis dan peneliti dari Texas University Of San Antonio bahwa untuk menyembuhkan orang sakit, suku Indian Amerika memberikan ramuan sambil berdoa yang terdengar seperti senandung.

Karena musik menghasilkan ritmis yang ditangkap oleh pendengaran kita, kemudian kemudian rangsangan ini diolah oleh sistem syaraf tubuh dan kelenjar otak. Selanjutnya kelenjar otak mengorganisasi interprestasi bunyi kedalam ritme internal pendengarnya.

Ritme ini akan mempengaruhi metabolisme tubuh manusia menjadi lebih baik, Dengan metabolisme yang baik akan mampu membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, sehingga tubuh lebih tangguh menghadapi serangan penyakit.

Terapi musik dapat membantu proses penyembuhan 3 penyakit, yaitu :

1.  Membantu Penderita Stroke 


Terapi musik dapat membantu penderita stroke dapat berbicara  lebih cepat.
Penelitian ini dilakukan oleh sekelompok penderita stroke di Finlandia. Mereka menemukan bahwa dengan mendengarkan lagu faforit dalam proses penyembuhan akan membantu penderita stroke tersebut mendapatkan kembali kemampuannya untuk mengerti kata-kata dan berkomunikasi bila dibandingkan dengan yang tidak mendengarkan musik.

Penderita stroke tersebut mendengarkan musik beberapa jam sehari akan mengalami pemulihan lebih cepat dari kemampuan herbal mereka.


2.  Membantu menyembuhkan Parkinson





Terapi musik dapat mengembalikan fungsi anggota tubuh pada penderita parkinson.
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa terapi musik dapat membantu mengembalikan fungsi anggota tubuh secara keseluruhan pada penderita parkinson. Terapi musik lebih efektif membantu penderita parkinson dapat bergerak lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan terapi fisik tradisional.

Sebuah study di Italia yang diterbitkan dalam " Psychosomatic Medicine " Jounal Of  Medicine Biobhavional mengatakan bahwa terapi musik akan menaikkan kualitas hidup dan kebahagiaan bagi penderita parkinson.


3.  Menenangkan Penderita Penyakit Jantung



Komposisi musik klasik dapat menenangkan penderita penyakit jantung.
Peneliti Jerman menemukan bahwa orang-orang yang sembuh dari operasi jantung terbukti mempunyai tingkat stress yang lebih rendah setelah mendengarkan musik klasik.

Irama musik klasik yang tenang dan santai dapat membuat pasien tenang menjelang operasi. Ini lebih efektif menenangkan dari pada obat penghilang rasa cemas.

Sebaiknya pilihan musik yang digunakan harus benar-benar musik yang disukai oleh penderita yang akan diterapi dengan musik tersebut.

Menurut Dr. Raymon Bahr (direktur Unit penyakit jantung di rumah sakit St. Agnes di Baltimore. Bahwa menggunakan musik klasik dapat membantu pasien mengatasi krisis, ternyata dengan mendengarkan musik selama 30 menit bisa menenangkan atau setara dengan mengkonsumsi obat penenang (Valium) 10 miligram.

Dapat dibaca artikel lain : Musik Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang TERAPI MUSIK MENJADI OBAT 3 PENYAKIT , semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Tidak lebih indah dari kesempatan kita untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

0 komentar